Jasa Konsultan Digital Marketing dan Strateginya untuk Meningkatkan Bisnis

jasa konsultan digital marketing

Jasa konsultan digital marketing tentu sudah bukan menjadi hal yang baru di dunia bisnis dewasa ini. Digital marketing adalah salah satu cara yang hemat biaya dan efisien untuk menjangkau target audience. Strategi pemasaran ini menggunakan media digital untuk menjangkau dan mempengaruhi perilaku konsumen.

Digital marketing menawarkan berbagai alat untuk digunakan pemasar seperti SEO, iklan media sosial, pemasaran email, dan masih banyak lagi. Konsep pemasaran online ini pun telah melihat pertumbuhan yang luar biasa dalam dekade terakhir.

Karena itu, digital marketing merupakan alat yang ampuh untuk bisnis. Pemasaran ini membantu Anda menghasilkan prospek, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan pengalaman pelanggan. 

Tak hanya itu, digital marketing juga membantu Anda tetap kompetitif di pasar. Caranya adalah dengan mengidentifikasi tren sejak dini dan beradaptasi dengan inovasi baru dengan cepat.

Pembahasan kali ini akan mengulas lebih jauh mengenai pentingnya digital marketing serta strategi yang tepat untuk meningkatkan bisnis. Simak selengkapnya dibawah ini, ya!

Keunggulan Jasa Konsultan Digital Marketing

Di jaman yang serba cepat dan kompetitif ini, seorang pebisnis harus pandai mengikuti perubahan dan lihai menangkap peluang. Salah satu perubahan masif yang terjadi dalam sejarah hidup manusia adalah internet. Hal ini pun harus dapat ditangkap oleh para pebisnis agar bisa terus berkembang dan sukses di pasaran.

Kemajuan teknologi dan internet ini juga yang membuat praktik digital marketing atau pemasaran digital terus tumbuh pesat. Digital marketing sudah menjadi alat pemasaran yang mendasar dalam menjalankan bisnis. Mengapa bisa begitu?

Jawabannya adalah karena banyaknya pengguna internet yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia, bahkan dunia. Banyaknya pengguna ini dapat menjadi peluang bagi Anda untuk membangun dan memperkuat brand. Serta tentu saja, meningkatkan omzet penjualan.

Digital marketing sendiri merupakan bentuk periklanan atau promosi yang menggunakan saluran digital untuk melibatkan pelanggan. Pemasaran digital ini dapat dilakukan melalui berbagai saluran seperti situs web, media sosial, aplikasi seluler, pemasaran email, optimisasi mesin pencari, dan lain sebagainya.

Anda dapat menggunakan digital marketing pada lini bisnis apapun, selama bisa mengakses internet atau online. Namun, penting untuk mengidentifikasi tujuan dari strategi pemasaran digital Anda. Jangan lupa untuk memastikan Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang target audience sebelum mulai menerapkannya.

Ada beberapa manfaat menggunakan pemasaran digital, dan beberapa diantaranya adalah:

  • Tingkat respon instan
  • Efektivitas biaya
  • Peningkatan jangkauan
  • Peningkatan keterlibatan pelanggan
  • Peningkatan retensi pelanggan
  • Peningkatan ROI (laba atas investasi)
  • Peningkatan penjualan

Berbagai manfaat tersebut tentunya bisa Anda dapatkan dengan memilih jasa konsultan digital marketing yang tepat. Tim yang kompeten akan mencanangkan strategi terbaik yang tepat untuk perkembangan bisnis Anda.

Strategi Penerapan Jasa Konsultan Digital Marketing

Sebagai teknik pemasaran yang berada di dunia internet, digital marketing terus berkembang. Anda mungkin menemukan tools marketing dan strategi yang terbaru seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini karena internet bergerak dengan sangat cepat, maka digital marketing pun perlu mengikuti pergerakannya juga.

Secara garis besar, berikut beberapa strategi yang dapat diterapkan dalam praktik digital marketing.

Penerapan Search Engine Marketing

Strategi yang pertama adalah menerapkan Search Engine Marketing atau dikenal juga dengan sebutan SEM. Search Engine Marketing adalah proses pemasaran melalui mesin pencari. Strategi digital ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan visibilitas, kesadaran merek, dan traffic di internet. 

SEM sendiri telah ada untuk sementara waktu sekarang dan telah berkembang dari waktu ke waktu. Strategi ini dimulai sebagai cara organik untuk mempromosikan produk dan layanan online tetapi hari ini sebagian besar dilakukan dengan iklan berbayar di internet.

Proses optimasi mesin pencari melibatkan memastikan bahwa situs web Anda dioptimalkan untuk semua mesin pencari utama seperti Google, Bing, Yahoo!, dan lainnya. Ini termasuk memiliki kata kunci yang relevan di tag judul situs web Anda, deskripsi meta, konten halaman, dan elemen lain di situs web Anda.

Penerapan Social Media Marketing

Strategi yang sering diterapkan jasa konsultan digital marketing selanjutnya adalah Social Media Marketing. Social Media Marketing adalah bentuk pemasaran yang menggunakan platform media sosial untuk membangun dan memelihara hubungan dengan audience.

Pemasaran digital yang satu ini telah menjadi bagian integral dari pemasaran modern. Social Media Marketing telah mendapatkan popularitas karena akses mudah yang diberikannya kepada audiens target. 

Tak hanya itu, Social Media Marketing juga merupakan cara yang hemat biaya untuk menjangkau konsumen. Ada berbagai platform yang dapat digunakan, seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, YouTube, dan lain sebagainya.

Pembuatan dan Optimasi Website

Satu strategi yang juga sangat penting dalam digital marketing adalah pembuatan website. Situs web merupakan toko serba ada untuk bisnis Anda. Website harus diisi dengan informasi terbaru tentang perusahaan Anda, juga harus memiliki ajakan bertindak yang kuat.

Untuk membuat situs web pemasaran digital yang efektif, Anda harus memiliki visi yang jelas tentang seperti apa tampilan yang Anda inginkan. Anda juga perlu merencanakan konten yang akan ada di situs web dan bagaimana itu akan diatur. 

Hal ini dapat dilakukan dengan optimasi website melalui praktik SEO. SEO memungkinkan website Anda ditemukan lebih mudah di mesin pencari dan memiliki peringkat yang bagus.

Pembuatan dan Penyebaran Email Marketing

Strategi selanjutnya adalah pembuatan dan penyebaran email marketing. Email marketing adalah bentuk pemasaran langsung atau iklan elektronik. Dengan email marketing, Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan dan prospek melalui email, pesan teks, media sosial, dan saluran digital lainnya.

Email marketing  telah menjadi bagian penting dari bisnis online. Strategi ini membantu bisnis meningkatkan pendapatan dengan menjangkau audience dan tetap berhubungan dengan mereka. Sebagian besar bisnis sekarang menggunakan email marketing sebagai cara yang efektif untuk menghasilkan prospek bagi penjualan.

Anda dapat menggunakan layanan pengiriman email otomatis seperti MailChimp untuk mengelola kampanye mereka secara otomatis. Layanan ini membantu membuat email pribadi yang dikirim secara teratur dan memberikan pengalaman pelanggan terbaik.

Penerapan Referral dan Affiliate Program

Strategi terakhir yang juga cukup sering diterapkan dalam digital marketing adalah program referral dan affiliate. Program referral adalah cara pemasaran dimana perusahaan akan memberikan insentif kepada pelanggan untuk mereferensikan bisnis mereka kepada teman-teman mereka.

Sedangkan program affiliate adalah strategi pemasaran yang memungkinkan bisnis memperoleh pendapatan dari penjualan produk atau layanan. Caranya adalah dengan membuat platform online di mana orang dapat mempromosikan produk Anda dan menerima komisi saat mereka melakukan pembelian.

Pilih Jasa Konsultan Digital Marketing yang Kompeten dan Terpercaya

Penting untuk menerapkan strategi digital marketing yang tepat agar bisnis Anda berkembang sesuai dengan harapan. Perancangan dan penerapan strategi pun tidak bisa dibuat asal-asalan, perlu adanya keahlian yang mumpuni dalam bidang tersebut.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan konsultasi kepada para ahli yang sudah profesional di bidang agensi digital marketing. BigEvo Digital Agency merupakan pilihan yang tepat untuk menjawab kebutuhan bisnis dan pemasaran digital brand Anda.

Dengan pengalaman bertahun-tahun di ranah digital, BigEvo akan merancang strategi dan kampanye yang tepat untuk bisnis Anda. Anda juga dapat melihat bagaimana testimoni dari para klien yang sangat puas dengan kerjasama yang terjalin bersama BigEvo.

Jadi, kembangkan bisnis dan brand Anda agar semakin bersinar di era digital bersama jasa konsultan digital marketing di BigEvo. Hubungi team@bigevo.com untuk informasi lebih lanjut bersama tim profesional kami. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



5 Cara Jualan Online, Dulang Cuan Jadi Makin Mudah
Ini dia 5 cara jualan online yang ampuh agar bisnis Anda bisa mendulang cuan dengan mudah di era digital seperti sekarang. Baca selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
7 Strategi Promosi UKM untuk Berkembang dan Sukses di Pasaran
Temukan apa saja strategi promosi UKM yang dapat membantu untuk berkembang dan sukses pada era digital seperti sekarang ini. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
5 Jenis Iklan untuk UMKM Agar Sukses di Era Digital
Penggunaan iklan untuk UMKM memiliki peranan penting agar bisnis Anda bisa berkembang & sukses di era digital. Simak apa saja jenis-jenisnya di sini. ...
by Izza  |  15 Dec 2023
    Whatsapp BigEvo