5 Strategi Marketing Non-Konvensional yang Bisa Anda Coba

strategi marketing

Strategi marketing bisnis merupakan salah satu usaha yang wajib dilakukan untuk mempromosikan produk Anda melalui media internet. Saat ini para pebisnis bisa menjadi lebih mudah menjalankan bisnis karena adanya internet ini. Bahkan saat ini interaksi antara penjual dan pembeli juga lebih mudah sebab semua itu bisa dilakukan secara online.

Dalam berbisnis, memasarkan produk secara online tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan secara agar proses pemasaran online yang Anda lakukan bisa berjalan sesuai harapan. Tanpa strategi pemasaran yang tepat, maka bisnis yang dijalankan akan sulit dikembangkan, bahkan bisa kalah saing dengan pebisnis lainnya.

Strategi Marketing Bisnis Online Untuk Kemajuan Usaha

Salah satu hal yang penting untuk menentukan performa bisnis yaitu dengan cara mengetahui dengan tepat cara pemasaran produk. Strategi marketing merupakan suatu kegiatan yang wajib dilakukan untuk mengenalkan berbagai macam produk secara lebih luas kepada masyarakat atau calon konsumen.

Untuk memaksimalkan pemasaran bisnis yang Anda jalankan secara online, berikut ini beberapa strategi marketing yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda.

1. Buatlah Konten Marketing yang Menarik

Berbagai macam informasi saat ini bisa didapatkan dengan mudah dan cepat hanya dengan melalui internet. Terkait hal ini, melakukan strategi pemasaran pastinya akan lebih efektif jika kita memanfaatkan media internet ini. Menyediakan konten marketing untuk bisnis online merupakan cara yang tepat untuk memasarkan produk.

Dengan konten marketing ini kita tak hanya bisa menjual produk, akan tetapi kita juga bisa menyampaikan berbagai macam informasi yang diperlukan oleh pelanggan dari konten yang kita siapkan.

Tidak hanya menjual barang atau jasa saja, Anda harus bisa memberikan konten yang menarik agar orang yang membacanya bisa menjadi tertarik untuk berkunjung ke toko online milik Anda. Media pemasaran yang bisa Anda gunakan bisa berupa artikel, video maupun  gambar yang sesuai dengan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Sebagai contoh, apabila bisnis yang Anda jalani adalah menjual alat make up, maka Anda dapat mencoba menyajikan video tentang tutorial menggunakan atau merawat peralatan make up tersebut. Selain menarik, konten ini pastinya juga bisa memberikan manfaat pada orang yang membacanya.

Strategi marketing ini memang dinilai efektif untuk menjaring para pelanggan baru maupun untuk mempertahankan pelanggan yang sudah lama agar tidak merasa bosan berkunjung ke toko online Anda.

2. Menggunakan Sosial Media Sebagai Media Promosi

 Media sosial saat ini dinilai menjadi alat pemasaran yang paling ampuh dan memiliki dampak yang baik untuk kemajuan bisnis. Hal ini disebabkan  karena hampir semua orang dari berbagai macam kalangan aktif menggunakan media sosial ini. Anda bisa mulai mencoba promosi produk atau jasa Anda menggunakan Instagram dan Facebook atau media sosial lainnya.

Pemasaran melalui media sosial ini merupakan tips yang sangat penting untuk dilakukan saat memasarkan produk yang Anda jual secara online. Jika Anda ingin mencari calon pelanggan sebanyak-banyaknya, maka Anda bisa mencoba melakukan promosi lewat facebook atau instagram.

Semakin banyak Anda memasarkan produk di berbagai media sosial, maka kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan banyak juga semakin besar. Dengan demikian bisa memberikan keuntungan yang besar untuk anda.

Dengan adanya social media ini, pihak perusahaan juga bisa memilih komunitas yang sesuai untuk memasarkan produk mereka. Dengan begitu, apa yang ditawarkan dalam bisnis Anda bisa memiliki peluang yang cukup besar untuk terjual.

Cobalah untuk berkolaborasi dengan influencer saat melakukan pemasaran melalui media sosial, sebab ini juga dinilai cukup efektif untuk menjangkau konsumen. Seperti yang kita ketahui, jika sekarang ini sudah banyak orang yang menggunakan influencer di sosial media untuk mempromosikan produk yang dijualnya. Dengan begitu, akan lebih banyak orang yang   mengetahui produk yang Anda jual.

3. Bergabung Dengan Marketplace

Strategi marketing bisnis yang bisa Anda coba selanjutnya yaitu dengan bergabung dengan marketplace atau e-commerce. Banyaknya bisnis online yang dijalankan saat ini terkadang menjadikan sebagian orang merasa khawatir tertipu. Memang ada penjual yang berkedok bisnis online yang melakukan penipuan.

Nah, agar para pelanggan tidak merasa khawatir lagi ketika akan berbelanja online, anda bisa menerapkan strategi marketing dengan cara bergabung dengan e-commerce atau marketplace yang sudah terpercaya. Membuat bisnis di marketplace memang lebih efektif dilakukan, karena pembayaran disini dinilai lebih aman. Sebab sudah ada pihak ketiga yang bertanggung jawab untuk masalah pembayarannya.

Tak hanya itu saja, dengan bergabung ke marketplace atau e-commerce, Anda semuanya juga bisa memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bertemu para pelanggan baru yang mencari produk atau barang yang sesuai dengan deskripsi produk yang Anda miliki. Jika produk Anda banyak dicari, maka otomatis keuntungan yang Anda dapatkan juga semakin besar.

4. Membuat Website

Membuat website adalah strategi marketing yang cukup efektif untuk mendapatkan banyak pelanggan. Dengan adanya website ini, maka para pelanggan bisa menjadi lebih mudah untuk mencari produk yang mereka inginkan dan mereka butuhkan. Selain itu, dengan menggunakan website, bisnis yang Anda jalankan akan terkesan lebih profesional.

Di dalam membuat sebuah website untuk melakukan pemasaran produk secara online, Anda dapat meminta bantuan pada jasa pembuatan website yang sudah berpengalaman dan terpercaya dalam menyediakan website untuk toko online. Cara ini dinilai lebih efektif untuk menaikkan penjualan produk yang Anda jual di toko online tersebut.

5. Strategi Marketing dengan Menggunakan Google AdWords

Apabila Anda semua ingin memasarkan produk secara online dengan memanfaatkan mesin pencari Google, maka Anda bisa coba menggunakan Google AdWords. Sebab saat ini sudah banyak konsumen online yang sebagian besar dari mereka akan mencari review dan memulai pencarian produk yang mereka butuhkan lewat Google.

Maka dari itulah, Google AdWords bisa menjadi salah satu hal yang bermanfaat untuk keyword, lokasi, maupun topik tertentu yang dicari oleh para pengunjung. Apabila hal tersebut ada kaitannya dengan bisnis Anda, maka iklan bisnis yang Anda miliki bisa tampil keluar di halaman teratas pada mesin pencarian Google.

Tujuan Strategi Marketing

Banyaknya strategi marketing yang dilakukan tersebut pastinya memiliki tujuan yang baik untuk kesuksesan bisnis online yang dijalankan. Tujuan strategi marketing bisnis ini juga bisa untuk mengembangkan kemampuan bisnis supaya dapat melakukan adaptasi. Selain itu, bisa juga dijadikan sebagai dasar pemikiran dalam pengambilan keputusan marketing.

Strategi pemasaran ini juga bisa dijadikan untuk media ukur dari hasil pemasaran sesuai dengan standar prestasi yang sudah ditentukan. Kemudian para tim pemasaran juga dapat meningkatkan kualitas koordinasi antara individu yang ada di dalamnya.

Menjalankan strategi marketing ini memang harus dilakukan dengan profesional agar bisa mencapai tujuan seperti yang Anda inginkan. Untuk hasil yang lebih maksimal, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan BigEvo sebagai google partner digital agency.



Share:



Waspada dan Verifikasi Terhadap Penipuan Mengatasnamakan BigEvo
Sehubungan dengan maraknya penipuan yang mengatasnamakan berbagai agensi, PT. Orange Global, perusahaan yang menaungi BigEvo dengan layanan Digital Ma ...
by Izza  |  28 Aug 2024
Integrated Marketing Communication: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Cara Menerapkannya
Integrated marketing communication (IMC) adalah strategi yang mengintegrasikan berbagai elemen agar menyampaikan pesan yang konsisten dan terpadu. ...
by Izza  |  11 Jun 2024
Cara Memasarkan Bisnis Bagi UMKM Melalui Strategi Digital
Simak apa saja manfaat dan bagaimana cara memasarkan bisnis bagi UMKM di ranah digital dengan efektif, mulai dari penggunaan web sampai media sosial. ...
by Izza  |  25 Mar 2024
    Whatsapp BigEvo