Jasa Influencer Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Profesional

jasa influencer marketing

Penggunaan jasa influencer menjadi salah satu kebutuhan yang diperlukan oleh bisnis dewasa ini. Di era internet dan media sosial seperti sekarang, keberadaan influencer memang memberikan efek yang cukup besar. 

Hal ini tentu saja dapat Anda manfaatkan untuk pemasaran brand dan mengembangkan bisnis. Menggunakan influencer bisa membantu bisnis atau brand Anda lebih dikenal target market. Tak hanya itu, Anda juga bisa meningkatkan angka penjualan melalui strategi yang satu ini.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan jasa influencer marketing, ada baiknya untuk memahami apa itu influencer dan bagaimana cara kerjanya terlebih dahulu. Influencer sendiri memiliki beberapa jenis yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan brand.

Pembahasan kali ini akan mengulas lebih lanjut mengenai influencer berikut dengan jenis-jenis dan manfaatnya. Simak selengkapnya dibawah ini, ya!

Jasa Influencer dan Peran Kerjanya

Pemasaran menggunakan influencer atau influencer marketing adalah bentuk pemasaran digital yang sangat efektif yang menggunakan influencer untuk mempromosikan produk dan layanan. Influencer sendiri merupakan individu yang memiliki banyak pengikut di media sosial. 

Influencer biasanya dibayar untuk posting atau konten video mereka secara online, tetapi mereka juga dapat dibayar untuk jenis pekerjaan lain seperti penempatan produk dan pekerjaan hubungan masyarakat. Anda dapat menggunakan influencer untuk membantu menyebarkan informasi tentang produk atau bisnis.

Influencer memiliki pengikut media sosial yang besar dan mampu mempengaruhi keputusan pembelian pengikutnya. Rata-rata influencer memiliki kekuatan untuk menjangkau audiens mereka dengan cara yang tidak dilakukan pemasaran tradisional, terutama di industri atau niche mereka. Hal ini karena kemampuan mereka untuk membuat konten yang menarik bagi pengikut mereka dan membagikannya di media sosial.

Anda dapat menemukan influencer yang aktif di berbagai platform digital. Mereka bisa menjadi blogger, vloggers, Instagrammers, bintang YouTube atau orang lain dengan platform online.

Influencer tidak hanya populer di kalangan konsumen tetapi juga di kalangan bisnis. Mereka biasanya yang memiliki banyak pengikut di platform media sosial dan dapat digunakan untuk membuat buzz tentang suatu produk atau merek.

Di zaman sekarang ini, penting bagi merek untuk memiliki influencer di sisi mereka karena mereka menggunakannya sebagai duta untuk produk dan layanan mereka. Misalnya, influencer dapat membagikan konten tentang produk atau layanan baru dan membuat orang bersemangat sebelum tanggal rilisnya.

Jasa influencer marketing adalah perusahaan yang menggunakan influencer media sosial untuk terlibat dengan audiens mereka. Layanan ini menyediakan tools, seperti pembuatan konten dan promosi, untuk membantu memaksimalkan jangkauan mereka.

Ada berbagai perusahaan yang menyediakan layanan untuk influencer. Beberapa di antaranya lebih profesional daripada yang lain. Misalnya, beberapa perusahaan akan menawarkan bantuan pemasaran dan layanan pembuatan konten sementara yang lain hanya akan menyediakan ruang iklan di media sosial.

Mengenal Jenis-jenis Influencer

Banyak perusahaan menggunakan influencer untuk menghasilkan konten untuk merek atau produk mereka. Dalam hal ini, perusahaan membayar influencer biaya untuk memposting tentang produk atau layanan di saluran media sosial mereka dengan tujuan untuk membangkitkan kesadaran dan mendapatkan pengikut.

Saat hendak menggunakan jasa influencer Instagram dan media sosial lainnya, Anda perlu mengetahui apa saja jenisnya. Berikut jenis-jenis influencer berdasarkan jumlah pengikut yang mereka miliki di media sosial.

Mega Influencer

Yang pertama ada mega influencer, yaitu influencer yang memiliki pengikut lebih dari 1 juta di media sosialnya. Biasanya mega influencer adalah public figure yang memang sudah dikenal oleh banyak orang, seperti selebriti atau orang berpengaruh lainnya.

Kekurangannya adalah mega influencer tidak menguasai niche tertentu dan biasanya berfokus pada kehidupan sehari-harinya. Harga atau tarifnya juga bisa lebih mahal dibanding influencer lainnya. 

Macro Influencer

Selanjutnya ada macro influencer, yaitu influencer yang memiliki pengikut dalam rentang 100.000 sampai 1 juta. Para pengikut macro influencer biasanya memiliki minat dan karakter yang beragam. Penggunaan macro influencer dapat Anda gunakan jika bertujuan untuk membangun dan meningkatkan brand awareness

Macro influencer lebih mudah diakses dibanding mega, dengan harga yang bisa lebih dikontrol juga. Namun engagement dengan pengikutnya mungkin tidak terlalu kuat.

Micro Influencer

Jenis yang selanjutnya adalah micro influencer, yaitu influencer dengan pengikut sekitar 10.000 sampai 100.000 orang di media sosial. Bagi Anda yang ingin menyasar niche tertentu, penggunaan micro influencer merupakan pilihan yang tepat.

Micro influencer biasanya seorang expert di bidangnya, seperti kecantikan, kesehatan, traveling, kuliner, dan lain sebagainya. Konten yang dibuat oleh micro influencer juga lebih memiliki engagement yang tinggi, sehingga tak heran kalau mereka dipercaya oleh para pengikutnya.

Nano Influencer

Yang terakhir adalah nano influencer, yaitu influencer dengan pengikut 1.000 sampai 10.000 orang. Meski terbilang kecil, nano influencer dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membangun engagement secara personal. Tak hanya itu, dari segi biaya tentu saja lebih terjangkau dibanding influencer lainnya.

Nano influencer justru dapat membuat jangkauan bisnis Anda lebih tepat sasaran. Apalagi biasanya nano influencer tergabung dalam komunitas pada niche atau topik tertentu. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk menyasar langsung target market dengan lebih intim dan personal.

Manfaat Jasa Influencer untuk Bisnis

Influencer marketing adalah cara yang bagus untuk membuat merek Anda diperhatikan oleh orang-orang yang memiliki pengaruh di niche pasar pilihan Anda. Ini membantu Anda mendapatkan lebih banyak eksposur, prospek, dan penjualan. Lalu pada akhirnya membuat Anda lebih dekat untuk mencapai tujuan Anda sebagai pemilik bisnis atau pengusaha.

Untuk bisnis, influencer adalah cara yang bagus untuk memasarkan produk dan layanan Anda. Mereka dapat membangkitkan kesadaran untuk merek dan membantu Anda menyebarkan pesan brand atau bisnis.

Berikut beberapa manfaat dari penggunaan jasa influencer Instagram dan media sosial lainya untuk bisnis Anda:

  • Menumbuhkan audience untuk bisnis Anda.
  • Membangun dan meningkatkan brand awareness.
  • Meningkatkan jangkauan bisnis atau brand.
  • Memperluas jejak perusahaan di pasar secara luas.
  • Membangun kredibilitas brand atau bisnis Anda.

Pilih Jasa Influencer yang Tepat untuk Bisnis

Setelah mengetahui bagaimana peranan dan manfaat influencer, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakannya untuk perkembangan bisnis. Namun perlu Anda ketahui bahwa dalam menerapkan influencer marketing, ada strategi dan hal-hal penting lainnya yang perlu diperhatikan.

Mulai dari pemilihan influencer yang tepat sampai perencanaan konten yang efektif untuk perkembangan bisnis Anda. Jika Anda melakukan hal-hal tersebut tanpa perencanaan dan analisis yang matang, maka penggunaan influencer bisa menjadi sebuah upaya yang sia-sia belaka.

Agar mendapatkan hasil yang efektif, efisien, dan tentunya optimal, sebaiknya Anda mengandalkan agensi dengan jasa influencer Instagram yang kompeten dan terpercaya. BigEvo Digital Marketing Agency merupakan pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pemasaran digital bagi bisnis atau brand Anda.

Melalui BigEvo, Anda dapat mempercayakan strategi campaign digital marketing yang tepat bagi bisnis. Penggunaan influencer yang sesuai juga menjadi salah satu elemen yang dapat Anda maksimalkan.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan tools digital marketing lainnya yang efektif untuk mengembangkan bisnis. Seperti pengelolaan media sosial atau Social Media Management, Digital Advertising, Web Development, dan masih banyak lagi.

Segera kembangkan bisnis atau brand Anda melalui jasa influencer dan alat digital marketing lainnya bersama BigEvo. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kebutuhan bisnis Anda, hubungi tim profesional kami di team@bigevo.com. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Pentingnya Jasa Social Media untuk UMKM dan Cara Memilihnya
Simak bagaimana peranan penting jasa social media untuk perkembangan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang dan cara memilih jasa yang tepat. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
Pentingnya Jasa Copywriting dan Pengaruhnya untuk Bisnis
Jasa copywriting adalah layanan profesional di bidang pemasaran yang menekankan seni dan keterampilan menulis untuk menciptakan teks persuasif.   ...
by Izza  |  27 Nov 2023
Media Sosial untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penggunaannya
Media sosial untuk bisnis memiliki peranan penting di era digital seperti sekarang, yang mana dapat mendorong perkembangan secara efektif dan efisien. ...
by Izza  |  20 Oct 2023
    Whatsapp BigEvo