Pengertian, Persamaan, dan Perbedaan Blog dengan Website

perbedaan blog dan website

Dalam membahas digital marketing, salah satu hal yang sering menjadi pertanyaan adalah apa saja perbedaan blog dan website. Secara sekilas keduanya tampak serupa, namun sebenarnya memiliki beberapa perbedaan yang signifikan. Apa saja itu?

Temukan jawaban lengkapnya di bawah ini, ya! 

Pengertian Blog dan Website

Sebelum membahas persamaan serta perbedaan blog dan website, kita akan mengulas pengertiannya masing-masing. Blog adalah media online yang berfungsi memuat konten yang diperbarui secara berkala. Sebuah blog berfungsi sebagai platform untuk mengorganisir dan mempublikasikan konten secara teratur. Istilah “blog” merupakan kependekan dari “weblog”. 

Pada awalnya, blog digunakan untuk mencatat peristiwa atau pengalaman pribadi. Namun seiring waktu, blog telah berkembang menjadi bentuk yang lebih luas dan dapat mencakup berbagai topik seperti berita, mode, makanan, teknologi, dan masih banyak lagi.

Konten blog umumnya ditulis dalam gaya naratif atau opini, dan sering kali dilengkapi dengan gambar, video, atau elemen multimedia lainnya. Blog juga sering menyertakan fitur komentar, yang memungkinkan interaksi antara pembaca dan penulis, serta antara pembaca satu sama lain.

Sedangkan website merupakan kumpulan halaman web yang terletak pada satu domain tertentu dan bisa diakses pengguna melalui internet. Website berisi informasi secara umum yang lebih sering dilihat dan dikunjungi orang. Misalnya profil, halaman produk, kontak, beranda, dan lain-lain.

Salah satu tujuan utama dari sebuah website adalah untuk menyampaikan informasi kepada pengunjung. Selain itu, web juga bertujuan untuk mempromosikan bisnis, menyediakan layanan atau produk, serta menciptakan kehadiran online.

Website dapat memiliki struktur yang lebih kompleks dan terdiri dari berbagai halaman dengan konten yang berbeda-beda. Web biasanya memiliki navigasi yang jelas, memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi berbagai bagian dari website dengan mudah. Pemilik website bisa memuat fitur sesuai kebutuhan, seperti formulir kontak, fitur pencarian, forum, dan lain sebagainya.

Persamaan Blog dan Website

Meskipun keduanya berbeda, terdapat beberapa hal yang menjadi persamaan antara blog dan website. Berikut uraian lengkapnya.

Online Presence

Baik blog maupun website adalah bentuk kehadiran online (online presence) untuk penggunanya. Kehadiran online ini memungkinkan individu, bisnis, atau organisasi untuk berbagi informasi, mengekspresikan diri, dan berinteraksi dengan pengunjung.

Konten

Persamaan selanjutnya adalah baik blog maupun website menyajikan konten kepada pengunjung. Konten bisa berupa teks, gambar, video, atau elemen multimedia lainnya. Pemilihan konten biasanya tergantung pada tujuan dan jenis konten yang ingin disampaikan.

Struktur

Baik blog maupun website memiliki struktur yang dapat diakses melalui tautan atau menu navigasi. Pengunjung dapat menjelajahi halaman-halaman yang berbeda dalam rangka mendapatkan informasi yang mereka cari.

Platform Publikasi

Persamaan selanjutnya adalah keduanya membutuhkan platform publikasi online untuk memasang hosting. Keduanya bisa menggunakan platform yang sama seperti layanan CMS dari WordPress, Joomla, atau Drupal. Bisa juga menggunakan coding khusus dengan bahasa pemrograman dan kerangka kerja tertentu.

Interaksi Pengunjung

Blog dan website sama-sama dapat membangun interaksi dengan pengunjung. Pada blog, interaksi biasanya terbangun melalui kolom komentar. Sedangkan pada web, interaksi dapat Anda bangun melalui formulir kontak atau fitur chat dengan customer service.

Optimalisasi SEO

Kesamaan blog dan website yang terakhir adalah sama-sama dapat Anda optimalkan melalui praktik SEO. Tujuannya adalah untuk meningkatkan visibilitas halaman dan mendongkrak peringkat di hasil pencarian.

Perbedaan Blog dan Website

Setelah memahami pengertian blog dan website berikut dengan persamaannya, selanjutnya kita akan mengulas apa saja perbedaannya. Berikut beberapa hal yang menjadi perbedaan antara blog dan website. 

Bentuk Komunikasi

Sistem komunikasi pada blog bersifat dua arah antara pemilik blog dengan pengunjung, yang membuat terciptanya hubungan interaktif. Hal ini berkat adanya kolom komentar yang memungkinkan pengunjung memberi respon terhadap konten blog.

Sedangkan pada website, bentuk komunikasinya cenderung satu arah dan kurang interaktif. Meski begitu, Anda bisa menyiasati hal ini dengan menambahkan fitur chat dengan layanan konsumen.

Pengelola

Perbedaan blog dan website selanjutnya terletak pada pengelola konten. Blog dikelola oleh pemilik atau penulis secara personal dan bersifat mandiri. Istilah blogger yang muncul belakangan ini terinspirasi dari pengelola konten tersebut. Contoh blogger yang berhasil meraih kesuksesan antara lain Trinity Traveller dan Sugeng.id.

Bagaimana dengan website? Pengelola web terdiri dari formasi sebuah tim ahli yang meliputi copywriter, developer, dan designer. Tim ini dianggap sebagai tangan kanan perusahaan untuk mengelola konten.

Jenis Konten

Konten pada blog umumnya berupa tulisan atau artikel, foto, dan video. Konten yang ditampilkan biasanya seiring dengan minat pemilik blog dan para pengunjung. 

Sedangkan konten pada website umumnya berupa informasi-informasi tertentu yang sarat akan layanan atau sebuah produk. Faktor inilah yang menyebabkan website sering dikelola oleh perusahaan, instansi, atau sejenisnya. Jenisnya dapat berupa alamat, sejarah, produk, dan informasi penting dari pengelola website itu sendiri.

Update Konten

Blog menawarkan konten yang lebih dinamis karena selalu mengalami pembaruan secara rutin atau berkala. Biasanya, blogger bertugas menjadwalkan waktu untuk memberhentikan postingan konten dan menggantinya dengan konten terupdate. Update konten juga dilakukan secara rutin.

Pengelola website tidak selalu melakukan pembaruan dengan teratur, apalagi sesering blog. Meski begitu, pembaruan akan dilakukan jika terjadi perubahan terkait layanan atau penambahan informasi atas produknya. Karena itu, update konten website biasanya cenderung bersifat statis.

Gaya Bahasa

Gaya bahasa pada konten blog dan website juga tidak sama. Pengisi konten pada blog biasanya menggunakan bahasa informal, tidak baku, tidak sesuai kaidah EYD, dan terkesan lebih santai. Hal ini bertujuan agar pembaca konten merasa lebih nyaman, luwes, dan santai. 

Meskipun demikian pembaca masih dapat menjumpai konten blog sesuai kaidah bahasa formal dan baku. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa blog lebih bersifat personal dan akrab dengan para pembacanya.

Seperti yang telah diulas sebelumnya, bahwa sebagian besar website dikelola oleh instansi atau perusahaan. Dengan begitu, gaya bahasa yang digunakan sesuai dengan EYD dan terkesan lebih formal. Hal ini sesuai dengan tujuan pembuatan konten yakni menangkap kesan profesional dari pengelola konten.

Fokus Konten

Blog cenderung lebih berfokus pada konten yang bersifat kronologis atau berita terkini. Konten pada blog biasanya disajikan dalam format posting yang teratur, dengan entri terbaru muncul di bagian atas halaman. Blog juga seringkali memiliki fungsi komentar yang memungkinkan interaksi antara pembaca dan penulis. 

Di sisi lain, website lebih cenderung menjadi sumber informasi yang statis. Konten pada website tidak harus berurutan kronologis dan dapat terdiri dari halaman statis yang memberikan informasi tentang produk, layanan, atau topik tertentu.

Tujuan dan Penggunaan

Blog sering digunakan untuk berbagi pengalaman pribadi, pendapat, atau konten berita terkini. Biasanya blog dimiliki dan dioperasikan oleh individu atau kelompok tertentu. Blog juga bisa menjadi platform untuk membangun komunitas dan interaksi dengan pembaca. 

Sedangkan website bisa memiliki berbagai tujuan seperti mempromosikan bisnis atau organisasi. Web juga digunakan untuk memberikan informasi resmi, menjual produk atau layanan, dan sebagainya. Dari sifatnya secara keseluruhan, website cenderung lebih formal dan profesional.

Maksimalkan Blog dan Website dengan Strategi yang Tepat

Seperti yang telah diulas sebelumnya, baik blog dan website dapat Anda maksimalkan menggunakan strategi yang tepat. Salah satunya adalah menerapkan praktik SEO alias Search Engine Optimization yang akan memaksimalkan performa halaman Anda. Optimasi penting Anda lakukan agar lebih banyak orang yang menemukan blog atau website.

Terlebih lagi jika Anda menggunakan website untuk kepentingan bisnis, organisasi, maupun perusahaan. Anda dapat memanfaatkan layanan profesional dari agensi terpercaya seperti BigEvo untuk proses optimasinya. Bersama BigEvo, Anda bisa memaksimalkan performa website bisnis dan menjangkau pelanggan potensial dengan lebih tepat.

Dengan memahami persamaan serta perbedaan blog dan website, Anda bisa menilai mana yang lebih cocok untuk bisnis atau perusahaan. Maksimalkan website bisnis Anda dengan strategi jitu bersama BigEvo Digital Agency. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Jasa Pembuatan Website: Pengertian, Keuntungan, dan Layanan yang Ditawarkan
Jasa pembuatan website adalah layanan profesional untuk membuat dan mengembangkan suatu situs web. Temukan layanan yang tepat untuk Anda di sini. ...
by Izza  |  15 Nov 2023
Jasa Landing Page untuk Meningkatkan Leads Bisnis
Penggunaan jasa landing page memungkinkan Anda untuk mengumpulkan data pengunjung, terutama calon pelanggan potensial atau leads. Hal ini bisa Anda da ...
by Izza  |  23 Jun 2022
Jasa Design Website dan Elemen Penting Pembuatannya
Penggunaan jasa design website dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin memaksimalkan tampilan dan performa web. Website sendiri merupakan salah satu ...
by Izza  |  23 Jun 2022
    Whatsapp BigEvo