6 Strategi Marketing Ampuh Pasca Pandemi - Bigevo

strategi marketing pasca pandemic

Di tengah perjuangan panjang masyarakat dunia melawan COVID-19, kita melihat betapa cepatnya perubahan terjadi, termasuk di bidang digital marketing. Kondisi pandemi yang memaksa banyak orang mengurangi aktifitas di luar rumah seolah mempercepat langkah “go digital” di berbagai negara. Belum pernah sebelumnya kita sangat bergantung pada marketplace atau layanan komunikasi video untuk kegiatan sehari-hari, dari mulai urusan pekerjaan hingga sekadar “berkumpul” dengan teman-teman. Ketergantungan baru pada teknologi ini merupakan celah besar bagi para digital marketer untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang. Simak 6 strategi marketing post-pandemic untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang berikut ini!

1. Saatnya Pindah ke Digital

Ditetapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro di berbagai wilayah saat ini memaksa lebih banyak orang untuk mengakrabkan diri dengan dunia digital. Mulai dari kegiatan bekerja, belajar, hingga belanja. Melansir tulisan Bernard Marr, seorang penasihat bisnis dan teknologi, dalam majalah Forbes, telah terlihat lonjakan perusahaan yang ingin membuat atau memperbarui situs web, membuat kampanye media sosial baru yang berfokus pada pekerja berbasis rumahan, dan lebih fokus pada tren dan saluran e-commerce

Jika bisnis Anda sudah memiliki website dan toko online, ini saatnya menciptakan strategi pemasaran digital yang efektif untuk bisnis Anda bersama digital performance agency Jakarta terbaik. Sekarang adalah saat yang tepat untuk meningkatkan eksistensi bisnis online Anda.

2. Beri Penawaran Eksklusif

Saat bisnis mulai dibuka kembali, cara terbaik dan tercepat untuk membuat orang tertarik adalah dengan menawarkan promosi atau penawaran penjualan eksklusif. Anda dapat mengiklankan penawaran ini di platform media sosial maupun email promosi. Jenis penawaran ini akan membantu mendatangkan pelanggan baru sekaligus membuat pelanggan lama tertarik untuk kembali lagi. Ide ini dapat digunakan hampir untuk semua industri, terutama yang sempat terkena dampak besar pandemi COVID-19 seperti restoran, hotel, dan agen perjalanan.

3. Perbaiki Strategi Komunikasi Anda

Prioritas dan jadwal pelanggan Anda sudah berubah, strategi komunikasi bisnis Anda sebelumnya mungkin sudah tidak relevan lagi. Ada baiknya Anda kembali memikirkan strategi komunikasi pasca pandemi, isi email marketing yang Anda kirim hingga konten yang Anda buat. Anda bisa lebih fokus pada artikel dan konten media sosial yang menghapus keraguan, ketakutan, dan pertanyaan yang terkait dengan situasi saat ini. Untuk strategi komunikasi yang terbaik untuk bisnis, Anda dapat berkonsultasi dengan digital performance agency Jakarta yang tentu dapat membantu meraih tujuan Anda. 

4. Fokus Pada Beberapa Saluran Iklan Berbayar

Semakin banyak orang menghabiskan waktu di rumah dan di media sosial, Return on Investment atau ROI pada iklan Pay-Per-Click di banyak industri telah meroket. Iklan merupakan cara yang baik untuk mengingatkan orang-orang bahwa bisnis Anda masih hidup, berkembang, dan siap menjadi bagian yang sangat signifikan dari kehidupan 'new normal'.

 Anda harus mulai mencari tahu di mana target pelanggan Anda berkumpul dan kemudian memfokuskan sebagian besar PPC Anda pada media tersebut. Misalnya, bisnis Anda adalah bisnis kecantikan, target audiens Anda kemungkinan besar ada di Instagram. Butuh bantuan untuk beriklan di media sosial? BigEvo digital performance agency siap membantu Anda. Jika sebelumnya iklan digital terbukti menarik, terjangkau, dan ditargetkan dengan baik, saat ini mereka memiliki potensi lebih besar untuk meningkatkan skala bisnis Anda.

5. Berikan yang Terbaik untuk Pelanggan Setia

Sejak awal masa pandemi, banyak bisnis mengaku kesulitan mendapatkan pelanggan baru. Satu hal yang sering terlewat oleh para pemilik bisnis adalah keberadaan pelanggan setia yang tetap memilih bisnis Anda bahkan di masa sulit. Pelanggan Anda mungkin tidak berbelanja (spending) sebanyak biasanya, tetapi usahakan untuk tetap memberikan pelayanan terbaik.

Baca juga: Pentingnya Go Digital untuk Bisnis dan Strategi Menerapkannya

Coba pahami kondisi bisnis klien atau pelanggan Anda saat ini lalu tawarkan jenis layanan yang cocok untuk menargetkan kebutuhan baru mereka di masa post-pandemic. Anda juga bisa memberikan apresiasi, misalnya dengan memberikan potongan harga kepada pelanggan yang sudah bekerja sama lebih dari 5 tahun. Hal ini mungkin dapat mengganggu arus kas Anda untuk jangka pendek, namun kemungkinan besar Anda akan mendapatkan keuntungan sepuluh kali lipat di masa yang akan datang, ketika ekonomi kembali stabil dan pelanggan setia Anda siap untuk mulai belanja lagi.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai strategi beriklan digital? Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan BigEvo – digital performance agency Jakarta yang siap membantu Anda merencanakan, menjalankan hingga mengevaluasi pemasaran digital bisnis Anda. Hubungi kami di team@bigevo.com dan tim profesional kami siap membantu Anda.



Share:



5 Cara Jualan Online, Dulang Cuan Jadi Makin Mudah
Ini dia 5 cara jualan online yang ampuh agar bisnis Anda bisa mendulang cuan dengan mudah di era digital seperti sekarang. Baca selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
7 Strategi Promosi UKM untuk Berkembang dan Sukses di Pasaran
Temukan apa saja strategi promosi UKM yang dapat membantu untuk berkembang dan sukses pada era digital seperti sekarang ini. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
5 Jenis Iklan untuk UMKM Agar Sukses di Era Digital
Penggunaan iklan untuk UMKM memiliki peranan penting agar bisnis Anda bisa berkembang & sukses di era digital. Simak apa saja jenis-jenisnya di sini. ...
by Izza  |  15 Dec 2023
    Whatsapp BigEvo