5 Faktor Penting Dalam Iklan Online

iklan digital

Dunia marketing saat ini semakin canggih dan terus berkembang. Berbagai cara komunikasi dan pemasaran baru bisa menjadi pilihan untuk bisnis Anda, seperti memasang iklan digital di media sosial. Pemasaran digital dianggap sebagai strategi yang paling berkesan untuk konsumen di era digital. Namun, ternyata tidak semua orang merasa puas dengan hasil iklannya.

Apakah Anda sudah pernah coba iklan digital, namun tidak terasa efeknya untuk penjualan? Apakah berarti iklan melalui digital tidak bekerja? Yuk, cek 5 faktor yang mempengaruhi keberhasilan iklan tersebut.

5 Faktor Utama Terhadap Keberhasilan Iklan Digital

Penawaran yang Tak Dapat Ditolak

Goals dari sebuah iklan tentu meningkatkan sales atau penjualan. Belum ada yang dapat mengalahkan penawaran harga spesial untuk memancing pelanggan melakukan transaksi pembelian. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan iklan digital tentu saja penawaran apa yang Anda cantumkan dalam iklan tersebut.

Anda dapat menawarkan potongan harga, penawaran coba gratis, biaya pengiriman gratis atau paket-paket pembelian (bundling) menarik yang akan menghasilkan penjualan dalam jumlah besar. Jika iklan Anda muncul dengan tawaran yang menarik, pelanggan pun akan kesulitan menolaknya.

Materi Iklan Yang Menarik

Sama halnya dengan memasang iklan di koran atau majalah, materi iklan digital yang digunakan harus mampu membuat konsumen berhenti dan membaca iklan kita. Bukan hanya dengan gambar yang bagus tetapi gambar yang related atau sesuai minat konsumen. Selain itu, materi iklan yang tidak terlalu “jualan” juga lebih disukai, contohnya iklan yang berupa pengetahuan, tips, atau ulasan produk. Pendekatan dengan materi iklan yang menarik tidak hanya berorientasi pada how-to-sell, melainkan bagaimana menarik hati konsumen dan membuat mereka setia pada produk atau layanan Anda.

Kesesuaian Target

Saat iklan digital terlihat tidak bekerja dengan baik, ada kemungkinan pemilihan target kurang sesuai. Hal tersebut mengakibatkan saat target mendapatkan iklan dari bisnis Anda, mereka tidak tertarik sama sekali untuk mengetahui lebih lanjut.

Mungkin saja produk yang ditawarkan cocok untuk usia remaja, tapi ternyata harganya tidak cocok untuk mereka. Ada berbagai kemungkinan penghalang atau barrier dalam penargetan yang kurang tepat. 

Selain itu, bisa jadi target sudah benar tapi iklan kurang memberikan alasan bagi konsumen untuk segera bertindak. Target pelanggan harus merasa suatu produk atau layanan itu penting dan harus dibeli sekarang juga, semakin besar peluang iklan Anda untuk menghasilkan penjualan. Tidak ada salahnya untuk mendiskusikan kembali target bisnis Anda dan menyesuaikan dengan konten iklannya.

Tingginya Persaingan Bisnis

Sebelum menyusun strategi marketing, Anda tentu harus memahami seberapa tinggi persaingan dalam ranah bisnis Anda. Ada banyak bisnis atau brand yang menawarkan produk atau layanan yang sama dengan Anda. Strategi marketing Anda harus meliputi alasan mengapa pelanggan harus memilih Anda dan bukan kompetitor. Setelah menemukan keunggulan Anda, kenali pelanggan dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana berkomunikasi. 

Beriklan secara rutin dalam jangka waktu tertentu memang merupakan cara tercepat untuk mendapatkan perhatian konsumen, tapi Anda juga harus mengelola konten media sosial dengan baik agar konsumen tidak mudah lupa. Ikatan emosional dengan sebuah merek atau brand adalah faktor penting dalam pengambilan keputusan bagi pelanggan maupun calon pelanggan, lho!

Tingkat Kepercayaan Pelanggan

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, tingkat kepercayaan pelanggan amat berpengaruh terhadap keberhasilan iklan digital hingga keseluruhan strategi marketing Anda. Di tengah persaingan, kepercayaan dibutuhkan untuk terus menumbuhkan dan mengembangkan bisnis. Strategi digital marketing memungkinkan sebuah bisnis untuk membangun dan meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan memanfaatkan media sosial. Kini Anda dapat “menemui langsung” dan mendengarkan berbagai masukan dari pelanggan Anda.

Saat pelanggan mempercayai produk dan brand Anda, sebagian besar akan dengan senang hati memberikan rekomendasi. Rekomendasi pelanggan di media sosial memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan iklan Anda sendiri. Banyak orang lebih senang mendengarkan rekomendasi dari teman atau orang yang mereka kenal dibandingkan iklan dari sebuah brand. Pada akhirnya kepercayaan pelanggan akan menghasilkan rekomendasi, lalu rekomendasi tersebut berpotensi meningkatkan sales atau penjualan Anda.

Itulah 5 faktor keberhasilan sebuah iklan digital. Selain faktor-faktor di atas, Anda juga perlu memperhitungkan platform dan durasi penayangan iklan yang mungkin perlu disesuaikan. Semakin baru sebuah bisnis, semakin lama waktu yang dibutuhkan orang untuk mengenal dan akhirnya memilih menggunakan produk atau layanannya.

Jangan khawatir! Temukan strategi digital advertising terbaik untuk bisnis Anda. Hubungi kami di team@bigevo.com dan tim profesional kami siap membantu Anda.



Share:



Pentingnya Jasa Iklan Digital Marketing dan Cara Memilihnya
Jasa iklan digital marketing adalah layanan yang menyediakan solusi pemasaran melalui platform digital. Cek cara kerja dan tips memilihnya di sini. ...
by Izza  |  20 Nov 2023
TikTok Ads: Keuntungan, Jenis, Cara Memasang, dan Tips Mengoptimalkannya
Simak lebih mendalam mengenai TikTok Ads dalam artikel ini. Mulai dari keuntungan, jenis-jenis, cara memasang, sampai tips mengoptimalkannya.   ...
by Izza  |  13 Nov 2023
Facebook Advertising: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Cara Menggunakannya
Facebook Advertising adalah bentuk pemasaran yang memungkinkan pengguna Facebook untuk mempromosikan produk, layanan, atau konten kepada audiens.  ...
by Izza  |  02 Nov 2023
    Whatsapp BigEvo