Digital Advertising: Pengertian, Jenis & Manfaatnya Untuk Bisnis

digital advertising

Digital Advertising memiliki peran penting dalam industri pemasaran. Pergerakannya semakin tumbuh pesat dan sangat mendominasi. Lalu sejauh mana Anda mengenal digital media Advertising? Mengingat hal ini diperlukan demi melakukan dan mengembangkan bisnis online.

Teknologi yang semakin maju mengubah cara kita berkomunikasi. Hadirnya periklanan digital ini memudahkan komunikasi perusahaan dan konsumen melalui tindakan fisik. Sehingga semakin berkembang dan menjangkau media digital untuk memperluas jangkauan brand. Maka penting mengetahui pengertian, jenis hingga manfaatnya. Mari pelajari secara detail.

Apa Itu Digital Advertising?

Periklanan Digital merupakan sebuah pemasaran sebuah brand maupun produk menggunakan media internet atau digital dengan tujuan menjangkau konsumen secara cepat dan tepat. Sisi lain, digital marketing adalah cara mempromosikan produk tertentu menggunakan media internet. Seperti Youtube, facebook, iklan di internet dan media sosial jenis lainnya.

Periklanan digital menjadi cara utama dalam mempromosikan sebuah bisnis. Faktanya berdasarkan kompas ada 4,54 miliar pengguna internet tercatat aktif di dunia. Sementara 3,8 miliar orang saling terhubung dan komunikasi. Pengguna internet yang semakin bertambah setiap tahunnya ini mendukung periklanan digital semakin melejit.

Tingkat pertumbuhannya sebesar 54 persen dengan nilai transaksi lebih $500 juta. Intinya Advertising digital ini tidak hanya untuk perusahaan yang memiliki modal besar saja. Para pelaku usaha UMKM juga bisa.

Terlebih iklan digital tidak memakan biaya mahal dibanding dengan iklan konvensional. Iklan digital tergantung pada audiens, lokasi, waktu dan medianya.

Keuntungan Digital Advertising

Iklan Digital memiliki banyak keuntungan seperti :

  1. Iklan digital memungkinkan Anda secara langsung berinteraksi di channel konsumen. Terlebih ketepatan dalam memilih media sosial, target keyword dan situs-situs forum mampu meningkatkan persentase efektivitas pemasaran.
  2. Melalui iklan digital ini setiap bisnis memiliki potensi viral.
  3. Iklan ini menuntun Anda menemukan target market yang sesuai. Terutama dalam memilih channel media sosial.Dengan otomatis Anda memperoleh data mengenai perilaku, demografi, ketertarikan, gaya hidup hingga koneksi calon konsumen.
  4. Channel iklan digital mengizinkan pengiklan untuk melihat informasi dan data. Sehingga Anda dapat mengetahui informasi siapa saja pembeli produk Anda baik gaya hidup, demografi hingga kebiasaan mereka sehari-hari. Meskipun pada awal pertemuan dengan mereka. Semua dapat diketahui dengan jelas. Hal ini memberikan kemudahan Anda dalam mengubah format iklan serta menambah efektivitas iklan.

Contoh Digital Advertising

Perlu Anda ketahui beberapa contoh iklan digital sebagai bahan pertimbangan mana yang cocok untuk Anda terapkan. Contohnya sebagai berikut.

1. Search Engine Marketing (SEM)

Jenis ini dapat diandalkan dan didasari keyword yang sudah dicari banyak user, Subtipe utamanya adalah search engine optimization dan paid per click.

Fakta berlaku 90% user akan mengakhiri pencarian di halaman pertama. Sehingga pengiklan sangat penting menggunakan SEM demi menyusun strategi untuk memastikan bisnis mereka muncul dihalaman utama.

2. Social Media Advertising

Jenis Digital Advertising ini menjadi platform terbesar dalam iklan digital. Bahkan jumlah penggunanya besar dan memudahkan penargetan audiens. Paling umum untuk melihat native ads, display ads, hingga video ads.

Paid ads pada dasarnya adalah native ads. Umumnya untuk meningkatkan postingan promosi serta menjangkau orang melalui audiens target.

Sehingga mereka diberi label dengan advertisement atau sponsored dari media sosial. Contoh iklan digital ini bisa lebih spesifik berupa kategori wilayah, gender, usia, pendidikan, hobi, minat, penghasilan dan lainnya. Ketiga media sosial tersebut adalah Twitter Ads, Instagram Ads dan Facebook Ads.

3. Remarketing / Retargeting Advertising

Dengan jenis ini, tujuan iklan demi mempertahankan ketertarikan serta keinginan membeli dari si pelanggan. Contoh iklan ini adalah layanan di Google. Sehingga iklan Anda akan muncul kembali pada pengguna yang sudah mengunjungi situs Anda. Hal ini memungkinkan pengguna diikuti iklan yang sama di situs lainnya.

4. Video Marketing

Jenis Digital Advertising ini paling mudah karena hanya videolah yang memasarkan bisnis tertentu. Biasanya muncul sebagai iklan sebelum menonton video lain. Selain itu dapat diintegrasikan sebagai display ads atau native ads.

5. Email Marketing

Menjangkau target audiens yang sudah tertarik dapat dengan email marketing. Caranya dengan memasukkan audiens tersebut ke dalam mailing list. Email user biasanya Anda dapatkan saat user berkunjung ke website dan pop up yang meminta email.

6. Programmatic Ads

Iklan yang satu ini merupakan iklan terprogram yang menawarkan efisiensi tinggi bagi buyer serta publisher di dunia. Cara iklan terbaru ini tidak memakan waktu yang lama.

Anda bisa santai memilih format yang sesuai dengan produk yang akan Anda iklankan. Pengiklan dapat mengembangkan strategi iklan dengan video dan format khusus sehingga bisa memilih audiens yang menurut Anda cocok untuk iklan ini. Contohnya banner boat, influencer ads, dan form ads. Sekaligus menggunakan influencer untuk membuat iklan.

Kelebihan dan Kekurangan Online Advertising

Digital Advertising ini memiliki kelebihan diantaranya adalah sangat tertarget pengguna baik secara mikro ke bagian terkecil audiens target dan lainnya. Selain itu dianggap bentuk promosi yang cukup murah dan didukung data . Data ini biasanya untuk mengembangkan promosi.

Secara umum, iklan digital ini dapat dibuat lebih interaktif serta meningkatkan keterlibatan pengiklan. Perubahannya bisa secara real time. Terlebih analitik dan data yang dikumpulkan. Semua terbukti mendatangkan keuntungan besar. Bahkan iklan ini hadir dalam beragam format baik bentuk maupun ukuran.

Kekurangannya berada pada penonton yang terbatas. Terlebih banyak pengiklan menawar untuk satu ruang iklan . Sehingga meningkatkan persaingan dan harga iklan. Dengan adanya iklan dimana-mana maka meningkatkan pemblokiran iklan tersebut. Menjalankan iklan digital butuh skill khusus untuk mengembangkan serta mengoptimalkan iklan dan penawaran.

Pentingnya Digital Advertising

Iklan digital memiliki peran yang sangat penting yakni:

1. Alat Promosi

Sebagai alat promosi produk agar semakin banyak digunakan umum. Karena didalamnya tercantum keunggulan produk maupun layanan serta ajakan penggunaan produk.

2. Meningkatkan Kesadaran Pelanggan

Meningkatkan kesadaran pelanggan akan produk. Ketika pelanggan melihat produk Anda di internet, billboard, televisi dan lainnya maka mereka dapat mengetahui produk tersebut.

3. Perbandingan Dengan Kompetitor

Sebagai perbandingan dengan kompetitor lain yang memiliki tujuan sama dengan Anda. Mengutamakan iklan yang berkualitas bagus menjadi bahan perbandingan bagi para pelanggan. Pelanggan akan membandingkan iklan produk Anda dengan iklan produk kompetitor. Terlihat berbagai macam keunggulan dari masing-masing iklan.

Digital Advertising Platform

Kebutuhan promosi pastinya membutuhkan platform iklan digital. Berbagai strategi digunakan dan melibatkan iklan berbayar yang ditayangkan pada platform iklan digital. Platform yang biasa digunakan adalah Facebook Ads, Google Ads, Twitter Ads, dan Microsoft Ads atau Bing Ads.

Semua platform tersebut mampu memudahkan Anda dalam promosi produk secara mudah dan cepat. Terutama dengan Google Ads. Google Ads akan ditampilkan pada hasil halaman pencarian Google atau berbagai website mitra seperti blog, portal berita, dan Youtube.

Sehingga iklan Anda akan ditampilkan tergantung dari jenis iklan yang Anda pilih. Pentingnya Digital Advertising ini bagi para pebisnis dan perusahaan adalah cara jitu dalam pemasaran. Anda bisa menggunakan jasa digital advertising agency terbaik BigEvo untuk bantu mengelola ilkan Anda.



Share:



Pentingnya Jasa Iklan Digital Marketing dan Cara Memilihnya
Jasa iklan digital marketing adalah layanan yang menyediakan solusi pemasaran melalui platform digital. Cek cara kerja dan tips memilihnya di sini. ...
by Izza  |  20 Nov 2023
TikTok Ads: Keuntungan, Jenis, Cara Memasang, dan Tips Mengoptimalkannya
Simak lebih mendalam mengenai TikTok Ads dalam artikel ini. Mulai dari keuntungan, jenis-jenis, cara memasang, sampai tips mengoptimalkannya.   ...
by Izza  |  13 Nov 2023
Facebook Advertising: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Cara Menggunakannya
Facebook Advertising adalah bentuk pemasaran yang memungkinkan pengguna Facebook untuk mempromosikan produk, layanan, atau konten kepada audiens.  ...
by Izza  |  02 Nov 2023
    Whatsapp BigEvo