Jasa SEO Bulanan dan Cara Kerjanya untuk Meningkatkan Bisnis

Jasa SEO bulanan

Jasa SEO bulanan dapat membantu untuk meningkatkan bisnis Anda melalui ranah website. Penggunaan website di era sekarang ini memang sudah menjadi kebutuhan bagi bisnis atau brand. Website dapat menjadi identitas bisnis Anda, sekaligus sarana meningkatkan angka penjualan.

Website juga bisa menjadi tools untuk membangun brand awareness dan membuat bisnis Anda lebih dikenali oleh banyak orang. Pada zaman seperti sekarang ini, orang biasanya langsung mencari di internet jika ingin tahu tentang sebuah brand atau produk.

Karena itu, website memiliki peranan yang sangat penting untuk perkembangan bisnis Anda. Jangan sampai Anda kehilangan peluang peluang hanya karena tidak memiliki website resmi bisnis atau brand.

Lalu, dimana peran SEO untuk website dan bisnis secara keseluruhan? Bagaimana cara kerja SEO sehingga dapat mengoptimasi website di mesin pencari? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, langsung saja simak pembahasan berikut ini, ya!

BACA JUGA: PENGERTIAN SEO DAN CARA KERJANYA DALAM DIGITAL MARKETING

Memahami Pentingnya SEO untuk Bisnis

Seperti yang telah dibahas pada bagian sebelumnya, website dapat berperan untuk perkembangan bisnis Anda. Namun memiliki website saja tidak cukup jika tidak Anda barengi dengan upaya-upaya optimasi. Optimasi ini bertujuan agar website Anda mudah ditemukan dan menarik banyak pengunjung.

Proses optimasi website melalui mesin pencari disebut dengan SEO atau Search Engine Optimization. Ada cara kerja dan teknik tertentu pada SEO yang membuat peringkat website Anda naik pada mesin pencari seperti Google.

Ketika website Anda memiliki peringkat yang bagus di mesin pencari, ini berarti peluang untuk target audience mengunjungi website semakin besar. Apalagi jika website Anda berhasil menduduki halaman pertama di mesin pencari, maka peluangnya bisa lebih besar lagi.

Hal inilah yang membuat jasa SEO bulanan banyak dicari oleh para pebisnis. SEO memiliki pengaruh secara signifikan untuk meningkatkan performa website Anda. Performa website pun bisa mempengaruhi perkembangan bisnis atau brand Anda secara keseluruhan.

Dengan menerapkan praktik SEO secara tepat, Anda bisa mendapatkan traffic organik untuk peningkatan peringkat website. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan konversi yang positif dari pengunjung. Misalnya dengan bertambahnya orang yang berlangganan dengan newsletter atau meningkatnya penjualan produk melalui website.

Cara Kerja Jasa SEO Bulanan pada Website

Untuk lebih memahami peranan SEO, Anda perlu mengetahui bagaimana cara kerjanya. SEO sendiri dapat Anda terapkan pada berbagai mesin pencari, namun yang paling populer adalah Google SEO. Alasannya sederhana, Google memiliki pengguna yang paling banyak jika dibanding mesin pencari lainnya.

Secara garis besar, berikut cara kerja SEO pada website Anda.

Crawling

Tahap pertama dalam cara kerja SEO adalah crawling. Crawling adalah proses dimana mesin pencari mengumpulkan semua informasi setelah pengguna mengetik di kolom search. Pengumpulan informasi ini menjaring semua website yang ada, termasuk website Anda.

Proses crawling diibaratkan seperti laba-laba yang merayap pada seluruh permukaan dan sudut dinding. Apa artinya? Ini berarti mesin pencari mengumpulkan data secara menyeluruh dan detail pada setiap website.

Indexing

Tahap selanjutnya adalah indexing, yaitu proses identifikasi informasi berdasarkan keyword. Mesin pencari akan menelaah dan menyortir informasi yang ada pada konten di website. Yang akan diidentifikasi adalah kata atau kalimat yang mengandung keyword sesuai yang pengguna cari.

Hal inilah yang membuat jasa SEO bulanan melakukan optimasi berdasarkan keyword atau kata kunci. Keyword memang memegang peranan yang penting dalam praktik SEO untuk optimasi website Anda.

Processing

Setelah tahap indexing, mesin pencari selanjutnya akan melakukan processing. Processing adalah proses dimana mesin pencari membandingkan website mana yang melakukan optimasi paling tepat. Optimasi website tersebut akan dibandingkan dengan informasi atau keyword yang diketik oleh pengguna.

Calculating Relevancy

Tahap ini masih berhubungan dengan tahap yang selanjutnya. Setelah melakukan processing data, mesin pencari akan melakukan perhitungan relevansi atau calculating relevancy. Mesin pencari akan menghitung relevansi atau keterkaitan antara keyword dengan konten pada website.

Pada tahap inilah mesin pencari akan menilai dan mengurutkan mana website yang memiliki relevansi tinggi, mana yang relevansinya rendah. Lagi-lagi keyword dan tools SEO lainnya sangat berpengaruh dalam perhitungan relevansi pada website Anda.

Retrieving Result

Tahap terakhir adalah penyajian hasil atau retrieving result. Mesin pencari akan menyajikan data berupa data urut website yang memiliki relevansi tinggi sampai rendah. Menggunakan jasa SEO organik bisa mendorong agar website Anda memiliki relevansi dan peringkat yang baik pada mesin pencari.

Meskipun diuraikan menjadi beberapa tahap, perlu Anda ketahui bahwa proses ini berjalan dengan sangat cepat. Anda pasti sudah mengalami sendiri bagaimana proses pencarian di Google yang hanya memakan beberapa detik.

Namun untuk mendapatkan hasil pencarian yang maksimal, praktik SEO harus diterapkan dengan sebaik mungkin. Jangan lupa untuk memperhatikan faktor-faktor SEO yang dapat membuat website Anda teroptimasi dengan maksimal. Pembahasan lebih lanjut mengenai faktor tersebut akan diulas pada bagian selanjutnya.

Faktor SEO Ranking untuk Website

Bukan hanya mengetahui agensi yang tepat dan harga jasa SEO, memahami apa saja faktor yang mempengaruhi peringkat website pun penting. Berikut beberapa faktor yang dapat mendongkrak ranking atau peringkat website Anda pada mesin pencari.

Relevancy

Faktor pertama adalah relevancy, yaitu keterkaitan atau relevansi konten website Anda dengan informasi yang dibutuhkan audience. Keterkaitan ini bisa Anda lihat dari keyword yang mereka cari, seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Selain keyword, relevancy juga bisa didapat dari topik konten yang Anda buat di website. Struktur URL dan meta tag pun menjadi faktor yang dapat mempengaruhi relevancy website Anda.

Authority

Faktor selanjutnya adalah authority, yaitu tingkat kredibilitas website dan konten Anda. Jasa SEO bulanan memaksimalkan faktor ini melalui domain, backlink, keamanan website, web spam, dan lain sebagainya. Semakin tinggi tingkat authority website Anda, semakin besar peluang website menduduki peringkat yang bagus.

Value

Selanjutnya ada value, yaitu kualitas konten yang Anda buat pada website. Kualitas ini juga mencakup manfaat yang dapat Anda berikan melalui konten tersebut. Untuk meningkatkan value, Anda perlu memahami search intent atau tujuan pengguna saat mencari suatu topik atau keyword.

User Experience

Faktor terakhir adalah user experience, dimana pengalaman pengunjung saat berinteraksi di website Anda turut mempengaruhi ranking SEO. Untuk memaksimalkan user experience, Anda perlu memperhatikan aspek desain dan struktur, optimasi gambar, serta kecepatan website.

Pilih Jasa SEO Bulanan yang Kompeten dan Terpercaya

Setelah memahami bagaimana cara kerja SEO, tentu Anda tidak ragu lagi untuk menerapkan praktiknya pada website. Dan untuk hasil yang lebih optimal, diperlukan pengetahuan yang lebih mendalam dan keahlian yang mumpuni seputar SEO.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Serahkan proses optimasi website melalui praktik SEO bersama Agensi Digital BigEvo. BigEvo siap membantu proses optimasi website Anda sehingga bisa meraih tujuan bisnis yang diinginkan.

Bersama BigEvo, Anda juga dapat menerapkan strategi digital lainnya yang tepat untuk mengembangkan bisnis atau brand. Seperti Website Development, Social Media Management, Programmatic Marketing, KOL Marketing, dan masih banyak lagi.

Segera kembangkan bisnis Anda melalui jasa SEO bulanan dan strategi digital lainnya bersama BigEvo. Hubungi tim profesional kami di team@bigevo.com untuk diskusi lebih lanjut mengenai kebutuhan bisnis Anda. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Pentingnya Menggunakan Jasa SEO dan 5 Jenis Layanan untuk Optimalkan Performa Website
                                        Jasa SEO yang kredibel akan menerapkan teknik SEO secara tepat dalam mendongkrak performa ...
by Izza  |  07 Aug 2023
Organic Traffic: Pengertian dan Cara Meningkatkannya
Organic traffic merupakan salah satu istilah yang lekat dengan dunia digital marketing, terutama jika membahas website. Pembahasan ini akan mengulas t ...
by Izza  |  26 Dec 2022
Keyword Density: Pengertian, Jumlah yang Ideal, dan Cara Menerapkannya
Karena keyword density berbicara tentang kepadatan kata kunci yang digunakan, Anda tentu ingin tahu berapa banyak jumlah yang tepat. Berapa keyword ya ...
by Izza  |  22 Dec 2022
    Whatsapp BigEvo