Memahami Web Development, Tugas dan Proses Kerjanya

web development adalah

Web development adalah hal penting dalam suatu perusahaan. Perlu Anda ketahui, seiring berkembangnya zaman sekarang ini, nyatanya web development menjadi salah satu bidang pekerjaan yang bisa dikatakan menjanjikan.

Bagaimana tidak? Karena pada kenyataannya terdapat perusahaan dari berbagai macam sektor yang sekarang ini juga membutuhkan situs web.

Situs web tersebut sifatnya juga fungsional, menarik, dan rapi di mata customer. Dengan begitu harapannya web tersebut tetap mempunyai posisi tertinggi di mata customer supaya bisa eksis. Dengan demikian itu, tidak heran bahwa jika sifat web development tersendiri sangatlah penting dan perlu untuk diketahui.

Apakah Anda mempunyai cita-cita untuk menjadi web development? Perlu Anda ketahui pertengahan tahun 1990-an merupakan momen yang sejarah terciptanya teknologi yang kita sebut dengan website. Sejak saat itulah, banyak orang yang sudah mulai mengetahui proses pembuatan website. Biasanya disebut dengan web development ataupun programming.

Dengan adanya orang-orang yang menggeluti website development tersebut, maka sampai sekarang ini sudah ada 2 milyar website yang beredar di dunia Internet. Hal tersebut juga diperkuat dengan adanya kesadaran para pelaku industri untuk mempunyai website sebagai media guna mengonlinekan bisnis mereka.

Selain itu, sudah banyak pengamat teknologi yang percaya akan web development ini. Mereka mengatakan bahwasanya keterbelakangan itu merupakan proses yang akan ada selama internet itu masih memberi manfaat atau berfungsi.

Mengenal Lebih dalam Mengenai Web Development

Mengetahui akan istilah web development juga merupakan ilmu yang sangat bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Jika Anda tertarik untuk mempelajari ilmu tentang pembuatan website ini, sebelumnya Anda juga harus memahami bahwa proses belajar itu tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Terdapat beberapa konsep dasar serta proses yang harus dipahami terlebih dahulu. Bagi Anda yang belum mengetahui betapa pentingnya web development adalah tersebut, berikut ini informasi selengkapnya untuk Anda.

Perlu Anda garis bawahi, bahwasanya web development itu merupakan pembangunan serta pemeliharaan situs web. Bisa dikatakan juga bahwa pekerjaan ini berada di balik layar guna membuat situs web tetap terlihat hebat, bisa bekerja dengan cepat, serta mempunyai kinerja yang baik dengan memberikan pengalaman kepada pengguna yang bagus.

Web Development

Secara umum, istilah web development juga mengacu kepada tugas yang mempunyai kaitan dengan pengembangan situs web melalui internet. Proses mengenai istilah tersebut juga mencakup desain web, client-side, konfigurasi keamanan jaringan serta pengembangan konten web.

Oh iya, web development dalam Bahasa Indonesia adalah pengembangan web. Jika kita meninjau dari kalangan professional web, pengembangan web ini umumnya merujuk pada aspek non desain utama.

Pengembangan web ini juga bisa menjalar dari membangun halaman statis yang sederhana, tunggal teks biasa menuju ke berbasis web yang kompleks aplikasi internet, layanan jaringan sosial serta bisnis elektronik.

Sedangkan untuk organisasi yang lebih besar serta bisnis, biasanya tim pengembang ini bisa terdiri dari ratusan orang atau web developer. Berbeda lagi dengan organisasi yang lebih kecil mungkin hanya membutuhkan permanen maupun kontrak tunggal webMaster.

Selain itu, bisa juga tugas sekunder dengan posisi pekerjaan yang mempunyai kaitan seperti halnya desain grafis ataupun sistem informasi teknisi. Pengembang web ini mungkin juga merupakan salah satu upaya kolaborasi antar departemen yang bukan domain dari departemen yang sudah ditunjuk.

Konsep Web Development

Kita tahu bahwa pertanyaan mengenai web development adalah tersebut merupakan gabungan dari dua kata. Untuk kata yang pertama adalah web. Web merupakan aplikasi website, halaman web, ataupun sumber online apapun yang bisa bermanfaat ataupun berfungsi dengan melalui internet.

Kemudian development artinya membangun sesuatu dari awal. Jika keduanya digabungkan maka arti secara lengkapnya adalah, upaya membangun kemampuan menciptakan, serta maintaining aplikasi yang bisa bekerja melalui internet seperti halnya website.

Sifat website yang bisa dikembangkan pun juga beragam. Mulai dari web yang sifatnya dinamis sederhana sampai pada yang kompleks. Ketahuilah bahwasanya konsep dari web development adalah mencakup aspek seperti halnya desain web, publish web, manajemen database, dan pemrograman web.

Guna mendapatkan penjelasan lebih detailnya, website development itu mempunyai tugas pengembangan yang berada di balik layar internet. Seperti halnya client side scripting, konfigurasi keamanan server serta jaringan, pengembangan e-commerce, content management system dan server side scripting.

Nyatanya memahami dasar web development adalah tersebut seperti penolong kita ketika kerasnya, perkembangan zaman sekarang ini yang terjadi tolong oleh teknologi online yang semakin hari semakin canggih.

Jenis-jenis Pengembang Web

Tidak hanya harus mengetahui tentang web development adalah tersebut. Tetapi untuk memperjelas mengenai pengembangan web ini, kita juga harus mengetahui jenis-jenisnya apa saja. 

Mobile Development

Pertama ada mobile development, yang merupakan jenis pengembangan web yang belum lama ini muncul. Jenis yang satu ini hadir sebagai jawaban atas kebutuhan para pelanggan yang lebih suka membuka aplikasi serta situs web melalui smartphone.

Full Stack Development

Berikutnya ada full stack development. Perlu Anda ketahui juga bahwa jenis ini bekerja di situs front end juga backend situs. Adanya jenis yang satu ini diharapkan bisa membantu mereka untuk membuat situs web, programming software, aplikasi, dan lainnya. Ketika ada back end development, adalah aspek yang tidak terlihat.

Tugasnya mengelola server situs web, program, dan juga software dengan adanya tujuan supaya semua fitur bisa bekerja dengan semaksimal mungkin. Biasanya juga jenis ini bekerja dengan sistem seperti halnya sistem operasi, basis data, server, juga API.

Front End Development

Terakhir adalah front end development. Tugas utamanya adalah pada bidang membangun UI, guna membantu para pengguna supaya bisa sampai pada tujuan mereka dalam situs.

Proses Kerja Web Development

Proses kerja yang dimiliki oleh web development adalah pengumpulan informasi. Tapi ini nantinya akan menentukan mengenai bagaimana langkah-langkah selanjutnya yang akan terlihat. Sedangkan tugas yang paling penting dalam pengumpulan informasi adalah mendapatkan pemahaman yang jelas mengenai tujuan dari situs web di masa yang akan datang.

Selain itu, pengembangan ini juga berfungsi untuk merancang pengembangan website. Nantinya developer harus membuat data yang memungkinkan para pelanggan bisa menilai kualitas tampilan situs web tersebut.

Dalam hal ini juga terdapat dua solusi yang biasanya digunakan yakni membentuk sitemap dan membentuk wireframe. Bukan hanya itu saja proses kerja dari web development. Tetapi mereka juga harus merancang desain.

Hal ini juga berlaku untuk semua konten visual seperti halnya gambar, video, maupun foto. Tugas ini akan dibuat dengan mengurutkan dua langkah. Langkah pertama adalah layout halaman website. Kedua adalah mereview layout serta memberikan persetujuan.

Tugas dan proses kerja web development adalah salah satu peran penting sebuah perusahaan. Yuk, bangun situs dan tingkatkan bisnis Anda bersama BigEvo Digital Agency. Hubungi kami di team@bigevo.com dan tim profesional kami siap membantu Anda.



Share:



Jasa Pembuatan Website: Pengertian, Keuntungan, dan Layanan yang Ditawarkan
Jasa pembuatan website adalah layanan profesional untuk membuat dan mengembangkan suatu situs web. Temukan layanan yang tepat untuk Anda di sini. ...
by Izza  |  15 Nov 2023
Jasa Landing Page untuk Meningkatkan Leads Bisnis
Penggunaan jasa landing page memungkinkan Anda untuk mengumpulkan data pengunjung, terutama calon pelanggan potensial atau leads. Hal ini bisa Anda da ...
by Izza  |  23 Jun 2022
Jasa Design Website dan Elemen Penting Pembuatannya
Penggunaan jasa design website dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin memaksimalkan tampilan dan performa web. Website sendiri merupakan salah satu ...
by Izza  |  23 Jun 2022
    Whatsapp BigEvo