Pentingnya Social Media Management dalam Pengelolaan Bisnis

social media management adalah

Social media management adalah salah satu cara untuk melancarkan bisnis dan keputusan paling tepat. Pasalnya, sekarang ini media sosial merupakan platform digunakan milyaran orang di seluruh dunia, sehingga peluang untuk memasarkan suatu brand menjadi lebih besar. Sosial media management ini menjadi hal dasar bagi digital marketing.

Pengertian Social Media Management

Social media management adalah pemakaian software, tool, dan layanan fungsinya untuk mempermudah pelaku bisnis dalam membagi konten pada akun media sosial milik masing-masing. Sosial media management berbeda dengan akun personal.

Karena konten-kontennya yang diunggah adalah bisnis, perlu untuk dibuat secara menarik serta disesuaikan dengan perusahaan pemilik akun. Selain itu, juga harus mampu mempresentasikan produk tersebut. Jadi dengan adanya social media management akun, pelanggan bisa mudah mendapatkan berbagai informasi dibuatkan.

Maka dari itu media sosial dalam suatu bisnis harus dikelola secara baik. Agar bisa memudahkan pelanggan melihat penawaran produk sekaligus membantu dalam menjawab pertanyaan yang telah diajukan.

Manfaat & Pentingnya Social Media Management Dalam Bisnis

Untuk para pebisnis terutama pemula kemungkinan belum banyak menyadari pentingnya social media management. Pentingnya social media management adalah untuk mempresentasikan bisnis melalui media sosial baik Instagram, Facecook atau bahkan Twitter.

Terdapat banyak sekali alasan dan manfaat mengapa social media management sangat penting digunakan dan diterapkan dalam bisnis. Nah, berikut beberapa alasan penting dan manfaatnya.

Menunjukkan Kualitas dan Jati Diri Perusahaan

Di era sudah serba digital seperti sekarang ini, menjual produk atau layanan jasa bukan hanya sekedar memperkenalkan apa yang Anda jual. Akan tetapi, masyarakat akan menjadi jauh tertarik pada kualitas serta jati diri perusahaan telah menjual produk tersebut.

Kualitas dan jati diri akan dikenal dengan brand personality. Dampak untuk brand ini sangatlah besar untuk meningkatkan bisnis dan usaha.

Meningkatkan Penjualan

Dalam mempelajari social media management terdapat banyak ilmu tentang sosial media marketing. Sehingga, konten di upload di media sosial mampu menarik banyak minat dan daya beli audiens. Secara langsung hal ini nantinya akan mampu meningkatkan penjualan dan berbagai keuntungan lainnya dalam bisnis.

Memperkenalkan Perusahaan Secara Luas

Penggunaan media sosial di tanah air sudah banyak sekali. Sehingga, menjadi salah satu target pasar luas. Ketika membuat akun media sosial, maka sebenarnya sedang memperkenalkan bisnis secara luas di media sosial. Terlebih lagi bila akun tersebut bisa dikelola dengan baik. Maka tingkat kepercayaan audiens akan meningkat secara otomatis dengan seiringnya waktu.

Mampu Meningkatkan Brand Awareness

Pentingnya social media management adalah mampu meningkatakan brand awareness. Hal ini jika diiringi dengan konten berkualitas secara teratur. Tentunya akan mampu meningkatkan brand awareness dan akan membuat bisnis lebih mudah untuk tumbuh dan berkembang secara pesat. Selain membuat konten berkualitas, buatlah konten dengan konsep unik dan menarik agar audiens tidak bosan.

Media Promosi, Informasi, dan Berita Praktis

Sekarang ini, masyarakat sudah paham jika setiap toko maupun perusahaan memiliki presensi sendiri di media sosial. Sehingga, baik ingin memperkenalkan produk di media sosial, tinggal mengupload saja agar bisa memperoleh target pasar lebih luas. Terlebih lagi, akan terasa jika promosi dengan media sosial. Hal ini akan lebih praktis, murah dan hemat sumber daya.

Tools Social Media Management

Jika ingin bisnis makin cepat berkembang, maka buatlah lebih dari satu akun media sosial. Bisa membuat akun Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, dan media sosial lainnya. Namun dalam hal mengelola semua akun tersebut apakah bisa dilakukan dengan mudah? 

Tenang saja, karena ada beberapa tools bisa Anda coba gunakan untuk mudah mengelola semua akun media sosial. Berikut diantaranya!

SocialOomph

SocialOomph merupakan tools social media management bisa membantu meningkatkan produktivitas di media sosial. SocialOomph ini akan memberikan layanan untuk penggunanya, seperti otomatis follow, pelafalan kata kunci, auto DM untuk pengikut baru, menjadwal tweet di Twitter, dan masih banyak lagi.

SproutSocial

Management tools ini menawarkan layanan signal stream inbox bisa untuk memastikan pengguna tidak melewatkan pesan masuk di media sosial. Selain itu, SproutSocial juga mempunyai fitur penjadwalan postingan di Twitter, Linkedin, dan Facebook. Tool ini juga akan monitoring untuk membantu memvisualisasikan matriks penting di medsos.

HootSuite

HootSuite adalah tool social media management fungsinya untuk mengetahui traffic serta membuat jadwal untuk tiap pesan dan postingan media sosial. Tool satu ini menjadi favorit bagi pelaku pengusaha dalam mengelola media sosialnya.

Pengetahuan traffic serta membuat jadwal tiap pesan ataupun postingan medsosnya ini akan bermanfaat bagi pengguna karena bisa mengetahui seberapa banyak jumlah orang datang ke toko. Selain itu, juga bisa mengingatkan kapan waktu mengunggah konten sesuai dengan jadwal sudah dibuat oleh penggunanya.

Buffer

Apabila Anda tidak bisa terus mengupdate konten di media sosial, maka Buffer menjadi tolls tepat dan ampuh, lho. Buffer sangat mudah dipakai dalam membuat jadwal konten sampai satu pekan kedepan. Jadi dengan begini, Anda tidak perlu mengkhawatirkan lagi konten harus dibuat untuk mengisi sosial media.

Tweepi

Tweepi adalah layanan paling berguna untuk mengelola akun media sosial Twitter bisnis. Menggunakan Tweepi, bisa meningkatkan jumlah follower dan mengelola para follower dengan mudah. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan unfollow pada orang tidak melakukan follow back pada akun bisnis Anda.

Crowdbooster

Crowdbooster merupakan platform untuk analisa media sosial akan membantu melihat tingkat dari efektivitas kampanye media sosial melalui beberapa dashboard intuitif dan dibuat dengan baik. Crowdbooster juga akan membuat dalam memberikan rekomendasi cara menjangkau audiens, dan cara meningkatkan kinerja media sosial.

Menariknya lagi, Crowdbooster juga mempunyai fitur penjadwalan dan otomatisasi konten. Jadi adanya kedua fitur ini, tidak perlu lagi megaupload konten secara manual di media sosial.

Social Bro

Social Bro adalah suatu layanan web akan menyatukan data dan analisa sifatnya komprehensif. Sehingga, Anda lebih mudah meningkatkan pendapatan, penjualan, maupun mempromosikan banyak ide di Twitter. Bukan hanya itu saja seluruh agenda juga kampanye marketing bisa dibuat dengan mudah hanya melibatkan followers yang sesuai atau relevan untuk bisnis Anda.

Tidak semua pebisnis mempunyai biaya, waktu, dan kesempatan sama dalam menerapkan social media management. Bila bisnis memang sudah besar dan mempunyai anggaran besar, maka bisa menggunakan layanan social media management dari pihak ketiga.

Namun sesuai perlu diingat, bahwa bisnis yang belum besar dan punya anggaran jangan gunakan social media management ini. Kerugian ini memang akan menjadikan para pebisnis lelah dan putus asa, namun kesuksesan akan diraih dengan kerja keras. Tapi bila baru menjalankan bisnis dan tidak mempunyai anggaran cukup, maka harus mengelola secara sendiri.

Social media management adalah salah satu cara paling benar dan tepat untuk menjalankan bisnis marketing Anda. Pahami lebih lanjut mengenai penerapan social media management dan tingkatkan bisnis Anda bersama BigEvo Digital & Social Media Agency. Hubungi kami di team@bigevo.com dan tim profesional kami siap membantu Anda.



Share:



Pentingnya Jasa Social Media untuk UMKM dan Cara Memilihnya
Simak bagaimana peranan penting jasa social media untuk perkembangan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang dan cara memilih jasa yang tepat. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
Pentingnya Jasa Copywriting dan Pengaruhnya untuk Bisnis
Jasa copywriting adalah layanan profesional di bidang pemasaran yang menekankan seni dan keterampilan menulis untuk menciptakan teks persuasif.   ...
by Izza  |  27 Nov 2023
Media Sosial untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penggunaannya
Media sosial untuk bisnis memiliki peranan penting di era digital seperti sekarang, yang mana dapat mendorong perkembangan secara efektif dan efisien. ...
by Izza  |  20 Oct 2023
    Whatsapp BigEvo