Return On Ads Spend (ROAS): Pengertian, Peran Penting, dan Cara Meningkatkannya

tangan seseorang sedang meletakkan koin yang mengilustrasikan pertumbuhan ROAS

ROAS merupakan salah satu elemen yang cukup signifikan dalam menjalankan praktik digital marketing. Jadi tak heran kalau seorang digital marketer sebaiknya memahami dengan baik konsep ROAS. Pembahasan ini akan mengulas apa itu ROAS dan bagaimana peranannya dalam digital marketing.

Langsung saja baca selengkapnya di bawah ini, ya!

Apa Itu ROAS dalam Digital Marketing?

ROAS adalah kepanjangan dari Return on Ads Spend, yaitu metrik perhitungan untuk mengukur seberapa efektif iklan atau kampanye digital yang Anda tayangkan. ROAS menunjukkan hasil rasio antara pendapatan dan biaya yang dikeluarkan untuk iklan. 

Dengan menghitung ROAS, Anda dapat mengetahui apakah iklan atau kampanye yang ditayangkan efisien atau tidak. Metrik ROAS dihitung dengan melihat berapa banyak biaya iklan yang Anda keluarkan dibanding pendapatan yang dihasilkan dari iklan tersebut.

ROAS dapat membantu Anda mengetahui performa digital campaign yang dijalankan oleh perusahaan. Dengan begitu strategi digital campaign dapat dibuat lebih efektif dan efisien.

Singkatnya, dengan ROAS dapat membantu Anda memahami:

  • Apakah strategi iklan digital yang Anda keluarkan menguntungkan atau merugikan.
  • Iklan mana yang paling efisien. Iklan yang paling banyak keuntungannya dengan biaya yang paling sedikit.
  • Melakukan pengalokasian anggaran iklan yang lebih bijak dan efektif.

Namun, penting untuk diingat bahwa ROAS bukan satu-satunya metrik evaluasi dalam digital marketing. Untuk evaluasi yang lebih komprehensif, Anda juga dapat mempertimbangkan metrik seperti CAC (Customer Acquisition Cost) atau LTV (Lifetime Value).

Pentingnya ROAS dalam Iklan Online

Lalu, bagaimana sebenarnya peran ROAS dalam praktik digital marketing terutama untuk perhitungan iklan online? Mari kita ulas lebih lanjut pada bagian ini.

1. Mengukur Keuntungan Iklan

ROAS dapat digunakan untuk mengukur keuntungan yang didapat dari hasil iklan. Sesuai dengan definisinya, ROAS merupakan matriks yang dapat menunjukkan besar pengeluaran dan pendapatan saat beriklan. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui berapa selisih atau keuntungan yang dihasilkan.

2. Mengukur Efektivitas Iklan

ROAS mempermudah evaluasi efektivitas iklan. Jika ROAS tinggi, artinya iklan Anda efisien. Sebaliknya, ROAS rendah menunjukkan perlu adanya evaluasi pada strategi iklan Anda.

3. Memberikan Anggaran yang Lebih Efisien

Memperhitungkan ROAS dalam setiap iklan dapat mengoptimalkan anggaran jadi lebih efisien. Dengan begitu Anda bisa lebih bijak dengan mengalokasikan anggaran untuk iklan atau campaign dengan ROAS yang lebih tinggi. Dan sebaliknya, Anda dapat menghentikan alokasi anggaran untuk iklan yang tidak efektif.

4. Membantu Proses Pengambilan Keputusan

Penerapan ROAS memberi Anda informasi akurat tentang efektivitas iklan Anda. Ini dapat menjadi bahan evaluasi sekaligus membantu untuk Anda dapat mengambil keputusan marketing yang strategis kedepannya.

5. Menjadi Alat Ukur Jangka Panjang

Alasan terakhir dan tak kalah penting mengapa Anda harus menerapkan ROAS adalah untuk pengukuran jangka panjang. Dengan memantau tren ROAS dari waktu ke waktu, Anda dapat mengevaluasi dampak jangka panjang dari strategi digital marketing yang dijalankan.

Cara dan Contoh Menghitung ROAS

Metode perhitungan ROAS secara garis besar bisa terbilang cukup sederhana. Caranya adalah dengan membandingkan pendapatan dari digital campaign dengan biaya pengeluaran.

ROAS = Revenue / Cost

Dalam hal ini, revenue adalah total pendapatan kotor yang diperoleh dari pembelian yang dihasilkan langsung oleh penayangan iklan. Sementara cost adalah biaya yang Anda keluarkan untuk membayar iklan tersebut.

Namun, meskipun secara teori mudah dipahami, praktiknya mungkin akan lebih rumit dari yang diduga. Konsep pendapatan sendiri perlu Anda pahami dengan baik, dan hitung apa saja yang termasuk ke dalamnya. Beberapa aspek yang bisa termasuk ke dalam pendapatan atau revenue adalah leads yang didapat dan pembelian produk. 

Begitu juga dengan konsep pengeluaran atau cost, di mana Anda perlu menghitung secara keseluruhan. Beberapa aspek yang biasanya termasuk ke dalam pengeluaran adalah biaya pemasangan iklan, biaya langganan tools atau software, biaya agensi, dan lain sebagainya.

Karena itu, pastikan Anda memasukkan semua angka baik pendapatan maupun pengeluaran dengan teliti. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan nilai ROAS yang akurat terhadap kampanye digital yang dijalankan.

Dalam contoh kasus perhitungan ROAS adalah sebagai berikut, misalnya Anda menjalankan kampanye digital advertising untuk produk yang Anda jual dengan biaya Rp1.000.000. Selama iklan tersebut tayang, Anda berhasil meraup pendapatan dari penjualan produk sebesar Rp5.000.000. Maka dapat diidentifikasi bahwa:

  • Biaya Iklan (cost) = Rp1.000.000
  • Pendapatan kotor dari iklan (revenue) = Rp5.000.000

Sehingga perhitungan ROAS dapat dilakukan sebagai berikut.

  • ROAS = Revenue / Cost
  • ROAS = 5.000.000 / 1.000.000
  • ROAS = 5

Nilai ROAS yang dihasilkan adalah 5. Ini menunjukkan bahwa untuk setiap rupiah (Rp1) yang Anda keluarkan demi penayangan iklan, dapat menghasilkan Rp5 sebagai pendapatan Anda. Nilai ROAS sendiri bentuknya adalah rasio. Maka nilai ROAS yang Anda dapat adalah 5:1.

Berapa ROAS yang Terbilang Bagus?

Setelah mengetahui cara menghitung ROAS, tak sedikit pebisnis yang bertanya-tanya berapa nilai yang bagus untuk campaign? Apakah ROAS yang tinggi berarti baik dan ROAS rendah berarti buruk bagi performa kampanye digital?

Jawabannya bergantung pada berbagai faktor dalam bisnis dan kampanye digital Anda sendiri, terutama tujuan kampanye yang sudah ditentukan untuk strategi-strategi yang dijalankan.

Misalnya tujuan dari digital campaign untuk meningkatkan awareness terhadap produk yang baru diluncurkan. Jika tujuannya begitu, maka nilai ROAS yang kecil bukan berarti kampanye Anda tidak berjalan dengan baik.

Faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi adalah skala dan industri bisnis Anda, margin keuntungan, dan platform digital yang digunakan. Jadi sebaiknya Anda juga mempertimbangkan berbagai hal yang turut mempengaruhi ROAS untuk kampanye digital.

Namun, tentu saja rasio angka ROAS untuk digital campaign Anda bisa ditingkatkan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan ROAS. Seperti mengecek akurasi angka pendapatan dan pengeluaran, mengurangi biaya iklan, serta membidik target audiens yang tepat.

Cara Meningkatkan ROAS

ROAS adalah metrik penting untuk mengukur efektivitas iklan, yaitu perbandingan antara pendapatan yang dihasilkan dengan biaya iklan yang dikeluarkan. Berikut adalah strategi untuk meningkatkan ROAS:

1. Mengurangi Biaya Iklan

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan ROAS adalah dengan mengoptimalkan pengeluaran untuk keperluan iklan. Dikarenakan biaya iklan yang lebih rendah akan berdampak pada meningkatnya skor ROAS. Mengurangi biaya iklan tidak selalu berarti menurunkan kualitas kampanye. 

Dengan strategi yang tepat, Anda dapat menekan pengeluaran sekaligus meningkatkan efektivitas iklan, yang pada akhirnya akan meningkatkan ROAS bisnis Anda. Terdapat beberapa strategi untuk menghemat biaya iklan sekaligus meningkatkan efektivitas kampanye:

a. Mengurangi Biaya Pengerjaan

Membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk merancang dan mengelola kampanye iklan sendiri. Untuk menjalankan iklan yang lebih efektif, bisnis dapat mempertimbangkan untuk memanfaatkan layanan periklanan digital.

b. Melakukan A/B Testing

Melakukan A/B testing adalah untuk melihat iklan mana yang lebih berhasil dalam meningkatkan penjualan sebelum berfokus pada satu strategi. 

Anda bisa uji berbagai elemen iklan seperti gambar, teks, judul, dan CTA. Hentikan iklan yang tidak efektif dan alihkan anggaran ke versi yang menghasilkan performa terbaik. Sehingga Anda dapat menghindari pemborosan anggaran pada iklan yang kurang efektif.

c. Mengurangi Penargetan Audiens

Fokus pada audiens yang memiliki peluang konversi tinggi menggunakan data perilaku, minat, atau demografi. Hindari menargetkan audiens terlalu luas yang bisa menyebabkan biaya iklan membengkak tanpa hasil optimal.

Anda bisa menggunakan lookalike audience untuk menjangkau audiens baru yang mirip dengan pelanggan Anda.

2. Memperhatikan Akurasi

Akurasi dalam menjalankan kampanye iklan sangat penting untuk memastikan anggaran yang dikeluarkan memberikan hasil optimal. 

Kesalahan dalam akurasi data terkadang dapat mengakibatkan hasil ROAS yang rendah. Oleh karena itu, mengamati data dengan cermat adalah aspek kecil namun penting dari ROAS. Perhatikan apakah semua biaya iklan telah diperhitungkan atau apakah data penjualan offline harus dimasukkan dalam perhitungan.

3. Identifikasi Masalah

Selain implementasi iklan, alasan lain yang dapat disebabkan pada skor ROAS yang buruk adalah seperti harga produk, copy iklan yang tidak sesuai dan tidak menarik, dan proses pembayaran dan pembelian yang terlalu rumit.

Sehingga diperlukannya analisis menyeluruh dari berbagai elemen kampanye iklan, mulai dari audiens, konten, hingga performa teknis.

Optimalkan ROAS dengan Strategi Digital yang Jitu

Agar mendapatkan nilai ROAS yang baik, salah satu upaya yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat strategi digital yang tepat. Maksimalkan strategi dan kampanye digital Anda bersama tim profesional dari agensi terpercaya seperti BigEvo Digital Agency.

Dengan pengalaman sebagai Google Premier Partner, BigEvo menawarkan berbagai layanan, seperti Digital Ads, Social Media Management, KOL Marketing, Website Development, SEO Optimization, Live Streaming, dan lain sebagainya.

Segera hubungi tim kami untuk mendiskusikan bisnis Anda. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Cara Meningkatkan Lead Generation yang Optimal untuk Bisnis
Cara meningkatkan lead generation dapat ditentukan dari target audiens, membuat konten berkualitas, hingga memanfaatkan iklan dari chatbot. ...
by Izza  |  03 Feb 2025
Apa itu Advertising Agency? Ini Perannya untuk Membantu Bisnis Anda
Advertising agency adalah perusahaan yang menyediakan layanan terkait pembuatan, perencanaan, dan pengelolaan kampanye iklan untuk perusahaan atau bra ...
by Izza  |  12 Nov 2024
Google Ads: Pengertian, Manfaat dan bedanya dengan Google Adsense
Google Ads adalah platform iklan online berbayar yang disediakan oleh Google dan punya jangkauan audiens yang lebih luas. Selengkapnya di sini! ...
by Izza  |  02 Aug 2024
    Whatsapp BigEvo