Peluang dan Tips Berjualan di TikTok Live untuk Mengembangkan Bisnis

strategi tiktok live untuk bisnis

Kemajuan teknologi digital membuat banyak kesempatan baru terbuka, termasuk bagi pelaku bisnis. Tak sedikit pebisnis yang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya, seperti melalui TikTok. Jadi tak heran jika banyak orang yang ingin mengetahui tips berjualan di TikTok Live.

Pembahasan ini akan mengulas lebih dalam mengenai peluang mengembangkan bisnis melalui TikTok. Dilengkapi juga dengan cara berjualan di TikTok dan melakukan live di platform tersebut. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Peluang Mengembangkan Bisnis dengan Tiktok

TikTok merupakan salah satu platform media sosial yang terbilang baru, terutama jika dibandingkan pendahulunya seperti Instagram dan Facebook. Meski begitu, penggunaan TikTok terus meluas dan makin digemari oleh audiens khususnya kalangan muda. Hal ini menjadi peluang yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis.

Luasnya jangkauan pengguna TikTok menjadi salah satu alasan mengapa Anda perlu memanfaatkan platform yang satu ini. Bukan hanya anak muda, TikTok juga merambah ke kalangan audiens yang lebih luas. TikTok menjangkau berbagai kelompok usia, minat, dan latar belakang yang bisa Anda sasar sebagai pelanggan potensial.

Selain itu, TikTok dikenal karena kemampuannya untuk membuat konten viral dengan cepat. Jika Anda berhasil membuat konten yang menarik dan unik, ada peluang besar untuk mendapatkan eksposur yang luas dan mendapatkan banyak pengikut. Konten yang populer dapat berdampak positif terhadap bisnis Anda dengan meningkatkan kesadaran merek dan menarik calon pelanggan.

TikTok e-commerce juga menyediakan berbagai fitur yang bisa Anda manfaatkan sebagai pebisnis. Misalnya fitur TikTok for business yang memungkinkan Anda berjualan langsung melalui platform tersebut. Ada juga TikTok Shop dan TikTok Live yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk atau brand.

Melalui fitur-fitur tersebut, calon konsumen bisa melakukan pembelian langsung di TikTok e-commerce tanpa harus berpindah aplikasi atau website. Hal ini akan memudahkan pengguna dalam berbelanja dan dapat menjadi salah satu faktor pendorong pembelian. Di sisi lain, fitur-fitur itu juga akan menguntungkan bagi pebisnis untuk mendongkrak penjualan.  

Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat peluang besar yang dapat Anda memaksimalkan melalui TikTok. Dengan strategi yang jitu dan konten menarik, Anda bisa mengembangkan bisnis dengan lebih optimal di platform tersebut.

Tips Berjualan di TikTok Live

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, TikTok memiliki berbagai fitur yang mendukung promosi produk dan perkembangan bisnis. Salah satunya adalah TikTok Live, yang menjadi sarana efektif untuk berjualan online. Interaksi langsung dengan audiens dan banyaknya promo membuat fitur ini dapat menjadi pilihan untuk promosi.

Lalu, sebagai pelaku bisnis Anda tentu ingin tahu bagaimana agar bisnis bisa berkembang melalui TikTok Live. Dilansir dari kompas.com, berikut tips sukses mengoptimalkan TikTok Live untuk berjualan.

Kenali Audiens

Dalam menerapkan cara berjualan di TikTok, sangat penting untuk mengetahui target market atau audiens. Anda perlu memahami karakteristik audiens yang dituju, salah satunya adalah mengetahui kapan audiens aktif di TikTok. Anda bisa menggunakan survey atau menggunakan analytic yang tersedia di TikTok.

Buat Naskah

Agar lebih maksimal, Anda bisa membuat naskah atau script sebelum live di TikTok. Hal ini meminimalisir blank saat melakukan live. Dengan begitu, sehingga penonton merasa nyaman dan lebih banyak informasi tersampaikan saat Anda live.

Siapkan Tempat dan Jaringan Internet

Gunakan tempat untuk live yang kondusif dan tidak berisik, agar tidak ada noise yang masuk. Hal ini akan membantu penonton menjadi fokus dan nyaman saat mendengarkan tentang produk yang ditawarkan. Selain itu, internet yang stabil sangat penting saat live, agar live berjalan lancar tidak ada kendala jaringan.

Gunakan Judul Menarik

Tips selanjutnya yang bisa membantu cara berjualan di TikTok e-commerce lebih lancar adalah dengan membuat judul yang menarik. Gunakanlah judul yang dapat menarik perhatian audiens Anda. Misalnya, “4 item cuma 70k!”, “Live, ambil kupon diskon 100k!”, dan sebagainya.

Konsisten Melakukan TikTok Live

Salah satu cara yang dapat membuat Anda sukses menerapkan cara berjualan di TikTok adalah konsisten melakukan live streaming. Buatlah jadwal live secara rutin dan konsisten di waktu yang sama untuk berjualan atau mempromosikan produk. Dengan begitu, brand atau produk Anda akan semakin diingat oleh audiens.

Bangun Interaksi dengan Audiens

Salah satu keunggulan TikTok Live adalah interaksi secara langsung dengan audiens. Anda bisa menunjukkan secara langsung bahan yang digunakan, cara pemakaian, atau mencoba langsung produk yang dijual. Hal ini bisa membangun kepercayaan audiens terhadap produk yang sedang Anda tawarkan.

Maksimalkan TikTok Live dengan Strategi yang Tepat

Seperti berjualan dan berbisnis di platform media sosial lainnya, Anda memerlukan strategi yang tepat. Tentukan terlebih dahulu apa tujuan dan target bisnis yang ingin dicapai melalui promosi di TikTok Shop dan TikTok Live. Setelah itu, Anda bisa membuat strategi yang sesuai dengan target bisnis serta audiens yang ingin disasar.

Agar lebih maksimal, Anda dapat mempercayakan promosi di TikTok kepada agensi digital terpercaya BigEvo. Dengan pengalaman yang mumpuni dan tim profesional yang ahli, BigEvo siap membantu mengembangkan bisnis Anda. 

Terdapat berbagai layanan digital yang bisa Anda gunakan untuk berjualan dan mengembangkan bisnis. Seperti Live Streaming, Social Media Marketing & Management, KOL Marketing, Digital & Community Activation, dan masih banyak lagi.

Jadi setelah memahami tips berjualan di TikTok Live, pastikan untuk membuat strategi jitu dan menggunakan agensi yang terpercaya. Hubungi kami di team@bigevo.com untuk diskusi lebih lanjut mengenai promosi di TikTok dan strategi digital lainnya. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



5 Cara Jualan Online, Dulang Cuan Jadi Makin Mudah
Ini dia 5 cara jualan online yang ampuh agar bisnis Anda bisa mendulang cuan dengan mudah di era digital seperti sekarang. Baca selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
7 Strategi Promosi UKM untuk Berkembang dan Sukses di Pasaran
Temukan apa saja strategi promosi UKM yang dapat membantu untuk berkembang dan sukses pada era digital seperti sekarang ini. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
5 Jenis Iklan untuk UMKM Agar Sukses di Era Digital
Penggunaan iklan untuk UMKM memiliki peranan penting agar bisnis Anda bisa berkembang & sukses di era digital. Simak apa saja jenis-jenisnya di sini. ...
by Izza  |  15 Dec 2023
    Whatsapp BigEvo