Strategi Digital Marketing Sebagai Solusi Penjualan Anda

strategi digital marketing

Strategi digital marketing kerap digunakan sebagai metode penjualan produk. Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, semua hal dapat berpindah ke dalam dunia digital. Salah satunya adalah dunia bisnis. Digital marketing ini sering kali digunakan untuk meningkatkan penjualan produk tertentu, karena dapat menarik konsumen secara cepat.

Digital marketing sendiri merupakan sebuah strategi pemasaran sebuah produk dengan menggunakan media digital atau internet. Hal ini tentunya lebih efektif dalam menarik konsumen maupun calon konsumen untuk tertarik dengan sebuah produk atau brand.

Apalagi sekarang sebagian besar kegiatan masyarakat dilakukan melalui dunia digital, sehingga memungkinkan banyak orang untuk tertarik dengan produk yang dipromosikan. Selain itu dengan menggunakan digital marketing ini target pasar yang juga semakin luas dan bisa tepat sasaran.

Strategi Digital Marketing dan Platform Yang Bisa Digunakan

Digital marketing dinilai lebih efektif digunakan dalam sebuah pemasaran ketimbang mengaplikasikan strategi tradisional. Selain itu biaya yang digunakan untuk pemasaran produk pun jadi lebih murah dan hemat.

Namun sering kali banyak orang yang tidak bisa menggunakan strategi marketing dengan pola digital secara baik dan benar. Sehingga akan berakibat pada keuntungan yang didapatkan tidak sesuai. Strategi yang tidak tepat sasaran seringkali membuat pelanggan sulit tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

Untuk itu, ada baiknya sebelum melakukan digital marketing Anda harus terlebih dahulu merencanakan berbagai hal. Terutama, penting untuk mengetahui keinginan pasar saat itu. Anda harus bisa memastikan bahwa strategi pemasaran yang Anda gunakan sudah tepat sasaran sesuai keinginan pelanggan dan tentunya mudah dijangkau.

Dengan menggunakan strategi penjualan ini, setiap perusahaan harus bisa bersaing untuk membuat konten produk mereka lebih menarik dengan tujuan bisa merekrut calon pelanggan. Bisa dibilang digital marketing merupakan cara paling tepat dalam mengembangkan usaha di era digital.

Tentunya dengan menggunakan digital marketing ini akan ada banyak keuntungan yang didapat sebuah perusahaan. Terlebih dalam hal penyebarluasannya. Berbeda jika kita tidak menggunakan digital marketing, tentunya target pasar tidak bisa dicapai dengan waktu singkat.

Butuh beberapa hari bahkan bulan untuk mencapai target pasar yang kita inginkan, oleh karena itu strategi digital marketing lebih efisien untuk digunakan. Digital marketing ini juga dapat menjangkau target pasar lebih luas bahkan hingga bisa mendunia hanya dengan media internet.

Melalui internet ini Anda dapat membangun nama brand dengan lebih baik dibandingkan dengan pemasaran tradisional yang sulit mendapat kepercayaan dari pelanggan. Nah berikut ini beberapa strategi digital pada proses penjualan yang wajib diketahui oleh para pebisnis, agar bisnis mereka dapat semakin berkembang.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan strategi digital tentang proses marketing yang wajib untuk diterapkan dalam pemasaran digital. Sebab sedikit banyak, SEO inilah yang akan menentukan keberhasilan suatu bisnis. Biasanya SEO ini diterapkan agar website suatu produk dapat menempati posisi atas pada mesin pencarian Google.

Fungsinya tentu saja agar banyak pelanggan dan calon pelanggan dapat dengan mudah menemukan produk kita dan berminat untuk membelinya. Dengan SEO ini target pasar yang kita inginkan juga dapat dituju dengan tepat sasaran dan cepat.

Untuk bisa berada di peringkat teratas dalam mesin pencarian Google, tentunya juga tidak mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Misalnya seperti jumlah keyword dalam website tersebut atau bahkan isi konten dalam website tersebut. Strategi digital marketing ini dinilai mampu memberikan efek yang baik bagi penjualan suatu produk.

Content Marketing

Pastinya setiap orang akan bermain media sosial atau internet setiap harinya. Bahkan sebagian besar kegiatan mereka dilakukan untuk berselancar di media sosial. Nah hal tersebut merupakan kesempatan yang tepat untuk menggunakan strategi ini.

Agar bisa menarik pelanggan, content yang dibuat juga harus menarik sehingga calon pelanggan tertarik dengan produk yang kita tawarkan. Content ini bisa dilakukan dalam berbagai bentuk seperti video, foto maupun gambar, Dari sinilah para calon pelanggan akan mengenal produk Anda.

Anda bisa menyebarluaskannya melalui berbagai media sosial ataupun internet seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau melalui website. Dengan menggunakan strategi digital marketing ini para calon pelanggan akan lebih mengenal produk Anda.

Otomatisasi Pemasaran

Dengan menggunakan strategi pemasaran digital, Anda bisa menawarkan produk ke calon pelanggan lewat berbagai media, contohnya email. Anda bisa mengirimkan pesan kepada calon pelanggan secara berulang-ulang, dengan tujuan untuk menjalin ketertarikan calon pelanggan dengan produk Anda.

Strategi digital marketing ini merupakan cara yang paling efektif untuk menarik banyak pelanggan hanya dengan mengirimkan sebuah pesan tentang produk Anda. Apalagi strategi ini termasuk dalam promosi jangka panjang tanpa perlu melakukan banyak hal.

Pay Per Klik (PPC)

Dengan PPC ini Anda dapat mengarahkan traffic ke situs website produk Anda. Caranya adalah menarik audiens untuk mengklik iklan produk tersebut. Akan tetapi setiap kliknya akan dikenakan biaya oleh Google, nah contoh PPC ini adalah Google Ads.

Anda bisa menempati posisi teratas dalam mesin pencarian Google ketika Anda telah membayarnya. Perlu diingat, bahwa akan dikenakan biaya untuk setiap kliknya, meskipun begitu strategi digital marketing ini juga baik untuk digunakan dalam pemasaran digital.

Native Advertising

Strategi ini bisa Anda coba ketika Anda memiliki modal yang cukup besar untuk iklan terutama promosi di dunia digital. Karena strategi ini adalah menampilkan konten iklan produk tetapi berbayar seperti gambar, video, maupun tulisan.

Sebenarnya iklan berbayar ini sama saja dengan content marketing, biasanya iklan berbayar ini juga akan dipasang di akun media sosial maupun internet. Konten dalam iklan berbayar juga memiliki fungsi untuk menarik lebih banyak pelanggan melihat produk yang kita promosikan.

Affiliate Marketing

Strategi digital marketing yang berikutnya ini juga bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan produk Anda kepada masyarakat luas. Cara ini juga dinilai cukup baik untuk digunakan dalam promosi digital karena juga dapat membantu memperluas pasar.

Biasanya Anda harus melakukan kerja sama dengan layanan atau sebuah situs. Hal ini bertujuan untuk mengarahkan pembaca atau orang lain berkunjung ke situs Anda. Misalnya saja menggunakan Hosting Video Ads melalui Youtube. Dengan demikian, akan banyak orang yang akan terpengaruh dan melihat produk Anda.

Sosial Media Marketing

Sosial media memang sangat tepat untuk mempromosikan suatu produk dengan jangkauan yang sangat luas memungkinkan banyak orang tertarik dengan produk Anda. Makanya tidak heran banyak pelaku bisnis yang sering menggunakan strategi digital marketing satu ini untuk memperluas pasar mereka.

Anda bisa menggunakan Facebook, Instagram, Twitter, atau media bertukar pesan seperti WhatsApp. Di sini memungkinkan banyak orang untuk bisa melihat produk Anda. Bahkan tidak hanya dalam negeri saja orang luar negeri juga dapat dengan mudah melihat produk Anda.

Hal yang penting untuk dilakukan dalam strategi ini adalah mengumpulkan sebanyak-banyaknya pengikut terutama orang yang sekiranya berpotensi dengan produk kita. Karena dengan begini tentu saja peluang untuk mereka tertarik dengan produk Anda semakin besar.

Strategi digital marketing berpotensi sangat besar dalam dunia usaha dan perbisnisan bisa berkembang lebih pesat. Apalagi untuk yang tengah membangun sebuah brand, pemasaran digital seperti yang telah tertulis di atas merupakan hal yang seharusnya diprioritaskan.



Share:



Transformasi Digital dalam Bisnis: Definisi, Fungsi, dan Pilarnya
Transformasi digital adalah proses di mana perusahaan atau organisasi mengadopsi teknologi digital & mengintegrasikannya ke dalam semua aspek bisnis. ...
by Izza  |  11 Jun 2024
Personalisasi Konten: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Tips yang Efektif
Personalisasi konten (content personalization) adalah strategi menyesuaikan konten agar lebih relevan dan bermakna bagi audiens yang disasar. ...
by Izza  |  07 Jun 2024
Digital Branding: Pengertian, Manfaat, Elemen, dan Perbedaan dengan Digital Marketing
Digital branding adalah proses membangun dan mengelola citra merek atau brand secara online melalui berbagai platform digital. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  07 Jun 2024
    Whatsapp BigEvo