Marketing Communication: Pengertian, Objektif, dan Proses Penerapan

wanita dan pria sedang memegang laptop dengan tulisan marketing communication

Apa Itu Marketing Communication?

Pada dasarnya, marketing communication merupakan perpaduan dari istilah marketing (pemasaran) dengan communication (komunikasi). Ini berarti marketing communication adalah komunikasi pemasaran, yaitu bagaimana seorang pebisnis atau marketer mengkomunikasikan apa yang dijualnya.

Kata komunikasi menjadi kunci yang penting dalam konsep marketing communication ini, karena Anda tidak sekadar berjualan. Dengan mengkomunikasikan pesan pemasaran secara efektif, Anda bisa menyasar target market dengan tepat dan mendapat hasil yang signifikan.

Dari penjelasan tersebut, dapat Anda lihat bahwa penerapan marketing communication memerlukan strategi dan perencanaan yang matang. Anda perlu mengetahui pesan apa yang ingin disampaikan, apakah sejalan dengan brand atau produk, serta bagaimana cara mengkomunikasikannya dengan tepat.

Proses penyampaian komunikasi pemasaran yang Anda lakukan dapat menggunakan berbagai media atau channel yang ada. Bentuknya juga bisa bermacam-macam dan bisa Anda sesuaikan dengan karakter brand serta kebutuhan audiens.

Beberapa contoh penerapan marketing communication adalah pemasangan iklan online dan offline, melakukan branding, membangun brand activity, serta kegiatan PR. Sekarang ini Anda bahkan bisa memanfaatkan berbagai media baru yang ada di internet. Penerapannya bisa dibarengi dengan menggunakan media konvensional seperti televisi, billboard, dan lain sebagainya.

Objektif dari Penerapan Marketing Communication

Setelah memahami apa itu marketing communication, selanjutnya kita akan mengulas objektif atau tujuan dari penerapannya. Praktek marketing communication sangat penting untuk diterapkan dengan tepat oleh para pebisnis. Bukan saja untuk mendapatkan keuntungan, namun juga membangun serta mempertahankan bisnis dalam jangka waktu yang lama.

Berikut tujuan dari penerapan marketing communication:

Membangun Brand Awareness

Salah satu hal yang sering menjadi objektif atau tujuan penerapan marketing communication adalah untuk membangun brand awareness. Ketika meluncurkan sebuah produk, Anda tentu ingin agar orang-orang mengetahui keberadaan produk tersebut. Untuk itu, membangun brand awareness merupakan hal yang penting pada tahap ini.

Penerapan strategi marketing communication yang tepat dapat membantu Anda dalam membangun brand awareness. Dengan mengkomunikasikan fitur produk, keunggulan, sampai slogan perusahaan, Anda dapat membentuk brand awareness yang baik.

Membentuk dan Meningkatkan Brand Image

Bukan sekadar dikenal oleh orang banyak, namun Anda pasti ingin kalau produk dan brand dikenal dengan baik. Terlebih lagi jika Anda memiliki goals agar produk atau brand memiliki citra tertentu di mata audiens dan pelanggan.

Dengan strategi marketing communication yang tepat, Anda dapat membentuk brand image yang diharapkan. Penerapan marketing communication juga bisa Anda manfaatkan ketika brand image jatuh dan Anda ingin memperbaikinya. Anda juga dapat memaksimalkan komunikasi pemasaran untuk meningkatkan citra merek.

Mendorong Target Market Melakukan Tindakan

Tujuan penerapan marketing communication yang terakhir namun bisa dibilang sebagai hal utama adalah untuk mendorong target market melakukan tindakan tertentu. Ada berbagai tindakan yang diharapkan untuk dilakukan oleh audiens Anda, yang mana tergantung dengan tujuan strategi pemasaran itu sendiri.

Tindakan yang paling umum menjadi objektif kegiatan pemasaran adalah audiens melakukan pembelian. Prosesnya bisa dimulai dari mencoba produk terlebih dahulu, seperti dari sampel atau promosi khusus. Kemudian mengarah pada pembelian secara rutin dan berulang yang menjadikan audiens sebagai konsumen loyal.

Tak hanya pembelian, Anda juga bisa mendorong audiens melakukan tindakan lain yang dibutuhkan. Seperti mendaftar untuk program atau webinar yang diselenggarakan, berlangganan email, dan lain sebagainya.

Proses Penerapan Marketing Communication

Ketika membahas tentang marketing communication, tidak lengkap jika hanya mengulas mengenai pengertian dan objektifnya saja. Anda juga perlu mengetahui bagaimana proses penerapan marketing communication agar mendapat hasil yang efektif dan efisien.

Proses penerapan marketing communication pada dasarnya seperti proses komunikasi secara umum. Ada beberapa elemen penting dalam proses komunikasi pemasaran, yaitu:

  • Sender: Pengirim pesan, yaitu perusahaan atau Anda sebagai pebisnis.
  • Receiver: Penerima pesan, yaitu audiens.
  • Message: Isi pesan pemasaran yang ingin disampaikan.
  • Encode: Proses penyampaian pesan oleh sender melalui media.
  • Decode: Proses penerimaan pesan oleh receiver.
  • Feedback: Respon yang diberikan oleh receiver terhadap isi pesan.
  • Noise: Hambatan yang mengganggu penyampaian pesan, seperti pesan kompetitor.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat isi pesan atau message yang tepat untuk produk dan brand. Pilih juga media apa yang akan digunakan dengan menyesuaikan pesan serta karakter audiens.

Proses komunikasi pemasaran terjadi ketika sender alias perusahaan menyampaikan isi pesan melalui media (encode). Dalam proses penyampaian pesan ini, Anda mungkin menghadapi berbagai hambatan atau noise. Misalnya adanya pesan kompetitor yang gencar, masalah pada media, dan lain sebagainya.

Receiver atau audiens kemudian menerima isi pesan (decode) dan membentuk pandangan terhadap apa yang Anda sampaikan. Setelah itu, receiver akan memberikan respon (feedback) yang bisa berbentuk positif atau negatif. Perlu diingat ketika audiens mengabaikan pesan Anda, itu juga bentuk respon dari mereka.

Agar mendapat feedback positif, pastikan Anda menerapkan strategi marketing communication yang tepat. Percayakan perencanaan hingga penerapan strategi pemasaran yang tepat di ranah digital pada BigEvo, Jasa Advertising Jakarta.



Share:



Cara Memasarkan Bisnis Bagi UMKM Melalui Strategi Digital
Simak apa saja manfaat dan bagaimana cara memasarkan bisnis bagi UMKM di ranah digital dengan efektif, mulai dari penggunaan web sampai media sosial. ...
by Izza  |  25 Mar 2024
7 Strategi Promosi Bisnis Kuliner UMKM
Simak bagaimana peranan penting promosi dalam bisnis kuliner UMKM dan strategi apa saja yang dapat diterapkan, termasuk penggunaan media sosial.   ...
by Izza  |  20 Feb 2024
TikTok Shop: Cara Berjualan, Jenis Iklan, dan Tips Jualan Agar Laku
Pahami bagaimana cara berjualan di TikTok Shop, apa saja jenis-jenis iklan yang bisa digunakan, dan tips agar produk yang dijual laku. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
    Whatsapp BigEvo