Pengertian Digital Marketing & Strategi Terbaik Untuk Bisnis

digital marketing

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat tentunya banyak hal yang akan berubah dengan pengaruh teknologi, Salah satunya digital marketing. Sistem penjualan berbasis digital ini merupakan strategi pemasaran produk atau jasa yang memanfaatkan media digital atau melalui internet.

Pemasaran digital juga merupakan sebuah usaha untuk mempromosikan suatu merek dengan memanfaatkan berbagai media digital untuk dapat menjangkau lebih banyak konsumen secara efisien.

Apa Itu Digital Marketing?

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

Jika mengacu pengertian digital marketing menurut para ahli, menurut cendekiawan dunia, yaitu Chaffey dan Chadwick, Dedi Purwana mengatakan bahwa digital marketing adalah sebuah kegiatan pemasaran dengan menggunakan sarana media digital, atas bantuan internet, serta memanfaatkan media contohnya website, sosial media, email, database, sampai dengan digital televisi untuk meningkatkan target konsumen agar mencapai tujuan sebuah pemasaran.

Perbedaan Digital dan Offline Marketing

Setelah membahas pengertian pemasaran online, tentu kita akan bertanya-tanya tentang apa saja perbedaan digital dan offline marketing yang harus kita ketahui.

Offline marketing sendiri merupakan sebuah proses transaksi penjualan yang tidak menggunakan perantara alias secara langsung yang mempertemukan seorang penjual dengan pembeli dalam satu tempat yang sama. Pertemuan ini akhirnya akan melahirkan suatu kegiatan transaksi jual beli.

Umumnya, strategi ini digunakan sebagai salah satu upaya untuk membangun brand awareness kepada masyarakat sekitar. Oleh sebab itu, apabila kita mencermati lebih dalam, terdapat banyak perbedaan diantara kedua strategi marketing tersebut. Berikut ini beberapa perbedaan yang ada, diantaranya.

1. Media yang Digunakan

Umumnya, digital marketing menggunakan media digital semacam e-mail marketing, games, konten, video, dan lain-lain untuk mendapatkan traffic yang berpotensi dalam hasil penjualan yang besar.

Sementara itu, offline marketing justru akan terfokus pada media semacam televisi, koran, poster, billboard, baliho, dan lain sebagainya. Dengan strategi offline marketing ini, ada tiga hal yang harus diperhatikan dengan sangat teliti dan pemikiran yang matang yaitu desain produk, kualitas bahan, serta strategi penyebaran informasi yang baik.

2. Jangkauan Konsumen

Strategi online, tentu dapat menjangkau lebih banyak konsumen bahkan hingga ke seluruh dunia. Sementara offline marketing sendiri, hanya sebagian kecil saja, yang biasanya difokuskan pada suatu daerah tertentu. Seorang konsumen yang menginginkan produk tersebut harus secara langsung datang ke toko tersebut, sehingga pasar yang dijangkau pun relatif sempit.

Konsep Digital Marketing

Salah satu konsep dari pemasaran digital yang paling banyak digunakan adalah, konsep marketing funnel. Yang dimaksud dengan marketing funnel adalah sebuah penggambaran perjalanan seorang pelanggan dengan menggunakan produk yang Anda pasarkan.

Sistem ini akan sangat dipengaruhi oleh sebuah analisa dari marketing funnel secara tepat, cermat, sehingga perusahan terkait dapat mengetahui konsep yang harus dilakukan untuk mempengaruhi konsumen setiap tahap tertentu.

Digital Marketing Funnel

Alasan mengapa Anda harus sangat fokus saat menggarap marketing funnel ini yaitu karena marketing funnel ini akan memberikan para audiens tentang apa saja yang mereka inginkan, dengan cara memahami mereka dengan sangat baik. Digital marketing funnel ini tidak hanya melibatkan bagaimana pelanggan menilai produk kita, namun juga dapat menginformasikan secara tepat, dan pada waktu yang tepat pula.

Cara Kerja Marketing Funnel

Cara kerja sistem marketing ini tidaklah terlalu rumit. Hanya saja, menggunakan konsep marketing funnel ini memang memiliki beberapa perbedaan di berbagai aspek. Melakukan sistem digital marketing ini, akan memudahkan Anda mencapai sebuah tujuan dengan sasaran yang tepat. Salah satunya adalah pelanggan akan membeli produk Anda, sampai dengan mudah mencari relasi untuk menandatangani kontrak bisnis dengan Anda.

Apabila saluran pemasaran yang Anda buat telah siap, maka yang perlu dilakukan adalah menarik traffic tertarget yang berasal dari segala sumber yang tentunya sangat relevan. Trafik ini akan terus bergerak melalui corong pemasaran Anda.

Hal ini akan menjadikan calon pelanggan tersebut sangat potensial untuk melakukan transaksi pembelian produk. Hal ini akan mendorong mereka menuju bagian paling bawah marketing funnel, dan di tahap inilah, mereka akan berproses menjadi pelanggan, serta mulai menyebarkan cerita mengenai bisnis Anda tersebut kepada jangkauan pasar yang lebih luas lagi.

Manfaat Dan Kelebihan Digital Marketing

Dengan menggunakan pemasaran digital ini tentunya akan membantu Anda dalam menjangkau calon pelanggan secara tepat dan cepat. Anda dapat mengetahui keinginan calon pelanggan pada saat itu, sehingga target promosi Anda dapat tepat menjangkau mereka.

Bisnis Anda juga akan lebih cepat berkembang jika menggunakan digital marketing, apalagi ditambah dengan kecepatan penyebaran informasi menggunakan media digital. Memungkinkan akan ada banyak orang yang mengetahui usaha Anda dan tertarik untuk membelinya.

Jika menggunakan media digital untuk promosi Anda juga dapat dengan mudah mengevaluasi bisnis yang dijalankan sehingga dapat mengetahui kekurangan bisnis Anda. Anda dapat memantau dengan mudah seperti banyaknya pengunjung, dengan data yang akurat ini tentunya Anda dapat mengevaluasi secara tepat.

Namun sering kali banyak orang yang tidak memanfaatkan strategi pemasaran berbasis digital ini secara baik dan tepat sehingga mereka tidak akan mendapatkan keuntungan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi, seperti kurangnya ketepatan strategi yang digunakan.

Untuk itu sangat penting dalam membuat perencanaan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan strategi tertentu. Anda juga harus dapat memahami konsumen, karena nantinya produk yang Anda tawarkan harus bisa menjadi solusi bagi konsumen.

Strategi digital marketing juga memiliki kelebihan seperti memudahkan dalam pemasaran, hal tersebut, akan membuat perusahaan jauh lebih mudah mendapatkan customer. Tentunya hal ini pasti akan berdampak pada kenaikan penjualan dan pendapatan perusahaan.

Pemasaran menggunakan media digital ini juga dinilai lebih efektif, Anda juga bisa mengontrol jumlah pembeli yang berkunjung ke toko Anda. Bahkan Anda juga dapat menargetkan jumlah pengunjung yang akan datang pada hari itu.

Selain itu melakukan promosi dengan sistem digital marketing ini dinilai lebih murah dibandingkan saat melakukan pemasaran tradisional yang memerlukan banyak biaya. Jika Anda menggunakan strategi tradisional maka Anda harus menyebar brosur bahkan membuat banner yang tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Nah hal ini tidak akan terjadi ketika Anda menggunakan strategi pemasaran ini. Bahkan Anda bisa saja melakukan promosi secara gratis. Ini tergantung dengan media yang Anda gunakan misalnya seperti Instagram, Facebook atau Google Search engine.

Tentunya hal ini akan sangat menghemat biaya promosi perusahaan, Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang cukup besar hanya untuk pemasaran saja. Oleh karena itu menggunakan media digital untuk promosi suatu bisnis memang sangat tepat dilakukan, daripada menggunakan strategi tradisional.

Sekarang ini banyak pengusaha yang beralih menggunakan media digital sebagai sarana pemasaran produk mereka. Hal ini karena banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan tersebut, salah satunya untuk meningkatkan penjualan.

Tentunya hal ini bisa terjadi apalagi sekarang ini aktivitas masyarakat sebagian besar digunakan untuk berselancar di dunia digital. Sehingga akan mempermudahkan para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk mereka secara lebih luas.

Tentunya dengan media digital ini penyebaran informasi akan lebih cepat tersebar dibanding hanya dengan obrolan atau surat kabar. Biasanya media digital bisa menyebarkan informasi lebih cepat dan menyeluruh bahkan bisa sampai ke seluruh dunia.

Jenis Digital Marketing

Jika dilihat dari jenisnya. Sistem pemasaran digital ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu inbound marketing dan outbound marketing.

Inbound Marketing

Pengertian Inbound marketing sendiri, merupakan Sebuah pendekatan kepada customer dengan cara yang berfokus pada konten serta interaksi secara relevan, dan juga solutif. Menggunakan sistem pendekatan ini, akan membuat konsumen menemukan Anda melalui berbagai jenis saluran yang mereka gunakan setiap harinya, salah satunya adalah search engine, serta media sosial.

Kegiatan yang dilakukan dalam sebuah inbound marketing ini umumnya berfokus pada penyediaan konten yang berkualitas, dengan nilai guna yang sangat jelas bagi para konsumen yang ingin disasar. Biasanya, konten tersebut akan menitikberatkan nilai guna, sampai dengan persoalan dan masalah yang dihadapi para konsumen terkait kategori produk serta layanan yang akan ditawarkan.

Outbound Marketing

Sementara untuk Outbound marketing sendiri, merupakan sebuah sistem pendekatan yang tradisional dengan berfokus pada marketer, yaitu dengan melakukan sebuah kegiatan yang dapat mengganggu sejenak aktivitas para pelanggan. Artian mengganggu itu sendiri merupakan sebuah proses pengiriman penawaran kepada klien tanpa sepengetahuan atau keinginan para pelanggan.

Jika dibandingkan, diantara kedua jenis sistem pemasaran tersebut, tentu keduanya memiliki daya guna dan target pemasaran tertentu. Anda dapat memilih salah satunya, mengikuti kebutuhan dan pola pemasaran yang Anda gunakan. Keefektifan sebuah sistem pemasaran, umumnya dipengaruhi oleh banyak faktor, namun sebetulnya, sistem pemasaran berbasis digital saat ini sangatlah berpotensi besar, mengingat sosial media menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat modern.

Digital Marketing Platforms

Search Engine Optimization (SEO)

Strategi pertama yang bisa Anda gunakan adalah SEO, SEO ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang menginginkan pemasaran produk melalui website. Kunci terpenting dalam SEO ini adalah isi dari website tersebut dan berapa banyak kata kunci yang digunakan.

Karena nantinya kata kunci ini lah yang akan memudahkan orang-orang untuk dapat menemukan website Anda. Kata kunci juga akan menentukan posisi Anda di mesin pencarian Google, untuk itu sangat penting dalam memperhatikan kata kunci tersebut.

Posisi website dalam mesin pencarian Google adalah hal terpenting dalam promosi menggunakan SEO, untuk website berada diatas maka semakin mudah orang-orang untuk menemukannya. Ketika posisi website Anda berada pada peringkat pertama maka akan semakin memudahkan orang untuk mengaksesnya.

Dengan strategi digital marketing ini, Anda dapat menarik mereka tertarik dengan produk Anda, semakin banyak orang yang tertarik dengan produk kita maka semakin banyak keuntungan yang didapat. Selain itu ketika website Anda menempati posisi pertama maka pelanggan akan percaya dengan produk tersebut dan selalu kembali untuk membelinya.

Search Engine Marketing (SEM)

SEM ini biasanya digunakan untuk meningkatkan visibilitas website pada mesin pencarian Google, meskipun begitu SEM ini berbeda dengan SEO. Jika SEO berfokus pada peningkatan performa organik maka SEM berfokus pada hasil nyata yang diperoleh baik berbayar maupun tidak.

SEM ini memiliki tujuan untuk menduduki posisi teratas baik secara organik maupun berbayar. Selain itu SEM ini tidak hanya terbatas pada artikel atau konten saja namun juga menempatkan keyword pada posisi teratas.

Social Media Marketing

Tentunya melakukan promosi menggunakan media sosial memang memiliki banyak keuntungan. Apalagi sekarang ini banyak orang yang beraktivitas menggunakan media sosial.

Hal ini bisa dimanfaatkan pelaku bisnis untuk menjangkau pasar baru dan memperluas pasar. Selain itu, juga sangat cocok digunakan untuk para pemula sebagai jalan memperkenalkan produknya secara luas.

Influencer Marketing

Strategi digital marketing ini seringkali digunakan untuk membuat citra baik tentang suatu produk, sebenarnya jenis pemasaran ini menggabungkan digital dan tradisional. Influencer marketing ini adalah bentuk kerjasama antara perusahaan dan seorang influencer untuk mempromosikan produk mereka.

Content Marketing

Content marketing ini memang salah satu strategi digital marketing yang paling tepat untuk digunakan. Anda hanya perlu membuat konten berupa video, gambar atau tulisan yang berisi tentang produk Anda.

Biasanya content ini akan berisi tentang penawaran manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan produk tertentu. Intinya content marketing ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang manfaat suatu produk guna meningkatkan minat para calon pelanggan.

Email Marketing

Pemasaran menggunakan email ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti cold email, email outreach atau email newsletter. Strategi ini bisa Anda gunakan untuk memperluas pemasaran dan meningkatkan penjualan.

Pay Per Click (PPC)

PPC ini memang sangat sering digunakan oleh banyak perusahaan meskipun berbayar, karena memang hasil yang akan didapat lebih menjanjikan karena jaringannya sangat luas. Salah satu platform beriklan yang paling populer untuk PPC adalah Google Ads.

Affiliate Marketing

Affiliate Marketing merupakan sebuah model bisnis yang menerapkan sistem pemberian komisi atas jasa seseorang. Jasa tersebut meliputi perbantuan pemasaran produk, dari suatu perusahaan. Pemberian komisi ini tentu memiliki suatu target penjualan yang telah disepakati sebelumnya.

Mobile Marketing

Mobile marketing merupakan sebuah pemasaran dalam strategi digital marketing yang menggunakan sistem seluler dengan sistem strategi multi-saluran. Strategi ini umumnya ditujukan untuk menjangkau para target konsumen pada smartphone, tablet, serta perangkat seluler lainnya, melalui situs web, email, SMS, dan media sosial lainnya.

Cara Memulai Pemasaran Produk Berbasis Digital

Strategi penjualan berbasis digital ini memang sangat cocok diterapkan untuk bisnis pemula, hal ini karena sangat mudah untuk diaplikasikan. Selain itu jenis promosi ini juga tidak membutuhkan biaya yang besar, sehingga sangat membantu bagi mereka yang akan membangun usahanya.

Dengan menggunakan media digital tentunya produk baru yang ditawarkan akan dengan mudah dikenal oleh banyak orang. Sehingga kemungkinan suatu bisnis dapat berkembang dengan cepat sangatlah mungkin.

Seorang pemula harus mempunyai target terhadap produk yang ditawarkan, Anda harus memiliki target konsumen yang ingin dituju. Selain itu pilihlah produk yang memang sedang dibutuhkan dan memberikan solusi bagi konsumen. Seorang pebisnis pemula juga harus dapat memaksimalkan media digital untuk bisnis mereka. Untuk itu sangat penting dalam mempelajari berbagai strategi pemasaran digital agar dapat berjalan dengan baik.

Strategi Digital Marketing Untuk Bisnis

Digital Marketing Untuk B2B

Dalam hal ini kesan pertama yang pelanggan dapatkan saat mengunjungi website akan sangat berpengaruh pada image perusahaan itu sendiri. Untuk itu penting dalam membuat website Anda lebih menarik, agar para calon pelanggan lebih mudah untuk mengenali produk Anda.

Biasanya perusahaan B2B ini akan memaksimalkan konten perusahaan mereka melalui mesin pencarian Google.

Digital Marketing Untuk F&B / Restoran

Dalam strategi digital F&B ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar promosi dapat optimal dilakukan. Konten yang ditampilkan pada sosial media atau website berpengaruh pada peningkatan penjualan.

Untuk itu sebaiknya Anda harus benar-benar memperhatikan foto produk makanan yang Anda buat. Anda juga bisa memanfaatkan konten dari pelanggan untuk meningkatkan engagement.

Digital Marketing Untuk Hotel

Tentunya Hotel merupakan bisnis yang cukup menjanjikan karena pasti semua orang akan membutuhkannya ketika berpergian dari rumah. Dengan berkembangnya teknologi akan sangat mempermudah dalam hal melakukan promosi.

Nah untuk memaksimalkan promosi ini Anda bisa melakukan berbagai cara seperti membuat website, social media marketing atau buat konten menarik. Hal ini bertujuan memperkenalkan produk Anda kepada calon pelanggan.

Digital Marketing Untuk MLM

Dalam MLM ini perusahaan akan mendorong distributor lama untuk merekrut distributor baru tentunya strategi ini dilakukan untuk memperoleh keuntungan. Dengan semakin banyaknya distributor yang direkrut maka akan semakin besar juga keuntungan yang didapat.

Dalam strategi MLM ini perusahaan bisa memiliki banyak distributor yang tersebar di seluruh dunia, akan tetapi tidak semua memperoleh keuntungan. Biasanya perusahaan yang menggunakan strategi ini tidak memiliki toko fisik.

Digital Marketing Untuk Properti

Saat ini pemasaran versi digital sudah berkembang di dunia bisnis, bahkan juga pada bidang properti. Untuk itu perusahaan properti penting dalam menggunakan strategi marketing ini agar bisnisnya dapat berkembang.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti menentukan target pasar, atau menentukan goals terlebih dahulu. Anda juga bisa mengoptimalkan pemasaran dengan berbagai media online.

Digital Marketing Untuk Pariwisata / Travel

Tentunya dengan terus berkembangnya teknologi akan memberi dampak yang baik bagi berbagai bidang kehidupan. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan baik dalam menunjang berbagai hal terutama pemasaran online.

Ketika pariwisata menggunakan media digital sebagai media promosi tentunya ini sangat menguntungkan. Baik wisatawan maupun pengelola wisata akan mendapatkan banyak keuntungan, misalnya wisatawan dapat dengan mudah mencari informasi.

Digital Marketing Untuk Sekolah

Pemasaran digital ini tidak hanya mempengaruhi bisnis saja akan tetapi juga pada bidang pendidikan. Dengan teknologi ini dunia pendidikan dapat mengembangkan media pembelajaran mereka menjadi lebih baik.

Ada beberapa strategi yang perlu diterapkan dalam pemasaran berbasis digital pada sekolah seperti menentukan target dan tujuan. Sekolah juga dapat memperbaiki website resminya karena website ini sangat penting.

Digital Marketing Untuk Startup

Tentunya membangun startup yang sukses adalah impian setiap pebisnis, nah sekarang Anda bisa mewujudkannya dengan pendekatan berbasis digital. Namun hal yang perlu diperhatikan untuk startup adalah mengeluarkan modal yang minim tetapi mendapatkan hasil yang maksimal.

Dalam pemasaran digital startup ini hal paling penting yang harus dilakukan adalah menetapkan tujuan. Selain itu penting juga memanfaatkan sosial media sebaik mungkin untuk promosi.

Digital Marketing Untuk UMKM

Dengan menggunakan strategi ini tentunya dapat membantu UMKM untuk memperbesar usahanya. Dengan kemudahan akses menggunakan media digital tentu saja dapat menjadi peluang besar bagi pelaku usaha terutama UMKM.

Pelaku usaha dapat memasarkan produknya dimana saja dan kapan saja, tentunya hal ini dapat membantu UMKM memasarkan produknya secara efisien. UMKM bisa melakukan promosi melalui media sosial dan website.

Digital Marketing Untuk Event Organizer

Dengan menggunakan strategi berbasis digital untuk event ini akan membantu event creator untuk lebih dekat dengan pelanggan. Apalagi strategi ini dapat menciptakan komunikasi dua arah yang tentunya sangat menguntungkan.

Event creator juga dapat mengukur keberhasilan menggunakan pemasaran digital ini sehingga mereka dapat langsung mengevaluasinya. Melakukan promosi dengan sistem ini dinilai juga dapat menentukan target secara akurat.

Menentukan Anggaran Pemasaran Berbasis Digital

Untuk masalah anggaran sendiri biasanya perusahaan besar memerlukan biaya sekitar 2,5 hingga 3 persen dari jumlah pendapatan. Sedangkan untuk bisnis UKM sendiri biasanya membutuhkan biaya sekitar 5 hingga 6 persen dari jumlah pendapatan.

Misalnya jika perusahaan menargetkan pendapatan 1 milyar setiap bulannya maka biaya pemasaran berbasis digital yang digunakan sekitar 25 sampai 60 juta. Tentunya akan tergantung pada tujuan dan strategi yang digunakan.

Kesalahan Umum Pada Proses Pemasaran Berbasis Digital

Memang pemasaran berbasis digital ini jika digunakan dengan baik dan benar akan sangat menguntungkan. Meskipun dinilai lebih efektif akan tetapi tidak semua strategi dapat menghasilkan.

Seringkali ada beberapa kesalahan yang dilakukan seperti tidak memaksimalkan website, atau kehilangan target pasar. Hal ini tentunya akan berdampak buruk pada bisnis tersebut, sehingga promosi tidak dapat dilakukan secara maksimal.

Kesimpulan

Menjalankan pemasaran berbasis digital sangatlah penting dilakukan, terlebih pada era modern saat ini. Dengan menggunakan pemasaran digital ini, dapat memperluas target pasar secara efisien, bahkan sampai mancanegara. Pastikan untuk membentuk suatu tim yang sesuai dan kompatibel. Kembangkan bisnis Anda, dengan bantuan instansi khusus agar tujuan dapat segera tercapai dengan baik, demi mewujudkan kualitas pemasaran yang bersaing. Kembangkan bisnis Anda bersama Digital Marketing Agency BigEvo, solusi tercepat untuk bisnis digital di era modern seperti saat ini.

Kembangkan Bisnis Anda Bersama BigEvo

BigEvo merupakan digital marketing agency Google Partner yang memberikan pelayanan menyeluruh dari mulai menyusun strategi marketing yang sesuai dengan tujuan suatu bisnis hingga membantu menentukan goal yang sesuai dengan harapan klien.

BigEvo memanfaatkan media salah satunya yaitu Google untuk mengembangkan bisnis suatu perusahaan. Dengan berbagai upaya-upaya optimalisasi dengan tujuan memperoleh hasil yang maksimal.



Share:



Transformasi Digital dalam Bisnis: Definisi, Fungsi, dan Pilarnya
Transformasi digital adalah proses di mana perusahaan atau organisasi mengadopsi teknologi digital & mengintegrasikannya ke dalam semua aspek bisnis. ...
by Izza  |  11 Jun 2024
Personalisasi Konten: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Tips yang Efektif
Personalisasi konten (content personalization) adalah strategi menyesuaikan konten agar lebih relevan dan bermakna bagi audiens yang disasar. ...
by Izza  |  07 Jun 2024
Digital Branding: Pengertian, Manfaat, Elemen, dan Perbedaan dengan Digital Marketing
Digital branding adalah proses membangun dan mengelola citra merek atau brand secara online melalui berbagai platform digital. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  07 Jun 2024
    Whatsapp BigEvo