Iklan Adventorial | Pengertian Dan Perbedaannya Dengan Iklan Berita

iklan advertorial

Iklan advertorial merupakan salah satu jenis media promosi yang bisa membantu peningkatan dan perkembangan bisnis Anda. Namun masih banyak yang belum familiar dengan jenis iklan yang satu ini. Padahal dengan penerapan dan pengelolaan yang tepat, iklan ini bisa bekerja efektif untuk brand maupun bisnis Anda.

Tapi, apa sebenarnya iklan advertorial itu? Apa saja jenisnya dan kelebihannya untuk bisnis, brand, atau produk? Temukan jawabannya di pembahasan ini, ya!

Pengertian Iklan Advertorial

Saat mendengar kata iklan, kebanyakan orang akan langsung teringat pada bentuk promosi yang berisi keunggulan produk dan ajakan untuk melakukan sesuatu. Namun tahukah Anda, kalau ada juga iklan yang bentuknya lebih halus dan bersifat soft-selling?

Iklan advertorial merupakan salah satu iklan yang memiliki kategori tersebut; bersifat halus dan soft-selling. Tidak seperti iklan yang terang-terangan mempromosikan produk, advertorial cenderung pada aspek informatif. Advertorial bentuknya lebih mirip dengan berita dibanding iklan promosi pada umumnya, membuat tak sedikit orang yang mengira kalau itu bukan iklan.

Sebagaimana berita pada umumnya, advertorial dibuat dengan rumus berita yaitu 5W+1H. Komponen advertorial adalah 70% konten berkualitas mencakup fitur dan informasi lainnya terkait produk, dan 30% promosi. Di advertorial, Anda tidak akan menemukan promosi terang-terangan dan kalimat ajakan aktif seperti “Beli sekarang”, “Dapatkan segera!”, dan semacamnya. 

Contoh iklan advertorial adalah artikel di media yang mengulas tentang produk atau layanan tertentu. Ulasan tersebut terbilang lengkap dan informatif, membuat orang mungkin mengiranya sebagai artikel berita biasa. Namun jika diperhatikan, advertorial mengandung unsur promosi yang lebih halus.

Perbedaan Advertorial dengan Konten Berita

Agar bisa membedakan advertorial dengan konten berita, Anda perlu memahami lebih lanjut mengenai jenis iklan yang satu ini. Berikut beberapa perbedaan iklan advertorial dengan konten berita secara umum.

Peletakan Konten

Konten berita biasanya terletak dengan berita-berita lainnya, sementara advertorial berada di bagian khusus dan terpisah dari segmen berita. Bahkan pada beberapa media yang lebih besar, advertorial dibubuhkan keterangan “Iklan” dengan jelas.

Sifat dan Isi Konten

Perbedaan selanjutnya adalah konten berita sifatnya serius dan isinya semua fakta. Advertorial juga bisa berisi fakta, namun sifatnya lebih ringan dan mengunggulkan produk atau layanan yang sedang dibahas. Tujuannya agar audience dapat menyerap informasi dalam advertorial dengan baik, bukan jadi malah pusing karena bahasannya terlalu berat.

Gambar Konten

Tak hanya letak dan sifat konten, aspek gambar pada konten berita dan advertorial juga berbeda. Pada konten berita, gambar yang dimasukkan merupakan gambar yang sifatnya netral. Sedangkan pada advertorial, gambar pelengkap bentuknya lebih menarik karena bersifat promosi.

Jenis-jenis Iklan Advertorial

Setelah mengetahui pengertian advertorial, selanjutnya kita akan mengulas apa saja jenis iklan advertorial. Secara umum, advertorial terbagi menjadi empat jenis yaitu sebagai berikut:

Advertorial Produk

Jenis yang pertama adalah advertorial produk. Seperti namanya, advertorial jenis ini membahas tentang produk atau barang tertentu. Dalam advertorial produk, foto atau gambar yang menarik dapat menjadi aspek yang penting untuk ditambahkan.

Advertorial Jasa

Jenis iklan advertorial yang selanjutnya adalah advertorial jasa. Mirip dengan advertorial produk, advertorial jasa mengulas tentang layanan dari sebuah perusahaan atau brand. Anda dapat mencantumkan apa saja yang menjadi unggulan dalam layanan tersebut, tanpa berlebihan tentunya.

Advertorial Perusahaan

Selain produk dan layanan, Anda juga bisa membuat advertorial perusahaan. Namun berbeda dengan dua jenis sebelumnya, advertorial perusahaan biasanya membahas kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Misalnya event spesial atau kegiatan charity yang dilakukan oleh perusahaan.

Advertorial Pemerintahan

Jenis iklan advertorial yang terakhir adalah advertorial pemerintahan. Mirip dengan advertorial perusahaan, advertorial jenis ini juga biasanya mengulas tentang kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh sebuah lembaga pemerintah.

Kelebihan Iklan Advertorial Sebagai Alat Promosi

Membahas advertorial tak lengkap tanpa mengulas apa saja kelebihan atau manfaatnya sebagai alat promosi. Seperti yang telah diulas pada bagian awal, advertorial dapat menjadi tool promosi yang efektif selama diterapkan dengan tepat.

Berikut beberapa kelebihan iklan advertorial yang bisa Anda manfaatkan untuk kegiatan promosi bisnis.

Tidak Terlihat Sebagai Promosi Langsung

Pernahkah Anda mengalami keadaan-keadaan berikut: melihat iklan saat menonton YouTube lalu di-skip? Atau menonton iklan di TV lalu diganti ke channel lain? Atau ketika melihat iklan pop-up di website, lalu langsung mengklik close?

Banyak orang yang melakukan hal-hal tersebut, dan ini berarti satu hal: sebagian besar orang tidak suka iklan. Tak sedikit orang yang langsung merasa malas begitu tahu apa yang mereka lihat adalah iklan. Namun sebagai seorang pebisnis, Anda tetap harus mempromosikan produk atau brand, bukan?

Untuk itu, penggunaan advertorial bisa menjadi pilihan. Advertorial yang sifatnya softselling tidak terlihat sebagai iklan langsung dan terang-terangan. Dengan begitu, audience bisa lebih menerima dan mau membaca isi konten lebih baik.

Isi Konten Dinilai Lebih Kredibel

Kelebihan iklan advertorial yang selanjutnya adalah isi konten yang dinilai lebih kredibel oleh audience. Advertorial dapat lebih meyakinkan karena disajikan dengan format mirip berita. Terlebih lagi jika terdapat fakta-fakta yang tidak terlalu berlebihan dalam mengunggulkan produk yang dibahas.

Hal ini dapat mendorong terbangunnya kepercayaan pada audience terhadap produk maupun brand Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa membuat audience merasa butuh terhadap isi dari advertorial tersebut.

Membantu Meningkatkan Image dan Brand Awareness

Kelebihan terakhir yang juga bisa Anda dapatkan dari iklan advertorial adalah dapat meningkatkan image dan brand awareness. Selain mempromosikan produk dan layanan, Anda juga bisa mempromosikan perusahaan secara keseluruhan. 

Misalnya ketika perusahaan sedang membuat program beasiswa, Anda dapat mempublikasikannya melalui advertorial. Dengan balutan format seperti berita, audience akan lebih respek pada perusahaan sehingga citra perusahaan pun bisa meningkat.

Pasang Iklan Advertorial Melalui Agensi Terpercaya

Kelebihan dari sebuah iklan bisa Anda dapatkan dengan strategi dan pemasangan yang tepat. Prosesnya pun perlu dilakukan dengan baik, mulai dari pembuatan materi iklan sampai bagaimana implementasinya. Agar mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya Anda menggunakan jasa dari agensi terpercaya seperti BigEvo.

BigEvo Digital Agency telah dipercaya oleh banyak brand dalam pemasangan iklan dan penerapan strategi digital lainnya. Untuk membuat bisnis lebih berkembang, Anda juga dapat memilih strategi yang tepat. Tak hanya pemasangan iklan, namun juga berbagai layanan digital yang disediakan BigEvo untuk perkembangan bisnis Anda.

Beberapa diantaranya adalah Social Media Marketing, Social Media Management, KOL Marketing, Programmatic Marketing, Website Development, SEO Optimization, Digital Analytics, dan masih banyak lagi. Untuk menemukan strategi mana saja yang paling tepat, diskusikan kebutuhan Anda dengan tim profesional kami.

Jadi, mau pasang iklan advertorial dan strategi digital marketing lainnya? Segera ke halaman produk Agency Iklan, Bigevo dan temukan strategi digital terbaik yang cocok untuk bisnis Anda. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Pentingnya Jasa Iklan Digital Marketing dan Cara Memilihnya
Jasa iklan digital marketing adalah layanan yang menyediakan solusi pemasaran melalui platform digital. Cek cara kerja dan tips memilihnya di sini. ...
by Izza  |  20 Nov 2023
TikTok Ads: Keuntungan, Jenis, Cara Memasang, dan Tips Mengoptimalkannya
Simak lebih mendalam mengenai TikTok Ads dalam artikel ini. Mulai dari keuntungan, jenis-jenis, cara memasang, sampai tips mengoptimalkannya.   ...
by Izza  |  13 Nov 2023
Facebook Advertising: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Cara Menggunakannya
Facebook Advertising adalah bentuk pemasaran yang memungkinkan pengguna Facebook untuk mempromosikan produk, layanan, atau konten kepada audiens.  ...
by Izza  |  02 Nov 2023
    Whatsapp BigEvo