Digital Marketing Platforms Untuk Promosi Bisnis Masa Kini

digital marketing platforms

Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan digital marketing platforms sebagai sarana promosi untuk menjual produk atau menjalankan bisnis mereka. Terlebih lagi sekarang sudah jamannya melakukan transaksi jual beli dengan platform digital. Karena dengan menggunakan cara digital tersebut dinilai lebih mudah dan efisien. Tak hanya itu saja, dengan melakukan marketing dengan memanfaatkan teknologi masa kini membuat bisnis semakin dikenal secara luas.

Selain itu, pihak dinas kementerian komunikasi dan informatika mengatakan bahwa pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya semakin bertambah. Sehingga hal ini menjadi suatu peluang untuk para pebisnis. Sehingga Anda tak perlu lagi menyebar brosur ke tempat-tempat lain untuk memasarkan produk. Akan tetapi, Anda juga harus menggunakan teknik promosi yang menarik untuk mengiklankan produk agar orang-orang tertarik dengan tawaran Anda.

Gunakan cara marketing dengan menggunakan metode video, artikel, gambar poster dan lain-lain. Lalu platform apa saja yang dapat Anda gunakan untuk melakukan marketing? Nah, di artikel ini kita akan membahas beberapa platform digital yang baik digunakan sebagai sarana promosi produk. Selain mudah, beriklan di sini juga lebih efektif sehingga bisa mudah dikenal.

Digital Marketing Platforms Sebagai Media Bisnis yang Efektif

Penggunaan internet di indonesia setiap tahun pasti akan meningkat. Maka dari itu, banyak sekali para pebisnis yang memanfaatkan peluang ini untuk memasarkan usaha yang mereka jalankan saat ini. Karena mereka berpikir bahwa beriklan melalui media digital seperti internet sangat lebih mudah.

Selain itu jangkauannya juga lebih luas dan lebih pentingnya lagi beriklan menggunakan media ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Nah berikut ini nama-nama platform yang digunakan untuk mengiklankan produk para pengusaha.

Facebook

Diantara kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu platform ini. Karena pengguna aplikasi ini terbesar jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Maka dari itu, banyak pengusaha yang memanfaatkan platform ini untuk digunakan sebagai media marketing.

Selain itu, dengan banyaknya pengguna Facebook membuat produk Anda akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat karena pasarannya sangat luas. Apalagi sekarang sudah ada fitur marketplace. Dengan begitu, Anda bisa beriklan dengan mudah dan juga gratis.

Saat ini, orang yang bermain Facebook tidak hanya sekedar untuk update status saja. Namun mereka juga mencari informasi-informasi mengenai produk yang dijual. Maka dari itu, manfaatkan peluang melalui platform ini untuk mengembangkan bisnis Anda.

Instagram

Digital marketing platforms yang banyak digunakan para pengusaha berikutnya adalah instagram. Di Instagram Anda bisa leluasa memperkenalkan produk. Anda bisa beriklan dengan metode pembuatan video juga foto. Nah jika produk Anda ingin segera tranding, Anda bisa memanfaatkan para selebgram atau influencer.

Namun untuk beriklan melalui metode influencer Anda harus mengeluarkan modal terlebih dahulu untuk membayar jasa mereka. Selain itu, dengan beriklan melalui selebgram produk Anda juga akan lebih dipercaya oleh orang-orang.

Whatsapp

Whatsapp merupakan salah satu media komunikasi masa kini. Namun saat ini, whatsapp memiliki dua jenis yang berbeda yaitu whatsapp biasa dan whatsapp business. Nah untuk Whatsapp Bussines ini masih sama seperti whatsapp biasa hanya saja fitur yang terdapat pada Whatsapp dibuat secara khusus untuk Anda yang memiliki usaha.

Berbagai fitur yang terdapat di Whatsapp Bussines ini sangat membantu para pengusaha. Salah satu fitur yang sangat membantu adalah fitur balas cepat. Fitur ini akan membantu Anda pada saat Anda sedang sibuk dengan urusan lain. Karena fitur tersebut dapat membalas pesan secara otomatis kepada pelanggan. Selain itu pemilik akun juga dapat mencantumkan profil bisnis mulai dari produk, layanan, deskripsi produk, dan lain-lain sehingga mereka dapat mengetahui profil dan produk yang Anda jual.

Youtube

Platform berikutnya adalah Youtube. Pastinya Anda semua sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Perlu Anda ketahui bahwa Youtube juga merupakan salah satu platform yang sering diakses oleh banyak orang. Maka dari itu, tak sedikit pengusaha yang memanfaatkan Youtube untuk mengiklankan suatu produk mereka.

Akan tetapi, untuk beriklan melalui youtube kita memerlukan keahlian terlebih dahulu. Karena Anda tidak bisa sembarangan beriklan di Youtube tanpa mempelajarinya terlebih dahulu. Anda harus belajar membuat konten semenarik mungkin.

Sehingga para pengguna Youtube atau para pelanggan tertarik untuk mengunjungi platform Anda. Selain itu, apabila Youtube Anda sudah mulai trending dan memiliki banyak viewer maupun subscriber. Anda juga akan mendapatkan bayaran melalui Youtube. Jadi keuntungan Anda bisa dobel. Selain dari hasil penjualan Anda juga dapat keuntungan melalui Youtube.

Website Bisnis

Kelebihan marketing melalui website ini memanglah jauh lebih menguntungkan. Karena apapun yang Anda cari di Google pasti akan muncul di pencarian. Selain itu, saat ini juga sudah banyak para pebisnis yang memanfaatkan website untuk melakukan pemasaran produk. Anda bisa mengiklankan produk dengan menggunakan metode artikel.

Tak hanya itu saja, apabila website Anda sudah menjadi yang nomor satu atau teratas di Google. Maka pelanggan akan mencari informasi-informasi produk melalui web Anda. Sehingga semakin lama mereka mengulas web Anda, maka mereka juga akan segera tertarik untuk membeli produk yang Anda pasarkan melalui web.

Selain mendapat keuntungan melalui produk, Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang dikeluarkan Google untuk Anda. Karena apabila semakin banyak orang yang mengunjungi website anda, maka orang tersebut otomatis akan melihat iklan. Nah melalui iklan itulah Anda dibayar. Sama seperti halnya Youtube, hanya saja berbeda dalam metode periklanannya saja.

Kelebihan Beriklan Menggunakan Platform Digital

Adapun beberapa kelebihan saat beriklan menggunakan platform digital yang perlu Anda ketahui yaitu.

  1. Kelebihan pertama pada penggunaan digital marketing adalah dapat dijangkau oleh masyarakat secara luas. Sehingga produk akan lebih gampang terjual. Jadi apabila Anda memiliki beberapa produk yang menarik sebaiknya cobalah untuk mengiklankan melalui beberapa media seperti facebook instagram dan lain-lain. Dengan begitu, produk Anda akan dengan mudah terjual. Karena semakin banyak orang yang melihat maka salah satu dari mereka pasti akan tertarik dengan salah satu produk yang Anda tawarkan.
  2. Kelebihan yang kedua adalah Anda bisa mendapatkan customer lebih mudah. Karena pada umumnya beriklan melalui beberapa platform tidak hanya dilihat oleh orang satu komplek saja. Namun seluruh dunia bisa melihatnya. Apalagi jika pasaran Anda sudah dikenal secara luas, pasti produk yang Anda jual akan laris dan selalu menerima pesanan dari customer. Sehingga bisnis Anda akan lebih sukses.

Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa setiap bisnis apapun pasti memiliki kekurangan masing-masing. Maka dari itu, Anda perlu banyak belajar mengenai periklanan melalui digital marketing platforms. Karena jika kita hanya nekat tanpa tahu strategi, hal tersebut justru akan membuat Anda rugi dan bahkan tidak akan mendapat keuntungan apapun.



Share:



Transformasi Digital dalam Bisnis: Definisi, Fungsi, dan Pilarnya
Transformasi digital adalah proses di mana perusahaan atau organisasi mengadopsi teknologi digital & mengintegrasikannya ke dalam semua aspek bisnis. ...
by Izza  |  11 Jun 2024
Personalisasi Konten: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Tips yang Efektif
Personalisasi konten (content personalization) adalah strategi menyesuaikan konten agar lebih relevan dan bermakna bagi audiens yang disasar. ...
by Izza  |  07 Jun 2024
Digital Branding: Pengertian, Manfaat, Elemen, dan Perbedaan dengan Digital Marketing
Digital branding adalah proses membangun dan mengelola citra merek atau brand secara online melalui berbagai platform digital. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  07 Jun 2024
    Whatsapp BigEvo