Berkenalan dengan Google Search Engine Marketing

search engine marketing google ads

Search engine marketing (SEM) merupakan salah satu strategi digital yang penting untuk menjadi bagian dari kampanye pemasaran Anda. Menggunakan SEM sebagai salah satu cara promosi produk atau brand akan membantu mengembangkan bisnis secara keseluruhan.

Tak hanya itu, SEM juga memiliki berbagai manfaat yang memungkinkan Anda menerapkan kampanye pemasaran secara efektif dan efisien. Pahami lebih jauh mengenai SEM, manfaat, serta perbedaannya dengan jenis strategi digital lainnya.

Simak pembahasan ini sampai selesai, ya! 

Apa Itu Search Engine Marketing (SEM)?

Jika dulu pebisnis mempromosikan produk atau brand menggunakan teknik-teknik konvensional seperti pemasangan baliho dan penyebaran brosur, sekarang promosi online lebih diminati. Terutama bagi Anda yang memiliki bisnis online atau yang terkait dengan ranah daring dan digital. Penggunaan iklan online dinilai bisa lebih efektif dalam mempromosikan produk dan menjangkau audiens.

Salah satu cara memasang iklan online adalah dengan memanfaatkan Google Ads, platform iklan online yang dikembangkan oleh Google. Dengan Google Ads, Anda dapat menampilkan iklan singkat, menawarkan layanan, menampilkan daftar produk, konten video, hingga mendapatkan pengguna aplikasi dalam jaringan iklan Google. Ada berbagai bentuk iklan Google, salah satunya Search Engine Marketing

Search Engine Marketing atau lebih dikenal dengan sebutan SEM adalah bentuk pemasaran yang memanfaatkan mesin pencari dan kata kunci (keyword) yang sering digunakan oleh pengguna. Cara kerja SEM sendiri kurang lebih seperti ini:

  1. Pemilik bisnis atau pemasang iklan memilih beberapa keyword yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan.
  2. Keyword tersebut ditempatkan secara strategis pada iklan yang akan dipasang.
  3. Saat pengguna internet mencari keyword tersebut, mesin pencari akan menampilkan iklan tersebut dalam hasil pencarian.

Jika Anda menggunakan keyword yang tepat dan dipasang dengan benar, SEM dapat membantu bisnis berkembang pesat. Hal ini karena iklan yang dipasang akan ditujukan langsung kepada orang-orang yang sedang mencari produk yang ditawarkan. 

Selain itu, proses pembuatan dan pemasangan iklan berbentuk SEM tergolong sangat cepat. Anda pun bisa melihat bagaimana performa dan hasil pemasangan iklan tersebut secara transparan begitu iklan tayang.

5 Manfaat Penggunaan Search Engine Marketing

Setidaknya ada 5 alasan penting mengapa Anda harus mempertimbangkan SEM sebagai cara mempromosikan bisnis. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan Search Engine Marketing dalam kampanye pemasaran.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Ungkapan tersebut bukan saja berlaku pada hubungan sesama manusia, namun juga pada hubungan antara bisnis dengan konsumen. Jika calon pelanggan tidak pernah mendengar tentang bisnis Anda, maka kecil kemungkinan mereka akan membeli produk yang Anda tawarkan.

Agar bisnis atau produk Anda dapat dikenali oleh audiens, Anda perlu melakukan promosi dan salah satunya adalah dengan SEM. Penggunaan SEM dapat meningkatkan kesadaran target audience akan sebuah brand, yang dikenal dengan istilah brand awareness

Semakin tepat pilihan keyword yang digunakan, maka potensi iklan Anda muncul ketika pengguna mencarinya pum akan semakin besar. Bukan saja ketika mencari informasi yang berkaitan dengan brand Anda, namun juga saat mencari kompetitor. Meskipun iklan yang muncul belum tentu diklik, audiens tetap akan terpapar informasi tentang bisnis Anda di hasil pencarian.

2. Meningkatkan Konversi

Setelah brand dikenali oleh calon pelanggan, keuntungan kedua yang dapat dirasakan adalah peningkatan konversi. Peningkatan ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah pembelian barang atau pemesanan jasa. 

SEM sendiri ditujukan untuk menarik minat calon pelanggan dengan menggunakan keyword relevan. Jadi, besar kemungkinan pengunjung website atau toko online Anda adalah orang-orang yang memiliki minat terhadap produk. Dengan begitu, dorongan untuk melakukan pembelian pun lebih besar dan tentunya dapat meningkatkan konversi.

3. Menyesuaikan Biaya dengan Budget

Salah satu keunggulan digital marketing adalah biayanya yang cenderung lebih rendah dibanding teknik pemasaran konvensional. Keunggulan ini bisa Anda dapatkan juga dari penggunaan Search Engine Marketing dalam kegiatan promosi bisnis atau brand.

Ketika hendak memasang iklan dengan Google Ads, termasuk SEM, Anda bisa menyesuaikan biaya dengan budget yang tersedia. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengubah estimasi biaya sewaktu-waktu jika terdapat kebutuhan untuk disesuaikan dengan anggaran.

4. Menyasar Audiens Lebih Tepat 

Manfaat keempat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan SEM adalah memungkinkan untuk menyasar target audience dengan lebih tepat. Anda bisa menjangkau audiens yang sesuai dengan target pasar brand atau produk, baik dari segi demografis, preferensi, dan lain sebagainya.

Salah satunya adalah membuat pengelompokkan target audience yang melihat iklan berdasarkan lokasi. Hal ini akan sangat membantu jika Anda memiliki toko fisik dan ingin iklan dilihat oleh calon pelanggan yang berada di dekat toko. 

Misalnya, Anda bisa menggunakan keyword “toko kue di Jakarta Selatan”, “rental kamera di Yogyakarta”, atau “toko elektronik di Malang”. Dengan penargetan berdasarkan lokasi tersebut, potensi untuk konversi juga bisa menjadi lebih tinggi.

5. Mendapatkan Hasil Secara Transparan

Hasil yang didapat dari iklan SEM dapat diakses dengan mudah dan dievaluasi dari waktu ke waktu. Berbeda dengan memasang iklan di media cetak atau billboard, iklan online yang masih berjalan juga dapat dipantau apakah berjalan dengan baik atau tidak.

Dengan kata lain, Anda bisa memantau dan mendapatkan hasil pemasangan iklan SEM secara transparan serta real time. Jika Anda menilai bahwa iklan masih kurang optimal, maka Anda bisa melakukan penyesuaian agar mendapat hasil yang diinginkan. 

Perbedaan SEM, SEO, dan Pay-per-click

Saat membahas Search Engine Marketing, tak sedikit orang yang bingung mengetahui apa bedanya dengan strategi SEO dan pay-per-click. Ketiganya merupakan strategi pemasaran digital yang berfokus pada meningkatkan visibilitas dan lalu lintas situs web di mesin pencari seperti Google. 

Meski begitu, tiga strategi ini merupakan hal yang berbeda dan memiliki cara kerja masing-masing. Berikut perbedaan antara SEM, SEO, dan iklan pay-per-click.

SEM (Search Engine Marketing)

SEM adalah strategi pemasaran yang mencakup berbagai upaya untuk meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari. Strategi ini melibatkan penggunaan iklan berbayar (biasanya di atas atau di bawah hasil pencarian organik) dan optimasi situs web untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian. 

Dalam SEM, Anda menggunakan iklan berbayar untuk muncul di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP) ketika pengguna mencari kata kunci tertentu. Salah satu bentuk utama dari SEM adalah PPC (pay-per-click), yang akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.

SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah proses mengoptimalkan situs web untuk meningkatkan peringkatnya di hasil pencarian organik mesin pencari. Artinya, ketika seseorang mencari sesuatu di mesin pencari, situs web Anda dapat muncul di peringkat atas tanpa harus memasang dan membayar iklan. 

Teknik SEO meliputi penggunaan kata kunci yang relevan, pembuatan konten berkualitas, peningkatan kecepatan situs, dan taktik lainnya. Teknik-teknik tersebut digunakan untuk meningkatkan otoritas dan kredibilitas situs web di mata mesin pencari.

Pay-per-click (PPC)

PPC adalah model iklan di mana Anda membayar hanya ketika iklan diklik oleh pengguna. Iklan ini adalah bagian dari strategi SEM di mana Anda menawarkan harga untuk kata kunci tertentu. Setelah itu, iklan akan ditampilkan di bagian atas atau bawah hasil pencarian mesin pencari yang relevan dengan kata kunci tersebut. 

Ketika pengguna mengklik iklan, Anda akan dikenai biaya tertentu. Iklan PPC memungkinkan Anda untuk segera mendapatkan lalu lintas dan visibilitas tanpa harus menunggu peringkat organik yang lebih tinggi melalui SEO.

Kesimpulannya, perbedaan antara SEM, SEO, dan PPC dapat dilihat sebagai berikut:

  • SEM mencakup penggunaan iklan berbayar (paid digital ads) dan optimasi situs web.
  • SEO berfokus pada optimasi situs web untuk mencapai peringkat tinggi di hasil pencarian organik (tanpa iklan dan tidak berbayar).
  • PPC adalah model iklan di mana Anda membayar hanya ketika iklan diklik oleh pengguna internet.

Jenis Keyword Search Engine Marketing

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, SEM bekerja dengan menggunakan kata kunci atau keyword yang relevan. Berikut jenis-jenis keyword yang biasa digunakan dalam strategi Search Engine Marketing (SEM).

Broad Match Keyword

Kata kunci broad match memungkinkan iklan Anda ditampilkan pada hasil pencarian yang mengandung kata kunci tersebut. Hal ini termasuk variasi, sinonim, dan pertanyaan terkait, tanpa memperhatikan urutan kata atau kata tambahan.

Misalnya Anda menjual kamera digital dan menggunakan broad match keyword “kamera digital”. Dalam hal ini, iklan Anda akan ditampilkan ketika pengguna mencari frasa “kamera digital baru”, “kamera digital murah”, “beli kamera digital”, “ulasan kamera digital”, “kamera digital terbaik”, dan variasi lain yang terkait dengan frasa “kamera digital”.

Meskipun dapat menarik banyak lalu lintas, penggunaan keyword ini  juga memiliki banyak pesaing dan tidak selalu menghasilkan konversi yang tinggi karena kurang spesifik. Untuk itu, Anda bisa mengkombinasikannya dengan jenis keyword lain yang akan dibahas selanjutnya.

Exact Match Keyword

Kata kunci exact match memungkinkan Anda untuk mengontrol penayangan iklan secara ketat pada hasil pencarian yang persis sesuai dengan kata kunci yang ditentukan, tanpa variasi atau tambahan apapun. Keyword ini lebih terfokus dan tepat sesuai dengan tujuan bisnis atau penawaran.

Dalam exact match keyword, kata kunci ditandai dengan menggunakan tanda kurung siku [ ]. Ketika Anda menetapkan sebuah kata kunci sebagai exact match, iklan Anda akan ditampilkan hanya ketika kata kunci tersebut muncul persis dalam pencarian, tanpa perubahan bentuk, perubahan urutan kata, atau kata tambahan.

Contohnya Anda ingin menargetkan pengguna yang mencari "bunga mawar", Anda dapat menggunakan exact match keyword [bunga mawar]. Dalam hal ini, iklan Anda hanya akan ditampilkan ketika pengguna mencari kata kunci "bunga mawar" tanpa variasi seperti "mawar bunga" atau "beli bunga mawar."

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan exact match keyword dapat membatasi jangkauan iklan Anda dan mungkin mengurangi jumlah lalu lintas potensial. Oleh karena itu, seringkali kombinasi dari beberapa jenis keyword digunakan dalam kampanye iklan SEM untuk mencapai keseimbangan antara relevansi dan jangkauan iklan.

Phrase Match Keyword

Kata kunci phrase match memungkinkan Anda untuk mengontrol penayangan iklan pada hasil pencarian yang mengandung frase tertentu, tanpa memperhatikan kata-kata yang ada di depan atau di belakang frasa tersebut.

Ketika Anda menetapkan sebuah kata kunci sebagai phrase match, iklan akan ditampilkan ketika kata kunci tersebut muncul di dalam pencarian bersama dengan kata-kata lain sebelum atau sesudahnya. Namun iklan tersebut tidak akan ditampilkan jika urutan kata-kata dalam frasa tersebut diubah.

Misalkan Anda ingin menargetkan pengguna yang mencari sepatu basket dan menggunakan keyword phrase match “sepatu basket”. Iklan Anda akan ditampilkan ketika pengguna mencari “sepatu basket baru”, “beli sepatu basket online”, “sepatu basket merek X”, dan frasa lain yang mengandung kata “sepatu basket”. 

Namun, iklan Anda tidak akan ditampilkan jika pengguna mencari “sepatu olahraga untuk basket” atau “sepatu olahraga basket terbaru” karena urutan kata-kata berbeda.

Negative Keyword

Kata kunci negative digunakan untuk mengontrol dan membatasi penayangan iklan pada hasil pencarian yang tidak relevan atau tidak diinginkan. Ketika Anda menambahkan sebuah kata kunci sebagai negative match keyword, Anda memberi tahu platform iklan untuk tidak menampilkan iklan ketika kata kunci tersebut muncul dalam pencarian. 

Misalkan Anda menjual sepatu olahraga dan menyadari bahwa pencarian “sepatu olahraga bekas” atau “sepatu olahraga murah” sering kali tidak menghasilkan konversi yang baik karena tidak sesuai dengan produk yang Anda tawarkan. 

Maka, Anda bisa menambahkan kata kunci “bekas” atau “murah” sebagai negative match keyword. Dengan demikian, iklan Anda tidak akan ditampilkan ketika pengguna mencari kata kunci yang mengandung 2 kata tersebut. Anda pun bisa lebih fokus menargetkan audiens yang relevan dengan produk.

Penggunaan keyword negatif adalah salah satu cara untuk mempertajam dan meningkatkan efektivitas kampanye iklan SEM, terutama PPC. Hal ini membantu menghindari pemborosan biaya pada klik yang tidak relevan dan meningkatkan tingkat konversi dengan menargetkan audiens yang lebih tepat.

Parameter Targeting dalam SEM

Parameter targeting dalam SEM (Search Engine Marketing) mengacu pada berbagai kriteria atau sasaran yang digunakan untuk mengarahkan iklan Anda kepada audiens yang tepat. Dengan memanfaatkan parameter targeting, Anda dapat memastikan bahwa iklan ditampilkan hanya kepada orang-orang yang berpotensi tertarik dengan produk. Hal ini dapat membantu dalam meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran. 

Berikut adalah beberapa parameter targeting yang umum digunakan dalam SEM:

Targeting Kata Kunci (Keyword) 

Parameter ini adalah metode dasar dalam SEM, di mana Anda menentukan kata kunci tertentu yang relevan dengan produk. Iklan Anda akan ditampilkan ketika pengguna mencari kata kunci tersebut di mesin pencari.

Targeting Lokasi 

Targeting lokasi memungkinkan Anda menargetkan iklan ke wilayah geografis tertentu. Misalnya negara, kota, wilayah, atau radius tertentu dari lokasi fisik tertentu. Hal ini membantu Anda memfokuskan kampanye pada pasar yang relevan.

Targeting Demografi

Targeting demografi melibatkan menargetkan iklan berdasarkan karakteristik demografis pengguna. Beberapa di antaranya seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, status perkawinan, dan lain sebagainya. Parameter ini membantu Anda mencapai kelompok target audience yang lebih spesifik.

Targeting Perilaku (Behavioral)

Dengan targeting perilaku, Anda dapat menargetkan iklan berdasarkan perilaku online pengguna. Misalnya minat, riwayat pembelian, aktivitas browsing, dan interaksi sebelumnya dengan situs web Anda.

Targeting Perangkat (Device)

Targeting perangkat memungkinkan Anda menargetkan iklan ke jenis perangkat tertentu, seperti desktop, ponsel, atau tablet. Parameter ini membantu Anda mengoptimalkan iklan untuk tampilan yang sesuai dengan perangkat yang digunakan oleh pengguna.

Targeting Waktu (Time)

Dengan targeting waktu, Anda dapat mengatur jadwal sehingga iklan ditampilkan hanya pada hari dan jam tertentu. Hal ini membantu Anda mengoptimalkan anggaran iklan dan menjangkau audiens saat mereka paling aktif.

Dengan menggabungkan berbagai parameter targeting tersebut, Anda dapat membuat kampanye SEM yang sangat ditargetkan dan efektif. Anda juga bisa mengoptimalkan penggunaan anggaran dan meningkatkan potensi konversi.

Terapkan Strategi SEM yang Efektif Bersama BigEvo

Menerapkan Search Engine Marketing memang dapat menjadi pilihan tepat untuk mempromosikan produk dan mengembangkan bisnis Anda. Terlebih lagi dengan berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan strategi digital yang satu ini.

Agar lebih efektif dan efisien, sebaiknya Anda menyerahkan penerapan strategi SEM pada agensi terpercaya BigEvo. BigEvo Digital Agency berpengalaman dalam membantu banyak bisnis dalam menerapkan strategi digital yang jitu. Begitu juga dengan penerapan SEM yang efektif agar sesuai dengan kebutuhan dan target bisnis.

Selain SEM, Anda juga bisa menggunakan berbagai layanan digital lainnya untuk memaksimalkan kampanye pemasaran. Seperti Social Media Marketing, KOL Marketing, Programmatic Ads, SEO Optimization, dan lain sebagainya.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi tim profesional kami dan diskusikan kebutuhan Search Engine Marketing serta strategi digital lainnya untuk bisnis Anda. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



5 Cara Jualan Online, Dulang Cuan Jadi Makin Mudah
Ini dia 5 cara jualan online yang ampuh agar bisnis Anda bisa mendulang cuan dengan mudah di era digital seperti sekarang. Baca selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
7 Strategi Promosi UKM untuk Berkembang dan Sukses di Pasaran
Temukan apa saja strategi promosi UKM yang dapat membantu untuk berkembang dan sukses pada era digital seperti sekarang ini. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
5 Jenis Iklan untuk UMKM Agar Sukses di Era Digital
Penggunaan iklan untuk UMKM memiliki peranan penting agar bisnis Anda bisa berkembang & sukses di era digital. Simak apa saja jenis-jenisnya di sini. ...
by Izza  |  15 Dec 2023
    Whatsapp BigEvo