Website: Pengertian, Contoh dan Manfaatnya Untuk Bisnis

website adalah

Apa Itu Website?

Website bukanlah menjadi hal yang asing lagi bagi masyarakat sekarang ini. Hampir semua brand atau perusahaan memiliki website sendiri. Bahkan tak sedikit juga website individu yang memuat berbagai informasi terkait dengan hal-hal yang diminati pemiliknya.

Lalu, apa sebenarnya website itu? Website adalah kumpulan halaman web yang terhubung satu sama lain dengan menggunakan hyperlink. Untuk mengakses website, Anda dapat menggunakan internet maupun jaringan intranet.

Halaman web sendiri biasanya berisi teks, gambar, video, audio, maupun kombinasi semua jenis konten tersebut. Pada dasarnya, konten pada website dirancang untuk memberikan informasi pada pengunjung atau pengguna internet. Dan seperti yang disebutkan sebelumnya, web bisa digunakan untuk tujuan pribadi maupun komersial atau profesional.

Karena mudah diakses dari berbagai perangkat, web menjadi aset yang penting untuk bisnis Anda. Melalui website, Anda bisa berbagi informasi terkait dengan brand atau perusahaan. Anda juga bisa membuat katalog online yang memungkinkan pengunjung web melihat apa saja produk yang Anda miliki.

Alasan Mengapa Bisnis Membutuhkan Website

Website adalah sarana yang sangat penting bagi bisnis, brand, maupun perusahaan dalam era digital saat ini. Berikut beberapa alasan mengapa website sangat diperlukan untuk kelangsungan bisnis.

Memberikan Informasi Produk

Seperti yang telah diulas sebelumnya, website membantu Anda untuk memberikan informasi produk baik barang maupun jasa. Website dapat digunakan untuk menampilkan informasi lengkap mengenai yang ditawarkan oleh bisnis. Hal ini memungkinkan calon pelanggan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai produk sebelum memutuskan untuk membelinya.

Meningkatkan Visibilitas dan Aksesibilitas

Pada era digital seperti saat ini, banyak orang mencari produk atau brand melalui internet. Dengan adanya website, Anda dapat meningkatkan visibilitas bisnis di internet. Selain itu, website juga menjadikan bisnis Anda lebih mudah diakses oleh pelanggan potensial.

Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan

Sebuah bisnis yang memiliki website resmi akan terlihat lebih profesional, terlebih jika tampilannya menarik dan informatif. Hal ini akan membantu meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan audiens terhadap bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa memperluas jangkauan audiens sekaligus mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Menyediakan Layanan Pelanggan

Anda dapat memanfaatkan website sebagai sarana untuk menyediakan layanan pengguna. Misalnya dengan memberikan kontak yang bisa dihubungi, kolom untuk mengisi pesan atau kritik saran, serta fitur chat dengan customer service. Hal ini dapat membantu bisnis Anda dalam meningkatkan pengalaman konsumen (user experience) dan membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Meningkatkan Penjualan

Dalam menjalankan bisnis, meningkatkan penjualan dan mendapat keuntungan merupakan salah satu tujuan utama. Hal ini bisa Anda dapatkan melalui penggunaan website yang tepat dan membuat fitur-fitur yang mendukung bisnis. 

Misalnya dengan membuat fitur khusus untuk transaksi online untuk melakukan pemesanan sekaligus pembelian melalui website. Pastikan juga web Anda mudah diakses dan digunakan, sehingga pelanggan tidak kesulitan saat hendak melakukan transaksi.

Memperluas Pasar

Selain meningkatkan penjualan, website juga memungkinkan bisnis Anda untuk memperluas pasar. Tidak seperti toko fisik yang hanya bisa menjangkau daerah tertentu, website dapat menjangkau pasar yang jauh lebih luas. Anda bisa mendapatkan pelanggan di berbagai tempat, tidak terbatas daerah tertentu dan bahkan bisa sampai ke luar negeri.

6 Cara Membuat Website Bisnis

Setelah mengetahui apa itu website dan mengapa bisnis Anda membutuhkannya, selanjutnya kita akan mengulas bagaimana cara membuatnya. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda terapkan untuk membuat website bisnis.

1. Buat Strategi Bisnis Digital

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat strategi bisnis digital yang sesuai dengan tujuan brand atau perusahaan. Apa yang Anda inginkan dari pembuatan website bisnis tersebut? Apakah untuk memberikan informasi kepada audiens? Atau untuk menjadi toko online agar pelanggan bisa berbelanja melalui web?

Menentukan tujuan dan strategi bisnis yang sesuai akan membantu Anda dalam proses pembuatan web. Bentuk dan layout web Anda juga akan terkait dengan strategi bisnis yang ingin dijalankan. Begitu juga dengan informasi dan konten yang akan dimasukkan pada halaman web Anda nantinya.

2. Tentukan Jenis Website

Setelah membuat strategi dan menentukan tujuan, selanjutnya Anda perlu memilih jenis website yang akan dibuat. Apakah web tersebut sifatnya personal, atau merupakan website profesional dan halaman resmi bisnis? Jenis web yang dipilih akan mempengaruhi bagaimana tampilan serta isi dari halaman website Anda.

Anda juga bisa memilih jenis platform website yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Ada berbagai platform yang tersedia untuk pembuatan website, mulai dari yang sederhana sampai kompleks. Beberapa di antaranya adalah WordPress, Wix, Squarespace, dan Shopify.

3. Tentukan Desain Website

Langkah selanjutnya adalah menentukan desain website yang tepat untuk bisnis Anda. Anda bisa memilih desain web yang standar agar tidak kompleks membuatnya, maupun yang lebih khusus. Desain web ini juga perlu disesuaikan dengan tujuan bisnis serta fitur apa saja yang akan Anda masukkan di dalam website.

Apapun desain website yang Anda pilih, pastikan untuk memasukkan unsur-unsur brand atau perusahaan Anda seperti logo dan warna khas. Selain itu, pastikan juga website Anda memiliki navigasi yang mudah dan responsif untuk meningkatkan user experience (UX).

4. Pilih dan Daftarkan Nama Domain

Dalam pembuatan website, memilih dan mendaftarkan nama domain merupakan salah satu hal yang penting. Buatlah nama domain yang mencerminkan bisnis Anda sekaligus mudah diingat oleh audiens. Pastikan juga nama domain yang Anda pilih masih tersedia dan tidak melanggar hak cipta atau merek dagang yang sudah ada.

5. Pilih Web Hosting yang Tepat

Selain domain, Anda juga perlu memilih web hosting yang tepat untuk halaman website bisnis. Hosting yang Anda pilih akan mempengaruhi bagaimana kinerja website, termasuk penyimpanan data. Pastikan untuk memilih web hosting yang sesuai dengan kebutuhan serta tujuan dari website bisnis Anda.

6. Tayangkan Website Anda

Setelah semuanya siap, Anda bisa melakukan uji coba untuk meluncurkan website bisnis. Dari uji coba tersebut, Anda bisa melakukan analisis bagian mana yang masih perlu diperbaiki. Jika sudah bagus semua, Anda bisa menayangkan website dan mempromosikannya melalui berbagai platform digital lain.

Anda juga bisa mengintegrasikan akun media sosial lain dengan website bisnis yang sudah dibuat. Hal ini akan membantu dalam menarik pengunjung lebih banyak ke dalam website Anda. Selain itu, Anda juga bisa memperluas jangkauan audiens baik di media sosial maupun halaman website.

15 Contoh Website Bisnis

Dilansir dari Forbes, keberadaan daring atau online presence menjadi salah satu faktor penting untuk kesuksesan bisnis. Tak heran jika kini sebagian besar bisnis, terutama brand dan perusahaan besar, memiliki website resminya. 

Berikut beberapa contoh website bisnis dari berbagai brand dan perusahaan yang bisa menjadi acuan untuk bisnis Anda.

1. OpenAI

Yang pertama ada OpenAI, website dari perusahaan riset dan development yang terkenal dengan fitur ChatGPT. Website ini memiliki tampilan yang simpel namun tetap jelas. Hal ini memudahkan audiens ketika berselancar di halaman web dan menemukan informasi yang mereka cari.

2. SemRush

Selanjutnya ada SemRush, website yang banyak digandrungi oleh para pegiat dalam dunia digital marketing. Web ini memiliki tampilan clean and clear, tanpa banyak teks atau visual yang bisa mengganggu. Di sisi lain, halaman web ini lebih fokus menampilkan data yang akan menarik audiens untuk mencari tahu lebih lanjut.

3. Ahrefs

Contoh website bisnis selanjutnya adalah Ahrefs, web yang menyediakan SEO tools dan membantu Anda meningkatkan trafik website. Ahrefs juga banyak mencantumkan data dan statistik untuk menarik audiens mereka. Tak hanya itu, situs ini juga mencantumkan testimoni dari pelanggan mereka sebagai faktor penarik lainnya.

4. SimilarWeb

Selanjutnya ada SimilarWeb, situs yang membantu pengecekan dan analisis alias trafik website secara keseluruhan. Dan sesuai dengan layanan yang diberikannya, web ini menampilkan trafik beberapa website yang ada di internet. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri dan bisa membuat audiens ingin mengetahui lebih jauh mengenai layanan yang diberikan.

5. HubSpot

Contoh website bisnis selanjutnya adalah HubSpot, situs yang menyediakan layanan CRM dan membantu mengelola data konsumen. Dengan tampilan yang simpel, situs ini menawarkan layanannya dengan memberikan penawaran untuk mencoba gratis. Web ini juga didukung dengan fitur chat yang langsung muncul begitu Anda mengaksesnya, membantu audiens menemukan apa yang mereka cari.

6. GoTo Company

Selanjutnya ada GoTo Company, perusahaan teknologi yang menyediakan berbagai kebutuhan bagi masyarakat di era digital seperti sekarang ini. Anda tentu sudah familiar juga dengan beberapa layanan yang mereka miliki, seperti GoJek dan Tokopedia. Dengan visual yang menarik, situs ini menunjukkan identitas mereka sebagai perusahaan teknologi terkemuka dan tentunya berkualitas.

7. Telkom Indonesia

Contoh website bisnis selanjutnya adalah Telkom Indonesia, website dari perusahaan telekomunikasi yang menyediakan berbagai layanan untuk audiens. Tampilan situs ini menarik perhatian dengan teks bertuliskan “Kami menghadirkan dunia dalam genggaman” dan visual yang mendukung.  

8. BCA

Selanjutnya ada website dari perusahaan perbankan yang tentunya sudah Anda kenal, yaitu BCA. Situs BCA menarik perhatian audiens dengan memberikan pertanyaan: Mau cari apa Anda hari ini?

Pengunjung website bisa mengetik sendiri apa yang mereka cari di kolom tersebut, yang tentunya memudahkan mereka dalam berselancar di dalamnya. Tak hanya itu, situs ini juga memberikan informasi seperti kurs serta berita terbaru.

9. Flip

Contoh website bisnis yang selanjutnya adalah Flip, perusahaan yang menyediakan layanan transfer bebas biaya antar bank. Situs ini menarik perhatian audiens dengan mencantumkan benefit utamanya, yaitu transfer bebas biaya. Selain itu, terdapat juga testimoni dari pelanggan yang memberikan audiens alasan mengapa mereka perlu menggunakannya.

10. Jenius

Selanjutnya ada website Jenius, perusahaan yang menyediakan layanan perbankan dan keuangan. Seperti Flip, situs Jenius juga menampilkan fitur unggulan mereka pada tampilan awalnya. Tak hanya itu, situs ini juga memberikan tampilan aplikasi seluler mereka sebagai simulasi penggunaan bagi audiens.

11. BPJS Ketenagakerjaan

Contoh website bisnis selanjutnya adalah BPJS Ketenagakerjaan. Situs ini menampilkan fitur yang mereka miliki sekaligus info terbaru pada tampilan awalnya. Selain itu, terdapat juga kolom pencarian yang akan memudahkan audiens dalam mencari informasi yang mereka butuhkan.

12. Tesla

Selanjutnya ada website Tesla, perusahaan yang berfokus pada mobil elektrik dan energi bersih atau clean energy. Saat membuka halaman web ini, Anda akan langsung menemukan berbagai tampilan mobil dan produk energi bersih yang mereka tawarkan. Hal ini dapat menarik audiens secara visual dan mendorong mereka untuk mengklik informasi selanjutnya.

13. Hyundai

Contoh selanjutnya adalah Hyundai, perusahaan otomotif yang sudah memproduksi mobil hingga ke kancah dunia. Seperti Tesla, tampilan situs Hyundai juga memberikan visual mobil yang mereka miliki. Tak hanya itu, situs ini menampilkan visual beberapa fitur unggulan yang ada pada mobil buatan mereka.

14. Apple

Siapa yang tak kenal brand Apple dan produk-produk bergengsi yang mereka luncurkan? Seperti produknya, halaman website Apple pun memiliki tampilan yang elegan dan modern. Anda akan mendapati berbagai produk teknologi yang mereka luncurkan, terutama yang terbaru, pada halaman situsnya.

15. Samsung

Contoh website bisnis yang terakhir adalah Samsung, perusahaan yang mendunia dengan berbagai produk yang mereka tawarkan. Situs ini menampilkan produk-produk teknologi dan elektronik yang mereka miliki dengan visual yang menarik. Tak hanya itu, situs ini juga menampilkan informasi terbaru serta penawaran khusus untuk berbagai produknya.

Cara Memunculkan Website di Halaman Pertama Google

Memiliki peringkat tinggi atau bahkan berada di halaman pertama mesin pencari seperti Google tentunya akan sangat menguntungkan bagi bisnis. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memunculkan website di halaman pertama Google, yaitu sebagai berikut.

Gunakanlah Tampilan Mobile Pada Website

Cara pertama adalah dengan mengatur tampilan website Anda ke mobile friendly. Hal ini dikarenakan sebagian besar orang yang mengakses Google adalah pengguna smartphone. Kecepatan akses dan loading pada perangkat seluler juga menjadi salah satu faktor yang akan mempengaruhi peringkat website Anda.

Optimalkan Kecepatan Website

Kecepatan dalam mengakses website akan menjadi salah satu faktor penting agar website terdeteksi oleh Google. Cara untuk meningkatkan kecepatan website adalah dengan memastikan bahwa file pendukung seperti HTML, CSS, dan Javascript tidak akan menghambat loading. Tak hanya itu, gunakan juga ukuran gambar yang tidak terlalu besar dalam halaman website Anda.

Lakukan Riset Keyword

Cara membuat website muncul di halaman pertama Google selanjutnya adalah menggunakan keyword (kata kunci) yang banyak digunakan Google. Tak hanya itu, pastikan juga keyword yang Anda pilih sesuai dengan konten website sekaligus audiens bisnis Anda. Dengan begitu, keyword yang dipilih akan relevan dan memungkinkan audiens untuk menemukan web Anda.

Gunakan SSL Certificate

Cara selanjutnya adalah menggunakan SSL Certificate pada halaman website Anda. SSL Certificate merupakan komponen untuk transfer data dalam sebuah website. Penggunaannya untuk menjaga keamanan website Anda, sehingga menjadi salah satu indikator agar website muncul teratas di Google.

Gunakan Internal Link

Internal link merupakan tautan yang akan menghubungkan antara artikel satu dengan artikel lainnya dalam website. Dengan link ini, website Anda akan memiliki kesempatan mendapatkan pengunjung lebih banyak. Selain itu, penggunaannya juga akan menunjukan pada Google dan mesin pencari lain kalau artikel tersebut benar-benar ada.

Masukkan Keyword Pada Judul dan URL

Cara terakhir yang tak kalah pentingnya adalah dengan memasukkan keyword ke dalam judul dan URL konten website Anda. Hal ini akan membantu web Anda untuk mudah ditemukan ketika pengguna mencari keyword tersebut. Dengan begitu, peringkat halaman web Anda pun bisa meningkat di mesin pencari termasuk Google.

Untuk memaksimalkan kinerja website untuk bisnis, Anda dapat menggunakan jasa profesional dari BigEvo Digital Agency. BigEvo menyediakan berbagai layanan digital untuk perkembangan bisnis, termasuk Website Development dan SEO Optimization. Hubungi tim profesional kami untuk diskusi dan informasi selengkapnya. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Jasa Pembuatan Website: Pengertian, Keuntungan, dan Layanan yang Ditawarkan
Jasa pembuatan website adalah layanan profesional untuk membuat dan mengembangkan suatu situs web. Temukan layanan yang tepat untuk Anda di sini. ...
by Izza  |  15 Nov 2023
Jasa Landing Page untuk Meningkatkan Leads Bisnis
Penggunaan jasa landing page memungkinkan Anda untuk mengumpulkan data pengunjung, terutama calon pelanggan potensial atau leads. Hal ini bisa Anda da ...
by Izza  |  23 Jun 2022
Jasa Design Website dan Elemen Penting Pembuatannya
Penggunaan jasa design website dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin memaksimalkan tampilan dan performa web. Website sendiri merupakan salah satu ...
by Izza  |  23 Jun 2022
    Whatsapp BigEvo