Manfaat Website e-Commerce untuk Bisnis Anda

manfaat e-commerce untuk bisnis

Setiap brand atau bisnis pasti bertekad untuk secara konsisten menjangkau konsumen. Salah satunya adalah dengan menjalankan strategi marketing yang dianggap efektif seperti membangun toko. Selain toko fisik, di era digital seperti sekarang ini Anda juga mesti mempertimbangkan keberadaan toko online. Itu kenapa sebagian besar digital performance agency menyarankan para pemilik bisnis untuk membuat website e-commerce

Membuat website e-commerce merupakan solusi atas keterbatasan lokasi fisik, solusi pembayaran yang mudah, dan pengiriman yang fleksibel. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan produk. Namun, seberapa besar manfaat website e-commerce bagi bisnis? Ulasan berikut ini akan menjawab semua yang ingin Anda ketahui tentang website e-commerce.

Manfaat E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Produk

Email Marketing

Ketika pelanggan melakukan transaksi di website e-commerce, Anda dapat mengumpulkan informasi seperti nama, alamat email, hingga nomor telepon pelanggan. Data-data tersebut dapat menjadi strategi marketing Anda selanjutnya yaitu email marketing. Melalui email marketing Anda dapat mengirimkan update, promosi, hingga reward berupa diskon yang dapat menarik pelanggan untuk kembali bertransaksi melalui website e-commerce Anda. Hal ini memberikan kemampuan dalam meningkatkan bisnis baru dan berulang dengan melibatkan calon konsumen secara terus menerus dan terfokus. Kesempatan ini hanya bisa didapatkan jika Anda membuat website e-Commerce.

Crawling dan Indexing

Lokasi merupakan faktor terpenting ketika membangun toko fisik atau offline. Visibilitas toko akan berkurang apabila bisnis Anda tidak berada di lokasi yang strategis. Sama halnya dengan membangun website e-commerce. Mencari lokasi strategis untuk toko fisik memang agak sulit, namun “lokasi strategis” untuk toko online Anda bisa didapatkan dengan memperhatikan visibilitas website di mesin pencarian (search engine).

Jangan khawatir jika Anda merupakan pendatang baru di dunia digital marketing. Dalam hal ini, Anda dapat bekerja sama dengan digital marketing agency yang akan membantu website Anda dikenali oleh target pelanggan dan memudahkan mesin pencari melakukan crawling dan indexing

Promosi

Memiliki website e-commerce bisa menjadi bagian dari promosi bisnis Anda. Dengan website e-commerce, Anda dapat meningkatkan kemungkinan target pelanggan terpapar brand Anda di internet. Paparan sangat penting untuk merebut top of mind pelanggan meskipun tidak langsung melakukan transaksi. Selain itu, Anda dapat melakukan promosi dalam bentuk diskon pembelian, voucher, hingga bonus belanja.

Toko 24/7

Salah satu keunggulan memiliki website e-commerce adalah waktu operasional yang tidak terbatas. Anda tidak perlu repot-repot membuka atau menutup toko pada jam tertentu. Ini karena toko online bisa beroperasi sepanjang waktu yang diinginkan. Dari kacamata bisnis, hal tersebut merupakan peluang emas untuk menjaring pelanggan lebih banyak. 

Dilihat dari sisi pelanggan, adanya toko online membuat mereka lebih leluasa memilih produk yang diinginkan tanpa adanya batasan waktu, lokasi, bahkan harga. Mereka pun masih bisa berbelanja saat waktu senggang di malam hari atau di hari libur tanpa harus takut toko tutup.

Jangkauan Luas

Apa yang terbayangkan oleh Anda jika berbisnis hanya dengan mengandalkan toko offline? Apabila Anda memilih lokasi yang strategis, kemungkinan Anda tidak memiliki kekhawatiran jika suatu saat pelanggan tidak dapat menjangkau Anda. Namun, ini akan menjadi masalah ketika Anda tidak mempertimbangkan faktor geografis dalam membangun toko. 

Itulah salah satu keunggulan membangun website e-commerce. Anda tidak akan bergantung pada kondisi geografis suatu wilayah. Sehingga pelanggan dapat mengakses layanan yang Anda berikan di mana saja dan kapan saja. 

Niche Produk

Penjual dan pembeli produk niche sulit bertemu satu sama lain di dunia nyata. Namun, mereka justru berkesempatan untuk saling bertemu dan bertransaksi secara online dengan bantuan mesin pencarian. Apabila Anda memiliki layanan atau produk niche sebaiknya menjadikan website e-commerce sebagai salah satu strategi digital marketing. Tentunya Anda tidak ingin melewatkan kesempatan ini bukan?

Ternyata, terdapat beragam alasan positif kenapa harus membangun website e-Commerce bagi bisnis. Ini layak dipertimbangkan apabila Anda ingin memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan. Tertarik merasakan manfaat e-Commerce untuk bisnis Anda? Hubungi kami di team@bigevo.com dan tim profesional kami siap membantu Anda.



Share:



Transformasi Digital dalam Bisnis: Definisi, Fungsi, dan Pilarnya
Transformasi digital adalah proses di mana perusahaan atau organisasi mengadopsi teknologi digital & mengintegrasikannya ke dalam semua aspek bisnis. ...
by Izza  |  11 Jun 2024
Personalisasi Konten: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Tips yang Efektif
Personalisasi konten (content personalization) adalah strategi menyesuaikan konten agar lebih relevan dan bermakna bagi audiens yang disasar. ...
by Izza  |  07 Jun 2024
Digital Branding: Pengertian, Manfaat, Elemen, dan Perbedaan dengan Digital Marketing
Digital branding adalah proses membangun dan mengelola citra merek atau brand secara online melalui berbagai platform digital. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  07 Jun 2024
    Whatsapp BigEvo