Pengertian Facebook Ads & Tips Sukses Beriklan Menggunakannya

facebook ads

Facebook ads adalah salah satu layanan iklan terbaik dan sedang booming baru-baru ini. Terutama bagi mereka yang memiliki bisnis pasti sudah tidak asing dengan Fb Ads. Merupakan layanan iklan berbayar yang ditujukan secara khusus untuk pelaku usaha, public figure, brand dan siapapun yang menghendakinya.

Ada berbagai kelebihan menggunakan Fb Ads untuk berbagai kebutuhan. Bahkan penggunaannya sangat mudah dan hampir semua orang memiliki akun Facebook. Tidak sedikit orang yang mengaksesnya setiap hari karena termasuk kebutuhan media sosial yang beraneka fungsi.

Mungkin Anda sering melihat adanya iklan ketika mengakses Facebook. Nah, iklan tersebut pastinya mempromosikan barang atau produk serta layanan tertentu. Melalui iklan tersebut maka seorang pebisnis bisa memperoleh penghasilan lebih.

Facebook Ads & Objective Iklan Yang Bisa Digunakan

Apakah Anda masih merasa asing dengan Facebook Ads? Seharusnya Fb Ads sudah bukan perkara asing lagi. Memiliki berbagai fitur khusus yang dirancang oleh Facebook untuk mengiklankan fanspage yang sudah dibuat.

Fans page adalah halaman yang memungkinkan pengguna menjadi pengikut pada halaman tersebut. Kemudian mereka akan memberikan like atau feedback lainnya. Sebuah fanspage akan mewakili bisnis, produk, layanan jasa, individu, brand, dan lain sebagainya.

Facebook Ads akan memberi kemudahan para pengiklan untuk merancang sebuah iklan secara mandiri. Termasuk untuk mengatur target pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, wilayah geografis, status pernikahan, pendidikan, hobi, dan lain sebagainya.

Hal menarik dari Facebook ads adalah memiliki jangkauan konsumen yang lebih luar. Bahkan memiliki berbagai fitur menarik seperti Facebook Adverts Manager. Hal tersebut memungkinkan iklan terpasang kepada audience dengan target yang sesuai.

Selain itu keberadaan berbagai fitur pada Fb ads memungkinkan Anda melakukan evaluasi kinerja iklan. Dalam hal ini mampu melihat berapa kali iklan yang ditampilkan. Kemudian Anda juga bisa menengok berapa banyak user yang klik iklan hingga pengecekan data rinci mengenai cost per click / conversion.

Page Post Engagement

Objective pertama adalah page post engagement yang bertujuan untuk meningkatkan reputasi dari pengiklan. Caranya sangatlah mudah hanya dengan menyebarkan status, foto, video, link, dan lain sebagainya. Sehingga Anda akan memperoleh engagement berupa likes, comment, atau share.

Pages Likes

Selanjutnya adalah pages like yang merupakan ruang untuk pengguna lain memberikan like. Kelebihan Facebook ads adalah mampu membangun kepercayaan konsumen dengan banyaknya likes. Mereka beranggapan bahwa kredibilitas bisnis dimata konsumen sangat baik.

Click to Website

Objective iklan FB ads berikutnya adalah Click to website. Hampir sama dengan Page Post Engagement dengan perbedaan call to action pada iklan berupa tombol klik. Apabila ada seseorang yang menekannya maka mengarah ke website tertentu.

Website Conversion

Kemudian ada website conversion yang berbeda dari lainnya. Melalui jenis iklan ini akan mengarahkan calon customer untuk melakukan tindakan lain. Dalam hal tersebut mereka bisa melakukan checkout, leads, dan registration.

Event Responses

Kemudian ada event responses yang merupakan fitur terbaik untuk mendukung pengiklanan melalui FB ads. Pada dasarnya Facebook Ads adalah salah satu pengiklanan yang bisa mengadakan acara tertentu. Sehingga mampu menentukan target market yang lebih spesifik.

App Instal / Engagement

Selanjutnya ada App Instal yang memungkinkan audiens untuk mendownload aplikasi tersebut. Terbebas dengan jarak dan tanpa kendala Hal ini memungkinkan Anda untuk menjangkau lebih banyak konsumen dari berbagai kalangan.

Menjadikan Facebook ads sebagai salah satu media pengiklanan yang diminati banyak orang. Bahkan seluruh dunia sudah memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan berdasarkan demografi. Tak heran jika proses pengiklanan berjalan dengan lancar dan lebih mudah sera tepat sasaran ketika menjangkau konsumen.

Tips Sukses & Cara Menggunakan FB Ads

Penasaran tentang rahasia menggunakan Fb ads? Nah, rahasia Facebook ads adalah sebagai berikut.

Buat Iklan yang Menarik

Rahasia pertama adalah membuat iklan semenarik mungkin. Pikirkan mengenai tampilan iklan dengan perpaduan gambar serta teks. Bahkan Anda bisa membuatnya dengan kata-kata yang powerfull.

Hindari penggunaan foto seadanya karena akan menurunkan kualitas pengiklanan. Memanfaatkan jasa edit foto profesional agar iklan benar-benar menarik perhatian banyak orang.

Kenali Karakter Konsumen

Selanjutnya Anda perlu mengenali karakter seluruh konsumen yang akan melihat iklan Anda. Pasalnya Facebook ads merupakan fitur beriklan canggih yang dilengkapi kemampuan membidik konsumen berdasarkan demografi. Penting bagi Anda mengenali karakter konsumen agar tepat sasaran.

Lakukan riset terbaik sebelum Anda membuat iklan. Pastikan riset dilakukan sesuai dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Sehingga menghasilkan iklan sebaik mungkin.

Mengoptimalkan Penggunaan Fitur

Rahasia terakhir dari penggunaan facebook Ads adalah mengoptimalkan penggunaan fitur yang tersedia. Hal tersebut bertujuan untuk menyempurnakan iklan. Facebook inc akan terus menambah fitur terbaru guna membantu pengguna merancang iklan.

Namun, belum semua pengguna memaksimalkan fitur tersebut dengan optimal. Sebaiknya Anda mempelajari satu per satu fitur tersebut agar mampu menarik perhatian banyak orang.

Keuntungan Menggunakan Facebook Ads

Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan setelah menggunakan Facebook Ads, yakni:

Meningkatkan Branding

Keuntungan pertama menggunakan Facebook Ads adalah mampu meningkatkan branding. Facebook Ads diciptakan untuk membangun jaringan pertemanan dan saling sharing sesuatu yang bermanfaat. Menggunakan Fb Ads membuat produk atau bisnis Anda semakin terkenal ke seluruh wilayah negeri.

Memasang iklan berbayar tidak ada salahnya karena membuat branding semakin kuat. Bahkan mampu meningkatkan brand awareness yang Anda ciptakan. Ini merupakan peluang dan kesempatan untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar.

Iklan Menjadi Terstruktur

Kemudian Fb Ads mampu membuat iklan Anda lebih terstruktur dalam mencapai targetnya. Membuat bisnis semakin menuju pada target yang diinginkan. Anda bisa membuat pengaturan terkait jangkauan data tersebut sesuai kebutuhan.

Bisa Diatur Sesuai Budget

Keuntungan menggunakan Facebook Ads adalah mampu mengatur budget iklan berbayar secara mandiri. hal ini memudahkan Anda mengatur keuangan untuk berbisnis dan promosi. Dengan dana yang terbatas sudah bisa memasang iklan sesuai dengan target.

Namun, Anda perlu memikirkan kualitas iklan yang dibuat. Maksimalkan desain serta seluruh pengaturan agar menarik perhatian banyak orang. Lakukan crosscheck sebelum Anda menerbitkan iklan agar meminimalisir kesalahan.

Bisa Menggunakan Iklan Gambar dan Video

Keuntungan berikutnya adalah bisa membuat iklan menggunakan gambar dan video. Dalam hal ini sangat menguntungkan bagi Anda karena gambar serta video lebih diminati ketika proses promosi. Pasalnya mampu menunjukkan lebih jelas mengenai bisnis produk atau jasa yang ditawarkan.

Anda akan berperan sebagai konten kreator yang merancang iklan tersebut. Sehingga perlu memaksimalkan pembuatan iklan agar menjadi konten yang bermanfaat dan menarik perhatian banyak orang. Hal inilah yang meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Tidak ada ruginya menggunakan pengiklanan FB Ads. Pasalnya Facebook Ads adalah jalan terbaik untuk menuju kesuksesan bisnis dan menggapai konsumen sebanyak-banyaknya. Bisnis akan semakin lancar dan penjualan pun mengalami peningkatan yang signifikan.



Share:



Pentingnya Jasa Iklan Digital Marketing dan Cara Memilihnya
Jasa iklan digital marketing adalah layanan yang menyediakan solusi pemasaran melalui platform digital. Cek cara kerja dan tips memilihnya di sini. ...
by Izza  |  20 Nov 2023
TikTok Ads: Keuntungan, Jenis, Cara Memasang, dan Tips Mengoptimalkannya
Simak lebih mendalam mengenai TikTok Ads dalam artikel ini. Mulai dari keuntungan, jenis-jenis, cara memasang, sampai tips mengoptimalkannya.   ...
by Izza  |  13 Nov 2023
Facebook Advertising: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Cara Menggunakannya
Facebook Advertising adalah bentuk pemasaran yang memungkinkan pengguna Facebook untuk mempromosikan produk, layanan, atau konten kepada audiens.  ...
by Izza  |  02 Nov 2023
    Whatsapp BigEvo