Twitter Ads: Pengertian, Jenis, dan Tips Jitu Memaksimalkannya

twitter ads

Twitter Ads atau iklan Twitter bisa jadi strategi marketing pilihan untuk bisnis Anda. Selain Facebook Ads dan Google Ads, Twitter Ads tak kalah berpeluang untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan produk Anda.

Dilansir dari Databooks, Indonesia sendiri jadi negara dengan pengguna Twitter terbanyak ke-empat di dunia. Di Indonesia, pengguna platform yang sekarang berganti nama menjadi X itu berjumlah 25 juta lebih jiwa. Bisa dibayangkan dong, seberapa empuk Twitter/X jadi sasaran para marketer untuk menaikkan brand-nya.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempelajari lebih dalam tentang layanan advertising di Twitter/X dan cara sukses beriklan di platform tersebut. Yuk, bahas selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Pengertian Twitter Ads

Twitter Ads adalah layanan advertising yang memungkinkan Anda beriklan di platform Twitter/X. Layanan ini tersedia dalam format, seperti video, foto, carousel, teks, hashtag, dan masih banyak lagi.

Saat memposting sebuah tweet di Twitter/X, biasanya tweet tersebut hanya akan muncul di timeline orang-orang yang mem-follow Anda saja. Namun, dengan menggunakan Twitter Ads, tweet tersebut dapat menjangkau banyak pengguna di luar followers. Tweet yang berisi konten-konten iklan atau sponsor biasanya ditandai dengan ikon promoted atau dipromosikan, yang terletak di pojok kiri bawah tweet.

Jenis-Jenis Iklan di Twitter Ads

Sebelum memutuskan untuk menggunakan Twitter Ads, ada baiknya Anda menentukan jenis iklan apa yang cocok untuk brand Anda. Yuk, ketahui jenis-jenis iklan yang disediakan oleh Twitter Ads di bawah ini.

1. Follower Ads

Jenis iklan di Twitter Ads yang pertama adalah follower ads. Jenis ini memungkinkan Anda untuk mempromosikan akun Twitter brand Anda. Iklan tersebut akan menjangkau para pengguna Twitter meski mereka tidak mem-follow Anda. 

Follower ads akan muncul di timeline Twitter/X audience dengan label promoted di kiri bawah iklan. Sesuai namanya, follower ads sangat cocok untuk Anda yang ingin menaikkan jumlah followers. Dengan follower ads, akun Anda juga akan muncul dalam akun yang disarankan untuk di-follow oleh pengguna tertentu.

2. Promoted Ads

Promoted ads adalah salah satu jenis iklan di Twitter Ads yang paling banyak digunakan. Jenis iklan ini memungkinkan tweet yang sudah Anda buat atau yang ingin Anda buat menjangkau lebih luas, tak hanya oleh followers saja. Bukan cuma berbentuk teks, tweet yang ingin Anda iklankan lewat promote ads juga dapat disertakan dengan foto, video, hingga GIF animasi.

Jika follower ads bertujuan untuk menambah follower akun brand Anda secara organik, promoted ads lebih fokus untuk meningkatkan jumlah like dan retweet pada tweet yang dipromosikan.

3. Branded Trends

Salah satu keunikan Twitter dibanding platform lain adalah adanya fitur trending topic. Fitur ini berisi deretan kata kunci yang sedang trending atau dibicarakan pengguna Twitter secara realtime.

Trending topic ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan brand awareness, lho. Dengan branded trends, Anda dapat mempromosikan hashtag atau topic dari marketing campaign yang sedang dijalankan.

Dalam branded trends, pengguna Twitter dapat langsung melihat topic atau trend yang Anda promosikan saat mereka membuka tab trending topic. Sama seperti jenis Twitter Ads lainnya, branded trends juga akan dilabeli tanda promote di bagian kiri bawah.

4. Video Ads

Sesuai namanya, jenis iklan ini menyediakan layanan beriklan di Twitter/X dalam format video. Anda dapat menampilkan iklan brand Anda yang dikemas dalam bentuk video potrait maupun landscape dalam video ads.

5. Carousel Ads

Jika rasanya menampilkan satu gambar atau video saja tidak cukup untuk menyampaikan pesan iklan brand Anda, carousel ads bisa jadi pilihan beriklan di Twitter Ads. Jenis iklan ini dapat menampilkan hingga enam gambar atau video dalam satu iklan. 

Carousel ads sangat cocok untuk iklan yang menampilkan berbagai angle produk atau iklan yang dikemas dalam cerita bergambar.

6. Text Ads

Jenis Twitter Ads satu ini adalah jenis iklan yang paling hemat dan sederhana. Meski terlihat seperti tweet pada umumnya, text ads di Twitter tetap dilabeli promoted di sebelah kiri bawah. Pastikan menulis text ads dengan copywriting yang unik dan dapat mengundang interaksi pengguna Twitter.

7. Twitter Amplify

Jenis iklan Twitter Ads satu ini merupakan iklan di Twitter dengan memanfaatkan video yang berasal publisher lain yang ditayangkan di Twitter/X. Contohnya, Anda bisa menayangkan video viral yang berasal dari Youtube sebagai bahan iklan Anda di Twitter. Nantinya, pemilik asli dari video tersebut dapat keuntungan komersial dari tayangan iklan Anda. 

8. Twitter Takeover

Twitter takeover adalah cara praktis untuk Anda yang ingin mendapat jangkauan luas saat menayangkan iklan di Twitter. Twitter takeover sebenarnya sama seperti iklan di Twitter Ads lainnya, bedanya jenis iklan ini menjadi iklan prioritas untuk ditayangkan oleh Twitter.

Dengan menggunakan Twitter takeover, iklan Anda akan muncul pertama di laman explore dan timeline setiap kali pengguna Twitter membuka aplikasi tersebut.

9. Live Twitter

Jenis iklan Twitter Ads lainnya adalah live Twitter. Jenis iklan ini memungkinkan Anda mempromosikan brand melalui siaran langsung Twitter. Live Twitter merupakan strategi bagus untuk terhubung langsung dengan audiens dan membangun interaksi.

10. Automated Ads

Jika Anda masih bingung menentukan jenis iklan apa yang cocok diterapkan untuk brand Anda, menggunakan automated ads adalah solusinya. Dengan menggunakan jenis iklan satu ini, Twitter/X akan otomatis mempromosikan brand Anda sesuai dengan target audiens yang cocok. Automated ads sangat praktis untuk Anda yang kewalahan dan kehabisan ide dalam menyiapkan ide kampanye iklan.

Cara Menggunakan Twitter Ads

Setelah membaca bahasan sebelumnya tentang apa itu Twitter Ads dan jenis iklan di dalamnya, apakah Anda sudah mulai tertarik untuk mengiklankan bisnis Anda di Twitter? Yuk, langsung saja kita bahas tutorial cara menerapkan Twitter Ads.

1. Buat Akun Twitter Ads dan Setting Zona Waktu dan Negara

Hal yang pertama yang mesti dilakukan adalah mengubah akun Twitter Anda menjadi akun bisnis terlebih dahulu. Berikut caranya mengubah akun menjadi akun bisnis.

  • Login ke akun Twitter yang ingin Anda jadikan akun bisnis.
  • Atur zona waktu dan negara yang sesuai, hal ini membantu menyesuaikan biaya dan waktu penayangan iklan nantinya. 

2. Memilih Tujuan Iklan

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan iklan Anda. Berikut beberapa pilihan tujuan iklan atau ad objective yang bisa Anda sesuaikan.

  • Reach: Ad objective satu ini adalah ketika Anda ingin menumbuhkan brand awareness dari iklan yang ingin Anda tampilkan. Twitter akan fokus menampilkan iklan Anda sebanyak mungkin dalam jangka waktu tertentu. 
  • Video Views: Anda bisa memilih tujuan iklan ini jika Anda ingin menampilkan iklan berformat video dengan jumlah views yang banyak.
  • App Installs: Ad objective yang cocok jika Anda ingin mengiklankan sebuah aplikasi, dengan tujuan iklan dapat menggiring audiens untuk meng-install aplikasi tersebut.
  • Website Clicks: Sesuai namanya, tujuan iklan yang ingin dicapai dalam website clicks adalah agar audiens mengunjungi website yang diiklankan.
  • Engagement: Ad objective ini merupakan yang paling banyak dituju para marketer, yaitu untuk meningkatkan engagement atau interaksi audiens Twitter dengan brand.
  • Followers: Jika Anda menayangkan iklan dengan tujuan menaikkan followers, Anda dapat memilih ad objective satu ini.
  • App re-engagements: Tujuan iklan ini berfokus mencapai loyalitas dari audiens yang telah menggunakan brand Anda.

3.  Menentukan Target Audiens

Langkah selanjutnya yang harus Anda set up sebelum beriklan di Twitter Ads adalah menentukan target pasar. Anda dapat menentukan kelompok mana saja yang dapat melihat iklan Anda.

Penentuan target pasar disegmentasi berdasarkan beberapa kategori, seperti:

  • Demografi
  • Geografi
  • Psikografi
  • Perilaku Konsumsi.

4. Menentukan Placement Ads

Di tahap ini Anda sudah mulai menentukan mau mengiklankan brand Anda di bagian laman Twitter mana. Anda bisa menempatkan Twitter Ads di laman hasil pencarian, tampilan pengguna, timeline, hingga tampilan profil.

5. Launching Twitter Ads

Jika semua tahap di atas sudah dilakukan, tahap ini merupakan tahap eksekusi. Iklan Anda siap ditayangkan di segala penjuru pengguna Twitter. Nantinya pihak Twitter akan melaporkan hasil performa iklan Anda. Laporan ini berguna sebagai bahan evaluasi bisnis Anda ke depannya.

Tips Maksimalkan Iklan di Twitter Ads

Melepas iklan begitu saja di Twitter Ads tidak cukup untuk menaikkan brand awareness. Iklan Anda akan bersaing dengan banyaknya iklan perusahaan lain di Twitter. Lantas, bagaimana caranya agar iklan yang Anda tayangkan efektif menarik engagement audiens pengguna Twitter? Berikut kita ulas tipsnya.

1. Buat Iklan yang Unik

Sebelum meluncurkan iklan, ada baiknya Anda mengusung konsep maupun desain iklan yang unik dan semenarik mungkin. Ingat, iklan Anda akan bersaing dengan ratusan iklan lainnya di Twitter. Iklan yang unik dan eye catching akan menarik perhatian audiens saat mereka sedang meng-scroll timeline Twitter.

2. Gunakan Hashtag yang Relevan

Lalu lintas platform besar seperti Twitter tentu sangat sibuk, ada jutaan tweet yang dipos setiap harinya. Gunakan tagar atau hashtag yang relevan dalam iklan Twitter Ads Anda, tips ini berguna agar iklan dapat ditemukan saat audiens mencari produk Anda dengan menuliskan hashtag tersebut di kolom pencarian.

3. Sertakan Gambar atau Video dalam Iklan

Meski Twitter Ads menyediakan berbagai format iklan, namun akan lebih efektif jika Anda menggunakan jenis iklan yang menampilkan foto atau video di dalamnya. Media foto dan video dapat memvisualisasi tentang produk dengan lebih jelas. 

Audiens juga akan lebih tertarik untuk melihat gambar atau video dibanding hanya membaca teks saja. 

4. Bagikan User Generated Content

Buat iklan lebih menarik dengan melibatkan konsumen di dalamnya. Anda dapat men-share konten-konten pengguna Twitter yang membahas tentang produk Anda, hal ini sering disebut juga user generated content.

Strategi ini berguna untuk memancing engagement pengguna lain yang lebih luas pada iklan yang Anda tayangkan. 

5. Menggandeng Agensi Digital Marketing

Tips terakhir dan paling tokcer untuk mengoptimalkan iklan Anda di Twitter ads adalah dengan menggunakan jasa digital marketing agency. Tim profesional di agensi marketing digital punya beribu strategi jitu untuk membuat kampanye atau iklan Anda signifikan meningkatkan brand awareness.

Dengan menggunakan jasa agensi, Anda tidak perlu susah payah untuk memikirkan strategi dan menyiapkan marketing campaign yang cocok untuk bisnis Anda. Pastikan untuk meng-hire digital marketing agency yang terpercaya dan berpengalaman di bidangnya.   

BigEvo adalah salah satu digital marketing agency unggulan di Indonesia yang bisa menjadi pilihan. Bigevo sudah banyak dipercaya untuk mengembangkan bisnis di banyak perusahaan melalui layanan digital mereka.

Ada banyak layanan digital di BigEvo yang bisa Anda pilih menyesuaikan kebutuhan bisnis Anda, antara lain seperti Digital Advertising, Social Media Management, KOL Marketing, SEO Optimization, dan lain-lain. 

Segera diskusikan kebutuhan layanan digital yang cocok untuk bisnis Anda dengan BigEvo, Anda dapat terhubung dengan tim profesional BigEvo melalui pesan email di team@bigevo.com atau dengan mengklik nomor WhatsApp dan link sosial media BigEvo di halaman ini. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Google Ads: Pengertian, Manfaat dan bedanya dengan Google Adsense
Google Ads adalah platform iklan online berbayar yang disediakan oleh Google dan punya jangkauan audiens yang lebih luas. Selengkapnya di sini! ...
by Izza  |  02 Aug 2024
Twitter Ads: Pengertian, Jenis, dan Tips Jitu Memaksimalkannya
Twitter Ads adalah layanan iklan berbayar yang disediakan oleh platform Twitter/X, baca selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  02 Aug 2024
CPAS Shopee vs Shopee Ads: Pengertian, Cara Kerja, Perbedaan, dan Plus Minusnya
Shopee Ads adalah fitur untuk mengiklankan produk di Shopee, sedangkan CPAS Shopee adalah fitur digital marketing kolaborasi bersama Facebook. ...
by Izza  |  01 Jul 2024
    Whatsapp BigEvo