Trik Marketing Online untuk Membangun & Meningkatkan Brand Awareness

trik marketing online

Menerapkan trik marketing online yang tepat bisa membantu Anda dalam membangun dan meningkatkan brand awareness. Brand awareness sendiri merupakan salah satu elemen penting yang turut mempengaruhi kesuksesan sebuah produk atau bisnis.

Melakukan pemasaran melalui ranah digital atau marketing online memang bukan menjadi hal baru lagi. Bahkan saat ini bisa dibilang kalau kebutuhan akan penerapan marketing online untuk bisnis sangatlah besar.

Marketing online juga memiliki peluang yang besar sehingga dapat membantu mengembangkan brand, bisnis, atau perusahaan Anda. Internet menjadi tempat yang sangat efektif untuk melakukan pemasaran, karena kebanyakan orang menghabiskan waktu mereka disana.

Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai bagaimana cara membangun dan meningkatkan brand awareness melalui marketing online. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Memahami Brand Awareness dalam Bisnis

Sebelum membahas trik marketing online apa saja yang perlu dilakukan, kita perlu memahami terlebih dahulu tentang konsep brand awareness. Secara harfiah, brand awareness berarti tingkat kesadaran sebuah brand.

Lebih jelasnya lagi, brand awareness adalah tingkat kesadaran konsumen terhadap sebuah brand. Brand awareness menunjukan sejauh mana konsumen mengenal sebuah brand, atau seberapa dekat konsumen dengan brand tersebut.

Terdapat berbagai elemen yang menjadi bagian dari brand awareness. Seperti logo, nama merek atau produk, warna, dan lain sebagainya. Jadi ketika orang melihat elemen-elemen tersebut, mereka langsung mengenalinya sebagai suatu brand.

Misalnya ketika Anda sedang berada di jalan dan melihat sebuah mobil taksi berwarna biru. Tanpa melihat namanya, Anda langsung mengetahui kalau taksi tersebut adalah Blue Bird. Hal ini berarti brand awareness dari Blue Bird cukup tinggi dan menempel kuat di benak Anda.

Brand awareness sendiri memiliki berbagai manfaat untuk bisnis, yaitu:

  1. Meningkatkan kesadaran terhadap produk atau brand
  2. Meningkatkan angka penjualan
  3. Menarik pelanggan atau customer baru
  4. Meningkatkan kepercayaan konsumen
  5. Membangun loyalitas konsumen

Trik Marketing Online yang Efektif dan Efisien

Setelah memahami konsep brand awareness, tentu Anda menyadari bahwa penting untuk membangunnya dengan baik. Salah satu upaya yang dapat membangun dan meningkatkan brand awareness adalah melalui marketing online.

Berikut beberapa trik pemasaran online yang efektif dan efisien untuk brand awareness.

Membuat dan Mengelola Media Sosial Brand

Salah satu hal mendasar dalam membangun brand awareness secara online adalah media sosial. Bahkan bisa dibilang memiliki akun media sosial untuk bisnis atau brand di zaman sekarang ini merupakan sebuah keharusan. Media sosial menjadi identitas brand sekaligus sarana berkomunikasi dengan konsumen.

Namun jangan hanya membuatnya saja, Anda juga harus mengelola media sosial tersebut dengan baik. Update akun media sosial secara berkala dengan konten-konten yang berkualitas. Memberi respon terhadap audience melalui komen dan pesan juga menjadi hal penting yang perlu dilakukan.

Membuat Website Resmi Bisnis

Selain akun media sosial, Anda juga perlu memiliki website resmi untuk bisnis, brand, atau perusahaan. Website, seperti halnya media sosial, menjadi identitas brand sekaligus sarana berkomunikasi. Di website, Anda bisa mencantumkan lebih banyak informasi yang tidak bisa dimuat di akun media sosial.

Saat tertarik dengan sebuah brand atau produk, tak jarang orang mencari website resminya untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Jadi akan lebih baik jika website Anda memuat informasi dan tampilan yang menarik, serta user friendly.

Melakukan Optimasi Web Melalui SEO

Agar website bisnis atau brand Anda lebih mudah ditemukan, gunakan strategi SEO. SEO adalah upaya optimasi website agar peringkatnya bisa meningkat pada mesin pencari. Akan lebih baik jika website Anda bisa menduduki halaman pertama di mesin pencari.

Hal ini karena orang kebanyakan akan mengklik website yang mereka temukan di halaman pertama, tanpa melihat ke halaman selanjutnya. Semakin tinggi peringkat website Anda, semakin mudah orang menemukannya.

Mengirimkan Email Marketing

Trik marketing online untuk membangun dan meningkatkan brand awareness adalah dengan mengirimkan email marketing. Melalui email marketing, Anda bisa memberikan beragam informasi terkait dengan produk atau brand. Strategi ini terbilang efisien untuk menjangkau target pasar yang sesuai dengan kebutuhan brand Anda.

Membuat Konten Digital yang Berkualitas

Dalam menerapkan trik dan strategi marketing online, salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan adalah konten yang dibagikan. Pastikan untuk memberikan konten yang berkualitas dan menarik. Jangan hanya terpaku pada promosi secara langsung yang akhirnya membuat orang malas dan bosan.

Pembuatan konten berkualitas ini berlaku pada seluruh media digital yang dimiliki oleh brand atau bisnis Anda. Seperti media sosial, website, email marketing, dan lain sebagainya. Buatlah konten yang sejalan dengan nilai-nilai dan identitas brand agar brand awareness dapat terbangun secara konsisten.

Membagikan Review Positif dari Konsumen

Jika Anda mendapatkan review atau testimoni positif terkait produk dan brand, pastikan untuk membagikannya. Anda bisa membagikannya melalui media sosial atau website agar lebih banyak orang yang mengetahui.

Review positif selain dapat meningkatkan nilai brand di mata customer, juga dapat membantu calon customer. Orang yang sedang mencari informasi mengenai brand atau produk Anda akan terbantu dengan review dari orang lain.

Tak hanya itu, review positif dari orang yang sudah pernah menggunakan produk atau brand cenderung lebih dipercaya dibanding konten promosi. Semakin banyak review positif, semakin tinggi kemungkinan orang untuk percaya pada brand Anda.

Bekerjasama dengan Influencer dan KOL

Trik terakhir yang tak kalah efektifnya untuk membangun serta meningkatkan brand awareness adalah kerjasama dengan influencer dan KOL. Baik influencer maupun KOL sudah memiliki audience sendiri, yang jumlah maupun interaksinya cukup kuat. 

Hal ini bisa Anda manfaatkan agar brand atau produk lebih dikenal pada khalayak yang luas. Terlebih lagi jika Anda memilih KOL yang memiliki bidang khusus dan sesuai dengan target pasar Anda. Bukan saja brand awareness, angka penjualan pun bisa meningkat melalui trik ini.

Percayakan Marketing Online pada yang Kompeten

Strategi dan trik marketing online di atas mungkin terlihat sederhana, namun penerapannya memerlukan keahlian yang mumpuni. Jika strategi dan trik tersebut tidak dilakukan dengan tepat, maka Anda mungkin akan kesulitan untuk mendapat hasil yang diinginkan.

Agar penerapan strategi dan trik tersebut berjalan dengan lancar, percayakan prosesnya pada agensi digital yang kredibel dan kompeten. Pastikan juga Anda memilih agensi yang sudah terbukti sepak terjangnya dan berpengalaman dalam berbagai project seperti BigEvo Digital Agensi.

BigEvo telah dipercaya oleh nama-nama besar untuk proses digital marketing brand dan pengembangan bisnis mereka. Dengan tim profesional yang handal, BigEvo siap membantu menjawab kebutuhan digital untuk bisnis Anda.

Ada berbagai layanan digital yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan brand awareness dan mengembangkan bisnis secara keseluruhan. Seperti Paid Digital Advertising, Website Development, Social Media Marketing, dan masih banyak lagi.

Anda dapat mendiskusikan lebih lanjut mengenai kebutuhan brand dan target-target bisnis yang ingin dicapai dengan BigEvo. Tim profesional kami akan membuat perencanaan dan strategi yang tepat untuk brand, bisnis, atau perusahaan Anda.

Jadi, percayakan BigEvo untuk penerapan trik marketing online yang tepat bagi bisnis Anda. Hubungi team@bigevo.com segera untuk diskusi lebih lanjut dan tim profesional kami akan menghubungi Anda. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



5 Cara Jualan Online, Dulang Cuan Jadi Makin Mudah
Ini dia 5 cara jualan online yang ampuh agar bisnis Anda bisa mendulang cuan dengan mudah di era digital seperti sekarang. Baca selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
7 Strategi Promosi UKM untuk Berkembang dan Sukses di Pasaran
Temukan apa saja strategi promosi UKM yang dapat membantu untuk berkembang dan sukses pada era digital seperti sekarang ini. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
5 Jenis Iklan untuk UMKM Agar Sukses di Era Digital
Penggunaan iklan untuk UMKM memiliki peranan penting agar bisnis Anda bisa berkembang & sukses di era digital. Simak apa saja jenis-jenisnya di sini. ...
by Izza  |  15 Dec 2023
    Whatsapp BigEvo