Jasa Design Website dan Elemen Penting Pembuatannya

jasa design website

Penggunaan jasa design website dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin memaksimalkan tampilan dan performa web. Website sendiri merupakan salah satu tools yang penting dalam proses pemasaran digital atau digital marketing. Agar pemasaran memberikan hasil yang maksimal, tentunya pembuatan dan pengelolaan website pun harus bagus.

Seperti halnya ketika Anda memiliki kantor atau toko yang mencakup berbagai isi bisnis. Anda tentu perlu menata kantor atau toko tersebut agar enak dipandang dan membuat orang tak segan untuk bertandang. Mulai dari penataan furnitur, produk yang dijual, kebersihan lingkungan, dan lain sebagainya.

Memiliki website untuk bisnis tidak jauh berbeda dengan memiliki kantor atau toko tersebut. Anda perlu mengelola website agar terlihat rapi dan menarik banyak pengunjung. Setelah itu, pastikan pengunjung betah berlama-lama bahkan melakukan pembelian melalui website Anda.

Untuk penataan dan pengelolaan tersebut, web design memegang peranan inti. Pembahasan kali ini akan mengulas lebih lanjut tentang design web dan elemen apa saja yang harus ada di dalamnya.

Langsung saja simak selengkapnya dibawah ini, ya!

Apa Itu Jasa Design Website?

Di era informasi dan teknologi seperti sekarang ini, hampir semua bisnis atau brand memiliki websitenya sendiri. Website menjadi layaknya wajah bagi bisnis, sekaligus sarana menyampaikan informasi bagi khalayak. Namun tidak bisa asal punya website dan merasa sudah cukup tanpa melakukan proses design website yang tepat.

Secara mendasar, design website adalah proses mendesain tampilan website beserta konten-konten di dalamnya. Proses ini dilakukan dengan mengelola dan menata aspek-aspek yang mempengaruhi tampilan website. Web design bertujuan agar website memiliki tampilan yang rapi, menarik, dan mudah digunakan atau diakses oleh pengunjung.

Kemudahan akses ini berhubungan erat dengan aspek user friendly yang harus dimiliki website Anda. User friendly berarti pengunjung yang datang mudah mencari informasi dan melihat berbagai fitur yang ada di website. Aspek ini juga harus diterapkan untuk akses melalui ponsel, yang dikenal juga dengan sebutan mobile friendly.

Untuk memiliki website dengan tampilan bagus dan user friendly, Anda dapat mengandalkan jasa design website. Anda bisa menemukan jasa tersebut pada agensi yang terpercaya dan berpengalaman dalam proses web design. Pastikan untuk melihat review atau testimoni dari klien yang telah bekerja sama dengan agensi yang akan Anda pilih.

Agar tidak ribet nantinya, sebaiknya Anda memilih agensi atau jasa yang juga menyediakan layanan seputar website secara keseluruhan. Mulai dari proses pembuatan website, jasa web design, sampai optimasi website setelah diluncurkan. Dengan begitu, Anda tidak perlu mencari jasa lain untuk mendapatkan performa web yang bagus dan maksimal.

Elemen Penting dalam Website Design

Proses web design merupakan rangkaian proses yang tidak sebentar dan membutuhkan keahlian yang handal. Namun sebaiknya Anda juga memahami apa saja elemen-elemen penting dalam proses design website tersebut. Dengan begitu, Anda bisa ikut menilai apakah website telah memiliki tampilan yang bagus atau belum.

Berikut beberapa elemen penting yang perlu ada dalam sebuah website.

Layout

Elemen pertama yang harus dimiliki website Anda adalah layout atau tata letak komponen-komponen yang bagus dan rapi. Membuat layout yang rapi akan memudahkan Anda dalam menyampaikan informasi seputar bisnis atau produk. Dengan layout yang tepat, pengunjung juga akan lebih mudah menemukan informasi yang dicarinya.

Pengaturan layout juga mencakup aspek keseimbangan tata letak secara keseluruhan, termasuk pemberian grid. Informasi yang lebih penting biasanya memiliki grid atau tempat yang lebih besar sehingga mudah ditemukan. Begitu juga dengan alur baca, dimana informasi penting biasanya diletakkan di bagian kiri atas website.

White Space

Elemen penting yang sering diterapkan oleh jasa design website selanjutnya adalah white space. White space adalah ruang kosong berwarna putih yang menjadi jarak antar komponen dan konten yang ada dalam website. Penggunaan white space ini bertujuan untuk memudahkan pengunjung dalam mencerna informasi yang tersaji.

Fungsi lain dari white space adalah menciptakan fokus untuk konten tertentu. Dengan adanya white space, pengunjung akan lebih berfokus pada teks, gambar, atau video. Hal ini karena white space dapat membuat objek tersebut terlihat lebih besar. 

Skema Warna

Elemen penting selanjutnya adalah pemilihan dan penggunaan skema warna yang tepat. Warna-warna yang digunakan di website sebaiknya mewakili identitas bisnis, perusahaan, atau brand Anda. Tak heran jika Anda akan melihat skema warna serupa pada sebuah website resmi milik perusahaan atau brand tertentu.

Selain itu, pemilihan skema warna yang menarik juga menjadi aspek penting dalam website. Terutama jika Anda banyak mencantumkan unsur grafis seperti gambar atau video yang berkaitan dengan produk atau layanan bisnis. Pilihan warna yang bagus bisa menarik pengunjung dan membuat mereka terdorong untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Pilihan Font

Selain pemilihan warna, pilihan font yang tepat juga menjadi elemen yang penting dalam mendesain sebuah website. Seperti warna, font yang digunakan untuk website sebaiknya merepresentasikan bisnis atau perusahaan. Font website menunjukkan bagaimana karakter web tersebut, yang dalam hal ini berarti menggambarkan bisnis atau brand Anda.

Desain Halaman

Elemen penting yang juga sering diterapkan oleh jasa web design adalah desain halaman. Website terdiri dari beberapa halaman yang dibuat sesuai dengan kebutuhan, seperti halaman produk, profil perusahaan, contact us, dan lain sebagainya. Pastikan desain halaman memuat informasi yang jelas dan tertata dengan rapi.

Desain Navigasi

Selain desain halaman, desain navigasi juga menjadi elemen yang penting pada website. Navigasi yang baik adalah yang memudahkan pengunjung dalam mencari informasi yang mereka cari. Karena itu, sebaiknya desain navigasi dibuat dengan sesimpel dan seringkas mungkin.

Desain Tombol

Satu lagi elemen desain yang penting dalam website adalah desain tombol, terutama tombol pencarian atau search. Tombol ini merupakan salah satu tombol yang banyak diklik oleh pengunjung, karena dapat memudahkan proses pencarian informasi. Jadi pastikan tombol di website Anda menggunakan desain yang simpel dan diletakkan pada bagian yang mudah ditemukan.

Percayakan pada Jasa Web Design yang Kompeten

Setelah mengetahui lebih jauh mengenai web design dan elemen-elemennya, tentu Anda paham kalau proses tersebut bukanlah hal yang mudah. Proses web design memerlukan keahlian yang mumpuni, terutama jika Anda ingin tampilan dan performa website yang maksimal. 

Namun jangan khawatir, Anda bisa mempercayakan proses desain website kepada BigEvo, Jasa Website Profesional. BigEvo telah berpengalaman dalam berbagai project digital marketing untuk meningkatkan bisnis atau brand. Dengan tim yang handal, BigEvo siap membantu Anda memiliki website yang diinginkan.

Anda juga tidak perlu repot lagi mencari jasa lain untuk proses pembuatan sampai optimasi website. BigEvo menyediakan layanan untuk website mulai dari proses pembuatan atau development sampai optimasi menggunakan praktik SEO. Jadi hanya dengan satu agensi, Anda bisa mendapatkan keseluruhan website untuk meningkatkan bisnis.

Bangun dan kembangkan website bisnis Anda bersama jasa design website di BigEvo. Anda juga bisa menerapkan strategi digital marketing lainya yang tepat untuk bisnis. Hubungi kami di team@bigevo.com untuk info lebih lanjut. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Jasa Pembuatan Website: Pengertian, Keuntungan, dan Layanan yang Ditawarkan
Jasa pembuatan website adalah layanan profesional untuk membuat dan mengembangkan suatu situs web. Temukan layanan yang tepat untuk Anda di sini. ...
by Izza  |  15 Nov 2023
Jasa Landing Page untuk Meningkatkan Leads Bisnis
Penggunaan jasa landing page memungkinkan Anda untuk mengumpulkan data pengunjung, terutama calon pelanggan potensial atau leads. Hal ini bisa Anda da ...
by Izza  |  23 Jun 2022
Jasa Design Website dan Elemen Penting Pembuatannya
Penggunaan jasa design website dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin memaksimalkan tampilan dan performa web. Website sendiri merupakan salah satu ...
by Izza  |  23 Jun 2022
    Whatsapp BigEvo