Pengertian Campaign, Strategi & Tips Sukses Penerapannya

campaign

Dalam dunia bisnis tentu ada langkah dan strukturnya tersendiri. Salah satunya adalah campaign, apa itu campaign? Ingin tahu lebih lanjut tentang campaign dan tips sukses campaign dalam dunia digital marketing? Simak artikel ini sampai habis.

Pengertian Campaign Dan Penjelasannya

Campaign adalah upaya memperkenalkan dan mempromosikan produk dan layanan jasa ke konsumen maupun masyarakat memakai berbagai media. Mulai dari koran, media sosial, radio, iklan televisi, bahkan bentuk iklan di billboard jalan besar. Campaign ini membutuhkan perencanaan dan proses eksekusi matang agar bisa berjalan secara maksimal.

Campaign ini mempunyai tujuan tidak bisa diabaikan, biaya disebut dengan Attention, Desire, Action, dan AIDA. Secara praktis dan sederhana, AIDA berfungsi menjangkau perhatian dari masyarakat, memancing penasaran, memicu hasrat produk, serta pada akhirnya akan melakukan pembelian terhadap produk dan layanan tersebut.

Strategi Campaign

Agara maksimal dan proses lancar dalam dunia bisnis, perlunya melakukan dan memulai campaign dengan baik dan benar. Strategi campaign adalah cara untuk melakukan keberhasilan dalam pelayanan atau jasa. Berikut strategi dan langkah praktis untuk Anda, agar sukses dalam memulai campaign.

Memastikan Tujuan Dari Campaign Yang Ingin Dibuat

Langkah pertama sebelum memulai campaign, yakni harus tahu benar apa yang dikejar dalam campaign. Jadi sebelum terjun menuju eksekusi, sudah harus mempunyai arahan jelas terkait campaign.

Diawali Dengan Riset

Lakukan riset secara jelas dan social listening untuk mengetahui target market atau pasar. Adanya pengetahuan kondisi dan situasi market, akan memudahkan dalam mengupayakan melakukan semua perencanaan campaign. Hal ini tentu akan membuat campaign lebih lancar dan sukses.

Lakukan Secara Konsisten Dan Berkala

Strategi ketiga dalam memulai campaign yakni dilakukan secara berkala dan konsisten. Konsistensi merupakan peran penting dan dasar dalam hal dunia bisnis. Begitu pula jika ingin membuat campaign, konsistensi harus ada dan diterapkan. Ketika campaign pertama tidak berhasil, maka segera lakukan evaluasi dan gencarkan campaign selanjutnya. Sama mendapatkan titik momentum tepat, menarik perhatian dari masyarakat luas agar melirik produk juga layanan.

Manfaat Campaign

Setelah tahu pengertian campaign dan strategi memulainya, selanjutnya perlu mengetahui apa saja manfaat dari campaign. Jika ingin bisnis makin cepat berkembang, strategi campaign penting untuk dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas. Maka dari itu, akan mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan. Nah berikut manfaat dan keuntungan dari campaign sebagai berikut.

Meningkatkan Upaya Penjualan

Manfaat campaign pertama yakni meningkatkan penjualan. Di titik ini, bisnis sudah tidak boleh ada kesalahan lagi terkait produk yang ingin ditawarkan. Produk ada layanan digencarkan di dalam campaign, harus sudah siap dibeli dan digunakan oleh konsumen abrau.

Mengaktifkan Brand Awareness

Manfaat campaign kedua adalah mengaktifkan brand awareness atau merk produk. Sederhananya, ketika merk sudah makin dikenal id masyarakat luas, maka otomatis calon konsumen akan terbentuk. Karena akan bermunculan konsumen-konsumen baru siap untuk menggunakan produk atau layanan merek bisnis.

Mendatangkan Peluang dan Kesempatan

Manfaat ketiga yakni mendatangkan peluang dan kesempatan. Ketika brand awareness berhasil dengan mengecek campaign, maka selanjutnya yakni peluang dan kesempatan peluang akan melimpah. Makanya sebelum memulai eksekusi campaign, pastikan telah merencanakan dan membuat materi campaignnya terlebih dahulu.

Tips Sukses Campaign Digital

Campaign adalah sebuah strategi atau upaya dalam tahap pemasaran. Maka dari itu, agar makin sukses dan lancar gunakan tips dan cara benar. Berikut tips dan cara-cara dalam membuat campaign sukses.

Kenali Target Audiens Bisnis

Cara dan tips pertama agar campaign sukses yakni mengenai target audience dalam bisnis yang dipegang. Mengenali target audience merupakan langkah dasar dalam membuat campaign sukses. Hal ini tujuannya agar campaign lebih tepat sasaran dan tidak sia-sia. Selain itu, dengan mengetahui target pasar juga akan mempermudah dalam menyusun strategi campaign sehingga akan mencapai tujuan campaign.

Buat Konten Menarik Mungkin

Konten juga menjadi kunci dasar keberhasilan dalam melakukan campaign. Maka dari itu harus mampu menghasilkan konten menarik dan unik untuk memikat audiens agar menggunakan produk dan jasa tersebut. Content marketer bagus adalah mempunyai konten sesuai dengan kriteria audiencenya.

Tampilan Visual Iklan Harus Konsisten

Setelah membuat konten menarik, tahap ketiga yakni mendesain tampilan iklan campaign. Hal terpenting perlu diperhatikan ketika mendesain campaign harus konsisten. Tampilan visual tidak hanya sebatas logo saja, melainkan juga termasuk font, warna, dan gaya photography menjadi ciri khas produk dan layanan jasa. Bukan hanya konsisten saja, tampilan visual iklan juga harus menarik dan unik sesuai kriteria audience.

Pastikan Iklan Terintegrasi

Dalam memastikan ikan terienetagrai perlu menggunakan CTA (Call To Action). CTA mempunyai suatu action berhubungan dengan iklan dan bisa mengarahkan audiens ke tujuan akhir campaign. Misalnya mengarah ke website atau produk. CTA ini sebaiknya berupa button ya.

Review Hasil Campaign

Setelah melakukan campaign, hal penting lainnya yakni melakukan review hasil campaign. Review ini dijadikan tolok ukur campaign selanjutnya. Hasil review campaign akan membuat terhindar dari kesalahan yang mungkin dilakukan campaign sebelumnya.

Jadi, sekali lagi, campaign adalah strategi penting yang bisa dilakukan didalam memasarkan suatu produk bisnis dan meningkatkan penjualan. BigEvo sebagai digital marketing agency terbaik siap membantu Anda yang ingin meningkatkan penjualan melalui campaign digital. Hubungi kami untuk info lebih lanjut.



Share:



Transformasi Digital dalam Bisnis: Definisi, Fungsi, dan Pilarnya
Transformasi digital adalah proses di mana perusahaan atau organisasi mengadopsi teknologi digital & mengintegrasikannya ke dalam semua aspek bisnis. ...
by Izza  |  11 Jun 2024
Personalisasi Konten: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Tips yang Efektif
Personalisasi konten (content personalization) adalah strategi menyesuaikan konten agar lebih relevan dan bermakna bagi audiens yang disasar. ...
by Izza  |  07 Jun 2024
Digital Branding: Pengertian, Manfaat, Elemen, dan Perbedaan dengan Digital Marketing
Digital branding adalah proses membangun dan mengelola citra merek atau brand secara online melalui berbagai platform digital. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  07 Jun 2024
    Whatsapp BigEvo