Pengertian Brand dan Pentingnya Strategi Branding yang Tepat

brand adalah

Brand adalah suatu asosiasi secara keseluruhan yang dibayangkan oleh seseorang pada saat mendengar nama perusahaan atau sebuah produk. Dapat kita bilang bahwa brand menyangkut persepsi atau image orang terhadap sebuah produk atau usaha tertentu. Sehingga, jika kita berbicara mengenai brand memang bukan terbatas pada logo, simbol, maupun nama perusahaan semata.

Berlainan dengan merek, merek merupakan tanda yang terdapat pada sebuah produk yang berfungsi sebagai identitas atau pengenal. Merek dapat berupa logo, simbol, wordmark, atau kombinasinya serta memiliki fungsi sebagai identitas personal maupun perusahaan.

Kesimpulannya, brand punya pengertian lebih dari sekedar merek, melainkan suatu pandangan dan pengalaman konsumen secara lengkap yang akan membedakan sebuah produk dengan pesaingnya.  Lantas, apakah Anda mengetahui perbedaan signifikan antara brand dengan branding?

Brand dan branding adalah dua hal yang saling beriringan antara satu dengan yang lainnya di dalam sebuah bisnis. Tanpa brand, Anda tidak bisa melakukan branding, sebaliknya tanpa branding, brand Anda tidak akan menjadi apa-apa.

Brand Adalah Identitas

Di dalam suatu bisnis, brand ibaratnya sebuah nyawa. Tanpa brand, bisnis Anda tak akan bertahan pada periode waktu yang panjang.

Melansir dari Investopedia, secara definisi brand adalah identitas, logo, dan nama dari suatu perusahaan guna membedakan mereka dari produk yang lain (kompetitor).

Brand dapat kita katakan sebagai wajah dari sebuah perusahaan. Apabila brand-nya jelek, maka otomatis konsumen tak akan melirik perusahaan yang bersangkutan.

Oleh sebab itu, hampir seluruh perusahaan berupaya keras untuk berjuang supaya brand-nya bisa terkenal oleh pelanggan. Entah itu dengan cara memasang iklan, menjalin kerjasama dengan influencer, atau melakukan branding secara mandiri.

Pengertian Branding & Manfaatnya

Melalui penjelasan di atas, kita sudah mengetahui bahwa brand adalah sebuah identitas, baik itu dari nama, logo, atau hal-hal yang berkaitan dengan sebuah perusahaan. Melansir dari 'Train of Thought', branding merupakan sebuah tindakan atau aktivitas untuk menciptakan sebuah brand. Masing-masing perusahaan memiliki strategi tersendiri di dalam melakukan branding ini.

Sebagai contoh, ada yang memanfaatkan media sosial seperti Instagram di dalam membangun branding, sehingga terciptalah brand awareness. Ada pula perusahaan yang membangun branding dengan cara memasang iklan pada billboard atau bahkan lewat iklan online.

Branding adalah kunci sukses untuk perusahaan di dalam hal menjalankan bisnis. Tanpa adanya strategi, branding yang tepat, maka pelanggan tidak akan pernah mengetahui bahwa perusahaan menciptakan sebuah produk barang atau jasa.

Pentingnya Strategi Branding yang Tepat

Terdapat banyak manfaat yang akan Anda dapatkan apabila Anda melakukan strategi branding secara cepat dan tepat. Terlebih lagi, di zaman sekarang ini, masyarakat dapat memilih mana yang bagus dan tidak. Dengan begitu, meningkatkan persaingan di kalangan pelaku bisnis supaya produknya memperoleh tempat di hati para pelanggan cukup penting.

Melalui branding bisa mengubah cara pelanggan memandang usaha Anda serta juga dapat meningkatkan pengenalan dan kesadaran mereka mengenai bisnis Anda.

Branding bisa Membantu Pengenalan Merek

Alasan paling krusial mengapa branding penting untuk bisnis yakni karena itu merupakan bagaimana perusahaan memperoleh pengakuan dan bisa terkenal oleh konsumen. Logo adalah elemen terpenting dari aktivitas branding, terlebih yang berkaitan dengan faktor ini. Sebab pada dasarnya, logo merupakan wajah sebuah perusahaan.

Sehingga desain logo pada sebuah bisnis harus tampak profesional, kuat, juga gampang diingat. Branding bisa mengirimkan pesan dan kesan mengenai bisnis itu terhadap konsumen pada pandangan pertama dengan memakai produk-produk promosi cetak.

Melalui Branding Nilai Bisnis Akan Meningkat

Branding yang bagus menjadi sangat penting dalam sebuah bisnis yang melihat jauh ke masa mendatang. Brand yang kuat bisa meningkatkan nilai bisnis dengan menciptakan sebuah usaha lebih berpengaruh di industrinya sendiri.

Seperti yang kita tahu branding dan brand adalah satu kesatuan. Sehingga hal ini membuka kesempatan investasi yang luar biasa, sebab penempatannya yang tinggi di pasar.

Branding Menghasilkan Pelanggan Baru

Brand yang bagus tak akan mendapati kesulitan di dalam meyakinkan calon konsumen. Sedangkan branding yang sukses dapat kita lihat dari banyaknya kesan positif dari para konsumen terhadap sebuah bisnis. Ya, branding dan brand adalah hal yang senantiasa beriringan.

Konsumen taka akan berpikir panjang untuk membeli atau memakai produk barang maupun jasa dari bisnis yang mereka percaya dan terasa akrab. Sesudah sebuah brand berhasil mencapai kesuksesan, teknik mulut ke mulut bakal jadi strategi promosi terbaik dan paling efektif dari teknik-teknik yang lain.

Branding Menciptakan Kepercayaan di Pasar

Penampilan profesional serta strategi branding yang baik akan membantu sebuah perusahaan dalam membangun kepercayaan dengan pelanggan, konsumen, maupun calon klien. Orang akan cenderung melaksanakan bisnis dengan perusahaan yang punya deskripsi yang terpoles secara profesional.

Branding yang tepat bisa memberi kesan bahwa usaha Anda merupakan pakar industri dan menjadikan publik merasa percaya pada jasa dan barang yang ditawarkan bisnis Anda.

Branding Mendukung Efektivitas Promosi

Periklanan merupakan komponen selain branding yang juga tak kalah pentingnya untuk pertumbuhan dan perkembangan bisnis. Strategi promosi akan secara langsung mencerminkan merek, pesan dan kesan yang ditunjukkan oleh bisnis itu kepada audiens.

Beriklan dengan strategi branding yang kuat dari sebuah perusahaan terpercaya akan memudahkan usaha untuk membangun strategi promosi yang kohesif, menarik, serta berperan baik di dalam tujuan branding itu sendiri.

Brand adalah aset paling berharga untuk sebuah perusahaan. Sebab dari brand perusahaan bisa meraup pelanggan yang banyak. Sementara, branding lebih mengarah pada investasi. Bangun brand bisnismu sekarang sebelum terlambat dan rasakan manfaatnya untuk perkembangan bisnis. Butuh partner dalam membangun brand? Hubungi BigEvo sebagai agensi digital marketing terbaik di Indonesia.



Share:



Transformasi Digital dalam Bisnis: Definisi, Fungsi, dan Pilarnya
Transformasi digital adalah proses di mana perusahaan atau organisasi mengadopsi teknologi digital & mengintegrasikannya ke dalam semua aspek bisnis. ...
by Izza  |  11 Jun 2024
Personalisasi Konten: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Tips yang Efektif
Personalisasi konten (content personalization) adalah strategi menyesuaikan konten agar lebih relevan dan bermakna bagi audiens yang disasar. ...
by Izza  |  07 Jun 2024
Digital Branding: Pengertian, Manfaat, Elemen, dan Perbedaan dengan Digital Marketing
Digital branding adalah proses membangun dan mengelola citra merek atau brand secara online melalui berbagai platform digital. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  07 Jun 2024
    Whatsapp BigEvo