Influencer Marketing: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya Untuk Bisnis

apa itu influencer

Kali ini, kita akan membahas apa itu influencer. Dalam kata lain pengertian influencer adalah seseorang yang dapat mengubah cara berpikir orang lain. Perubahan ini juga berdampak pada aspek kehidupan. Dalam dunia marketing, influencer ini sering digunakan sebagai alat pemasaran, namun influencer ini juga aset yang dapat diajak untuk mencapai tujuan tertentu.

Sering kali suatu bisnis sulit membangun kepercayaan dengan konsumen, hal ini tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor . Karena masalah ini lah influencer menjadi sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis, influencer ini akan membantu menumbuhkan rasa kepercayaan konsumen pada suatu produk.

Sekarang ini dengan semakin berkembangnya teknologi pendefinisian apa itu influencer juga semakin banyak kelompoknya. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa jenis influencer yang harus Anda tahu.

Apa itu Influencer?

Dapat dijabarkan secara sederhana bahwa pengertian dari influencer adalah seseorang yang dapat memberikan banyak pengaruh kepada masyarakat. Umumnya, seseorang yang menjadi influencer ini berprofesi sebagai selebritis, blogger, youtuber, maupun seorang public figure lainnya. Semua profesi tersebut, biasanya memiliki jutaan pengikut atau followers di dunia maya. Sehingga akan mampu menjadi influencer karena memiliki pengaruh yang besar kepada audience.

Para influencer ini akhirnya akan memberikan pengaruh yang besar dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi trend setter baik dalam skala yang kecil, sampai dengan skala yang besar. Hal ini menjadikan para pebisnis menggandeng influencer untuk membantu mempromosikan produknya, agar mendapatkan pengaruh yang luar biasa.

Dengan semua alasan tersebut, akhirnya masyarakat menyebut para influencer ini sebagai influencer marketing.

Pengertian Influencer Marketing

Influencer marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang di dalamnya menggandeng seorang influencer untuk bekerja sama demi meningkatkan brand awareness di tengah masyarakat demi memberikan penjualan yang sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan.

Jenis Influencer yang Patut Anda Ketahui

Secara sederhana, jenis dari marketing influencer dapat dibedakan melalui jumlah followers para influencer. Terdapat beberapa jenis influencer, yang dibedakan sesuai dengan jumlah banyaknya pengikut di sosial media mereka.

1. Micro Influencer

Influencer micro adalah influencer yang memiliki 10.000 hingga 100.000 followers. Biasanya masyarakat akan lebih percaya dengan jenis influencer ini karena influencer ini memiliki kapabilitas dalam bidang tertentu.

Misalnya saja beauty expert dan health expert, selain itu mereka tidak memiliki banyak pengikut sehingga dapat menjalin hubungan baik dengan para pengikutnya. Selain itu biaya untuk menggunakan influencer jenis ni juga terbilang cukup terjangkau dan murah.

2. Macro Influencer

Influencer yang masuk kedalam jenis macro ini adalah mereka yang memiliki pengikut mulai dari 100.000 hingga 1 juta followers. Dengan jumlah pengikut yang banyak ini tentunya jangkauan pasar yang bisa diraih juga lebih luas, namun biaya yang dikeluarkan juga besar.

Dengan banyaknya jumlah followers, tentunya hubungan antara influencer dengan followersnya juga tidak kuat meskipun tetap ada. Dengan menggunakan jenis influencer ini brand akan mendapat keuntungan sekaligus kerugian.

3. Sosial Media Influencer

Apa itu influencer media sosial? Jenis influencer ini merupakan pembuat konten produk yang media sosial dengan memanfaatkan followers sebagai target audience. Biasanya mereka akan membuat konten yang menarik, berkualitas, menginspirasi, dan menghibur yang tentunya berisi informasi mengenai suatu brand.

Dalam jenis influencer ini banyaknya followers dan kreatifnya konten yang dibuat menjadi hal yang perlu diperhatikan. Hal ini bertujuan agar konten tersebut dapat mempengaruhi audiens tentang persepsinya pada suatu produk.

4. Selebgram

Jenis influencer yang berikutnya ini juga memanfaatkan jumlah followers sebagai target audiens mereka. Biasanya influencer ini akan membuat konten tertentu. Konten tersebut berisi dengan hal-hal mengenai produk yang akan dipromosikan dan biasanya diunggah lewat Instagram.

Konten yang mereka buat biasanya berupa video atau gambar, nantinya video tersebut akan memuat tentang produk yang ditawarkan. Dengan memanfaatkan selebgram untuk tempat mempromosikan produk tentunya ada banyak keuntungan yang akan didapatkan, salah satunya target pasar yang luas.

5. YouTuber

Jika kita menelaah lagi perihal apa itu influencer maka tidak bisa dipungkiri bahwa mereka akan eksis di salah satu media sosial. Salah satunya YoTtube. Biasanya suatu brand akan menggandeng YouTuber tertentu untuk mempromosikan barang mereka dengan membuat konten video.

Pastinya dalam dunia internet blog bukan menjadi salah satu media yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk atau brand. Karena pada kenyataannya video menjadi salah satu konten yang bisa menarik target audiens, makanya dengan memilih YouTuber ini merupakan hal yang tepat.

Biasanya sebuah brand akan menyuruh seorang YouTuber untuk membuat sebuah konten kreatif tentang produk mereka. Lalu YouTuber tersebut akan mengunduhnya melalui akun Youtube mereka, media pemasaran ini juga cukup efektif untuk digunakan.

6. Blogger

Apa itu influencer dan jenis promosi yang digunakan lainnya? Jenis influencer ini dinilai memiliki hubungan yang lebih kuat dengan penggemar mereka, mungkin istilah blogger ini sudah tidak asing di telinga kita. Memang banyak orang yang memanfaatkan blog sebagai media promosi brand mereka.

Biasanya jenis influencer ini bisa dengan mudah mempengaruhi audiens, misalnya seorang blogger mempromosikan produk maka audiensnya pasti akan tertarik dengan produk tersebut. Biasanya blogger ini memiliki kriteria masing-masing misalnya blogger yang mempunyai blog tentang perkembangan keuangan atau kesehatan.

Ada juga blog yang berisi tentang cara mengasuh anak, musik atau resep masakan, isi blog ini nantinya akan sesuai dengan tema dari brand tersebut. Biasanya para audiens akan mencari blog sesuai dengan kebutuhan mereka.

7. KOL Influencer

Merupakan jenis influencer dimana influencer tersebut memiliki credential di segmen tertentu atau biasanya adalah seorang praktisi. Biasanya seorang influencer KOL ini tidak aktif di media sosial, mereka lebih aktif di dunia nyata.

Influencer KOL ini biasanya digunakan untuk meningkatkan jumlah brand awareness, sehingga sangat efektif digunakan untuk mempromosikan suatu brand. Biasanya brand yang direkomndasikan oleh seorang KOL akan lebih dapat dipercaya oleh audiens sebagai sebuah pernyataan yang benar.

Perbedaan Influencer KOL & Buzzer

Apa itu influencer KOL dan buzzer? Meskipun keduanya ini memang sama-sama bergerak dalam bidang influencer bukan berarti keduanya memiliki kesamaan. Karena pada kenyataannya kedua jenis influencer ini memiliki perbedaan.

Perbedaan pertama adalah KOL biasanya tidak aktif dalam dunia sosial media mereka lebih aktif pada dunia nyata dan biasanya digunakan untuk meningkatkan brand awareness. Nah, buzzer sendiri merupakan influencer yang aktif di sosial media namun memiliki jumlah followers yang kecil.

Ketika KOL digunakan sebagai media untuk meningkatkan brand awareness maka buzzer ini biasanya digunakan untuk mentrendingkan sesuatu. Buzzer ini biasanya lebih cocok digunakan untuk media sosial seperti Twitter.

Cara Memilih Influencer untuk Promosi Bisnis

Tentunya dalam rangka mempromosikan dan mengembangkan brand lewat influencer kita tidak bisa melakukannya dengan sembarangan. Karena hal ini akan mempengaruhi pemasaran produk atau brand tersebut. Untuk itu perlu beberapa hal yang harus diperhatikan.

Strategi pemasaran menggunakan influencer ini memang dinilai akan memberikan dampak yang signifikan jadi harus benar-benar diperhatikan. Nah, berikut ini beberapa cara memilih apa itu influencer untuk promosi bisnis.

Memperhatikan Audiens

Tentunya saat Anda ingin memilih influencer pastikan pihak influencer tersebut memiliki audiens apakah sesuai dengan target pasar brand tersebut. Memperhatikan audiens ini sangat penting dilakukan karena sama saja Anda sedang memilih target pasar yang cocok dengan brand Anda.

Dengan memperhatikan audiens dalam influencer tersebut Anda dapat memastikan apakah audiens tersebut cocok dengan brand produk yang akan ditawarkan. Karena dalam sebuah pemasaran target pasar berperan penting dalam keberhasilan brand tersebut. Apa itu influencer salah satunya adalah seorang yang memasarkan produk dengan cara modern seperti sekarang ini.

Influencer dengan Reputasi yang Baik

Karena influencer ini berperan penting untuk mempengaruhi audiens agar tertarik dengan produk atau brand tertentu maka harus memiliki reputasi yang baik. Reputasi yang baik ini akan mempengaruhi kepercayaan pelanggan terhadap suatu brand yang mereka tawarkan.

Memperhatikan Kualitas Konten

Cara memilih apa itu influencer yang berikutnya adalah dengan memperhatikan kualitas konten yang mereka unggah, apakah konten tersebut baik atau asal-asalan. Karena nantinya konten ini akan digunakan untuk mempromosikan produk maka harus dibuat sebaik mungkin agar menarik konsumen.

Sesuaikan dengan Budget

Pastinya dalam memilih influencer Anda harus memastikan biaya yang dipatok mereka ini sesuai dengan budget Anda. Pastikan juga biaya tersebut sesuai dengan kualitas konten, jumlah followers hingga reputasi dari influencer tersebut.

6 Manfaat Influencer untuk Bisnis

Tentunya dengan semakin majunya teknologi akan semakin mempengaruhi berbagai hal dalam kehidupan salah satunya dunia bisnis. Dalam dunia bisnis influencer ini mengubah cara menjual barang dan membeli barang.

Dengan hal ini tentunya pemasaran produk pun juga ikut berubah, salah satunya dengan menggunakan influencer. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa manfaat influencer untuk bisnis yang harus Anda tahu.

Menjadikan Brand Menjadi Pusat Perhatian

Ketika Anda mempromosikan brand menggunakan influencer, maka otomatis influencer tersebut akan membantu produk Anda menjadi pusat perhatian. Biasanya para followers dari influencer tersebut akan tertarik dengan brand yang dipromosikan.

Meningkatkan Kepercayaan

Dengan menggunakan apa itu influencer ini dapat membuat para konsumen percaya dengan produk atau brand yang dipromosikan. Biasanya para influencer yang profesional akan membantu Anda menentukan tema konten yang cocok dengan brand yang akan dipromosikan.

Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Manfaat selanjutnya dari penggunaan influencer sebagai media bisnis adalah dengan luasnya target pasar, sehingga konsumen yang didapat juga semakin banyak. Karena biasanya seorang influencer dapat mencapai followers hingga ribuan.

Meningkatkan Brand Awareness

Apa itu influencer? Biasanya para audiens akan tertarik dengan produk atau brand yang digunakan dan dipromosikan oleh influencer idola mereka. Nah hal ini bisa digunakan untuk membuat orang bisa tertarik dengan produk Anda.

Semakin Dekat dengan Konsumen

Umumnya para konsumen akan mencari barang lewat internet, nah hal ini bisa dimanfaatkan untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen. Dengan begini konsumen akan tertarik dengan produk atau brand yang dipromosikan.

Tidak Membutuhkan Banyak

Biaya Biasanya seorang influencer tidak akan menawarkan harga yang lebih mahal dari influencer lainnya. Nah dengan ini Anda bisa memilih influencer yang sesuai dengan budget Anda.

Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Influencer Marketing

Pastinya kita sudah tahu bahwa influencer ini berperan penting dalam pengembangan bisnis kita, influencer digunakan sebagai sarana pemasaran produk. Dengan tujuan agar produk dikenal oleh banyak orang, nah sering ada pertanyaan kapan waktu yang tepat menggunakan influencer.

Sebenarnya influencer ini dibutuhkan hingga kapan pun karena berguna untuk mempromosikan produk, namun sebaiknya gunakan apa itu influencer saat awal pendirian bisnis. Hal ini bertujuan agar brand tersebut dikenal oleh banyak orang.



Share:



Pentingnya Jasa Social Media untuk UMKM dan Cara Memilihnya
Simak bagaimana peranan penting jasa social media untuk perkembangan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang dan cara memilih jasa yang tepat. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
Pentingnya Jasa Copywriting dan Pengaruhnya untuk Bisnis
Jasa copywriting adalah layanan profesional di bidang pemasaran yang menekankan seni dan keterampilan menulis untuk menciptakan teks persuasif.   ...
by Izza  |  27 Nov 2023
Media Sosial untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penggunaannya
Media sosial untuk bisnis memiliki peranan penting di era digital seperti sekarang, yang mana dapat mendorong perkembangan secara efektif dan efisien. ...
by Izza  |  20 Oct 2023
    Whatsapp BigEvo