5 Teknik Pemasaran Bisnis Ritel Melalui Strategi Digital

Teknik pemasaran bisnis ritel

Teknik pemasaran bisnis ritel terus berkembang seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi, termasuk penggunaan strategi digital. Hal ini tentunya membuka peluang lebih besar untuk para pebisnis ritel dalam mengembangkan bisnis mereka. Dengan penerapan strategi yang tepat, digital marketing dapat menjadi pilihan tepat bagi bisnis ritel.

Pembahasan ini akan mengulas mengenai bisnis ritel dan bagaimana strategi digital diterapkan di dalamnya. Baca penjelasan lengkapnya berikut ini, ya!

BACA JUGA: LENGKAP! Pengertian Bisnis Retail Beserta Contoh dan Strategi Pemasarannya

Mengenal Karakteristik Bisnis Ritel

Sebelum mengulas bagaimana teknik pemasaran bisnis ritel melalui strategi digital, kita perlu memahami apa itu bisnis ritel terlebih dahulu. Bisnis ritel bisa dibilang sebagai kategori bisnis yang sangat dekat dengan keseharian kita. Bahkan bisa jadi, hampir setiap hari kita bersentuhan langsung dengan bisnis yang satu ini.

Lalu, apa sebenarnya bisnis ritel itu?

Bisnis ritel merupakan transaksi yang terjadi antara pebisnis dengan konsumen langsung atau pengguna akhir. Dengan kata lain, produk yang diperjualbelikan pada bisnis ritel digunakan langsung oleh konsumen itu sendiri. Bukan untuk diolah lagi menjadi produk lain, atau dijual pada pihak lain.

Dalam bisnis ritel, produk-produk yang dibeli biasanya merupakan kebutuhan rumah tangga atau sehari-hari konsumen. Produk yang dijual pun seringkali bentuknya eceran atau satuan, yang membuat penjualnya disebut juga dengan istilah pengecer. Penjual atau pengecer ini tak jarang membeli dari produsen atau penjual grosiran dalam jumlah yang besar, baru kemudian dijual pada konsumen akhir.

Beberapa contoh bisnis ritel yang mungkin sering Anda temui adalah warung kelontong, minimarket, pasar swalayan, toko baju, toko mainan, dan lain sebagainya. Karakteristik contoh-contoh bisnis tersebut pun sama, yaitu menjual produk pada konsumen akhir. 

Pada bisnis ritel, penjual berhadapan langsung dengan pembeli yang akan menggunakan produk. Dengan kata lain, produk tersebut memang untuk digunakan olehnya atau keluarganya. Bukan untuk diproses dan dijual kembali sebagai penjual ke pembeli lainnya.

Namun perlu diperhatikan bahwa konsep berhadapan ini bukan berarti bertemu langsung secara tatap muka. Dengan berkembangnya teknologi, penjual dan pembeli bisa berhadapan melalui media online. Selama kedua belah pihak telah sepakat akan produk dan harga, maka transaksi pun bisa berjalan dengan lancar.

 

Teknik Pemasaran Bisnis Ritel Melalui Digital

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, bisnis ritel tidak hanya dapat diterapkan secara offline namun bisa juga online. Misalnya sekarang Anda sudah bisa membeli perlengkapan kamar mandi dan kebutuhan bulanan melalui belanja online. Meskipun tentu saja Anda bisa mendapatkannya di toko fisik, tapi kemudahan membuat Anda memilih membelinya via online.

Hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai peluang untuk mengembangkan bisnis ritel menjadi lebih besar dan luas. Berikut lima teknik teknik pemasaran bisnis ritel melalui strategi digital yang bisa Anda terapkan.

Memanfaatkan Media Sosial

Teknik pertama yang efektif untuk mengembangkan bisnis ritel adalah melalui media sosial. Bagi seorang pebisnis, sayang sekali jika Anda tidak memanfaatkan platform dengan peluang besar seperti itu. Di media sosial, Anda bisa menjangkau konsumen lebih banyak lagi dan tidak terbatas wilayah tertentu saja.

Perumpamaannya seperti ini. Jika hanya berjualan offline, pembeli yang datang ke toko kemungkinan besar hanyalah orang-orang yang tinggal di sekitar Anda. Namun dengan mempromosikannya dan memberi layanan pengiriman online, pembeli Anda bisa datang dari kota atau bahkan negara lain sekalipun.

Menjalin Interaksi dengan Pelanggan

Apakah Anda pernah mengalami hal seperti ini: memilih untuk belanja di toko A dibanding toko B, karena penjual di toko A lebih ramah? Meskipun kedua toko menjual barang dan harga yang sama, tetap saja Anda memilih toko A. Hal ini menunjukkan pentingnya pelayanan yang baik pada konsumen, baik offline maupun online.

Melalui strategi digital, Anda bisa menjalin interaksi dan hubungan yang baik dengan pelanggan. Pastikan bisnis Anda memiliki kontak yang bisa dihubungi dengan mudah, baik itu akun media sosial atau aplikasi pesan. Dengan begitu, pelanggan Anda tidak akan kesulitan saat mengalami kendala memesan produk atau komplain terhadap barang tertentu.

Membuat Toko Online

Teknik pemasaran bisnis ritel yang selanjutnya adalah membuat toko online. Toko online memberikan peran yang besar sebagai pendukung toko fisik yang sudah ada. Dengan membuat toko dan katalog online, calon konsumen Anda akan lebih mudah mencari informasi sebelum membeli.

Dan seperti peran media sosial, toko online juga memungkinkan Anda untuk menjangkau konsumen dengan lebih luas. Gunakanlah fitur yang memudahkan calon konsumen yang ingin melakukan pembelian, seperti tombol keranjang dan check out pesanan. Anda juga bisa memberikan promo khusus jika berbelanja di toko online untuk mendongkrak angka penjualan.

Melakukan Promosi Melalui Marketplace

Jika memiliki toko online masih dirasa sulit, Anda bisa mempromosikan produk melalui marketplace. Atau jika Anda sudah memiliki toko online dan ingin lebih memperluas bisnis, marketplace bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Kegiatan promosi dan penjualan melalui marketplace memang memiliki beberapa keunggulan. Marketplace mudah digunakan baik oleh penjual dan pembeli, membuat banyak orang yang berkecimpung di dalamnya. Hal ini berarti dalam marketplace, ada begitu besar dan luas audience yang bisa menjadi target pasar Anda.

Selain itu, promosi melalui marketplace bisa dibilang lebih simpel. Anda hanya perlu meng-upload produk tanpa melakukan coding yang rumit. Calon pembeli juga bisa melihat review dari konsumen lain dengan lebih mudah, yang akan menjadi salah satu faktor pendorong untuk melakukan pembelian.

Bekerjasama dengan e-Commerce

Teknik terakhir yang juga bisa Anda manfaatkan untuk bisnis ritel adalah bekerjasama dengan e-commerce. Seperti marketplace, perkembangan e-commerce terbilang cukup pesat dan signifikan di Indonesia. Mulai dari e-commerce yang membantu menyediakan lapak online berjualan, sampai yang terkait dengan sektor transportasi.

Anda tentu sudah sering melihat beberapa perusahaan ojek online yang turut bekerjasama dengan bisnis ritel. Proses kerjasama ini akan menguntungkan masing-masing pihak, baik pebisnis ritel maupun e-commerce tersebut. Hal ini dapat Anda manfaatkan dengan baik, terutama jika bisnis Anda bergerak di bidang kuliner.

Maksimalkan Strategi Marketing dengan Agensi Terpercaya

Agar strategi marketing yang Anda pilih bisa lebih maksimal, sebaiknya Anda memanfaatkan bantuan dari tenaga profesional. BigEvo Digital Agency sudah berpengalaman dalam menerapkan strategi digital yang efektif dan efisien. Dengan tim profesional yang handal, Anda dapat mempercayakan penerapan strategi digital untuk bisnis pada BigEvo.

Dengan berbagai layanan yang tersedia di BigEvo, Anda bisa memilih strategi digital yang tepat untuk bisnis. Beberapa diantaranya adalah pemasaran melalui media sosial atau Social Media Marketing, Social Media Management, KOL Marketing, Website Development, SEO Optimization, Digital Advertising, dan masih banyak lagi.

Bingung strategi apa yang cocok untuk brand dan produk Anda? Jangan khawatir, tim kami terbuka untuk diskusi lebih jauh terkait kebutuhan dan target bisnis Anda. Anda dapat menyampaikan apa saja kebutuhan dan target-target yang ingin dicapai bersama BigEvo.

Jadi, segera hubungi team@bigevo.com dan temukan strategi digital yang tepat untuk Anda. Baik teknik pemasaran bisnis ritel maupun jenis bisnis lain, BigEvo selalu siap untuk membantu Anda. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Marketing Campaign: Pengertian, Tujuan, Strategi, dan Contohnya
Marketing campaign adalah suatu tindakan pemasaran yang terorganisir dan juga terencana untuk mempromosikan suatu produk. Selengkapnya di sini! ...
by Izza  |  14 Oct 2024
Waspada dan Verifikasi Terhadap Penipuan Mengatasnamakan BigEvo
Sehubungan dengan maraknya penipuan yang mengatasnamakan berbagai agensi, PT. Orange Global, perusahaan yang menaungi BigEvo dengan layanan Digital Ma ...
by Izza  |  28 Aug 2024
Integrated Marketing Communication: Pengertian, Contoh, dan Cara Menerapkannya
Integrated marketing communication (IMC) adalah strategi yang mengintegrasikan berbagai elemen agar menyampaikan pesan yang konsisten dan terpadu. ...
by Izza  |  11 Jun 2024
    Whatsapp BigEvo