CAC: Pengertian, Rumus Menghitung, dan 3 Cara Mengoptimalkannya

tulisan acquisition

CAC merupakan salah satu aspek yang dapat membantu Anda mengetahui apakah strategi marketing yang dijalankan sudah efektif atau belum. Dengan mengetahui CAC, Anda dapat melakukan evaluasi dan membuat perbaikan untuk strategi berikutnya.

Lalu, apa itu CAC dalam digital marketing dan bagaimana peranannya untuk bisnis Anda? Bagaimana juga cara menghitung CAC yang tepat? Temukan jawabannya pada pembahasan berikut, ya!

Apa Itu CAC dalam Digital Marketing?

CAC atau Customer Acquisition Cost adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk memperoleh satu pelanggan baru. Dalam dunia digital marketing, CAC merupakan salah satu indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan suatu strategi pemasaran.

Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah biaya yang dimaksud dalam CAC adalah keseluruhan biaya yang diperlukan untuk menarik konsumen. Bukan saja biaya kampanye pemasaran atau pemasangan iklan, namun semua biaya yang terkait dengan proses pemasaran dan penjualan.

Pengertian CAC juga berkaitan dengan Lifetime Value (LTV), yaitu nilai seluruh transaksi yang dilakukan oleh seorang pelanggan selama masa keanggotaannya. Perusahaan harus memastikan bahwa LTV pelanggan lebih tinggi dari CAC, agar strategi pemasaran yang dilakukan tidak merugikan perusahaan.

Kenapa CAC Itu Penting?

Dengan mengetahui CAC, perusahaan dapat menentukan berapa banyak pelanggan yang diperlukan untuk mencapai break even point atau titik impas. Selain itu, perusahaan juga dapat menyesuaikan strategi pemasaran agar lebih efektif dalam memperoleh pelanggan baru dengan biaya yang lebih efisien.

Semakin rendah nilai CAC, maka Anda bisa menyimpulkan bahwa kegiatan pemasaran telah berjalan dengan efektif. Tapi jika nilai CAC untuk tiap pelanggan tinggi, maka Anda perlu menelaah lagi bagian mana yang membuatnya tidak efektif. Meski tentu saja, efektivitas kegiatan pemasaran secara keseluruhan juga bisa terpengaruh oleh berbagai faktor.

Rumus Menghitung CAC

CAC dapat dihitung dengan cara menjumlahkan semua biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh pelanggan baru, kemudian dibagi dengan jumlah pelanggan yang berhasil diperoleh dalam periode waktu tertentu.

CAC = Total biaya pemasaran dan penjualan / Pelanggan yang didapat

Misalnya, jika suatu perusahaan mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000.000 untuk iklan di media sosial dan berhasil memperoleh 100 pelanggan baru dalam satu bulan. Maka untuk mengetahui CAC-nya adalah Rp 10.000.000 dibagi 100, atau Rp 100.000 per pelanggan.

Contoh CAC diatas merupakan perhitungan yang paling sederhana untuk memudahkan Anda memahami konsepnya. Namun pada prakteknya, ada banyak biaya yang termasuk ke dalam total biaya yang perlu Anda hitung.

Beberapa di antaranya adalah biaya pemasaran, gaji karyawan pemasaran/penjualan, biaya pembelian software, biaya menyewa tenaga profesional di luar kantor, dan biaya peralatan yang digunakan. Anda juga perlu memasukkan biaya-biaya tambahan atau overhead yang muncul saat melakukan kegiatan pemasaran.

Cara Mengoptimalkan CAC

Sebagai seorang pebisnis, Anda tentu tidak ingin mendapatkan nilai CAC yang tinggi dan mempengaruhi keuntungan. Pebisnis pastinya ingin pengeluaran yang dilakukan optimal dan sebanding dengan hasil yang didapat. 

Untuk itu, Anda dapat mengoptimalkan CAC dengan langkah-langkah berikut.

Menyasar Target Market yang Tepat

Langkah pertama yang penting untuk Anda terapkan dalam mengoptimalkan CAC adalah menyasar target pasar yang tepat. Kenali dengan baik siapa audiens dan pelanggan potensial dari bisnis Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan membuang waktu dan biaya untuk menyasar audiens yang tidak tepat.

Jika Anda menyasar audiens dengan tepat, maka kemungkinan mereka menjadi pelanggan pun lebih besar. Itu berarti biaya yang Anda keluarkan untuk mendekati dan melakukan pemasaran pada mereka sudah efisien.

Membuat Pelanggan Loyal

Salah satu upaya untuk menekan angka CAC adalah dengan membuat pelanggan yang sudah ada menjadi loyal. Tidak hanya berfokus pada mendapat pelanggan baru, Anda juga perlu mempertahankan orang-orang yang sudah menjadi pelanggan.

Dengan membuat pelanggan lama menjadi loyal, jumlah keseluruhan pelanggan Anda bisa meningkat ditambah dengan yang baru. Semakin banyak jumlah pelanggan, semakin rendah nilai CAC yang akan Anda dapatkan.

Selain itu, pelanggan yang loyal juga bisa membantu Anda mendapatkan pelanggan baru tanpa mengeluarkan biaya. Pelanggan loyal tidak perlu diminta untuk memberikan review positif tentang produk, dan bisa menarik pelanggan baru. Konsep ini dikenal juga dengan strategi word-of-mouth atau dari pemasaran dari mulut ke mulut.

Meningkatkan Konversi

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan CAC adalah dengan meningkatkan jumlah konversi. Konversi yang terjadi biasanya menjadi acuan untuk perhitungan jumlah konsumen atau pelanggan yang Anda dapat. Semakin banyak konversi yang terjadi, maka jumlah pelanggan Anda bisa semakin meningkat juga.

Untuk meningkatkan konversi, Anda bisa memaksimalkan website beserta fitur-fitur yang ada di dalamnya. Misalnya dengan membuat Call-to-Action (CTA) yang menarik, mendesain website jadi lebih user friendly, dan mencantumkan tombol untuk kontak dengan perusahaan.

Anda juga dapat menerapkan program Customer Relationship Management (CRM) untuk menjalin hubungan lebih baik dengan pelanggan. Dengan begitu, pelanggan memiliki keterikatan dengan produk dan brand. Hal ini akan menumbuhkan loyalitas dan membantu meningkatkan customer retention.

Setelah memahami CAC dengan baik, Anda perlu menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar biaya yang dikeluarkan lebih efisien. Serahkan perencanaan dan penerapan strategi digital untuk perkembangan bisnis Anda pada BigEvo. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



5 Cara Jualan Online, Dulang Cuan Jadi Makin Mudah
Ini dia 5 cara jualan online yang ampuh agar bisnis Anda bisa mendulang cuan dengan mudah di era digital seperti sekarang. Baca selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
7 Strategi Promosi UKM untuk Berkembang dan Sukses di Pasaran
Temukan apa saja strategi promosi UKM yang dapat membantu untuk berkembang dan sukses pada era digital seperti sekarang ini. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
5 Jenis Iklan untuk UMKM Agar Sukses di Era Digital
Penggunaan iklan untuk UMKM memiliki peranan penting agar bisnis Anda bisa berkembang & sukses di era digital. Simak apa saja jenis-jenisnya di sini. ...
by Izza  |  15 Dec 2023
    Whatsapp BigEvo