Mengenal Advertising Funnel dan Penerapannya pada Bisnis

advertising funnel

Advertising funnel merupakan salah satu aspek penting yang dapat meningkatkan performa brand dan bisnis secara keseluruhan. Meskipun konsep advertising atau marketing funnel ini sudah cukup lama, namun penerapannya selalu dapat memenuhi kebutuhan bisnis.

Pembahasan kali ini akan mengulas lebih jauh tentang advertising funnel, apa saja manfaatnya, dan bagaimana penerapan strategi pada tahapan-tahapan funnel tersebut. Baca selengkapnya dibawah ini!

Apa Itu Advertising Funnel?

Advertising funnel adalah strategi pemasaran yang membantu perusahaan mengidentifikasi target audience. Dengan begitu, perusahaan atau brand dapat memberikan konten yang tepat kepada target audience mereka. Secara umum, konsep ini dikenal juga dengan sebutan marketing funnel.

Marketing funnel adalah proses yang membantu membuat, menguji, dan mengukur kampanye pemasaran untuk meningkatkan tingkat konversi. Konsep marketing funnel telah ada selama beberapa dekade tetapi dipopulerkan oleh HubSpot pada tahun 2013. Gagasan di balik funnel ini adalah membantu perusahaan memahami apa yang diinginkan pelanggan mereka dan cara terbaik untuk menjangkau mereka.

Marketing funnel di dunia digital sering dibandingkan dengan marketing funnel tradisional. Dalam keduanya, Anda memulai dengan awareness dan mengarah ke konversi. Perbedaan keduanya adalah di dunia digital terdapat banyak titik sentuh di sepanjang jalan yang dapat menyebabkan gangguan atau perubahan arah perjalanan pengguna.

Strategi ini telah digunakan oleh banyak perusahaan, terutama bisnis e-commerce. Ini juga digunakan oleh agensi digital ketika mereka mendapatkan klien baru. Strategi ini pun dapat digunakan ketika Anda perlu membuat konten untuk topik atau niche tertentu.

Marketing funnel merupakan serangkaian langkah yang membantu perusahaan untuk menciptakan kesadaran, minat, dan konversi untuk melakukan penjualan. Misalnya, jika Anda ingin menjual produk Anda secara online, Anda perlu menciptakan kesadaran tentang merek Anda. Salah satunya dengan membuat konten seperti posting blog dan posting media sosial. 

Selanjutnya, Anda perlu menarik perhatian orang dengan menawarkan nilai melalui video atau infografis. Setelah mendapatkan perhatian dan minat orang, Anda dapat mengubah mereka menjadi pelanggan dengan memberi mereka informasi berharga tentang produk atau layanan Anda.

Manfaat Advertising Funnel untuk Bisnis

Advertising funnel untuk bisnis adalah serangkaian langkah terorganisir yang dirancang untuk mengarahkan pengunjung ke situs web atau aplikasi Anda dan mengubahnya menjadi pelanggan. Tujuan dari proses ini adalah untuk meningkatkan tingkat konversi, yang berarti meningkatkan persentase orang yang menjadi pelanggan dari situs web atau aplikasi Anda.

Marketing funnel telah ada selama hampir satu abad sekarang tetapi telah berkembang seiring waktu. Dengan munculnya pemasaran digital, ada lebih banyak peluang bagi Anda untuk menjangkau audiens target mereka melalui berbagai saluran. Seperti melalui media sosial, pemasaran email, dan lain sebagainya. 

Ini telah menghasilkan teknik yang lebih canggih seperti pengujian A/B dan pengujian multivariat yang telah meningkatkan tingkat konversi sebesar 50% atau bahkan 100%. Tak hanya itu, berikut beberapa manfaat penerapan advertising funnel untuk perkembangan bisnis Anda:

  • Mendapatkan insight tentang target audience.
  • Mengetahui strategi pemasaran yang paling tepat untuk target audience.
  • Mengurangi biaya akuisisi pelanggan dan efisiensi sumber daya.
  • Mengidentifikasi kebutuhan brand dan bisnis secara keseluruhan.
  • Meningkatkan konversi dan angka penjualan.

Penerapan Strategi Advertising Funnel dalam Bisnis

Setelah memahami pengertian dan manfaat advertising funnel, selanjutnya kita akan mengulas tentang strateginya. Perlu dipahami bahwa advertising atau marketing funnel memiliki beberapa tahapan, dimana setiap tahap akan diterapkan strategi yang sesuai.

Berikut tahapan marketing funnel dan strateginya untuk mengembangkan bisnis.

Awareness

Tahap awareness adalah ketika seseorang menjadi sadar akan merek atau produk Anda untuk pertama kalinya. Ini biasanya terjadi dengan melihat iklan atau mendengar tentang Anda dari teman dan anggota keluarga. 

Ide dari strategi marketing funnel adalah untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki pesan yang konsisten dan jelas. Hal ini perlu ditekankan bahkan sebelum mulai membangun awareness untuk produk mereka. 

Penerapan strategi ini dilakukan dengan membangun kesadaran seputar topik tertentu, yang mengarah pada pelanggan yang tertarik untuk mendengar lebih banyak tentang produk tersebut. Setelah pelanggan ini mengetahui apa yang ditawarkan brand, mereka kemudian dapat diarahkan ke situs web atau platform media sosial brand.

Interest / Consideration

Tahap selanjutnya adalah interest atau consideration, dimana target audience sudah memiliki ketertarikan atas brand atau produk yang Anda iklankan. Biasanya interest terbangun setelah munculnya awareness atas brand Anda. Meski begitu, target audience yang berada pada tahap interest belum tentu pasti melakukan konversi atau pembelian.

Untuk mendorong terjadinya konversi, pastikan Anda membuat konten yang menarik. Pastikan untuk memberi informasi tentang brand atau produk Anda sejelas mungkin. Dengan begitu, orang dapat memikirkan apa yang mereka butuhkan dan apakah itu layak untuk dipertimbangkan sebagai pilihan.

Action / Conversion

Jika strategi pada tahap sebelumnya berhasil, maka target audience akan melangkah ke tahap berikutnya yaitu action atau conversion. Pada tahap ini, target audience sudah bisa disebut sebagai konsumen atau pelanggan. Mereka sudah melakukan tindakan atau konversi yang Anda harapkan, biasanya berupa pembelian.

Jika Anda ingin meningkatkan tingkat konversi di marketing funnel Anda, maka Anda perlu mempertimbangkan strategi Anda dalam hal langkah-langkahnya. Anda dapat melakukannya dengan membuat daftar semua langkah di funnel Anda. Setelah itu, urutkan dengan peringkat dari yang paling penting hingga yang paling tidak penting.

Loyalty

Telah berada pada tahap action atau conversion bukan berarti tugas Anda selesai. Setelahnya, masih ada tahap yang tak kalah pentingnya yaitu loyalty atau loyalitas konsumen. Anda dapat membangun loyalitas konsumen dengan membuat program-program yang menarik.

Misalnya dengan memberikan diskon dan penawaran spesial khusus untuk pelanggan setia Anda. Anda juga bisa membuat event khusus pelanggan setia yang akan mendekatkan pelanggan dengan brand secara emosional.

Advocacy

Selain loyalty, Anda juga perlu memberikan perhatian khusus pada tahap advocacy. Tahap ini berarti Anda menerima saran dan kritik dari pelanggan dengan baik. Bahkan jika perlu, Anda bisa meminta pelanggan memberikan kesan atas produk atau brand.

Dengan adanya kritik dan saran tersebut, Anda bisa melakukan evaluasi untuk memperbaiki kualitas brand secara keseluruhan. Baik dari segi produk yang ditawarkan, pelayanan yang diberikan, harga, dan lain sebagainya.

Serahkan Penerapan Advertising Funnel pada Agensi Terpercaya

Memahami advertising funnel berikut dengan manfaat dan tahapannya tidak lengkap tanpa penerapan strategi yang tepat. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mempercayakan penerapan strategi tersebut pada agensi terpercaya seperti BigEvo, Digital Advertising Agency.

BigEvo telah berpengalaman membantu pebisnis untuk mengembangkan brand dan bisnisnya secara keseluruhan. Dengan strategi digital yang tepat dan tim profesional yang handal, BigEvo siap membantu Anda mencapai target-target bisnis.

Anda dapat menggunakan berbagai layanan digital yang ditawarkan BigEvo dan menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis. Seperti pemasangan iklan di media sosial dan platform digital lainnya, pembuatan dan optimasi website, KOL marketing, programmatic marketing, dan masih banyak lagi.

Jangan ragu untuk mendiskusikan kebutuhan bisnis Anda melalui team@bigevo.com. Tim profesional kami siap mengimplementasikan advertising funnel dan strategi digital terbaik lainnya untuk Anda. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Pentingnya Jasa Iklan Digital Marketing dan Cara Memilihnya
Jasa iklan digital marketing adalah layanan yang menyediakan solusi pemasaran melalui platform digital. Cek cara kerja dan tips memilihnya di sini. ...
by Izza  |  20 Nov 2023
TikTok Ads: Keuntungan, Jenis, Cara Memasang, dan Tips Mengoptimalkannya
Simak lebih mendalam mengenai TikTok Ads dalam artikel ini. Mulai dari keuntungan, jenis-jenis, cara memasang, sampai tips mengoptimalkannya.   ...
by Izza  |  13 Nov 2023
Facebook Advertising: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Cara Menggunakannya
Facebook Advertising adalah bentuk pemasaran yang memungkinkan pengguna Facebook untuk mempromosikan produk, layanan, atau konten kepada audiens.  ...
by Izza  |  02 Nov 2023
    Whatsapp BigEvo