Programmatic Ads: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-jenis Salurannya

programmatic ads

Programmatic ads dapat kita temukan di banyak media, mulai dari tayangan seluler, sosial media hingga video. Iklan digital memang memiliki peran yang cukup penting di dunia pemasaran. Dengan majunya berbagai inovasi teknologi, iklan jenis ini dianggap lebih menjanjikan.

Pembahasan ini akan mengulas tentang programmatic ads secara mendalam, mulai dari pengertian sampai jenis-jenis salurannya. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Apa Itu Programmatic Ads?

Programmatic ads adalah suatu pendekatan dalam periklanan digital di mana pembelian dan penempatan iklan dilakukan secara otomatis menggunakan algoritma dan teknologi. Penerapannya melibatkan penggunaan platform periklanan otomatis yang memungkinkan pengiklan untuk menentukan parameter kampanye. Beberapa di antaranya adalah target audiens, anggaran, dan tujuan kampanye.

Dalam programmatic ads, proses pengambilan keputusan pembelian iklan terjadi dalam waktu nyata (real-time bidding). Platform otomatis akan mengevaluasi peluang untuk menampilkan iklan pada suatu inventaris (ruang iklan digital) dalam hitungan detik. Penawaran pun akan dibuat dalam hitungan waktu yang sangat cepat.

Dalam iklan tradisional, pembelian ruang iklan sering melibatkan negosiasi manual, proses yang memakan waktu, dan harga yang tetap. Sementara itu, programmatic ads mengandalkan keputusan berbasis data untuk menargetkan audiens tertentu. Tujuannya agar dapat menyajikan iklan yang relevan pada waktu, tempat, dan orang yang tepat.

Cara Kerja Programmatic Advertising

Programmatic ads bekerja dengan menggunakan teknologi otomatisasi dan algoritma untuk mengatur pembelian dan penjualan iklan digital secara real-time. Proses ini melibatkan beberapa tahapan yang kompleks namun efisien. 

Pertama, ketika seorang pengguna mengunjungi sebuah situs web atau aplikasi, data tentang pengguna pun tersimpan. Beberapa di antaranya adalah data lokasi, minat, serta perilaku penjelajahan yang dikumpulkan secara anonim dan disimpan dalam basis data.

Kedua, berdasarkan data tersebut, sistem programmatic akan memutuskan apakah iklan akan ditayangkan. Jika iya, sistem akan menentukan iklan apa yang paling relevan untuk disajikan kepada pengguna tersebut. 

Keputusan ini diambil dalam hitungan milidetik sebelum halaman atau aplikasi dimuat sepenuhnya. Dengan begitu, iklan yang ditampilkan akan segera sesuai dengan preferensi dan profil pengguna.

Ketiga adalah proses lelang terjadi di pasar programmatic. Para pengiklan bersaing untuk memenangkan hak menampilkan iklan di ruang iklan yang tersedia pada situs web atau aplikasi. Setiap pengiklan menawarkan harga tertentu yang bersaing, dan penawaran tertinggi akan menang dan iklannya akan tampil kepada pengguna yang sesuai kriteria targetnya.

Keempat, iklan yang berhasil dimasukkan ke dalam halaman situs web atau aplikasi dan ditampilkan kepada pengguna. Seluruh proses ini berlangsung dalam waktu singkat dan dilakukan secara otomatis, tanpa intervensi manusia.

Hasilnya, iklan yang ditampilkan menjadi lebih relevan dan efektif. Hal ini karena diarahkan kepada pengguna yang lebih mungkin tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Pentingnya Menggunakan Programmatic Ads

Penggunaan iklan programatik memberikan berbagai manfaat dan alasan mengapa periklanan programatik menjadi pilihan yang menarik bagi banyak pengiklan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan programmatic ads.

Efisiensi dan Hemat Biaya

Programmatic ads mengotomatisasi proses pembelian dan penempatan iklan, mengurangi waktu dan tenaga yang diperlukan untuk melakukan negosiasi manual. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengelola kampanye iklan dengan lebih efisien dan fokus pada strategi pemasaran yang lebih luas.

Programmatic ads juga memungkinkan Anda mengeluarkan biaya lebih rendah dibanding iklan konvensional. Iklan ini membantu Anda dalam mendapatkan hasil yang menguntungkan dengan alokasi anggaran yang lebih efisien.

Targeting yang Tepat Sasaran

Programmatic ads memungkinkan pengiklan untuk menargetkan audiens secara tepat berdasarkan data demografis, perilaku, minat, dan preferensi pengguna. Dengan demikian, iklan disajikan kepada orang yang lebih mungkin tertarik dengan produk yang ditawarkan, meningkatkan peluang konversi.

Personalisasi Iklan

Dalam programmatic ads, iklan dapat dipersonalisasi untuk mencocokkan karakteristik dan perilaku individu pengguna. Hal ini meningkatkan relevansi iklan dan menciptakan pengalaman yang lebih positif bagi pengguna, sehingga meningkatkan keterlibatan dan tingkat respons.

Real-Time Optimization

Programmatic ads memungkinkan pengiklan untuk memantau kinerja kampanye iklan secara real-time. Dengan data yang diperoleh, Anda dapat mengidentifikasi iklan yang paling efektif dan mengoptimalkan strategi pemasaran secara cepat dan tepat. Hal ini membantu memaksimalkan hasil kampanye iklan.

Akses ke Inventaris yang Luas

Dengan programmatic ads, pengiklan memiliki akses ke berbagai saluran digital dan media yang luas, termasuk situs web, aplikasi seluler, media sosial, dan platform video. Hal ini memberikan kesempatan untuk mencapai beragam audiens di berbagai lingkungan online.

Transparansi dan Pengendalian Biaya

Programmatic ads memberikan transparansi tentang kinerja iklan dan biaya yang terlibat. Anda dapat memantau berapa banyak yang dibayar untuk setiap iklan yang berhasil ditampilkan. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui berapa banyak hasil yang dihasilkan dari setiap kampanye.

Skalabilitas Kampanye

Programmatic ads memungkinkan kampanye iklan untuk dengan mudah disesuaikan dan ditingkatkan dalam skala. Anda dapat menyesuaikan anggaran dan strategi penargetan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis.

Apa Kriteria Agar Mendapat Target Pasar yang Pas?

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menentukan target iklan agar hasil lebih akurat dan baik. Menentukan target pasar yang pas bertujuan agar kegiatan pengiklanan seperti programmatic ads tidak sia-sia.

Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan untuk pengoptimalan target pasar.

1. Contextual Targeting

Maksud dari contextual targeting adalah untuk menampilkan iklan berdasarkan konteks pada website. Contohnya brand makanan akan terasa lebih baik menargetkan iklan ke website kuliner karena pengunjungnya yang pasti pecinta kuliner.

2. Keyword Targeting

Jenis penargetan kontekstual programmatic ads satu ini berfokus pada penayangan iklan berdasarkan kata kunci atau keywordnya.

3. Audience Targeting

Anda dapat menampilkan iklan berdasarkan data audiens yang tersimpan di dalam cookie website Anda. Dengan kata lain, Anda menargetkan data audiens atau user yang sebelumnya sudah pernah mengunjungi website.

Setelah seseorang tertarik dengan iklan yang pernah Anda tayangkan melalui website publisher, Anda juga dapat memasukkannya ke Retargeting List.

4. Retargeting

Retargeting merupakan sebuah penargetan iklan dengan cara menarik orang-orang yang sebelumnya pernah mengunjungi website milik Anda, tetapi tidak melakukan pembelian. Pada dasarnya cara ini mirip dengan audience targeting

Misalnya terdapat 5% pengunjung yang melakukan pembelian di website Anda, maka iklan targeting sebesar 95% kepada orang yang tidak melakukan pembelian di website

Iklan digital programmatic ini memang dinilai sangat efisien dan praktis. Iklan benar-benar akan sampai kepada orang-orang yang memiliki daya tarik terhadap produk yang Anda tawarkan.

Jenis-jenis Saluran Programmatic Ads

Iklan programatik dapat disajikan melalui berbagai saluran digital yang mencakup beragam media dan platform. Berikut adalah beberapa jenis saluran programmatic ads yang umum digunakan.

Display Advertising

Display advertising adalah iklan programatik dalam bentuk banner, gambar, atau animasi yang muncul di situs web, aplikasi, atau halaman media online lainnya. Iklan display dapat ditargetkan berdasarkan data demografis, perilaku pengguna, dan minat.

Video Advertising

Selanjutnya ada iklan programatik dalam bentuk video yang disajikan di situs web, platform video, atau aplikasi streaming. Video ads dapat berupa iklan pre-roll sebelum konten video utama, iklan midroll yang muncul di tengah konten video, atau iklan postroll setelah konten video.

Native Advertising

Native ads adalah iklan programatik yang disesuaikan dengan format dan gaya konten sekitarnya, sehingga terlihat seperti bagian organik dari platform atau situs web tertentu. Iklan native biasanya lebih tidak mengganggu dan lebih cocok dengan pengalaman pengguna.

Social Media Advertising

Jenis iklan programatik ini adalah iklan yang disajikan di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lain sebagainya. Iklan ini dapat ditargetkan secara tepat berdasarkan data demografis, minat, dan perilaku pengguna di platform tersebut.

Mobile Advertising

Selanjutnya ada iklan programatik yang ditampilkan pada perangkat seluler, seperti smartphone atau tablet. Mobile ads mencakup iklan di aplikasi seluler, situs web yang diakses melalui perangkat seluler, atau melalui pesan teks atau notifikasi.

Audio Advertising

Audio ads adalah iklan programatik dalam bentuk audio yang disajikan di platform streaming musik, podcast, atau aplikasi radio internet. Iklan audio bisa berupa iklan pre-roll sebelum atau midroll di tengah konten audio.

Maksimalkan Programmatic Ads Bersama BigEvo

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, programmatic ads menjadi salah satu metode periklanan digital yang paling efektif dan populer saat ini. Memanfaatkan teknologi dan data, programmatic dapat membantu meningkatkan efisiensi kampanye iklan. Anda juga dapat meningkatkan tingkat konversi dan mencapai hasil yang lebih baik melalui iklan ini.

Agar lebih maksimal, Anda dapat menggunakan jasa Programmatic Ads bersama agensi terpercaya BigEvo. BigEvo Digital Agency telah berpengalaman dalam menerapkan strategi digital yang jitu untuk perkembangan bisnis.

Selain Programmatic, Anda juga bisa memanfaatkan layanan digital lainnya yang ada di BigEvo. Seperti Social Media Marketing, SEO Optimization, KOL Marketing, Digital & Community Activation, dan masih banyak lagi.

Jadi, ingin menjalankan programmatic ads yang sukses? Maksimalkan digital marketing bisnis Anda bersama BigEvo. Hubungi kami di team@bigevo.com dan diskusikan kebutuhan Anda dengan tim profesional yang siap membantu Anda. BigEvo, your trusted digital agency.

 



Share:



Pentingnya Jasa Iklan Digital Marketing dan Cara Memilihnya
Jasa iklan digital marketing adalah layanan yang menyediakan solusi pemasaran melalui platform digital. Cek cara kerja dan tips memilihnya di sini. ...
by Izza  |  20 Nov 2023
TikTok Ads: Keuntungan, Jenis, Cara Memasang, dan Tips Mengoptimalkannya
Simak lebih mendalam mengenai TikTok Ads dalam artikel ini. Mulai dari keuntungan, jenis-jenis, cara memasang, sampai tips mengoptimalkannya.   ...
by Izza  |  13 Nov 2023
Facebook Advertising: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Cara Menggunakannya
Facebook Advertising adalah bentuk pemasaran yang memungkinkan pengguna Facebook untuk mempromosikan produk, layanan, atau konten kepada audiens.  ...
by Izza  |  02 Nov 2023
    Whatsapp BigEvo