Pentingnya Jasa Social Media Marketing Indonesia untuk Bisnis di Era Digital

jasa social media marketing indonesia

Jasa social media marketing Indonesia dapat membantu untuk mencapai tujuan-tujuan bisnis Anda. Sekarang ini sebagian besar orang terhubung dengan internet dan menggunakan sosial media.

Terbilang lebih dari 3 miliar penggunanya di dunia, yang menunjukkan betapa besar dan luasnya jangkauan sosial media. Hal ini pun tak luput dari perhatian para pebisnis, sehingga sosial media dimanfaatkan untuk meningkatkan usaha mereka.

Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai pentingnya social media marketing untuk meningkatkan bisnis Anda. Tak hanya itu, Anda juga akan mengetahui apa saja platform sosial media yang memiliki potensi bagus.

Simak selengkapnya pada pembahasan dibawah ini, ya!

Mengenal Social Media Marketing Indonesia

Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, perubahan demi perubahan pun banyak terjadi dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Salah satu aspek yang juga tak luput dari perubahan tersebut adalah ranah pemasaran atau promosi.

Dulu para pegiat bisnis melakukan promosi melalui metode-metode konvensional seperti pemasangan iklan di televisi, radio, atau billboard di jalan. Sekarang metode tersebut pun masih diterapkan, namun praktiknya bertambah dengan pemasaran secara online atau digital marketing.

Digital marketing sendiri memiliki banyak jenis yang memanfaatkan berbagai media online, salah satunya sosial media. Seperti yang telah diulas pada bagian sebelumnya, sosial media memiliki peluang besar untuk bisnis tumbuh dengan pesat. Hal inilah yang menjadikan social media marketing Indonesia menjadi sarana pemasaran yang terbilang efektif dan efisien. 

Social media marketing adalah proses pemasaran atau promosi yang dilakukan melalui berbagai platform sosial media. Metode pemasaran yang satu ini secara umum menitikberatkan pada pembuatan strategi dan konten yang menarik di sosial media.

Tak hanya itu, pemilihan platform yang tepat juga menjadi kunci dalam penerapan social media marketing. Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai jenis-jenis platform sosial media yang tepat akan diulas pada bagian berikutnya.

Baca juga: Social Media: Pengertian dan Contoh Campaign untuk Pemasaran

Pentingnya Penerapan Social Media Marketing

Pemasaran melalui sosial media merupakan salah satu metode promosi yang penting untuk bisnis. Berikut beberapa manfaat social media marketing yang bisa Anda dapat dari penerapan social media marketing yang tepat.

Meningkatkan Brand Awareness dan Engagement

Penerapan social media marketing Indonesia dapat meningkatkan brand awareness, yaitu produk atau bisnis Anda dikenali oleh target pasar. Hal ini cocok untuk Anda yang memiliki bisnis baru, atau produk baru yang ingin dikenalkan pada publik.

Selain itu, social media marketing juga dapat meningkatkan brand engagement atau keterlibatan audience. Dengan konten dan strategi social media marketing yang tepat, Anda bisa menjangkau lebih banyak orang, tentunya pengguna media sosial. 

Keterlibatan atau engagement dapat meningkatkan interaksi dan komunikasi dengan target pasar Anda. Hal ini tentunya akan berdampak juga pada peningkatan bisnis, misalnya dengan bertambahnya pelanggan dan angka penjualan.

Mengetahui Respon Terhadap Produk

Melakukan social media marketing memungkinkan Anda mengetahui bagaimana respon atau feedback customer terhadap produk yang dipromosikan. Feedback ini dapat membantu Anda memperbaiki fitur yang bermasalah atau meningkatkan pelayanan.

Anda bisa mengetahui feedback dari pelanggan melalui interaksi yang terjalin di sosial media bisnis. Misalnya dari berapa banyak jumlah like pada sebuah konten, bagaimana komentar audience mengenai produk tertentu, dan lain sebagainya.

Mengetahui dan Mempelajari Strategi Kompetitor

Melalui sosial media, Anda dapat mengetahui dan mempelajari bagaimana strategi promosi yang dilakukan kompetitor. Hal ini bisa menjadi bahan analisa saat Anda akan membuat strategi dan konten yang tepat.

Pilihan Platform Social Media untuk Bisnis

Seperti yang telah diulas sebelumnya, ada berbagai platform sosial media yang dapat Anda manfaatkan untuk bisnis. Berikut beberapa platform yang bisa Anda gunakan untuk menerapkan social media marketing.

Facebook

Anda tentu sudah familiar dengan platform yang satu ini. Sudah ada lebih dari 10 tahun, Facebook merupakan salah satu sosial media dengan pengguna terbanyak di dunia. Platform ini cocok Anda manfaatkan untuk meningkatkan brand awareness dan pemasangan iklan melalui Facebook Ads.

Instagram

Platform social media marketing Indonesia yang selanjutnya adalah Instagram. Masih satu lini dengan Facebook, Instagram menjadi platform yang bisa Anda gunakan untuk promosi produk. Terutama jika bisnis atau brand Anda ingin meluncurkan katalog produk dengan visual yang menarik.

TikTok

Meski terbilang baru, TikTok menjadi platform sosial media yang memiliki potensi cukup signifikan. Tak sedikit produk dan brand yang menjadi viral melalui sosial media yang satu ini. Platform TikTok cocok untuk Anda yang memiliki target pasar anak-anak muda, terutama GenZ.

Twitter

Selanjutnya ada Twitter, yang sempat meredup dan kembali ramai beberapa waktu belakangan ini. Berbeda dengan platform-platform sebelumnya yang mayoritas bentuknya konten foto dan video, Twitter lebih berfokus pada sharing ide dan pemikiran. 

Anda dapat memanfaatkan platform ini sebagai sarana interaksi dan layanan pelanggan untuk meningkatkan nilai brand. Tak hanya itu, Anda juga bisa memasang iklan produk atau bisnis pada Twitter Ads.

YouTube

Platform social media marketing Indonesia yang juga banyak digunakan dan terbilang populer adalah YouTube. Melalui YouTube, Anda bisa membagikan konten video yang menarik untuk meningkatkan bisnis. Jumlah pengguna yang banyak membuat Anda bisa memanfaatkan YouTube untuk mendapatkan brand awareness.

LinkedIn

Platform LinkedIn banyak dimanfaatkan oleh para pegiat bisnis sebagai sosial media profesional. Platform ini biasanya digunakan oleh organisasi atau perusahaan di bidang B2B (Business to Business). 

Namun seiring berjalannya waktu, ranah B2C (Business to Customer) juga membuat laman LinkedIn sebagai bentuk identitas profesional. Anda pun bisa mendapatkan berbagai informasi dan peluang bisnis yang menjanjikan melalui platform yang satu ini.

Pinterest

Platform sosial media terakhir yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis adalah Pinterest. Secara umum, karakter konten yang ada di Pinterest bersifat artistik dan berbentuk gambar atau ilustrasi yang menarik. Platform ini cocok untuk mempromosikan bisnis Anda secara visual, baik bisnis individu maupun brand.

Pilih Jasa Social Media Marketing Indonesia Terpercaya

Menerapkan strategi promosi dan pemasaran melalui sosial media memang merupakan sebuah upaya yang bagus, sekaligus menantang. Pembuatan konten yang menarik dan berkualitas pun menjadi salah satu aspek dasar dalam penerapan social media marketing.

Tak hanya itu, Anda juga perlu melakukan pengelolaan sosial media dengan tepat. Pembuatan dan pengelolaan sosial media untuk bisnis tidak bisa disamakan dengan penggunaan pribadi. Ada berbagai hal yang perlu menjadi pertimbangan dan analisa agar mendapatkan tujuan yang diinginkan.

Namun Anda tak perlu khawatir dan ragu untuk menerapkan social media marketing. Kini Anda dapat menyerahkan proses promosi dan pemasaran melalui sosial media melalui Digital Agency Jakarta BigEvo.

BigEvo telah berpengalaman dalam pembuatan strategi dan penerapan social media marketing yang tepat untuk bisnis. Dengan sepak terjang yang terpercaya, BigEvo siap membantu Anda mengembangkan bisnis melalui ranah digital.

Jadi, jangan ragu untuk mempercayakan pengembangan bisnis dan brand pada jasa social media marketing Indonesia BigEvo. Hubungi team@bigevo.com untuk informasi lebih lanjut dan tim profesional kami siap membantu Anda. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Pentingnya Jasa Social Media untuk UMKM dan Cara Memilihnya
Simak bagaimana peranan penting jasa social media untuk perkembangan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang dan cara memilih jasa yang tepat. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
Pentingnya Jasa Copywriting dan Pengaruhnya untuk Bisnis
Jasa copywriting adalah layanan profesional di bidang pemasaran yang menekankan seni dan keterampilan menulis untuk menciptakan teks persuasif.   ...
by Izza  |  27 Nov 2023
Media Sosial untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penggunaannya
Media sosial untuk bisnis memiliki peranan penting di era digital seperti sekarang, yang mana dapat mendorong perkembangan secara efektif dan efisien. ...
by Izza  |  20 Oct 2023
    Whatsapp BigEvo