Return on Ad Spend (ROAS) dalam Digital Marketing

tangan seseorang sedang meletakkan koin yang mengilustrasikan pertumbuhan ROAS

ROAS merupakan salah satu elemen yang cukup signifikan dalam menjalankan praktik digital marketing. Jadi tak heran kalau pegiat digital marketer sebaiknya memahami dengan baik konsep ROAS. Pembahasan ini akan mengulas apa itu ROAS dan bagaimana peranannya dalam digital marketing.

Langsung saja baca selengkapnya di bawah ini, ya!

Apa Itu ROAS dalam Digital Marketing?

Hal pertama yang akan dibahas adalah pengertian dari ROAS itu sendiri. ROAS adalah kepanjangan dari Return on Ad Spend, salah satu metrik perhitungan untuk mengukur sebuah kampanye periklanan. Sebagai pebisnis, Anda tentu tahu kalau keunggulan dari digital marketing adalah dapat terukur dengan jelas.

Ada beberapa metrik yang bisa dijadikan acuan untuk menilai apakah kampanye digital yang Anda lakukan sudah efektif atau belum. Salah satunya adalah ROAS yang sedang kita ulas pada pembahasan ini. ROAS dapat membantu Anda mengetahui performa digital campaign yang dijalankan oleh perusahaan.

Selain ROAS, Anda juga bisa menggunakan metode perhitungan lainnya seperti CTR, conversion rate, dan lain sebagainya. Anda dapat mengukur dari beberapa metrik sekaligus untuk bisa melihat efektivitas kampanye dengan lebih menyeluruh.

Memahami Pentingnya ROAS dalam Iklan Online

Lalu, bagaimana sebenarnya peran ROAS dalam praktik digital marketing terutama untuk perhitungan iklan online? Mari kita ulas lebih lanjut pada bagian ini.

Ketika menjalankan sebuah kampanye digital, Anda tentu ingin kalau kampanye tersebut berjalan dengan baik. Standar ukur baik tidaknya sebuah kampanye mungkin berbeda-beda untuk tiap bisnis atau perusahaan. Namun secara umum, Anda pastinya berharap kalau kampanye tersebut menghasilkan hal yang bermanfaat bagi perkembangan bisnis.

Untuk mengetahui apakah kampanye tersebut memang menghasilkan atau tidak, Anda bisa menghitungnya melalui ROAS. Salah satu fungsi ROAS adalah untuk menunjukkan apakah pengeluaran iklan online sudah sepadan dengan yang dihasilkan atau tidak.

Mengetahui ROAS juga akan membantu Anda dalam melakukan evaluasi atas kampanye digital yang sedang dijalankan. Jika rasio ROAS terbilang bagus, maka hal tersebut dapat menjadi acuan untuk terus mengembangkan strategi yang sedang berjalan.

Lalu bagaimana jika ROAS kurang bagus? Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk mencari strategi digital yang lebih tepat. Namun perlu diketahui juga bahwa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perhitungan ROAS, yang akan diulas pada bagian selanjutnya.

Cara Menghitung ROAS dengan Akurat

Metode perhitungan ROAS secara garis besar bisa terbilang cukup sederhana. Caranya adalah dengan membandingkan pendapatan dari digital campaign dengan biaya pengeluaran.

ROAS = Revenue / Cost

Nilai ROAS sendiri bentuknya adalah rasio. Misalnya pendapatan yang Anda hasilkan adalah Rp 10.000.000, sedangkan biaya iklan dan campaign keseluruhan adalah Rp 1.000.000. Maka nilai ROAS yang Anda dapat adalah 10:1.

Lalu, apa arti dari rasio ROAS tersebut? Maknanya adalah dari setiap Rp 1 yang Anda keluarkan, Anda mendapat keuntungan sebesar Rp 10.

Namun meskipun secara teori mudah dipahami, prakteknya mungkin akan lebih rumit dari yang diduga. Konsep pendapatan sendiri perlu Anda pahami dengan baik, dan hitung apa saja yang termasuk ke dalamnya. Beberapa aspek yang bisa termasuk ke dalam pendapatan atau revenue adalah leads yang didapat dan pembelian produk. 

Begitu juga dengan konsep pengeluaran atau cost, dimana Anda perlu menghitung secara keseluruhan. Beberapa aspek yang biasanya termasuk ke dalam pengeluaran adalah biaya pemasangan iklan, biaya langganan tools atau software, biaya agensi, dan lain sebagainya.

Karena itu, pastikan Anda memasukkan semua angka baik pendapatan maupun pengeluaran dengan teliti. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan nilai ROAS yang akurat terhadap kampanye digital yang dijalankan.

Berapa ROAS yang Terbilang Bagus?

Setelah mengetahui cara menghitung ROAS, tak sedikit pebisnis yang bertanya-tanya berapa nilai yang bagus untuk campaign? Apakah ROAS yang tinggi berarti baik dan ROAS rendah berarti buruk bagi performa kampanye digital?

Jawabannya adalah bergantung lagi pada berbagai faktor dalam bisnis dan kampanye digital Anda sendiri. Terutama terhadap tujuan kampanye yang sudah ditentukan untuk strategi-strategi yang dijalankan.

Misalnya tujuan dari digital campaign yang untuk meningkatkan awareness terhadap produk yang baru diluncurkan. Jika tujuannya begitu, maka nilai ROAS yang kecil bukan berarti kampanye Anda tidak berjalan dengan baik.

Faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi adalah skala dan industri bisnis Anda, margin keuntungan, dan platform digital yang digunakan. Jadi sebaiknya Anda juga mempertimbangkan berbagai hal yang turut mempengaruhi ROAS untuk kampanye digital.

Namun tentu saja, rasio angka ROAS untuk digital campaign Anda bisa ditingkatkan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan ROAS. Seperti mengecek akurasi angka pendapatan dan pengeluaran, mengurangi biaya iklan, serta membidik target audiens yang tepat.

Agar mendapatkan nilai ROAS yang baik, salah satu upaya yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat strategi digital yang tepat. Maksimalkan strategi dan kampanye digital Anda bersama tim profesional di BigEvo, Advertising Agency Indonesia.



Share:



Pentingnya Jasa Iklan Digital Marketing dan Cara Memilihnya
Jasa iklan digital marketing adalah layanan yang menyediakan solusi pemasaran melalui platform digital. Cek cara kerja dan tips memilihnya di sini. ...
by Izza  |  20 Nov 2023
TikTok Ads: Keuntungan, Jenis, Cara Memasang, dan Tips Mengoptimalkannya
Simak lebih mendalam mengenai TikTok Ads dalam artikel ini. Mulai dari keuntungan, jenis-jenis, cara memasang, sampai tips mengoptimalkannya.   ...
by Izza  |  13 Nov 2023
Facebook Advertising: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Cara Menggunakannya
Facebook Advertising adalah bentuk pemasaran yang memungkinkan pengguna Facebook untuk mempromosikan produk, layanan, atau konten kepada audiens.  ...
by Izza  |  02 Nov 2023
    Whatsapp BigEvo