Pengertian SEO dan Cara Kerjanya dalam Digital Marketing

seo adalah

Website merupakan platform atau media yang sering digunakan para pebisnis digital marketing. Website juga dijadikan untuk mempromosikan produk dalam bentuk jasa. SEO adalah cara untuk mengenalkan produk atau profile website perusahaan. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan selain SEO. Tetapi kami ini kami fokus membahas tentang SEO.

Apa Itu SEO?

Search Engine Optimization atau SEO adalah upaya mengoptimasi website yang bertujuan untuk memperoleh ranking teratas dari pencarian. Cara memperoleh peringkat terbaik di hasil pencarian maka memudahkan orang untuk menemukannya sehingga berpotensi mendapatkan banyak traffic.

Selain untuk memperoleh traffic alami pada hasil pencarian, dengan SEO diharapkan memperoleh traffic yang tepat. Anda bisa mendapatkan trafik organik dari mesin pencarian yang tepat dengan tujuan website. Untuk memperoleh traffic organik yang sesuai target Anda harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Menggunakan SEO ini, Anda akan memperoleh banyak manfaat. Berikut ini manfaat bagi bisnis Anda.

Perbedaan SEO vs SEM

Walaupun sekilas sama SEO berbeda dengan SEM (Search Engine Marketing). Untuk perbedaan SEO dan SEM terletak pada titik fokusnya. SEO adalah lebih fokus untuk meningkatkan performa website. Sedangkan SEM lebih fokus untuk menjaring hasil dengan cara instan. Untuk perbedaan secara signifikan perbedaan berikut ini.

Dari segi pengertian, SEO mengoptimasi website yang bertujuan untuk menempati posisi teratas pada pencarian. Sedangkan SEM untuk menempatkan situs posisi teratas pada pencarian. Untuk biaya yang dikeluarkan, SEO mulai dari Rp 0 hingga berbayar menyesuaikan dengan tools yang digunakan. Sedangkan untuk SEM biaya mulai dari Rp100.000.

Jenis traffic SEO menggunakan organik traffic. Organic traffic yang didapat dari website lalu muncul di hasil pencarian dengan alami. Sedangkan SEM menggunakan organic traffic dan paid search. Paid search merupakan kunjungan audiens yang dikarenakan iklan berbayar.

Tampilan pada mesin pencarian SEO tidak menggunakan level iklan, sedangkan SEM menggunakan level iklan atau Ads. SEO tidak wajib menggunakan tools tapi bisa menggunakan tools analisis backlink, riset keyword dan yang lainnya. Sedangkan SEM sangat membutuhkan Google Keyword Planner, Google Ads, dan yang lainnya.

Jika menggunakan SEO, website memerlukan waktu untuk memperoleh ranking teratas, sedangkan menggunakan SEM sangat instan untuk menduduki rangking teratas Google. Performa SEO adalah berjangka panjang. Ranking website tidak mudah turun hal ini tergantung optimasi SEO-nya. SEM menggunakan performa jangka pendek, setelah durasi iklan habis ranking website akan kembali seperti sedia kala.

Walaupun SEM bisa mendatangkan hasil dengan cara instan bukan berarti SEO tidak efektif. Buktinya 70% hingga 80% orang seringkali mengabaikan hasil pencarian dengan label iklan atau berbayar. Banyak orang lebih memilih konten yang naik secara organik karena banyak orang malas mengklik konten dengan label iklan.

5+ Manfaat SEO Bagi Website dan Bisnis

Mungkin Anda sering bingung kenapa harus menerapkan SEO website? Bisa melakukan promosi situs melalui channel marketing lain. Misalnya memasang link website pada bio Instagram atau menggunakan fitur swipe up dan yang lainnya.

Anda perlu mengetahui bahwa sebagian besar traffic terutama website datangnya dari mesin pencarian. Pastinya jumlah trafik sangat berpengaruh untuk keberhasilan website agar tujuan tercapai. Berikut manfaat SEO.

Website Mudah Ditemukan

SEO adalah strategi untuk memudahkan audience menemukan website Anda. Karena SEO memungkinkan situs berada di halaman pertama Google. Posisi ini sangat berpengaruh terhadap traffic. Seperti yang kita ketahui banyak orang yang malas melakukan scrolling ke halaman kedua dan seterusnya.

Ibarat seperti Anda membuka kulkas es krim. Pasti Anda lebih memilih es krim pada barisan paling depan daripada merogoh ke bagian bawah bukan?

Trafik Tepat Sasaran

Tidak hanya membantu para audiens untuk menemukan website, tetapi juga memungkinkan Anda memperoleh target yang sesuai. Alasannya Anda bisa membidik kata kunci dengan search intens atau tujuan para audiens saat menelusuri keyword.

Misalnya search internet website mengedukasi audiensi terkait informasi tertentu. Sebagai pebisnis skin care seharusnya sudah mengetahui riset tentang target para audiens yang penasaran dengan niacinamide. Jadi Anda bisa membuat konten blog seputar jenis niacinamide, manfaat niacinamide sekaligus memberi tahu bahwa brand Anda mengandung zat niacinamide.

Dengan menerapkan teknik SEO, konten yang Anda buat berpotensi ditemukan para target audience melalui Google. Ditambah dengan algoritma Google yang mengutamakan pengalaman pencarian unik. Maksudnya algoritma akan menentukan rekomendasi konten yang muncul di halaman pencarian serta mempertimbangkan karakteristik audience. Mulai dari histori penelusuran lokasi dan yang lainnya.

Membangun Brand Bisnis

Menurut Review Trackers, sebanyak 63% orang memilih untuk mencari sebuah produk di Google daripada situs review lain. Maksudnya, Google memang tempat yang strategis untuk memperkenalkan sebuah produk. Bahkan bisa membangun brand awareness, tetapi hal ini tidak bisa dilakukan secara instan.

Biasanya calon pelanggan akan tertarik dengan brand Anda jika sudah tiga hingga lima kali menemukan konten yang sudah Anda buat. Jadi semakin sering website ditampilkan pada halaman pertama untuk kata kunci yang relevan semakin besar peluang brand awareness didapatkan.

Investasi Real dan Jangka Panjang

SEO adalah investasi jangka panjang, karena SEO Google bisa memperbesar bisnis Anda. Apalagi hasil pencarian sangat relevan hal ini mempengaruhi 39% keputusan calon pembeli. Posisi situs Google akan lebih kuat dan bisa bertahan dalam waktu lama, dengan membangun traffic secara alami.

Berbeda dengan PPC, jika Anda berhenti membayar maka traffic akan langsung terjun bebas ke 0. Karena situs Anda akan tersingkir dari rangking atas.

Meningkatkan Konversi Penjualan

Banyak perusahaan yang berpendapat bahwa SEO menghasilkan lebih banyak pelanggan daripada marketing lain. Hal ini dikarenakan SEO bisa menjangkau target lebih luas dan efektif. Penggunaan Google jauh lebih banyak daripada media sosial lainnya.

Jika konten website Anda mudah ditemukan maka semakin besar peluangnya untuk memperoleh traffic. Apalagi jika konten muncul berkali-kali saat audiensi memasukkan keyword.

Mendapat Leads Berkualitas

Lead merupakan orang yang terindikasi layanan atau produk dari sebuah perusahaan, baik cara pemasarannya atau kualitas dari layanan atau produk. Sebuah penelitian mengatakan bahwa platform media sosial tidak terlalu efektif untuk menghasilkan lead sales.

Jenis SEO

Optimasi SEO adalah bertujuan untuk merekatkan ranking website, berikut ini jenis SEO dan penjelasan lengkapnya.

SEO Website

SEO merupakan salah satu hal yang penting bagi para pengguna website untuk membantu mengoptimalkan konten yang dimiliki. Dengan demikian, adanya SEO maka konten Anda akan lebih berkualitas sehingga bisa menyenangkan para pembaca serta dapat terdeteksi secara lebih mudah oleh mesin pencarian.

SEO Lokal

Local SEO adalah praktik untuk mengoptimalkan website supaya fisibilitas meningkat pada pencarian lokasi terdekat. Hal yang menonjol adalah 3 pilar yang harus dimiliki saat pencarian lokal yaitu relevansi, kedekatan dan keunggulan.

Cara kerjanya gabungan dari berbagai teknisi serta kreatif untuk meyakinkan mesin pencarian lebih dekat dengan penggunaan internet serta ditampilkan sesuai lokasi terdekat.

Teknik SEO

Mendapatkan peringkat teratas menjadi tujuan utama dari SEO. Adapun beberapa teknik SEO sendiri adalah sebagai berikut.

Technical SEO

Technical SEO merupakan usaha untuk mengoptimasi SEO dalam website. Secara garis besar aspek yang memasuki wilayah technical SEO adalah navigasi, kecepatan website, XML sitemap, struktur website, tema responsive, layout website.

Menerapkan technical SEO dengan membuat website yang mempunyai struktur bagus serta mudah dibaca oleh search engine. Hal ini membuat peluang Google mengindeks situs Anda menjadi lebih besar.

Riset Keyword

Riset keyword merupakan suatu data yang berhubungan dengan sesuatu yang sedang diteliti. Mestinya yang diteliti dalam website adalah kata kunci atau keyword.

SEO On Page

SEO on Page merupakan usaha mengoptimasi SEO di bagian depan website. Tujuan SEO on Page untuk mengoptimasi konten agar mudah ditemukan pada target pasar. Aspek yang harus dimaksimalkan adalah elemen SEO, kualitas konten, permalink, judul konten, gambar konten, sebaran keyword, struktur content, dan internal link.

SEO on Page membuat konten Anda lebih mudah terpasang di Google. Semakin relevan isi konten dengan keyword maka Google akan meroketkan ranking website Anda dan kebutuhan audience semakin terjawab.

SEO Off Page

SEO off page merupakan usaha untuk mengoptimasi SEO pada website. Tujuan SEO off Page untuk membantu Google memahami manfaat serta relevansi konten untuk orang lain. Aspek SEO off Page yang harus ditingkatkan adalah peningkatan DA, link building, promosi, peningkatan PA, guest blog.

Cara Kerja SEO

Cara kerja SEO pastinya tidak akan asal memilih website untuk menduduki halaman teratas. Ada teknik tertentu yang digunakan Google untuk menyeleksi suatu situs. Dengan mengetahui teknik ini Anda akan mengerti mengapa SEO banyak jenisnya serta penting untuk mengoptimasi Website.

Google mempunyai tools yang bernama web crawler. Tools ini membantu Google untuk mengumpulkan konten di internet lalu menyimpannya ke database mesin pencarian. Ini dia cara kerja SEO adalah merilis website atau memposting konten di blog.

Crawling

Crawling merupakan proses menyimpan dan mengumpulkan halaman website yang baru saja rilis atau yang baru saja di update.

Indexing

Indexing merupakan proses saat Google mempelajari struktur website relevansi dan kualitas konten untuk kebutuhan audience. Bahkan kredibilitas setiap halaman website yang tersimpan pada database nya.

Rangking

Google akan menyusun daftar halaman website terbaik untuk menempati ranking teratas dari pencarian. Rangking teratas sangat membantu untuk meningkatkan traffic.

Indikator Utama SEO

Indikator SEO adalah hal yang tentukan Google untuk memutuskan apakah website layak untuk memperoleh ranking teratas. Hal ini merupakan aspek yang harus Anda upayakan saat mengoptimasi website. Simak indikator utama SEO berikut ini.

Profil Domain

Domain merupakan nama domain dan ekstensi domain atau alamat website. Jika Anda pernah mengakses website dengan alamat atau URL tertentu nah itulah yang disebut domain.

Arsitektur Website

Pada pembahasan Technical SEO tidak dijelaskan secara sekilas pentingnya struktur website, yakni memudahkan Google untuk memahami konteks itu serta memaksimalkan performa. Struktur website merupakan susunan halaman yang sangat penting pada website termasuk elemennya. seperti susunan layout, content, isi, link navigasi, dan yang lainnya.

Bukan hanya sembarangan tertata, tapi struktur website harus SEO friendly atau website harus cepat diakses, menu navigasi jelas, mudah diakses, struktur website rapi, judul konten, dan url unik, tampilan konsisten di browser, link mudah dikenali, konten berkualitas, call to action jelas, kombinasi warna yang pas, tampilan konsisten pada browser, from sederhana, responsif.

Keamanan Website (SSL/TLS)

Google mengutamakan situs yang aman untuk para audien sejak tahun 2014. Cara Google untuk mengenali keamanan suatu situs dengan melihat Apakah situs tersebut memasang SSL/TLS atau tidak.

Sebagai info bahwa SSL/TLS merupakan protokol keamanan yang bertujuan untuk melindungi aliran data pada website. Website yang memasang SSL/TLS sudah dipastikan mempunyai tanda gembok pada URL di address bar.

Untuk memiliki SSL/TLS pada ada website dengan cara, jika Anda berlangganan hosting niagahoster sudah dipastikan Anda mempunyai SSL gratis yang akan berlaku selamanya.

Kecepatan Website

Google sudah menetapkan kecepatan loading website pada mobile, desktop, ataupun tablet sebagai indikator utama SEO pada tahun 2018. Kecepatan website yang terbaik menurut Google paling tidak sekitar 2 detik.

Untuk memperjelas bayangan Anda kira-kira untuk rentang kecepatan website seperti ini. Untuk kecepatan website yang sangat cepat adalah 1 detik, cepat 2 detik, biasa saja 2 hingga 3 detik, lambat 3 hingga 4 detik, sangat lambat diatas 4 detik.

Banyak para pengguna Google yang tidak sabar menunggu. Mereka akan mencari website lain daripada menunggu terlalu lama pada halaman website yang sedang dibuka. Jika semakin cepat page load website maka tak heran, viewers akan meningkat dan bounce rate mengecil.

Untuk meningkatkan kecepatan website dengan memilih hosting yang menggunakan server terbaik. Litespeed web server bisa Anda gunakan karena performanya 50% lebih cepat daripada server lain.

Pemilihan Keyword

Pasti Anda sudah tahu bahwa kata kunci merupakan indikator yang sangat mendasar. Karena memasukkan keyword ke Google merupakan cara audiens untuk menemukan website.

Biasanya pakar atau pemula SEO adalah memilih keyword yang mempunyai volume besar. Karena volume besar menyatakan banyaknya audiens yang mencari informasi menggunakan kata kunci tersebut.

Sayangnya untuk persaingan keyword bervolume besar lumayan sulit. Apalagi jika website baru saja rilis serta kalah dari situs yang sudah mempunyai traffic. Maka dari itu strategi penggunaan keyword akan bergeser sehingga Anda tidak bisa membidik beberapa keyword sekaligus.

Topik & Relevansi Konten

Walaupun terlihat sepele jika Anda salah memilih konten bisa berakibat fatal. Sebaiknya Anda memilih topik konten yang saling berkaitan. Misalnya Anda mempunyai blog mengenai lifestyle. Gunakanlah beberapa topik utama seperti kesehatan, inspirasi, travelling, dan yang lainnya. Semua topik harus saling berkaitan dengan topik utama pada blog yaitu lifestyle.

Search Intent

Search intent merupakan tujuan pengguna saat menelusuri keyword pencarian. Karena Google berusaha untuk memahami maksud audiens melalui keyword yang dimasukkan. Keyword dengan konten yang Anda buat harus relevan dengan search intens para audience.

Strategi Konten

Indikator utama SEO adalah struktur konten. Hal ini cara Google untuk membaca konten Anda dengan melihat penggunaan heading. Heading adalah judul dari bagian artikel yang berisi mengenai informasi.

Saat menggunakan heading juga tidak bisa sembarangan. Walaupun ada 1-6 Anda harus memahami maksud dari simbol tersebut. Semakin mendekati h6 maka informasi yang diberikan harus makin detail.

Selain memudahkan Google untuk membaca struktur konten format heading memudahkan para audiens untuk menangkap inti content. Selain itu bisa membantu Anda untuk memperoleh featured snippet.

Optimasi Gambar dan Video

Elemen ini seringkali disepelekan padahal lumayan berdampak pada SEO website yaitu gambar. Gambar digunakan baik untuk sampul konten, ilustrasi pendukung ataupun format visual lain.

Gambar Seoul bisa mendongkrak performa website Anda. Baik untuk kecepatan hingga kemudahan untuk ditemukan di hasil pencarian. Karena algoritma Google bisa membaca gambar yang diposting.

Struktur URL

URL atau sering disebut dengan permalink merupakan link yang akan mengantarkan audience pada konten atau halaman website tertentu. Dengan struktur url yang sederhana dan jelas maka mesin pencarian akan semakin mudah untuk memahami topik halaman web.

Meta Tag

Meta tag merupakan title tag dan meta deskripsi. Title tag merupakan judul artikel yang akan muncul di pencarian. Sedangkan untuk meta description merupakan ringkasan konten yang berada di bawah meta tags.

Karena meta tag merupakan hal pertama yang dilihat audiens sebelum masuk ke konten. Dengan meta tag audiensi bisa menilai Apakah konten sesuai dengan yang mereka cari atau tidak.

Backlink

Backlink merupakan link dari website tetangga yang akan mengarahkan ke website Anda. Indikator SEO adalah hal yang lumayan penting karena bisa menjadi pertimbangan Google untuk menilai kredibilitas website.

Tetapi Anda tidak bisa asal memilih backlink hari sembarang website atau blog. Pastinya Anda mengambil situs untuk backlink yang berkualitas. Kualitas tersebut bisa dilihat dari skor PA dan DA. Semakin tinggi skor maka peluang halaman website akan semakin meningkat.

Faktor SEO Ranking

Seperti yang kita ketahui bahwa indikator SEO adalah metric yang dinilai Google untuk menilai layaknya sebuah konten dan website. Nah untuk indikator sebenarnya bisa dikelompokkan menjadi faktor SEO ranking. Faktor SEO ranking merupakan kriteria yang sudah ditetapkan untuk mengevaluasi indikator SEO.

Beberapa faktor Google ranking adalah

  1. Relevansi keyword dengan search intent
  2. Authority domain
  3. User Experience

Selain itu, ranking website juga dipengaruhi oleh algoritma Google. Pada dasarnya Google saat menilai website mempunyai sistem yang terus diperbarui serta memberikan search experience terbaik.

Kesimpulan

SEO adalah cara untuk mengoptimasi Website agar berada di halaman teratas. Dengan menerapkan SEO website yang sesuai Anda akan memperoleh traffic serta manfaat yang berlimpah. Jadi, kembangkan bisnis Anda melalui jasa SEO bersama BigEvo. Anda dapat menghubungi tim profesional kami di team@bigevo.com untuk informasi dan diskusi lebih lanjut. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Pentingnya Menggunakan Jasa SEO dan 5 Jenis Layanan untuk Optimalkan Performa Website
                                        Jasa SEO yang kredibel akan menerapkan teknik SEO secara tepat dalam mendongkrak performa ...
by Izza  |  07 Aug 2023
Organic Traffic: Pengertian dan Cara Meningkatkannya
Organic traffic merupakan salah satu istilah yang lekat dengan dunia digital marketing, terutama jika membahas website. Pembahasan ini akan mengulas t ...
by Izza  |  26 Dec 2022
Keyword Density: Pengertian, Jumlah yang Ideal, dan Cara Menerapkannya
Karena keyword density berbicara tentang kepadatan kata kunci yang digunakan, Anda tentu ingin tahu berapa banyak jumlah yang tepat. Berapa keyword ya ...
by Izza  |  22 Dec 2022
    Whatsapp BigEvo