Social Media Marketing, Contoh dan Strateginya Untuk Bisnis

seorang wanita sedang melakukan social media marketing untuk bisnisnya

Apa yang Dimaksud dengan Social Media Marketing?

Sosial media marketing adalah salah satu jenis metode marketing yang memanfaatkan peran media sosial dalam proses pemasarannya. Di era serba digital saat ini, berbagai perusahaan sudah banyak yang menggunakan metode pemasaran ini karena dinilai lebih efektif dibandingkan metode marketing konvensional.

Umumnya, media sosial yang dipakai adalah Instagram, Twitter, dan Facebook.  Menurut Hubspot, definisi sosial media marketing adalah tindakan pembuatan konten yang bertujuan menarik minat dan perhatian audiens.

Sedangkan menurut Neil Patel, social media marketing berarti suatu proses menarik minat audiens luas agar tercipta keterikatan dengan konten yang disajikan. Jika sudah terikat, besar kemungkinannya konten yang akan dibagikan menjadi lebih besar. 

Pentingnya Social Media Marketing untuk Pelaku Bisnis

Berdasarkan data yang didapatkan dari sebuah penelitian, bahwa media sosial memang digandrungi oleh semua lapisan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengguna sosial media mencapai lebih dari 3,2 miliar. Jumlah yang fantastis, bukan? 

Proses marketing yang dilakukan akan menjadi lebih mengasyikan dengan adanya media sosial. Selain itu, ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh para pelaku bisnis. Berikut adalah beberapa alasan mengapa sosial media marketing penting untuk pelaku bisnis profesional maupun pemula.

BACA JUGA: SOCIAL MEDIA: PENGERTIAN DAN CONTOH CAMPAIGN UNTUK PEMASARAN

Mendapatkan Feedback Produk dan Teknik Pemasaran

Salah satu efek social media marketing adalah adanya pengakuan sebuah brand yang lama-kelamaan akan mulai menjadi topik pembicaraan. Pelaku bisnis dapat melihat secara langsung bagaimana audiens berinteraksi dengan konten yang ditampilkan di media sosial miliknya, seperti mem-follow atau like akun tersebut.

Adanya fitur komentar pada media sosial memungkinkan audiens untuk memberikan tanggapan terkait produk atau strategi marketing yang Anda gunakan. Bagi perusahaan, strategi pemasaran digital ini dapat dijadikan alat ukur terkait  kelebihan dan kekurangan dari suatu produk atau strategi marketing yang dipilih.

Meningkatkan Brand Awareness

Pengakuan akan adanya sebuah produk akan didapatkan apabila produk tersebut terus menerus diunggah di media sosial. Mungkin, pada awalnya masyarakat hanya akan melihat-lihat produk atau jasa yang diunggah.

Namun, berkat intensitas produk yang sering diunggah, akan menjadikan produk tersebut dikenal, mudah diingat, kemudian timbul ketertarikan untuk membelinya. Jadi, sebagai pebisnis pemula harus pintar memanfaatkan teknik sosial media marketing yang satu ini agar memperoleh keuntungannya.

Bisa Diandalkan untuk Menganalisa Pasar

Keuntungan yang diperoleh dari sosial digital marketing adalah memperoleh wawasan lebih luas terkait para pelanggan. Secara tidak langsung, perusahaan akan mengetahui dan paham akan apa yang mereka butuhkan, sesuatu yang tidak disukai, atau bahkan kebiasaan yang dilakukan para pelanggan.

Jadikan media sosial sebagai sarana untuk melakukan riset kepuasan pelanggan, sekaligus mengetahui dan paham akan apa yang sedang ramai di pasaran.

Hemat Budget

Para pelaku bisnis bisa mencoba menggunakan promosi dengan biaya social media marketing yang terjangkau. Terapkan strategi dengan budget rendah terlebih dahulu dan amati perkembangannya. Jika Anda melihat respon positif dari pemasaran tersebut, maka secara perlahan tapi pasti mulailah menambah anggaran pemasaran tersebut.

Usahakan perusahaan dapat mendaftar dan membuat profil tak berbayar untuk seluruh platform media sosial, dan menggunakan promosi berbayar sebagai investasi dengan biaya minim dibandingkan promosi marketing jenis lainnya.

Menaikkan Loyalitas Pelanggan

Alasan mengapa media sosial marketing penting yang selanjutnya adalah karena dapat meningkatkan loyalitas para pelanggan. Misalnya ketika Anda mengarahkan target pemasaran diperuntukkan kaum milenial, maka usahakan membuat mereka memiliki keterikatan dengan produk atau brand Anda.

Secara tidak langsung, hal ini memungkinkan pelanggan untuk memudahkan mencari informasi terkait produk yang diiklankan tersebut. Hal tersebut juga akan menambah tingkat kepuasan pelanggan yang dianggap sebagai pelanggan setia di zaman digital saat ini. 

Mempelajari Perusahaan Kompetitor

Bagi para pelaku bisnis, penerapan sosial media marketing berarti akan memudahkan mengenali perusahaan kompetitornya. Hal ini disebabkan oleh pemasaran produk digital sudah ramai digunakan perusahaan untuk mempromosikan suatu produk, termasuk kompetitor.

Dengan memahami bagaimana kompetitor menerapkan strategi promosinya, Anda jadi memiliki gambaran untuk bisnis. Misalnya dengan membuat strategi yang unik dan belum dilakukan oleh kompetitor sebelumnya.

Indikator Social Media Marketing

Saat ini, sosial media dianggap sebagai sarana yang dimanfaatkan para konsumen untuk mendapatkan informasi. Termasuk informasi mengenai produk atau brand yang dikemas dalam bentuk teks, gambar, audio, dan video.

Social media marketing sendiri merupakan salah satu bentuk pemasaran suatu produk atau brand. Seperti yang telah dijelaskan, kegiatan promosi ini dapat digunakan untuk menciptakan kesadaran dan pengakuan terhadap produk.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam memahami konsep sosial media marketing, Anda perlu mengetahui apa saja indikator pentingnya. Berikut indikator dalam penerapan social media marketing:

  • Konteks, yaitu pengemasan promosi terkait penyampaian pesan pada calon pengguna dalam rangka mendapatkan awareness sekaligus menarik perhatian.
  • Koneksi, yaitu pemeliharaan hubungan yang semakin baik sehingga tercipta bonding yang kuat serta kenyamanan para konsumen.
  • Komunikasi, yaitu proses penyampaian atau pemberian pesan yang berhubungan dengan pemahaman dan respon dari pelanggan. Usahakan untuk mendapat umpan balik (feedback) dari pelanggan dengan pelayanan yang baik.
  • Kolaborasi, yaitu bekerja sama untuk membuat segala hal dalam mempromosikan produk berlangsung lebih efektif dan efisien.

Tujuan Social Media Marketing

Dalam membuat sebuah strategi pemasaran, Anda tentu memiliki tujuan yang ingin dicapai. Begitu juga dengan penerapan sosial media marketing, dimana ada banyak tujuan yang bisa menjadi acuan.

Berikut beberapa tujuan dalam penerapan strategi social media marketing:

  • Memperkenalkan produk atau brand baru kepada audiens.
  • Memudahkan interaksi dengan konsumen dan calon konsumen.
  • Membangun daya ingat audiens terhadap produk atau brand.
  • Mendorong calon konsumen untuk melakukan konversi.
  • Meningkatkan angka pengunjung website.
  • Menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan target audience.
  • Mendapatkan umpan balik langsung dari audiens.
  • Meningkatkan angka penjualan.

Contoh Sosial Media untuk Melancarkan Strategi Marketing

Contoh media sosial digital marketing kini beragam seiring kemajuan zaman. Bahkan tidak sedikit media sosial tersebut masih bertahan hingga saat ini. Di Tanah Air, contoh media sosial terbaik yang masih dipakai saat ini meliputi:

Facebook

Generasi milenial pasti menyukai media sosial yang satu ini. Buktinya, meski sudah tercipta sejak 2005 silam, hingga detik ini pengguna facebook diperkirakan mencapai 2,2 miliar. 

Salah satu keuntungan sosial digital marketing adalah meningkatkan brand awareness produk yang dipromosikan. Anda bisa memanfaatkan Facebook untuk memperlancar promosi produk.

YouTube

Platform ini merupakan salah satu favorit kaum milenial.  Hal ini disebabkan oleh fitur canggih YouTube yaitu bisa diandalkan untuk mengirim sekaligus mengunggah video dengan durasi waktu cukup panjang.

Instagram

Platform ini memiliki segudang fitur-fitur menarik. Anda bisa memanfaatkan Instagram menjadi katalog produk yang Anda jual. Uniknya, platform ini juga dibekali dengan fitur polling dan question yang bisa dijadikan wadah diskusi aktif antara Anda dan pelanggan.

Twitter

Saat ini media sosial ini lebih banyak dipakai untuk tujuan customer service (CS). Fitur unggulannya adalah interaksi yang memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan masyarakat luas.

Strategi Social Media Marketing

Hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui dalam pembahasan pemasaran media sosial adalah strateginya. Melakukan kegiatan promosi melalui media sosial tanpa adanya rencana dan strategi yang matang tentunya tidak akan membuahkan hasil yang maksimal.

Agar kegiatan pemasaran lebih efektif dan efisien, berikut strategi pemasaran melalui social media yang dapat Anda terapkan.

Riset Target Audience dan Media Sosial

Strategi pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset terhadap target audience yang ingin disasar. Untuk itu, Anda perlu memahami terlebih dahulu siapa target pasar yang ingin dituju. Audiens ini bisa Anda sesuaikan dengan karakter brand atau keunggulan produk yang akan ditawarkan.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan riset terhadap media sosial dan tren yang ada di dalamnya. Anda harus mengetahui apa saja media sosial yang ada sekarang, dan mana yang sering digunakan oleh target audience. Anda juga bisa membuat daftar kelebihan dan kekurangan masing-masing platform media sosial tersebut.

Tentukan Platform Media Sosial

Langkah selanjutnya adalah menentukan platform media sosial yang cocok untuk produk atau brand Anda. Menentukan platform mana yang akan digunakan berkaitan juga dengan audiens yang disasar. Tak hanya itu, pemilihan platform juga berhubungan dengan rencana konten yang ingin dibuat.

Dalam penerapan media sosial marketing, Anda bisa memilih beberapa platform sekaligus. Namun perlu diingat bahwa pemilihan platform tersebut perlu dikaitkan lagi dengan tujuan yang ingin diraih. Jika menggunakan beberapa platform dirasa cocok dengan kegiatan pemasaran dan audiens, maka Anda bisa memanfaatkannya.

Tentukan Tujuan dan Rencana Promosi

Strategi yang selanjutnya adalah menentukan tujuan dan rencana promosi yang akan dilakukan. Pesan apa yang ingin Anda sampaikan melalui konten-konten yang akan dibuat? Apa informasi yang ingin Anda sampaikan kepada audiens? Apa harapan Anda terhadap strategi marketing yang dilakukan?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda akan memiliki gambaran dalam menentukan tujuan dan rencana promosi. Buat juga KPI dan metrik lain yang bisa digunakan untuk mengukur angka keberhasilan dari strategi yang dijalankan.

Buat Konten yang Relevan dan Menarik

Setelah menentukan tujuan dan rencana promosi, strategi selanjutnya adalah proses pembuatan konten. Buatlah konten yang relevan dengan target audience dan produk atau brand Anda. Dan tak cukup sampai disitu, pastikan konten Anda menarik dan dapat memberikan kesan tersendiri di benak audiens.

Dalam penerapan strategi sosial media marketing ini, Anda juga perlu membuat konten yang bentuknya beragam. Misalnya dari segi format, Anda bisa memvariasikan dalam bentuk gambar, video, konten interaktif, live streaming, dan lain sebagainya. Dengan membuat konten yang beragam, audiens tidak mudah bosan dan akan menanti-nanti konten yang Anda buat selanjutnya. 

Terapkan Pemasaran dengan Influencer dan KOL

Strategi selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan kegiatan pemasaran adalah bekerjasama dengan influencer dan/atau KOL. Menggandeng sosok yang dikenal audiens dan memiliki pengaruh besar akan sangat membantu strategi promosi Anda. Terlebih lagi di era sekarang dimana banyak tokoh-tokoh yang terkenal di dunia maya dan dapat membentuk opini publik.

Bingung dalam memilih KOL yang tepat untuk mengembangkan bisnis? Jangan khawatir, Anda bisa mengandalkan jasa social media yang sudah berpengalaman. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan pemasaran melalui pemilihan dan strategi KOL yang tepat.

Manfaatkan Fitur Iklan Media Sosial

Agar tujuan pemasaran bisa tercapai dengan maksimal, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial advertising alias iklan (ads). Memasang iklan di media sosial dapat membantu Anda dalam mempromosikan produk atau brand. Dengan pemasangan iklan yang tepat, Anda bisa mendapatkan peningkatan penjualan.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa memasang iklan yang tepat sasaran? Anda bisa memanfaatkan jasa iklan social media yang berpengalaman dan terpercaya. Dengan menggunakan layanan dari ahlinya, Anda bisa mendapatkan hasil pemasaran yang efektif dan efisien.

Terapkan Strategi Social Media Marketing yang Tepat untuk Bisnis

Dari pembahasan di atas, dapat dipahami betapa pentingnya penerapan social media marketing untuk mengembangkan bisnis. Di era digital seperti sekarang ini, hampir semua lini bisnis memiliki kebutuhan untuk menggunakan media sosial. Bukan saja sebagai sarana promosi, namun juga sebagai media untuk berinteraksi dengan pelanggan dan calon konsumen.

Namun dalam menerapkan strategi pemasaran social media, Anda tidak bisa sembarangan dalam melakukannya. Diperlukan strategi dan skill yang mumpuni agar kegiatan pemasaran Anda bisa berjalan sesuai dengan rencana. Tak hanya itu, target bisnis yang diinginkan pun bisa tercapai dengan efektif dan efisien.

Agar hal-hal tersebut bisa Anda dapatkan, sebaiknya Anda menggunakan jasa social media marketing yang handal. Dengan memanfaatkan layanan dari profesional, Anda bisa menerapkan pemasaran media sosial yang efektif dan efisien.

Jadi, percayakan penerapan social media marketing bisnis Anda pada BigEvo Digital Agency. Anda juga bisa menggunakan strategi digital lainnya yang ada di BigEvo untuk memaksimalkan performa bisnis. Hubungi team@bigevo.com dan tim profesional kami akan segera membantu Anda. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Pentingnya Jasa Social Media untuk UMKM dan Cara Memilihnya
Simak bagaimana peranan penting jasa social media untuk perkembangan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang dan cara memilih jasa yang tepat. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
Pentingnya Jasa Copywriting dan Pengaruhnya untuk Bisnis
Jasa copywriting adalah layanan profesional di bidang pemasaran yang menekankan seni dan keterampilan menulis untuk menciptakan teks persuasif.   ...
by Izza  |  27 Nov 2023
Media Sosial untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penggunaannya
Media sosial untuk bisnis memiliki peranan penting di era digital seperti sekarang, yang mana dapat mendorong perkembangan secara efektif dan efisien. ...
by Izza  |  20 Oct 2023
    Whatsapp BigEvo