Jenis Website dan Panduan Lengkap Mengenalnya

jenis website untk bisnis

Jenis website adalah materi penting yang perlu Anda pahami saat memasuki dunia pengembangan website. Website terdiri dari banyak jenis dengan fungsi utama yang berbeda-beda. 

Di era digital saat ini, website banyak menjadi sumber utama berbagai informasi dan ilmu pengetahuan yang dapat diakses kapanpun dan di manapun. Menentukan jenis website adalah hal yang krusial untuk memfokuskan Anda dalam mengelolanya. 

Tak hanya jenis-jenis website, Anda perlu memahami secara keseluruhan mengenai website jika ingin mengelolanya. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai mengenai website, pengertian, jenis, cara membuat hingga tips mengembangkannya.

Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Website?

Hal pertama yang akan kita bahas adalah pengertian website. Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan dapat diakses menggunakan jaringan internet.

Website saat ini menjadi platform bagi individu, kelompok, organisasi, dan perusahaan mengenalkan dirinya di internet. Website memungkinkan Anda untuk membagikan informasi, memasarkan produk, hingga terhubung secara global dengan orang lain. 

Halaman website memuat konten yang berisi teks, foto, video, atau berbagai bentuk media lainnya. Setiap halamannya ditulis dalam HTML (Hyper Text Markup Language) dan terhubung melalui hyperlink

Anda dapat mengakses website dengan mudah menggunakan perangkat browser, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lain sebagainya. 

Fungsi Website

Website memiliki fungsi penting yang dapat membantu pekerjaan Anda sehari-hari. Fungsi ini sebenarnya bervariasi, tergantung pada tujuan dan target pengunjungnya. Untuk lebih lengkapnya, berikut berbagai fungsi website yang perlu Anda ketahui.

1. Menyebarkan Informasi

Fungsi dasar dan utama sebuah website adalah sebagai sumber informasi bagi masyarakat luas. Konten dan artikel-artikel dalam website dapat memberi Anda informasi dan wawasan mengenai suatu bidang.

2. Memasarkan Produk

Selain sebagai penyebar informasi, website juga dapat berfungsi sebagai sarana para pebisnis untuk memasarkan produk mereka. Beberapa contoh website yang berfungsi memasarkan produk adalah website e-commerce, website toko online, atau website agen perjalanan.

3. Sarana Komunikasi

Website sebagai platform yang dapat dijangkau oleh orang di mana pun dan kapan pun dapat berfungsi sebagai sarana komunikasi antar pengunjungnya. Website juga dapat menjadi forum bagi komunitas online untuk berkumpul dan mendiskusikan suatu topik.

4. Sarana Pendidikan

Website telah membuat revolusi dalam dunia pendidikan. Di era digital saat ini, Anda tak perlu pergi ke sekolah untuk menuntut ilmu dan mendapat ilmu pengetahuan. Dengan website, Anda dapat mengakses pendidikan dengan mudah melalui kelas, kursus, maupun pelatihan secara online yang bisa didengarkan kapan pun dan di mana pun.

5. Media Hiburan

Halaman website yang menyediakan konten dengan berbagai format dapat memberikan Anda hiburan yang mudah diakses. Anda dapat melakukan berbagai hal menarik melalui seperti bermain game, menonton video, atau mendengarkan musik melalui website.

Jenis-Jenis Website

Jika sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian dan fungsi website, selanjutnya yang akan diulas adalah jenis-jenis website. Pembagian jenis-jenis website dilakukan berdasarkan dua pengelompokkan. 

Ada dua pengelompokkan jenis website, yaitu jenis website berdasarkan kontennya dan berdasarkan sifatnya.

1. Berdasarkan Kontennya

Pertama, jenis website dikelompokkan berdasarkan isi konten di dalamnya. Pengelompokkan ini mengacu fokus tema informasi yang disajikan dalam konten website. Berikut ulasan selengkapnya:

a. Blog

Jenis yang pertama adalah blog. Jenis ini merupakan website yang bersifat kasual dan menyampaikan berbagai konten, mulai dari artikel, gambar, video, dan lain sebagainya. Pemilik blog biasanya mengutamakan interaksi yang mendalam dengan pengunjungnya.

b. Website e-Commerce

Jenis website selanjutnya adalah website e-commerce. Website ini memungkinkan Anda untuk melakukan penjualan dan pembelian produk di dalamnya. Website e-commerce dirancang khusus sebagai website untuk melakukan transaksi komersial secara digital. 

c. Website Bisnis

Selanjutnya adalah website bisnis. Jenis website ini banyak digunakan perusahaan untuk mengkomunikasikan produk dan layanan yang mereka tawarkan kepada market target. Situs web bisnis sangat membantu untuk menjangkau pasar lebih luas.

d. Website Pemerintah

Website pemerintah dipakai oleh organisasi dan lembaga pemerintahan untuk menjalankan layanan publik mereka. Situs web pemerintah dapat memudahkan masyarakat dalam menyelesaikan urusan administrasi publik dan mempercepat birokrasi. 

e. Website Entertainment

Selanjutnya adalah website entertainment. Sesuai namanya, website ini merupakan situs yang menyajikan hiburan melalui gambar, video, film, musik dan konten lainnya. Beberapa contoh website hiburan adalah Netflix dan YouTube.

2. Berdasarkan Sifatnya

Pembagian website juga dapat dikelompokkan berdasarkan sifatnya. Dalam hal ini, website terbagi menjadi dua jenis, yaitu website statis dan website dinamis, berikut penjelasan selengkapnya.

a. Website Statis

Website statis adalah website yang punya tampilan tetap dan tidak berubah. Isi konten di dalam website ini juga cenderung jarang sekali update. 

Untuk membuat website statis, Anda harus memiliki keahlian coding atau menyewa developer. Hal ini karena pembuat website statis harus memahami kode HTML dan pemrograman untuk membuatnya. 

Meskipun dinilai kurang update dan membutuhkan skill khusus untuk mengubah konten di dalamnya, website statis adalah website yang cepat dan efisien untuk dikembangkan.

b. Website Dinamis

Jika sebelumnya website statis adalah website yang jarang sekali di-update, website dinamis adalah kebalikannya. Website dinamis merupakan website yang kontennya sering diperbarui secara berkala.

Developer atau pemilik website dan orang-orang yang memiliki akses terhadap website, dapat mengubah konten dengan mudah. Kebanyakan website saat ini merupakan website dinamis karena dapat dikelola dengan mudah.

Website dinamis juga punya kelebihan karena memiliki banyak fitur tambahan di dalamnya. Akan tetapi, website ini membutuhkan waktu dan biaya yang lebih banyak untuk mengembangkannya.

Cara Membuat Website

Website bisa menjadi platform yang sangat bermanfaat bagi Anda. Mari mulai membuat website dengan langkah-langkah berikut.

1. Tentukan Jenis Website

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis website. Setelah memahami jenis-jenis website pada pembahasan sebelumnya, tentukan jenis website apa yang ingin Anda buat sesuai dengan kebutuhan dan tujuan website. 

2. Tentukan Platform Website

Langkah selanjutnya adalah menentukan platform website. Ada banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk mengelola website Anda. Salah satunya adalah platform Content Management System (CMS) WordPress.

Anda dapat membuat dan mengelola website dengan WordPress tanpa perlu memiliki skill programming. Membuat website dapat dilakukan dengan mudah dengan menginstall WordPress, memasukkan nama, deskripsi website, dan memilih template.

3. Pilih Nama Domain

Tahap ini merupakan tahap yang cukup penting, yaitu memilih nama domain. Domain adalah alamat untuk website dan menjadi salah satu brand identity website Anda.

Pikirkan secara matang sebelum memilih domain untuk nama website Anda. Ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih nama domain.

  • Menggunakan nama yang mudah diingat.
  • Tidak harus menggunakan ekstensi domain ‘.com’, Anda bisa berkreasi dengan memiliki ekstensi lain.
  • Jangan menggunakan kata hubung atau angka.
  • Pastikan nama domain belum dipakai oleh website lain atau bermasalah dengan copyright.
  • Buat nama domain yang singkat, jelas, dan padat.
  • Pilih nama domain yang menggambarkan citra atau persona yang ingin Anda bangun.
  • Sesuaikan nama domain dengan target pengunjung website.

4. Pilih Hosting

Langkah selanjutnya adalah memilih hosting. Hosting berguna untuk menyimpan data website Anda, data tersebut adalah semua file website, seperti tema, plugin, teks, media, kode HTML, hingga konten.

Sebagian besar pemilik website menggunakan WordPress Hosting sebagai hosting website mereka. WordPress Hosting sendiri merupakan hosting yang teroptimasi jika Anda menggunakan CMS WordPress 

WordPress Hosting sangat praktis karena Anda tidak perlu melakukan instal ulang, WordPress sudah otomatis ada di dalam fitur WordPress Anda. Beberapa keunggulan dari WordPress Hosting antara lain adalah:

  • Membuat website lebih cepat dan mudah karena tidak perlu melakukan setting di control panel.
  • Mendukung kecepatan website yang bergaransi 5 detik.
  • Dapat terintegrasi dengan berbagai plugin untuk bisnis dan AI content generator.

Tips Membuat Website yang SEO Friendly

Membuat website yang SEO friendly sangat penting karena akan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk membuat website SEO friendly.

1. Pastikan Semua Halaman Memiliki Fungsi Meta Tag

Tips yang pertama adalah memastikan semua halaman website mempunyai Meta tag. Mulai dari home, halaman kategori, halaman produk, halaman news, dan lain-lain perlu ada field meta tag di dalamnya. Meta tag yang harus ada yaitu Meta title dan Meta description.

2. Gunakan Fungsi Heading dan UBI

Hampir semua CMS sudah mendukung fungsi heading dalam text editor-nya, gunakan fungsi tersebut saat Anda membuat artikel untuk halaman website. Heading yang harus ada yaitu H1, H2, H3.

H1 digunakan untuk judul utama, sedangkan H2 untuk sub judul, dan H3 untuk judul di body artikel. Selain itu, gunakan juga fungsi UBI (underlied, bold, italic) untuk memberi tekanan visual pada kata-kata tertentu.

3. Buat URL Website yang Rapi dan Teratur

Tips selanjutnya adalah membuat URL yang rapi, terstruktur, dan jelas hierarkinya. URL yang rapi dan mengandung kata kunci yang relevan dapat membantu meningkatkan peringkat website di mesin pencarian.

4. Perhatikan Kecepatan Website

Kecepatan website itu sangat penting karena dapat memengaruhi pengalaman pengunjung. Website dengan kecepatan loading yang lambat dapat membuat pengunjung tak betah berlama-lama di dalamnya.

Anda dapat memeriksa speed loading website menggunakan tool gratis seperti pagespeed.web.dev.  

5. Berikan Ruang untuk Text di Dalam Website

Tips yang satu ini juga tak kalah penting, yaitu memberi ruang untuk text. Jangan membuat design website dengan terlalu banyak gambar atau foto di dalamnya.

Meski terlihat estetik, terlalu banyak foto di halaman website membuat mesin pencari tak bisa membaca Website Anda, karena sejatinya mesin pencari hanya bisa membaca text.

Oleh karena itu, sisipkan lebih banyak text agar crawler mesin pencari dapat mendeteksi kategori atau informasi yang disediakan website Anda. Jangan lupa untuk memastikan CMS Anda mempunyai fitur yang bisa merubah-rubah text tersebut.

6. Pakai HTTPS

Mesin pencari seperti Google juga menentukan peringkat website dengan mempertimbangkan keamanan website tersebut. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk menggunakan HTTPS agar membuat website terlihat lebih aman dan menjadi website yang SEO friendly.

7. Pasang Google Search Console

Tips yang terakhir, jangan lupa untuk memasang tool Google Search Console (GSC). Tool ini berfungsi untuk mendeteksi kondisi kesehatan website Anda dari sisi SEO. 

GSC dapat memeriksa apakah website terkena penalty Google saat melalui status crawling dan indexing. Tool ini juga dapat mengetahui backlink yang mengarah ke website Anda, dan sebagainya.

Optimalkan Performa Website Bisnis dengan Layanan Digital

Di era digital saat ini, membuat dan mengelola website adalah hal yang penting dan mesti Anda lakukan untuk dapat mengenalkan bisnis Anda. Sayangnya, mengelola website dan menjadikannya nomor satu di mesin pencarian bukanlah hal yang mudah. 

Anda dapat menggunakan jasa digital marketing agency seperti BigEvo Digital Agency. BigEvo dapat membantu Anda dalam mengelola website, dan menjalankan strategi digital marketing lainnya. 

Ada berbagai layanan digital yang disediakan BigEvo untuk mengembangkan bisnis Anda, di antaranya seperti Web Development, SEO Optimization, Digital Ads, KOL Marketing, Programmatic Ads, dan masih banyak lagi.

Segera konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama BigEvo dengan menghubungi team@bigevo.com, dan tim profesional kami siap membantu. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Jenis Website dan Panduan Lengkap Mengenalnya
Jenis website dibagi dalam dua kelompok, yaitu berdasarkan kontennya dan berdasarkan sifatnya. Simak penjelasan selengkapnya di sini! ...
by Izza  |  18 Sep 2024
Langkah dan Tips Mudah Membuat Website Toko Online dengan WordPress
Buat website toko online Anda menggunakan WordPress hanya dalam beberapa langkah. Simak cara dan tips selengkapnya di sini! ...
by Izza  |  22 Jul 2024
Website E-Commerce: Pengertian, Keuntungan, dan Jenisnya
Website e-commerce adalah platform online yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli melalui internet, baik berupa barang maupun jasa. ...
by Izza  |  11 Jun 2024
    Whatsapp BigEvo