Keyword dalam SEO: Pengertian, Fungsi dan Tips Research

keyword adalah

Keyword atau kata kunci merupakan salah satu aspek penting dalam praktik Search Engine Optimization (SEO) pada situs web maupun blog Anda. Penggunaan kata kunci yang tepat akan memudahkan mesin pencari menemukan situs Anda. Dengan begitu, situs Anda bisa muncul dengan peringkat yang bagus dan kemungkinan pengunjung datang pun meningkat.

Pembahasan ini akan mengulas lebih lanjut tentang keyword dalam ranah SEO, berikut dengan fungsi dan jenis-jenisnya. Anda juga akan mengetahui apa saja tips untuk melakukan keyword research yang tepat.

Simak selengkapnya di bawah ini, ya! 

Definisi Keyword dalam SEO

Keyword merupakan susunan kata yang kerap diketikkan seseorang ketika melakukan pencarian data atau informasi yang diperlukan via internet. Kata-kata tersebut tersimpan dan digunakan oleh mesin pencari guna menganalisis terkait kebutuhan para pemakai internet.

Di dalam dunia SEO, keyword adalah kalimat atau kata-kata yang dipergunakan para pencari saat ingin menemukan suatu informasi. Keyword tidak terbatas pada menentukan satu atau beberapa kata yang kemungkinan masuk pada pencarian populer. Namun praktik utamanya adalah melalui rangkaian kata yang tepat agar sesuai dengan audiens yang dituju.

Penggunaan keyword akan membantu Anda memahami apa yang dicari pengguna dan bagaimana mempertemukan mereka dengan konten Anda. Karena itu, Anda perlu memiliki pemahaman mendalam tentang kata kunci untuk mengoptimalkan situs web dan meningkatkan visibilitasnya.

Fungsi Keyword

Keyword punya fungsi yang cukup penting ketika Anda membangun sebuah blog atau website. Kata kunci memiliki peran yang signifikan, baik bagi pemilik situs atau blog maupun mesin pencari (search engine).

Untuk lebih jelasnya, berikut fungsi keyword yang bisa Anda dapatkan.

Fungsi Keyword bagi Situs

Menggunakan kata kunci yang tepat dan tertarget akan mendorong konten situs Anda berada di halaman awal pada hasil pencarian. Hal ini akan membantu situs Anda untuk unggul dalam kompetisi dengan konten atau situs lain yang memuat informasi serupa.

Selain itu, kata kunci akan membantu Anda dalam membuat konten yang berkualitas untuk situs web. Anda jadi tahu apa saja yang ingin diketahui audiens dan dapat menulis konten-konten dengan kata kunci tersebut. Hal ini akan meningkatkan relevansi dan bisa mendorong audiens untuk mengunjungi situs web.

Fungsi Keyword bagi Mesin Pencari

Bukan hanya untuk situs, kata kunci juga memiliki peran penting bagi mesin pencari. Dengan menggunakan keyword yang tepat, mesin pencari akan lebih mudah menemukan konten yang relevan. Hal ini membantu search engine dalam menyajikan hasil pencarian yang sesuai dengan kebutuhan pengguna internet.

Semakin cepat dan lengkap hasil pencarian yang disajikan search engine, semakin puas pengguna terhadap kinerja mesin tersebut. Dengan begitu, akan semakin banyak pengguna search engine yang loyal.

Jenis-jenis Keyword

Setelah mengetahui apa saja fungsi kata kunci, selanjutnya kita akan membahas jenis-jenisnya. Secara garis besar, terdapat 3 jenis keyword yang terbagi lagi ke dalam beberapa bentuk. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Berdasarkan Jumlah Kata

Jenis kata kunci yang pertama terbagi berdasarkan jumlah kata yang digunakan, yaitu sebagai berikut.

  • Short tail keyword: kata kunci pendek dengan maksimal 2 buah kata, contohnya “spesifikasi handphone”, “tips bisnis”, “tips kesehatan”.
  • Long tail keyword: kata kunci yang lebih panjang dengan menambahkan beberapa kata yang berhubungan dari short tail, misalnya “spesifikasi handphone Android terbaik”, “tips bisnis online untuk pemula”, “tips menjaga kesehatan saat pandemi”.

2. Berdasarkan Waktu

Selanjutnya ada kata kunci yang memiliki dampak untuk traffic situs web maupun blog berdasarkan waktu atau periode tertentu, yaitu sebagai berikut.

  • Keyword abadi: kata kunci yang tak lekang oleh waktu dan tetap bia digunakan dari masa ke masa. Contohnya: “tips diet ampuh”, “cara mengatasi jerawat”, “cara mendapat uang cepat”.
  • Keyword musiman: kata kunci yang trending pada waktu tertentu dan bisa meningkatkan traffic secara signifikan dengan efek yang singkat. Kata kunci ini biasanya berkaitan dengan peristiwa yang hangat atau tren yang sedang populer, seperti “jadwal liga champions 2021-2022”, “kiper BRI liga 1 2021-2022”, dan sebagainya. 

3. Berdasarkan Audiens

Selain dari jumlah kata dan waktu, keyword juga terbagi berdasarkan audiens atau pemirsa yang dijangkaunya. Kata kunci ini memiliki dua bentuk, yaitu umum dan khusus.

  • Keyword umum: kata kunci yang bisa menjangkau semua audiens dalam jangkauan yang luas, seperti “tips menurunkan berat badan”, “cara ampuh mendapat uang”, “tips mendapat penghasilan sampingan”.
  • Keyword khusus: kata kunci yang menargetkan audiens yang khusus, biasanya ditujukan pada mereka yang memiliki kebutuhan tertentu. Contohnya: “cara merakit komputer”, “cara meningkatkan pendapatan adsense”, dan lain sebagainya.

Penentu Kualitas Keyword

Agar bisa mendapat hasil optimal dari penerapan SEO, tentunya Anda harus menggunakan kata kunci yang berkualitas. Untuk mengetahui apakah kata kunci yang Anda gunakan sudah tepat, berikut beberapa penentu kualitas keyword dalam SEO.

Search Volume

Salah satu aspek yang menentukan apakah suatu keyword berkualitas atau tidak adalah dari search volume atau jumlah pencarian. Jumlah ini berisi pencarian bulanan yang dilakukan oleh pengguna mesin pencari menggunakan suatu kata kunci tertentu.

Volume pencarian ini menunjukkan permintaan yang kuat dari audiens, sehingga cenderung dapat menarik traffic tinggi. Namun di sisi lain, kata kunci dengan volume tinggi memiliki persaingan yang tinggi juga.

Keyword Difficulty

Aspek penentu selanjutnya adalah tingkat kesulitan kata kunci, yang dikenal juga dengan istilah keyword difficulty. Keyword difficulty menunjukkan seberapa sulitnya sebuah kata kunci untuk bersaing mendapat peringkat tinggi di hasil pencarian.

Tingkat kesulitannya sendiri dapat dinilai menggunakan tools SEO yang memberikan skor berdasarkan berbagai faktor. Kata kunci dengan tingkat kesulitan rendah akan lebih mudah diunggulkan, cocok bagi Anda dengan situs web yang terbilang baru.

Relevance and Trend

Salah satu aspek yang turut mempengaruhi kualitas kata kunci adalah relevansi dan tren yang sedang populer. Anda harus memastikan untuk menggunakan keyword yang relevan dengan bisnis serta audiens yang dituju. Dengan begitu, Anda bisa menarik pengunjung yang tepat dan menghasilkan konversi positif.

Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan kata kunci dengan tren yang sedang berlaku dan populer di masyarakat. Anda dapat mengaitkan kata kunci dengan tren yang berhubungan dengan bisnis atau audiens. Hal ini akan mendorong audiens untuk mengunjungi situs web dan tertarik mengeksplorasi konten lebih jauh.

Traffic Potential

Selanjutnya ada traffic potential, yaitu perkiraan jumlah lalu lintas yang dapat Anda harapkan dari sebuah keyword jika berhasil mendapat peringkat tinggi di hasil pencarian. Aspek ini merupakan kombinasi antara volume pencarian dan tingkat klik yang mungkin Anda terima. Dengan begitu, Anda bisa menilai apakah penggunaan kata kunci tersebut layak untuk diterapkan atau tidak.

Cost per Click (Biaya per Klik)

Cost per Click (CPC) adalah jumlah yang harus Anda bayar untuk sebuah keyword dalam kampanye berbayar. Mengetahui CPC akan menjadi gambaran bagi Anda berapa nilai suatu kata kunci dalam nominal uang. Hal ini akan membantu menunjukkan seberapa berharga sebuah kata kunci dalam industri atau pasar Anda. 

Tips Melakukan Keyword Research yang Tepat

Untuk mendapatkan kata kunci yang berkualitas, Anda perlu melakukan riset yang tepat. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda terapkan sebagai proses keyword research.

  • Buat list kata yang cocok untuk keyword.

Anda dapat menuliskan semua hal yang dirasa cocok digunakan untuk menjadi keyword. Pastikan untuk membuat list yang sesuai dengan bisnis atau produk yang ditawarkan. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan kata yang relevan dengan audiens yang dituju.

  • Pakailah keyword research di internet.
    Dari list tersebut, Anda dapat melakukan riset kata kunci di internet untuk mengetahui tingkat persaingan dan berapa banyak orang yang mencarinya. Anda bisa menggunakan kolom mesin pencari dan melihat berapa banyak hasil yang menggunakan kata kunci tersebut.
  • Analisis tingkat persaingan dengan analytic tools.
    Untuk mengetahui apakah kata kunci Anda bisa bersaing atau tidak, lakukan analisis tingkat persaingan keyword di mesin pencari. Anda dapat menggunakan beberapa analytic tools seperti Google Ads, keyword tools, keyword planner, dan lain sebagainya.
  • Gunakan variasi kata kunci.
    Setelah memilih beberapa kata kunci yang dinilai sesuai, Anda dapat membuat beberapa variasinya. Sebaiknya Anda tidak berfokus hanya pada satu kata kunci utama agar bisa menjangkau audiens lebih luas. Anda bisa menggunakan variasi dari sinonim atau frasa terkait kata kunci yang akan digunakan.

Kesulitan untuk melakukan riset kata kunci dan penerapan SEO yang jitu? Jangan khawatir, Anda bisa menyerahkannya pada agensi terpercaya seperti BigEvo Digital Agency.

BigEvo berpengalaman dalam menerapkan strategi digital yang jitu untuk mengembangkan bisnis di berbagai industri. Anda bisa memilih layanan yang tepat untuk bisnis, seperti SEO Optimization, Digital Ads, Social Media Management, KOL Marketing, dan masih banyak lagi.

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda lebih lanjut dengan tim profesional kami di team@bigevo.com. Baik penerapan keyword yang tepat untuk praktik SEO maupun strategi lainnya, tim kami siap membantu Anda. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Pentingnya Menggunakan Jasa SEO dan 5 Jenis Layanan untuk Optimalkan Performa Website
                                        Jasa SEO yang kredibel akan menerapkan teknik SEO secara tepat dalam mendongkrak performa ...
by Izza  |  07 Aug 2023
Organic Traffic: Pengertian dan Cara Meningkatkannya
Organic traffic merupakan salah satu istilah yang lekat dengan dunia digital marketing, terutama jika membahas website. Pembahasan ini akan mengulas t ...
by Izza  |  26 Dec 2022
Keyword Density: Pengertian, Jumlah yang Ideal, dan Cara Menerapkannya
Karena keyword density berbicara tentang kepadatan kata kunci yang digunakan, Anda tentu ingin tahu berapa banyak jumlah yang tepat. Berapa keyword ya ...
by Izza  |  22 Dec 2022
    Whatsapp BigEvo