Yakin Bisnis Anda Siap Berkembang? Cek 5 Kunci Sukses Berikut Ini!

Kunci sukses memastikan bisnis tumbuh & berkembang

Selama masa pandemi Covid-19, banyak pebisnis yang merasa bisnisnya mengalami stagnasi hingga mengakibatkan kerugian. Namun, memasuki babak baru new normal mulai banyak bisnis yang bangkit bahkan kembali dengan strategi yang lebih baik dari sebelumnya. Memutuskan untuk memulai dan menjalankan bisnis memang bukan hal mudah. Dalam bisnis yang sehat, Anda harus siap menghadapi hal baik dan buruk yang akan terjadi pada bisnis Anda.

Bisnis yang berhasil menghadapi “guncangan” semacam pandemi tentu memiliki strategi bertahan yang baik dan dijaga oleh orang-orang dengan kemampuan pengambilan keputusan yang baik. Tak sekadar bertahan, kemampuan resilience bisnis seperti itu akan membantu Anda memastikan bisnis terus mengalami pertumbuhan.

Pertumbuhan suatu bisnis tersebut dapat dipengaruhi oleh inovasi dan strategi yang baik. Namun, sangat disayangkan masih banyak pebisnis yang tidak mengerti mengenai inovasi dan strategi yang baik tersebut sehingga sering kali acuh tak acuh terhadap bisnisnya. Padahal inovasi menjadi salah satu hal yang penting dalam mendekatkan perusahaan dengan konsumen. Inovasi yang baik dapat meningkatkan peluang bisnis untuk semakin tumbuh bahkan di masa pandemi. Selain inovasi, berikut ini 5 kunci sukses untuk memastikan bisnis Anda untuk tetap tumbuh dan berkembang.

5 Kunci Sukses Memastikan Bisnis Tumbuh

1. Mengenal Konsumen dan Kompetitor

Untuk memastikan bisnis Anda siap berkembang, hal pertama yang penting untuk dilakukan adalah mengenal konsumen dan kompetitor Anda. Konsumen merupakan seseorang yang berperan penting dalam dunia bisnis, karena konsumen yang akan membeli dan menggunakan produk yang Anda tawarkan. Maka dari itu, Anda perlu mengenal dan mendekati konsumen agar mengetahui kebutuhan konsumen yang perlu dipenuhi. Selain mengetahui kebutuhan konsumen, Anda juga perlu mendapatkan umpan balik dari konsumen sehingga Anda dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas bisnis yang dapat mempengaruhi pertumbuhan bisnis Anda.

Selain mengenal konsumen, Anda juga harus mengenal kompetitor Anda. Penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari pesaing bisnis Anda agar Anda dapat menghasilkan produk yang tampak berbeda dan lebih baik dari kompetitor. Hal ini dapat mempengaruhi ketertarikan konsumen terhadap produk Anda.

2. Meningkatkan Promosi melalui Media Sosial

Belajar dari promosi selama pandemi Covid-19, ada cara yang lebih efisien dibandingkan dengan mempromosikan produk secara langsung kepada konsumen yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Promosi menjadi kegiatan yang sangat penting dilakukan untuk memperkenalkan produk Anda agar konsumen tertarik untuk membeli. Anda dapat  memanfaatkan digital agency Jakarta untuk membantu mempromosikan produk Anda melalui media sosial.

Saat ini sebagian besar masyarakat menghabiskan waktunya di media sosial. Anda dapat menjangkau konsumen dari berbagai daerah bahkan negara yang jauh dari Anda dengan cara meningkatkan promosi melalui sosial media tersebut. Dengan konten promosi yang menarik, seperti mengadakan giveaway, promo, diskon, dan lain-lain tentunya konsumen menjadi tertarik dengan produk Anda dan hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda.

Baca juga: Social Media Marketing, Contoh dan Strateginya Untuk Bisnis

3. Menghadirkan Kreativitas dalam Strategi Bisnis

Salah satu strategi bisnis yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bisnis Anda siap untuk tumbuh dan berkembang adalah kreativitas. Kreativitas merupakan kemampuan untuk memberikan dan menciptakan gagasan baru dalam memecahkan suatu masalah. Untuk memasarkan produk secara digital atau digital marketing, Anda membutuhkan kreativitas yang tinggi untuk menghadirkan produk yang unggul dan promosi yang unik.

Untuk menjalankan digital marketing dan menghadirkan kreativitas tersebut, Anda melibatkan partner lainnya dalam bisnis Anda. Hal ini dikarenakan kreativitas yang baik dapat berasal dari berbagai sumber. Digital agency Jakarta dapat menjadi partner terbaik Anda dalam membantu menghadirkan pikiran yang kreatif untuk sebuah desain produk dan promosi dari bisnis Anda, serta mampu membantu pertumbuhan bisnis.

Baca juga: 5 Strategi Marketing Non-Konvensional yang Bisa Anda Coba

4. Menciptakan Cara Kerja yang Baru

Selain berfokus pada konsumen, kompetitor, dan produk, Anda juga harus berfokus pada karyawan yang bekerja pada perusahaan Anda. Tanpa adanya karyawan, suatu perusahaan tidak dapat maju dan tumbuh. Banyak perusahaan yang terkadang menyepelekan kesejahteraan karyawan sehingga karyawan bekerja dengan terpaksa dan justru merasa tertekan.

Anda dapat menciptakan lingkungan kerja yang mampu mendukung karyawan untuk saling belajar dan berbagai pengetahuan dibandingkan harus bersaing sesama karyawan. Cara kerja seperti itu dapat meningkatkan komitmen dan rasa nyaman dari karyawan, serta mampu meningkatkan kepuasaan karyawan dalam bekerja.

5. Memaksimalkan Kolaborasi Langsung ataupun Online

Untuk memastikan bisnis Anda siap tumbuh dan berkembang adalah dengan melakukan kolaborasi online. Kolaborasi menjadi salah satu kunci utama dalam meningkatkan bisnis Anda. Ide dan kreativitas dapat tercipta dengan adanya kolaborasi tim dan komunikasi yang baik. Dalam kebiasaan baru bekerja dari rumah atau work from home, komunikasi bisa menjadi salah satu hambatan untuk berkolaborasi.

Baca juga: Pentingnya Go Digital untuk Bisnis dan Strategi Menerapkannya

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena komunikasi yang baik dapat berjalan baik dengan teknologi yang ada saat ini. Media komunikasi berbasis video juga sudah banyak berkembang sehingga dapat memungkinkan Anda “bertatap muka” dan berdiskusi dengan tim bahkan klien yang jauh dari lokasi Anda untuk menghasilkan ide kreatif. Salah satu alat komunikasi online yang sering digunakan untuk berdiskusi adalah konferensi video, seperti Zoom, Google Meet, dan lain-lain. 

Bagi Anda yang baru memulai bisnis ataupun sudah menjalani bisnis sejak lama dan sedang mengalami kesulitan, Anda dapat memahami dan menerapkan 5 kunci sukses tersebut untuk memastikan bisnis Anda terus tumbuh dan berkembang. Selain itu, penting bagi pebisnis untuk memahami digital marketing dan bekerja sama dengan digital agency Jakarta untuk membantu memasarkan produk Anda dengan cara terbaik. Hubungi kami di team@bigevo.com dan kami siap membantu Anda.



Share:



Transformasi Digital dalam Bisnis: Definisi, Fungsi, dan Pilarnya
Transformasi digital adalah proses di mana perusahaan atau organisasi mengadopsi teknologi digital & mengintegrasikannya ke dalam semua aspek bisnis. ...
by Izza  |  11 Jun 2024
Personalisasi Konten: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Tips yang Efektif
Personalisasi konten (content personalization) adalah strategi menyesuaikan konten agar lebih relevan dan bermakna bagi audiens yang disasar. ...
by Izza  |  07 Jun 2024
Digital Branding: Pengertian, Manfaat, Elemen, dan Perbedaan dengan Digital Marketing
Digital branding adalah proses membangun dan mengelola citra merek atau brand secara online melalui berbagai platform digital. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  07 Jun 2024
    Whatsapp BigEvo