10 Manfaat SEO untuk Bisnis, Promosi 24 Jam di Google Search

manfaat seo

Memahami manfaat SEO adalah hal yang penting untuk Anda yang ingin membangun dan memaksimalkan website bisnis. Penerapan SEO akan membantu mendongkrak performa website Anda. Salah satunya hasil yang bisa Anda dapatkan adalah meningkatnya ranking di mesin pencari dan mendorong pertumbuhan traffic. 

Pembahasan ini akan mengulas apa saja manfaat yang bisa Anda dapat dari penerapan SEO yang tepat untuk website bisnis. Simak selengkapnya di bawah ini!

Manfaat SEO untuk Website Bisnis

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan performa yang bagus bagi situs maupun bisnis. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat SEO untuk website bisnis Anda.

1. Mendatangkan Traffic Potensial

Manfaat SEO pertama yang bisa Anda dapatkan untuk website bisnis adalah mendatangkan traffic potensial. Traffic ini bisa sangat menguntungkan bagi situs Anda, baik dari segi performa website maupun bisnis secara keseluruhan. Beberapa keuntungannya adalah membuat bisnis Anda lebih dikenal, meningkatkan konversi, dan mendorong angkat penjualan.

2. Meningkatkan Brand Awareness

SEO berguna untuk meningkatkan brand awareness yang memberikan keuntungan melimpah bagi bisnis. Anda dapat memilih kata kunci atau keyword yang relevan untuk dimasukkan pada konten di website. Hal ini bisa membantu meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencari.

Ketika web Anda memiliki peringkat yang bagus di mesin pencari, maka kemungkinan pengguna mengklik halaman tersebut pun lebih besar. Situs yang muncul di halaman awal atau memiliki ranking bagus juga dapat menunjukkan kredibilitasnya. Dengan begitu, bisnis atau brand Anda akan lebih dikenal oleh pengguna internet.

3. Mendapat Audiens yang Relevan

Manfaat SEO selanjutnya adalah dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih relevan melalui kata kunci yang sesuai. Hal ini akan membantu Anda menarik pengunjung yang lebih spesifik dan sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Lebih banyak pengunjung yang berpotensi tertarik dengan apa yang Anda tawarkan, akan meningkatkan peluang konversi dan penjualan.

4. Memperluas Jangkauan dan Target Pasar

Tak hanya audiens yang relevan, SEO juga dapat membantu bisnis menjangkau target pasar yang lebih luas. Dengan mencakup kata kunci dan istilah yang beragam, Anda dapat menarik pengunjung dari berbagai segmen dan lokasi. 

Dalam hal ini, SEO membantu Anda memperluas jangkauan bisnis Anda di tingkat lokal, regional, atau bahkan global. Dengan mencapai audiens yang lebih luas, Anda memiliki kesempatan untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan daya saing Anda di pasar.

5. Meningkatkan Pengalaman Pengguna

SEO juga berhubungan dengan aspek teknis dan desain situs web yang penting bagi pengalaman pengguna. Misalnya, mempercepat waktu pemuatan halaman, membuat situs web responsif untuk perangkat seluler, serta memperbaiki navigasi dan struktur situs. 

Dengan memberikan pengalaman pengguna yang baik, pengunjung akan lebih mungkin untuk tinggal lebih lama di situs Anda. Pengguna juga terdorong untuk menjelajahi lebih banyak halaman dan kembali berkunjung di masa depan. Hal ini memberikan keunggulan atas pesaing yang mungkin memiliki situs yang kurang dioptimalkan.

6. Sebagai Bentuk Promosi 24 Jam

Manfaat SEO selanjutnya bagi website bisnis adalah dapat berperan sebagai strategi promosi 24 jam. Mengapa begitu?

SEO disebut sebagai bentuk promosi 24 jam karena efeknya terus-menerus bekerja untuk meningkatkan visibilitas dan eksposur bisnis Anda secara online sepanjang waktu, tanpa henti. Strategi SEO bekerja tanpa batas waktu dan geografis, yang memungkinkan situs Anda selalu dapat muncul ketika pengguna mencarinya.

SEO juga dapat meningkatkan visibilitas bisnis Anda secara online sepanjang waktu. Dengan mencapai peringkat yang baik di mesin pencari dan mempertahankannya, situs web Anda dapat diakses oleh calon pelanggan potensial kapan saja, memberikan keunggulan promosi 24 jam bagi bisnis Anda.

7. Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan

Ketika website Anda muncul di peringkat atas hasil pencarian, hal ini memberikan kesan bahwa bisnis Anda adalah otoritas dalam industri tersebut. Pengguna cenderung lebih mempercayai situs yang muncul di posisi atas, sehingga meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pelanggan potensial terhadap bisnis Anda.

8. Menjadi Investasi Jangka Panjang

Manfaat SEO selanjutnya adalah bisa menjadi investasi jangka panjang serta memberikan hasil yang cukup besar. Hal ini dikarenakan cara kerja SEO tidak sama dengan iklan berbayar, yang jika dana Anda habis maka website tidak akan muncul lagi. 

Upaya SEO yang dilakukan secara konsisten dan terarah akan memberikan pengaruh jangka panjang bagi bisnis Anda. Meskipun hasilnya tidak instan, peringkat yang stabil di mesin pencari dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi visibilitas dan pertumbuhan bisnis Anda.

9. Sebagai Strategi Hemat Biaya

Dibandingkan metode pemasaran digital lainnya, biaya yang terkait dengan SEO cenderung lebih rendah. Dengan mengoptimalkan situs web Anda untuk kata kunci yang relevan dan menyediakan konten yang berkualitas, Anda dapat menarik pengunjung secara alami tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk setiap kunjungan tersebut.

Tak hanya itu, mengoptimalkan situs web juga dapat menarik pengunjung yang lebih spesifik dan berpotensi tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Hal ini mengurangi pemborosan anggaran pada iklan yang ditampilkan kepada audiens yang tidak relevan dan meningkatkan efisiensi pengeluaran Anda.

10. Mendapat ROI yang Tinggi

SEO dapat memberikan pengembalian investasi (Return of Investment) yang tinggi dibandingkan dengan metode pemasaran digital lainnya. Karena lalu lintas yang dihasilkan dari SEO adalah organik, Anda tidak perlu membayar untuk setiap klik atau tampilan iklan. 

Jika Anda berhasil mencapai peringkat tinggi dan mendapatkan lalu lintas yang relevan, Anda memiliki peluang untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan. Hal ini akan mendorong terjadinya pembelian yang tentunya dapat mendongkrak angka pendapatan bisnis Anda.

Terapkan Strategi SEO dengan Tepat Bersama BigEvo

Setelah mengetahui manfaat SEO di atas, Anda tentunya semakin menyadari pentingnya praktik digital yang satu ini, bukan? Namun manfaat-manfaat tersebut akan sulit Anda dapatkan tanpa penerapan strategi SEO yang tepat.

Untuk itu, sebaiknya Anda menyerahkan optimasi website melalui SEO pada ahlinya di BigEvo Digital Agency. BigEvo telah berpengalaman dalam mengembangkan bisnis melalui berbagai strategi digital yang jitu, salah satunya SEO Optimization. Dengan tim profesional dan pengalaman yang mumpuni, BigEvo siap membantu bisnis Anda untuk menjadi semakin sukses.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi tim kami dan diskusikan kebutuhan Anda untuk mendapatkan manfaat SEO yang maksimal bagi website bisnis. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Pentingnya Menggunakan Jasa SEO dan 5 Jenis Layanan untuk Optimalkan Performa Website
                                        Jasa SEO yang kredibel akan menerapkan teknik SEO secara tepat dalam mendongkrak performa ...
by Izza  |  07 Aug 2023
Organic Traffic: Pengertian dan Cara Meningkatkannya
Organic traffic merupakan salah satu istilah yang lekat dengan dunia digital marketing, terutama jika membahas website. Pembahasan ini akan mengulas t ...
by Izza  |  26 Dec 2022
Keyword Density: Pengertian, Jumlah yang Ideal, dan Cara Menerapkannya
Karena keyword density berbicara tentang kepadatan kata kunci yang digunakan, Anda tentu ingin tahu berapa banyak jumlah yang tepat. Berapa keyword ya ...
by Izza  |  22 Dec 2022
    Whatsapp BigEvo