Meta Description: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya Sesuai SEO Friendly

hal yang harus diperhatikan dalam meta description

Meta description adalah salah satu elemen penting yang dapat membantu Anda dalam mendongkrak performa website. Agar bisa optimal, Anda perlu memahami pengertian, manfaat, serta bagaimana cara membuatnya dengan tepat.

Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Pengertian Meta Description

Meta description adalah deskripsi singkat yang muncul di bawah judul halaman web pada hasil pencarian mesin pencari, seperti Google. Deskripsi tersebut memberikan informasi tentang isi halaman web yang membuat pengguna mengetahui gambaran konten Anda. Dengan begitu, pengguna bisa memutuskan apakah akan mengklik dan mengunjungi halaman tersebut atau tidak.

Anda bisa mengetahui deskripsi dari meta tag ini dengan cara mengklik kanan pada halaman website. Lalu di pilihan “Lihat sumber halaman”, Anda bisa melihat deskripsi meta yang terdapat pada konten atau isi halaman tersebut. 

Atribut yang dikenal juga dengan sebutan meta tag ini juga membantu proses optimasi website atau SEO (Search Engine Optimization). Memang, meta description tidak berpengaruh langsung pada peringkat website Anda. Namun atribut ini dapat mendorong tingkat CTR (click-through-rate) dan membantu mengurangi bounce rate.

Mengapa begitu? Hal ini karena deskripsi yang baik pada meta tag akan membuat pengguna mengetahui apa isi dari konten Anda. Pengguna bisa mendapat gambaran apakah isi halaman tersebut sesuai dengan yang ia cari atau tidak. Dan tentunya hal tersebut juga harus dibarengi dengan isi konten yang sesuai dengan meta description.

Untuk itu, Anda perlu menulis deskripsi meta yang sesuai dan tentunya menarik bagi audiens. Jika Anda tidak membuatnya, maka mesin pencari akan secara otomatis mengambil dari kalimat pertama dan kedua pada konten. Deskripsi pun bisa saja tidak tampil lengkap karena kalimat yang terlalu panjang dan akhirnya terpotong.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat meta description sendiri agar bisa merangkai kalimatnya dengan lebih tepat. Deskripsi meta yang tepat dan menarik akan memberikan berbagai manfaat bagi performa website Anda. Apa saja? Simak di bagian berikutnya, ya!

Manfaat Membuat Meta Description

Memahami meta description tentunya tak lengkap tanpa mengetahui apa saja manfaatnya. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan membuat meta description pada halaman website.

Meningkatkan CTR (Click-Through-Rate)

Seperti yang telah diulas sebelumnya, meta description dapat membantu Anda dalam meningkatkan CTR untuk web. Deskripsi meta yang tepat dan sesuai dengan apa yang dicari pengguna akan mendorong mereka untuk mengklik halaman tersebut. Terlebih lagi jika Anda mencantumkan kalimat yang menarik disertai ajakan untuk membuka halaman website.

Mengoptimalkan Pengalaman Pengguna

Penggunaan meta description bukan saja bermanfaat bagi pemilik website, namun juga bagi pengguna. Gambaran isi konten pada deskripsi meta membantu pengguna untuk mengetahui apa yang dibahas pada halaman tersebut. Deskripsi tersebut akan menjadi salah satu faktor pengambilan keputusan pengguna untuk mengunjungi website Anda atau tidak.

Hal ini akan mengoptimalkan pengalaman pengguna (user experience) yang positif dalam website Anda. UX yang positif sendiri merupakan salah satu elemen penting yang akan mendongkrak performa website. Pengguna internet dan pengunjung website akan betah berlama-lama di web Anda jika pengalaman mereka positif. 

Meningkatkan Relevansi

Manfaat meta description yang selanjutnya adalah membantu meningkatkan relevansi pada website Anda. Dengan menyertakan kata kunci yang relevan dalam deskripsi, relevansi halaman web Anda pun bisa meningkat. Hal ini memungkinkan halaman Anda muncul di mesin pencari ketika pengguna mengetik kata kunci tersebut.

Meningkatkan SEO

Seperti yang juga telah dijelaskan, penggunaan meta description yang tepat akan membantu praktik SEO untuk website Anda. Deskripsi meta turut mempengaruhi faktor-faktor yang merupakan bagian dari SEO, seperti CTR, relevansi, dan lain sebagainya. Meski tidak berpengaruh langsung pada peringkat website, deskripsi ini memberikan efek positif pada elemen-elemen dalam SEO.

Memaksimalkan Promosi Konten di Berbagai Platform

Manfaat terakhir yang tak kalah pentingnya adalah meta description dapat memaksimalkan promosi konten Anda di berbagai platform digital. Misalnya pada beberapa platform media sosial, yang mana deskripsi akan muncul ketika Anda membagikan link halaman website. Atau pada konten iklan yang Anda pasang di media sosial.

Hal ini akan membantu audiens mengetahui apa isi dari link yang Anda bagikan maupun iklan yang terpasang. Lalu dengan kalimat menarik dan ajakan yang tepat, audiens dapat terdorong untuk mengklik konten promosi Anda. Dengan begitu, CTR maupun traffic Anda bisa meningkat secara optimal.

Cara Membuat Meta Description SEO Friendly

Agar bisa mendapatkan manfaat dari meta description dengan maksimal, Anda perlu membuat deskripsi yang tepat. Berikut beberapa cara membuat meta description yang baik untuk website Anda.

Menulis Maksimal 155 Karakter

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat deskripsi meta adalah jumlah karakter. Dalam membuat meta description, sebaiknya Anda menulis tidak lebih dari 155 karakter. Jika terlalu panjang, deskripsi bisa terpotong dan bisa menyebabkan pengguna kurang memiliki gambaran tentang isi halaman website Anda.

Menggunakan Kalimat Aktif dan Persuasif

Selain jumlah karakter, Anda juga perlu memperhatikan bentuk kalimat yang digunakan pada meta description. Deskripsi dengan kalimat aktif dan persuasif akan lebih efektif dalam menyampaikan pesan pada audiens. Pastikan juga Anda membuat kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele agar mudah dipahami oleh pengguna.

Menyisipkan Kata Kunci dengan Tepat

Hal selanjutnya yang perlu Anda masukkan dalam meta description adalah keyword atau kata kunci. Menyertakan kata kunci dalam deskripsi meta akan membantu mesin pencari menyortir dan menebalkan kata tersebut. Dengan begitu, pengguna pun bisa lebih mudah dalam menemukan halaman web Anda.

Selain itu, Anda juga dapat meletakkan kata kunci pada bagian awal deskripsi. Hal ini bertujuan agar keyword tidak terpotong saat ditampilkan pada mesin pencari. Ingat juga untuk tidak berlebihan dalam menggunakan kata kunci yang bisa menyebabkan keyword stuffing. 

Fokus Pada Keunggulan Konten

Agar bisa menarik perhatian pengguna, buatlah deskripsi yang berfokus pada keunggulan konten web Anda. Jika halaman tersebut membahas sebuah produk, maka garisbawahi apa saja keunggulan dari produk itu. Begitu juga jika bentuknya artikel, sampaikan apa informasi yang bisa didapat pada halaman tersebut.

Supaya bisa lebih menarik, anggaplah bahwa deskripsi meta tersebut merupakan iklan untuk halaman website Anda. Anda dapat memasukkan manfaat atau solusi yang ingin diberikan agar menarik audiens. Bisa juga menggunakan kalimat persuasif yang akan mendorong pengguna untuk mengunjungi halaman web.

Menggunakan Call to Action

Supaya pengguna lebih terdorong untuk mengklik halaman, gunakan CTA (call-to-action) pada meta deskripsi Anda. Biasanya CTA diletakkan di bagian akhir, seperti “Cek selengkapnya di sini”, “Temukan jawabannya sekarang”, dan lain sebagainya. Intinya, Anda perlu membuat CTA yang mengajak audiens untuk mengunjungi halaman tersebut.

Mempertimbangkan Local SEO

Cara yang juga bisa Anda terapkan untuk membuat meta description yang baik adalah menggunakan local SEO. Tujuannya adalah untuk menjangkau audiens dari wilayah tertentu dan bisa lebih tepat dalam menyasar target audience. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu memasukkan nama wilayah yang terkait dengan isi halaman website.

Local SEO ini cocok digunakan untuk halaman website yang menawarkan produk di area tertentu. Misalnya konten promosi untuk jasa digital marketing yang berlokasi di area Jakarta. Anda bisa memasukkan rangkaian kata “jasa digital marketing Jakarta” dalam deskripsi meta halaman tersebut.

Menulis dengan Spesifik dan Relevan

Saat membuat deskripsi meta, sebaiknya Anda tidak hanya menyalin judul halaman atau artikel. Selain akan terlalu pendek, menggunakan kalimat yang sama untuk judul dan deskripsi meta akan membuat jadi tidak menarik. Pastikan Anda memberikan informasi yang lebih spesifik dan tentunya menarik bagi audiens.

Menginstal Plugin SEO di WordPress

Jika Anda menggunakan platform WordPress untuk website, Anda dapat menginstal plugin SEO. Plugin tersebut dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan meta description dan membuat rangkaian kalimat yang tepat untuk halaman web. Dengan plugin tersebut, Anda bisa melihat apakah kalimat yang ditulis terlalu panjang atau bahkan terlalu pendek.

Tak hanya itu, ada juga beberapa plugin SEO yang menyediakan analisis dan rekomendasi untuk deskripsi meta. Hal ini akan sangat membantu dalam menilai apakah deskripsi tersebut sudah tepat atau masih memerlukan peningkatan.

Maksimalkan Performa Website dengan Layanan Digital Profesional

Selain menggunakan meta description, ada berbagai hal lainnya yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan performa website. Seperti membuat desain web yang menarik, melancarkan user interface, membangun backlink, dan lain sebagainya. Anda juga bisa melakukan optimasi SEO melalui berbagai atribut yang dapat diterapkan dengan maksimal.

Agar hasilnya lebih optimal, sebaiknya Anda menggunakan layanan profesional dari digital agency terpercaya seperti BigEvo. BigEvo telah berpengalaman dalam membantu kebutuhan brand dan bisnis melalui berbagai strategi digital. Termasuk dengan layanan Website Development, SEO Optimization, dan lain sebagainya yang cocok untuk performa situs bisnis.

Jadi, segera hubungi tim profesional BigEvo dan diskusikan kebutuhan website serta bisnis Anda secara keseluruhan. Baik dengan menggunakan meta description yang tepat maupun strategi digital lainnya, BigEvo siap membantu Anda. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Pentingnya Menggunakan Jasa SEO dan 5 Jenis Layanan untuk Optimalkan Performa Website
                                        Jasa SEO yang kredibel akan menerapkan teknik SEO secara tepat dalam mendongkrak performa ...
by Izza  |  07 Aug 2023
Organic Traffic: Pengertian dan Cara Meningkatkannya
Organic traffic merupakan salah satu istilah yang lekat dengan dunia digital marketing, terutama jika membahas website. Pembahasan ini akan mengulas t ...
by Izza  |  26 Dec 2022
Keyword Density: Pengertian, Jumlah yang Ideal, dan Cara Menerapkannya
Karena keyword density berbicara tentang kepadatan kata kunci yang digunakan, Anda tentu ingin tahu berapa banyak jumlah yang tepat. Berapa keyword ya ...
by Izza  |  22 Dec 2022
    Whatsapp BigEvo