Brand Awareness: Pengertian, Manfaat dan Strategi Membangunnya

brand awareness adalah

Brand awareness adalah keterampilan pelanggan untuk mengingat dan mengenali suatu brand dengan melihat sesuatu. Contohnya ketika Anda melihat tampilan permukaan handphone dengan logo apel yang digigit pasti langsung mengetahui mereknya. Logo, warna, dan simbol bisa mengasosiasikan perspektif dan ingatan terhadap suatu brand dan produk.

Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak hingga selesai!

Apa Itu Brand Awareness?

Brand merupakan asosiasi menyeluruh yang dibayangkan seseorang saat mendengar nama perusahaan atau produk. Bahkan brand menyangkut persepsi atau image orang terhadap produk maupun usaha tertentu. Lalu, apa yang dimaksud dengan brand awareness?

Brand awareness adalah tingkat pengetahuan atau kesadaran yang dimiliki oleh konsumen terhadap suatu merek tertentu. Hal ini mencakup sejauh mana konsumen mengenali, mengingat, dan mengenali sebuah merek ketika mereka melihat atau mendengar nama atau logo merek tersebut. 

Kesadaran merek ini merupakan elemen penting dalam strategi pemasaran karena dapat berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen. Mempunyai brand awareness juga merupakan kunci untuk perusahaan supaya bisa lebih unggul dalam persaingan bisnis. Umumnya konsumen memilih produk dari brand terkenal, yang dari sinilah dapat membuat penjualan semakin meningkat.

Brand Awareness Menurut Para Ahli

  1. Menurut Durianto, brand awareness adalah kesanggupan seorang konsumen untuk mengingat suatu merek sebagai kategori produk tertentu.
  2. Berdasarkan Husnawati, brand awareness artinya satu dimensi dasar dari ekuitas yang disebut sebagai persyaratan dari keputusan konsumen.
  3. Berdasarkan Suasana dan Putri, brand awareness dihubungkan pada kuatnya pesan yang telah tersimpan di memori serta direfleksikan dengan kemampuan pelanggan.
  4. Sedangkan menurut Muzakki, brand awareness diindikasikan dengan penerimaan konsumen terhadap merek yang mempunyai asosiasi terhadap produk.
  5. Menurut Rahmadani, brand awareness adalah proses mengenal sebuah merek, atau mulai dari perasaan tidak mengenal hingga yakin bahwa merek tersebut merupakan kelas produk.

Berdasarkan dari definis-definisi di atas, bisa disimpulkan bahwa brand awareness merupakan kesadaran konsumen terhadap suatu merek, baik itu mengingat atau mengenali tentang keberadaannya.

Contoh Brand Awareness

Berikut beberapa contoh brand awareness untuk merek yang terkenal di dunia:

  • Coca-Cola: Salah satu merek minuman ringan yang paling dikenal di seluruh dunia dengan logo dan produk yang mudah dikenali oleh hampir semua orang.
  • Apple: Merek perangkat elektronik dengan logo Apple dengan siluet apel yang digigit adalah salah satu ikon merek paling ikonik di dunia.
  • Nike: Merek olahraga yang dikenal dengan slogan “Just Do It.” yang sangat terkait dengan atlet dan gaya hidup aktif.
  • Starbucks: Jaringan kopi global yang memiliki brand awareness tinggi dengan logo mermaid hijau mereka adalah ikon yang mudah dikenali.
  • Disney: The Walt Disney Company dikenal dengan karakter-karakter animasi klasik seperti Mickey Mouse dan merek-merek seperti Disneyland. 

Indikator Brand Awareness

Indikator brand awareness adalah sebuah tolak ukur yang digunakan untuk mengukur sejauh mana konsumen mengenali dan mengingat suatu merek. Tolak ukur ini masing-masing memberikan wawasan yang berbeda tentang brand awareness bisnis di berbagai platform dan media. 

Menggunakan kombinasi dari tolak ukur ini dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang sejauh mana kesadaran merek Anda telah berkembang. Anda juga bisa mengetahui sejauh mana audiens terlibat dengan merek Anda secara online. Dengan pemantauan dan analisis yang tepat, Anda dapat mengambil tindakan yang sesuai untuk memperkuat brand awareness Anda.

Berikut ini beberapa indikator atau tolak ukur untuk menilai brand awareness pada sebuah merek

Brand Recall

Brand recall merupakan seberapa jauh konsumen bisa mengingat saat mereka ditanya tentang merek apa saja yang diingat. Indikator ini mengukur sejauh mana konsumen dapat mengingat nama merek atau produk tanpa ada bantuan atau petunjuk. 

Consumption

Metrik ini mengukur sejauh mana konsumen menggunakan atau mengonsumsi produk atau layanan yang ditawarkan oleh merek Anda. Tingkat konsumsi yang tinggi menunjukkan bahwa konsumen mengakui, menggunakan, dan menikmati produk atau layanan dari merek tersebut. Jadi tak heran konsumen akan membeli suatu produk karena merek tersebut menjadi top of mind.

Purchase Decision

Purchase decision mengacu pada sejauh mana konsumen memilih untuk membeli produk dari merek tertentu ketika mereka berada di tahap pengambilan keputusan. Jika konsumen secara konsisten memilih merek Anda dalam keputusan pembelian, maka bisa dibilang bahwa brand awareness Anda kuat dan memiliki daya tarik yang baik di pasar.

Brand Recognition

Brand recognition adalah kemampuan konsumen untuk mengenali merek atau produk ketika mereka melihatnya atau mendengarnya. Indikator ini mencakup kemampuan untuk mengidentifikasi logo, kemasan, atau elemen visual lainnya yang terkait dengan merek. Brand recognition adalah langkah awal dalam perjalanan brand awareness

  • Traffic

  • Traffic merujuk pada jumlah pengunjung yang datang ke situs web atau platform online brand. Tingkat traffic dapat menjadi indikator brand awareness yang berguna, terutama jika banyak pengunjung datang secara langsung (melalui pengetikan URL) atau mencari merek. Semakin banyak orang yang datang secara langsung atau mencari merek, semakin baik brand awareness Anda.
  • Social Engagement

Social engagement (keterlibatan sosial) mencakup jumlah like, komentar, berbagi, dan interaksi lainnya yang terjadi di platform media sosial brand. Jika konten Anda mendapatkan banyak keterlibatan sosial, ini menunjukkan bahwa audiens tidak hanya mengenali merek, tetapi juga aktif berinteraksi dengan konten. Keterlibatan yang tinggi di media sosial dapat mengindikasikan tingkat brand awareness yang baik.

  • Social Listening

  • Social listening adalah proses memantau percakapan dan pembicaraan yang terkait dengan merek di media sosial dan platform online lainnya. Proses ini memantau apa yang dikatakan oleh pengguna, baik secara positif maupun negatif, tentang merek Anda. Dengan social listening, Anda dapat mengukur sejauh mana brand dibicarakan di ruang digital dan menjadi indikator brand awareness yang penting.
  • Pencarian Google

  • Melalui Google Analytics atau alat analisis web lainnya, Anda dapat melacak seberapa sering kata kunci yang terkait dengan merek dicari di mesin pencari. Jika banyak orang mencari merek atau produk Anda, ini menunjukkan tingkat brand awareness yang baik di kalangan konsumen.

Manfaat Brand Awareness untuk Bisnis

Berikut beberapa manfaat brand awareness yang bisa Anda dapatkan untuk bisnis.

  • Meningkatkan Penjualan

  • Brand awareness yang tinggi dapat meningkatkan kemungkinan konsumen memilih produk Anda. Ketika konsumen mengenali dan merasa akrab dengan merek Anda, mereka cenderung lebih percaya dan lebih cenderung untuk membeli produk yang Anda tawarkan.
  • Menghasilkan Loyalitas Pelanggan

  • Kesadaran merek yang baik dapat membantu dalam membangun basis pelanggan yang setia. Pelanggan yang merasa terhubung dengan merek lebih mungkin untuk kembali membeli dan mempertahankan hubungan jangka panjang dengan bisnis Anda.
  • Meningkatkan Kemampuan Bersaing

  • Brand awareness yang kuat dapat membantu Anda bersaing lebih baik dalam pasar yang padat. Merek yang dikenal dengan baik memiliki keunggulan dalam menarik perhatian konsumen dan mengalahkan pesaing yang kurang dikenal.
  • Meningkatkan Kepercayaan dan Kredibilitas

  • Brand awareness dapat membantu meningkatkan persepsi konsumen tentang kredibilitas dan keandalan merek Anda. Hal ini akan membuat konsumen merasa lebih nyaman untuk berinteraksi dan tentunya melakukan transaksi untuk membeli produk dari brand Anda.

Memfasilitasi Perluasan Bisnis

Ketika merek Anda telah mendapatkan reputasi yang baik, perluasan bisnis menjadi lebih mudah. Konsumen yang mengenal merek Anda di satu pasar lebih mungkin untuk mencoba produk yang Anda tawarkan ketika memasuki pasar baru.

Strategi Membangun Brand Awareness

Berikut beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan brand awareness.

Fokus pada Kebutuhan Target Audience

Salah satu hal utama yang perlu Anda terapkan untuk membangun brand awareness dan bisnis secara keseluruhan adalah memahami kebutuhan target audience. Dari pemahaman tersebut, Anda akan mengetahui hal apa saja yang diberikan oleh brand untuk memenuhinya. Merek yang dapat memahami dan memenuhi kebutuhan audiens akan lebih mudah untuk dikenali.

Fokus pada Positioning dan Personalitas

Dalam membangun brand awareness, pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu apa positioning yang ingin dicapai. Misalnya Anda memiliki brand kopi, maka tentukan bagaimana Anda ingin dipandang oleh audiens. Apakah brand kopi premium, minuman enak dengan harga terjangkau, atau merek yang dekat dengan keseharian audiens. 

Memberi Promosi dan Penawaran Menarik

Jika brand Anda terbilang baru, maka memberikan promosi dan penawaran menarik bisa menjadi cara agar orang mengenalnya. Anda dapat membuat program diskon, buy 1 get 1, atau metode-metode promosi lainnya. Melalui promosi tersebut, audiens akan mengenal merek Anda dan mencoba produk yang ditawarkan.

Manfaatkan Platform Digital

Di era sekarang ini, menggunakan platform digital untuk mengembangkan bisnis sudah menjadi kebutuhan. Terlebih lagi bagi Anda yang ingin membangun dan meningkatkan brand awareness agar dikenali banyak orang. Gunakanlah platform digital yang sesuai dengan merek maupun audiens yang Anda tuju, seperti media sosial dan e-commerce.

Ingin membangun awareness melalui ranah digital namun bingung harus mulai dari mana? Jangan khawatir, BigEvo Digital Agency siap membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan dan target bisnis yang ingin dicapai oleh brand Anda bersama tim profesional kami.

Di BigEvo, Anda bisa memilih berbagai layanan digital yang tepat untuk bisnis atau brand. Seperti Social Media Marketing & Management, Digital Ads, Live Streaming, SEO Optimization, KOL Marketing, dan masih banyak lagi.

Strategi-strategi tersebut akan menjadi langkah yang tepat bagi Anda dalam membangun dan meningkatkan brand awareness. Hubungi kami di team@bigevo.com dan diskusikan lebih lanjut mengenai apa yang Anda butuhkan. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



5 Cara Jualan Online, Dulang Cuan Jadi Makin Mudah
Ini dia 5 cara jualan online yang ampuh agar bisnis Anda bisa mendulang cuan dengan mudah di era digital seperti sekarang. Baca selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
7 Strategi Promosi UKM untuk Berkembang dan Sukses di Pasaran
Temukan apa saja strategi promosi UKM yang dapat membantu untuk berkembang dan sukses pada era digital seperti sekarang ini. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
5 Jenis Iklan untuk UMKM Agar Sukses di Era Digital
Penggunaan iklan untuk UMKM memiliki peranan penting agar bisnis Anda bisa berkembang & sukses di era digital. Simak apa saja jenis-jenisnya di sini. ...
by Izza  |  15 Dec 2023
    Whatsapp BigEvo