Mengenal Iklan Display, Jenis-jenis, dan Kelebihannya untuk Bisnis

iklan display

Iklan display dapat menjadi salah satu sarana pemasaran untuk kebutuhan bisnis Anda. Jenis iklan yang satu ini dapat Anda temukan di platform digital, yang mana memiliki jangkauan luas. Hal ini membuat banyak pebisnis yang menggunakan iklan display saat ingin mempromosikan produk mereka.

Pembahasan kali ini akan mengulas lebih lanjut mengenai iklan display, mulai dari jenisnya sampai kelebihannya. Simak selengkapnya dibawah ini, ya!

Apa Itu Iklan Display?

Hal pertama yang akan kita ulas adalah pengertian dari iklan display. Masih banyak orang yang mungkin masih belum memahami apa itu iklan display. Padahal secara sadar atau tidak, iklan display sangat sering kita temui. Terutama ketika kita sedang bersentuhan dengan internet, seperti membuka website atau media sosial.

Iklan display merupakan jenis iklan yang tidak terbatas ruang dan dapat berformat sebagai foto, video, teks, maupun kombinasi dari semuanya. Meski bisa berupa kombinasi, iklan ini lebih menekankan aspek visual yang menarik, yaitu dari segi gambar maupun video. Untuk aspek teks, iklan ini biasanya menggunakan copywriting yang singkat dan jelas namun tetap bisa menarik perhatian audience.

Jenis iklan yang dikenal juga dengan istilah display advertising atau display marketing ini dapat Anda temui dalam berbagai bentuk. Misalnya dalam bentuk banner di website, iklan bersponsor di media sosial, dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya, iklan display dibuat untuk mempromosikan produk dari sebuah brand atau perusahaan. Tak jarang iklan tersebut memuat penawaran khusus atau promosi seperti diskon atau harga spesial. Biasanya pada iklan tersebut disematkan link menuju landing page atau halaman yang memuat informasi lebih lengkap terkait promosinya.

Kelebihan Iklan Display untuk Bisnis

Setelah memahami apa itu display ads atau display marketing, selanjutnya kita akan mengulas kelebihannya. Iklan yang satu ini memiliki berbagai kelebihan yang bisa Anda manfaatkan untuk perkembangan bisnis. Berikut beberapa kelebihan iklan display yang perlu Anda ketahui.

Bentuk Iklan Menarik dan Variatif

Kelebihan pertama yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan iklan ini adalah bentuknya yang menarik. Seperti yang telah diulas sebelumnya, iklan ini mengutamakan aspek visual sehingga dapat mendatangkan perhatian audience. Terlebih lagi jika Anda menggunakan teks yang sejalan dan sama menariknya, maka audience bisa lebih memperhatikan materi iklan tersebut.

Tak hanya itu, iklan display juga memiliki bentuk yang variatif. Iklan display dapat berbentuk kombinasi dari aspek visual, teks, hingga link url yang mengarah pada website. Variasi ini bisa membuat audience tidak mudah bosan dengan bentuk iklan yang itu-itu saja.

Memiliki Jangkauan yang Luas

Kelebihan selanjutnya dari pemasangan iklan display adalah Anda bisa menjangkau audience yang lebih luas. Karena dipasang di berbagai platform digital, iklan Anda dapat menjangkau audience dari mana saja. Seperti kita yang sering menemukan display ads ketika sedang berselancar di internet, hal serupa bisa terjadi pada target market Anda.

Hal ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang ingin mengembangkan dan memperluas pasar. Jika selama ini kegiatan promosi Anda masih terbatas wilayah tertentu saja, kini saatnya menggunakan display ads untuk menjangkau cakupan yang lebih luas.

Dapat Menyasar Target yang Tepat

Selain jangkauan yang luas, display ads juga memungkinkan Anda menyasar target pasar dengan lebih tepat. Pemasangan iklan ini dapat Anda atur dengan menyesuaikan audience dengan target market dari bisnis. Anda juga bisa menyasar audience dengan demografi yang lebih spesifik, seperti usia, jenis kelamin, atau wilayah tertentu.

Penyasaran target secara spesifik ini akan membantu performa iklan yang Anda pasang agar bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Jadi Anda tidak buang-buang waktu dan uang untuk memasang iklan yang menyasar audience yang tidak sesuai. Ketidaktepatan audience akan meminimalisir terjadinya tindakan atau konversi positif yang diharapkan oleh brand atau bisnis.

Meningkatkan Brand Awareness dan Engagement

Kelebihan selanjutnya yang bisa Anda dapat dari pemasangan display ads adalah meningkatkan brand awareness. Seperti yang telah diulas sebelumnya, iklan ini sering kali ditemukan pada berbagai tempat dan platform digital. Hal ini berarti semakin banyak juga orang yang melihat iklan tersebut dan bisa menumbuhkan awareness terhadap brand atau produk yang ditawarkan.

Selain awareness, display ads juga dapat membantu dalam meningkatkan engagement atau keterlibatan dengan audience. Ketika audience melakukan respon terhadap iklan yang Anda pasang, seperti memberi komentar pada postingan iklan atau mengklik link, maka engagement pun meningkat.

Anda dapat memanfaatkan respon yang dilakukan audience dengan interaksi yang baik. Jika ada calon konsumen yang bertanya, jangan biarkan mereka menunggu lama untuk mendapatkan jawaban. Begitu juga jika ada konsumen yang melakukan komplain, segera atasi persoalan tersebut dengan cepat dan tanggap.

Hasil Dapat Lebih Terukur

Kelebihan display ads terakhir dan tak kalah pentingnya adalah hasilnya yang dapat dipantau dan terukur dengan jelas. Pada saat memasang iklan display, Anda bisa melihat berapa banyak orang yang melihat iklan tersebut sampai berapa yang melakukan tindakan. Seperti memberikan komentar, menekan tombol suka, mengklik link, sampai melakukan pembelian.

Hal ini sulit untuk Anda dapat pada pemasangan iklan biasa atau iklan konvensional. Misalnya Anda memasang iklan di televisi, Anda tidak bisa memantau langsung hasil pemasangan iklan tersebut. Anda tidak tahu dari iklan tersebut berapa banyak tepatnya orang yang melihat sampai melakukan tindakan yang diinginkan.

Pasang Iklan Display Melalui Agensi Berpengalaman

Pemasangan iklan digital haruslah dilakukan dengan strategi yang tepat, apalagi jenis iklan ini terbilang baru dibanding iklan konvensional. Ada hal-hal dan istilah yang hanya ada di ranah digital, yang tentunya harus dipahami dengan baik agar hasilnya optimal. Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan jasa agensi profesional seperti BigEvo.

BigEvo, Digital Advertising Agency telah berpengalaman dalam menerapkan dan mengelola strategi digital yang tepat untuk bisnis. Hal ini dapat terlihat dari berbagai testimoni positif dari para klien yang puas atas kerjasama dengan BigEvo. Dengan tim profesional yang handal, BigEvo siap membantu Anda dalam memasang iklan digital yang efektif dan efisien.

Tidak hanya iklan, Anda juga bisa menggunakan strategi digital lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Seperti Social Media Management, Website Development, SEO Optimization, KOL Marketing, Programmatic Marketing, Digital Analysis, Jasa Pasang Iklan Google Ads masih banyak lagi.

Anda dapat memilih rangkaian strategi digital yang cocok dan sesuai untuk bisnis maupun target pasar. Jika masih bingung strategi apa yang tepat, tim profesional kami terbuka untuk diskusi lebih lanjut dengan Anda.

Jadi, segera hubungi team@bigevo.com dan temukan strategi digital terbaik yang sesuai untuk Anda. Mulai dari pemasangan iklan display sampai implementasi strategi digital lainnya, BigEvo siap membantu Anda.



Share:



Pentingnya Jasa Iklan Digital Marketing dan Cara Memilihnya
Jasa iklan digital marketing adalah layanan yang menyediakan solusi pemasaran melalui platform digital. Cek cara kerja dan tips memilihnya di sini. ...
by Izza  |  20 Nov 2023
TikTok Ads: Keuntungan, Jenis, Cara Memasang, dan Tips Mengoptimalkannya
Simak lebih mendalam mengenai TikTok Ads dalam artikel ini. Mulai dari keuntungan, jenis-jenis, cara memasang, sampai tips mengoptimalkannya.   ...
by Izza  |  13 Nov 2023
Facebook Advertising: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Cara Menggunakannya
Facebook Advertising adalah bentuk pemasaran yang memungkinkan pengguna Facebook untuk mempromosikan produk, layanan, atau konten kepada audiens.  ...
by Izza  |  02 Nov 2023
    Whatsapp BigEvo