Pentingnya Live Streaming untuk Bisnis dan Tips Memilih Jasa yang Tepat

jasa live streaming

Live streaming tentunya sudah tidak asing lagi di mata Anda, terlebih pada era digital seperti sekarang ini. Streaming menjadi tren yang digandrungi banyak orang, terutama kalangan muda. Hal ini pun dimanfaatkan oleh brand dan pebisnis lainnya untuk mempromosikan produk mereka.

Pembahasan ini akan mengulas lebih lanjut mengenai live streaming, mulai dari kelebihan sampai tips memilih jasa yang tepat. Simak sampai selesai, ya!

Apa Itu Live Streaming?

Pengguna internet tentu sudah familiar dengan kegiatan streaming, seperti TikTok live streaming dan platform digital lainnya. Live streaming adalah proses mengirimkan video dan audio secara langsung melalui internet. 

Konten video dan audio direkam dan ditransmisikan secara waktu nyata, sehingga pemirsa dapat menyaksikannya secara langsung seiring dengan acara yang sedang berlangsung. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk berbagi momen, presentasi, pertunjukan, atau acara apa pun dengan audiens di seluruh dunia secara instan.

Live streaming biasanya menggunakan platform online seperti YouTube Live, Facebook Live, TikTok Live, Instagram Live, Shopee Live, dan lain sebagainya. Prosesnya dimulai dari perekaman video dan audio menggunakan perangkat seperti kamera atau ponsel pintar.

Setelah itu, pengguna mengirimkan data tersebut melalui jaringan internet ke server platform live streaming. Server ini kemudian mendistribusikan data tersebut kepada pemirsa yang terhubung secara online.

Beberapa keuntungan dari live streaming adalah kemampuan untuk mencapai audiens global secara instan, interaksi langsung dengan pemirsa, dan kemampuan untuk membagikan momen penting secara real-time

Namun, seperti teknologi lainnya, live streaming juga memiliki tantangan. Seperti kualitas koneksi internet yang bervariasi, masalah privasi, serta kebutuhan akan perangkat dan perangkat lunak yang sesuai.

Live Streaming dalam Konteks Bisnis

Dalam konteks bisnis, live streaming merujuk pada penggunaan teknologi untuk tujuan komersial dan pemasaran. Prosesnya mencakup penyiaran konten secara langsung untuk berinteraksi dengan pelanggan, mempromosikan produk atau layanan, memberikan informasi, atau membangun koneksi dengan audiens dalam konteks bisnis. 

Live streaming bisnis dapat dilakukan oleh perusahaan dalam berbagai industri dengan tujuan mencapai berbagai tujuan bisnis. Berikut beberapa penggunaan streaming yang biasa digunakan dalam konteks bisnis.

Peluncuran Produk

Penggunaan live streaming untuk bisnis yang pertama dan terbilang sering dilakukan adalah peluncuran produk. Perusahaan atau brand kerap melakukan streaming ketika meluncurkan produk baru, memungkinkan audiens dapat melihat informasinya di mana saja.

Selain itu, siaran langsung juga memberikan sarana bagi brand untuk memperkenalkan produk beserta fitur-fiturnya. Anda dapat berkomunikasi langsung dengan audiens, menjawab pertanyaan yang diajukan, serta membangun buzz untuk produk tersebut.

Demonstrasi Produk

Selain peluncuran produk baru, streaming juga dapat Anda gunakan untuk mendemonstrasikan produk. Brand atau perusahaan bisa melakukan demonstrasi langsung tentang bagaimana suatu produk atau layanan bekerja. Hal ini memberikan pelanggan potensial pemahaman yang lebih baik tentang apa yang mereka akan atau sudah beli.

Webinar dan Event Virtual

Beberapa tahun belakangan, webinar dan event virtual marak bermunculan dengan berbagai tema. Hal ini sering dimanfaatkan oleh bisnis atau brand untuk mengadakan online event dan menjangkau audiens di berbagai tempat. Anda dapat menyelenggarakan webinar atau mengundang pembicara dengan pembahasan topik tertentu.

Dengan webinar atau event virtual, Anda dapat meningkatkan brand awareness terhadap produk atau brand. Acara seperti ini juga memungkinkan Anda untuk menjaring audiens yang tepat sesuai dengan niche bisnis.

Konten Hiburan dan Interaktif

Penggunaan streaming yang juga dapat diterapkan oleh bisnis adalah dengan membuat konten hiburan dan interaktif. Konten semacam ini bisa menarik perhatian audiens karena sifatnya yang menyenangkan dan menghibur. Dari konten ini, Anda bisa memasukkan elemen promosi untuk produk maupun brand.

Selain itu, melakukan live streaming dengan konten jenis ini memungkinkan Anda untuk membangun interaksi dengan audiens. Anda bisa menjawab pertanyaan dari audiens dan mendapatkan umpan balik langsung.

Kelebihan Live Streaming untuk Bisnis

Penggunaan jasa live streaming memberikan berbagai manfaat, baik untuk kampanye pemasaran maupun bisnis secara keseluruhan. Berikut beberapa kelebihan live streaming yang bisa Anda dapatkan untuk bisnis.

Interaksi Langsung dengan Audiens

Kelebihan pertama yang bisa Anda dapatkan dari membuat siaran langsung adalah membangun interaksi dengan audiens. Baik melalui TikTok live streaming maupun platform lainnya, Anda dapat berinteraksi langsung dengan audiens secara real-time. 

Anda dapat memberi penjelasan mengenai produk, menjawab pertanyaan, dan merespon feedback secara instan. Hal ini juga akan meningkatkan keterlibatan dan perhatian audiens lebih banyak dibanding konten yang direkam terlebih dahulu. Audiens merasa lebih terlibat karena dapat berpartisipasi langsung dalam siaran langsung tersebut.

Konten Autentik dan Eksklusif

Penggunaan jasa live streaming dapat memberikan kesan autentik karena konten yang disampaikan secara langsung tanpa banyak penyuntingan. Ini bisa membantu bisnis dalam membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan dan menunjukkan sisi manusiawi dari perusahaan.

Selain itu, membuat siaran langsung juga sering menciptakan rasa mendesak karena berlangsung secara nyata dalam batas waktu tertentu. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh bisnis untuk memberikan penawaran atau informasi eksklusif yang tidak dapat diakses di tempat dan waktu lain.

Jangkauan Audiens Luas

Seperti strategi pemasaran digital pada umumnya, live streaming memungkinkan Anda menjangkau audiens yang lebih luas. Hal ini berarti Anda bisa menyasar audiens tanpa batas geografis, bahkan di ranah global. Dengan begitu, Anda dapat membuat event dan mempromosikan produk pada audiens di berbagai belahan dunia.

Salah satu cara agar siaran langsung Anda dilihat banyak orang adalah dengan menggunakan hashtag atau tagar. Penggunaan tagar dapat membantu meningkatkan eksposur dan potensi untuk menjadi viral di media sosial, termasuk TikTok live streaming dan platform lainnya. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi peningkatan visibilitas dan brand awareness untuk bisnis Anda.

Teknologi Interaktif dan Analitik

Kelebihan live streaming selanjutnya adalah memungkinkan Anda untuk menggunakan teknologi yang interaktif. Banyak platform yang menyediakan teknologi untuk membuat polling, menampung pertanyaan, dan fitur komentar saat siaran langsung berjalan. Teknologi tersebut akan membantu meningkatkan keterlibatan dan pengalaman audiens ketika menonton streaming Anda.

Selain itu, platform live streaming umumnya juga menyediakan teknologi analitik yang menyajikan data audiens. Hal ini memungkinkan Anda untuk memantau aktivitas audiens dan memahami bagaimana pola perilaku mereka. Anda juga dapat mengukur tingkat keterlibatan dan mengidentifikasi bagian apa saja yang perlu ditingkatkan.

Biaya Pemasaran Efektif

Menggunakan siaran langsung turut membantu Anda dalam mengelola anggaran bisnis menjadi lebih efektif. Dibandingkan dengan iklan tradisional atau acara offline, live streaming bisa dibilang lebih terjangkau. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens yang lebih besar tanpa menghabiskan budget bisnis atau perusahaan.

Menjadi Aset Konten

Kelebihan live streaming yang terakhir dan tak kalah pentingnya adalah kemampuan untuk membangun konten bagi bisnis. Anda dapat merekam siaran langsung dan mengarsipkannya untuk digunakan kembali sebagai konten.  Misalnya dengan mengedit video rekaman menjadi lebih pendek dan menarik untuk dibagikan sebagai konten di media sosial.

Konten tersebut akan menjadi aset digital dan basis konten yang lebih luas untuk meningkatkan performa media sosial bisnis Anda. Membagikan konten streaming dan mengolahnya jadi lebih menarik juga akan meningkatkan keterlibatan audiens dengan brand atau bisnis.

Tips Memilih Jasa Live Streaming

Pemilihan jasa live streaming yang tepat sangat penting untuk memastikan siaran Anda memenuhi tujuan yang diinginkan. Berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti dalam memilih jasa streaming untuk bisnis.

Pahami Kebutuhan Bisnis

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi dan memahami kebutuhan bisnis atau brand. Ketahui apa yang ingin Anda capai melalui live streaming yang akan dilakukan, mulai dari jenis konten sampai target-targetnya. Misalnya Anda ingin membuat streaming peluncuran produk dengan target mendapatkan sekian audiens.

Dari kebutuhan tersebut, akan lebih mudah bagi Anda untuk memilih penyedia jasa streaming yang sesuai. Anda dapat mengidentifikasi jasa yang tepat dengan melihat bagaimana hasil pekerjaan mereka sebelumnya. Anda bisa membuat daftar agensi mana yang sekiranya dapat memberikan konten streaming sesuai kebutuhan dan tujuan bisnis.

Evaluasi Kualitas Jasa

Setelah membuat daftar jasa streaming yang menjadi pertimbangan, Anda perlu melakukan evaluasi kualitas yang ditawarkan. Pastikan penyedia jasa memiliki peralatan teknis yang berkualitas untuk menghasilkan video dan audio yang baik. Pilihlah jasa yang memiliki peralatan kamera, mikrofon, dan perangkat keras pendukung lainnya yang canggih.

Selain itu, perhatikan juga koneksi internet yang memiliki peran penting dalam streaming. Pastikan penyedia jasa memiliki akses internet yang handal untuk menghindari masalah buffering atau putusnya sambungan. Pastikan juga jasa tersebut memiliki tim dukungan teknis yang siap membantu jika terjadi masalah teknis selama live streaming.

Pengalaman dan Reputasi

Selain kualitas, Anda juga perlu mengecek aspek pengalaman dan reputasi dari jasa streaming yang akan dipilih. Cek apakah penyedia jasa sudah berpengalaman dalam melakukan siaran langsung untuk brand atau bisnis. Anda juga dapat mengecek apakah jasa tersebut memiliki reputasi yang bagus, misalnya dari ulasan positif penggunanya.

Jika memungkinkan, Anda dapat meminta referensi atau rekomendasi dari orang yang pernah menggunakan jasa TikTok live streaming dan platform lainnya. Setelah itu, jangan ragu untuk bertanya dan berdiskusi kebutuhan Anda lebih lanjut dengan agensi streaming yang akan digunakan.

Platform dan Distribusi

Salah satu aspek penting dalam live streaming adalah platform atau media digital yang akan digunakan. Karena itu, pastikan penyedia jasa memiliki akses ke platform streaming yang sesuai dengan audiens Anda. Juga, pastikan mereka dapat mendistribusikan konten secara efektif ke berbagai platform dan channel.

Aspek penjadwalan dan waktu penyelenggaraan siaran langsung juga menjadi hal yang penting untuk Anda perhatikan. Pastikan jasa dapat mengakomodasi jadwal Anda dan menyelenggarakan live streaming sesuai dengan waktu yang Anda inginkan.

Keamanan dan Kustomisasi

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah aspek keamanan dan perlindungan privasi. Jika Anda akan menyediakan konten rahasia atau eksklusif, pastikan jasa memiliki langkah-langkah keamanan yang memadai. Tujuannya adalah untuk melindungi konten Anda dari akses yang tidak sah.

Selain itu, pastikan juga penyedia jasa memberikan layanan yang fleksibel dan memungkinkan kustomisasi. Jasa live streaming yang tepat seharusnya dapat menyesuaikan layanan dengan kebutuhan maupun permintaan khusus Anda. Misalnya kemampuan untuk menyesuaikan setting siaran, penerapan branding yang tepat, dan fitur-fitur lainnya yang penting bagi bisnis.

Biaya dan Anggaran

Dalam menerapkan strategi pemasaran dan pemilihan jasa, faktor biaya merupakan hal yang tak boleh dilewatkan. Ketahui dengan baik berapa biaya atas jasa yang ditawarkan dan sesuaikan dengan anggaran Anda. Bandingkan juga biaya dari beberapa penyedia jasa streaming sekaligus untuk memilih mana yang paling tepat.

Selain itu, ingat bahwa biaya yang rendah tidak selalu berarti jasa streaming tersebut tepat menjadi pilihan. Bandingkan berapa biaya yang dikeluarkan dengan layanan dan hasil yang akan Anda dapatkan. Jadi bukan hanya soal biaya, namun juga tentang nilai yang bisa Anda dapatkan dari jasa live streaming tersebut.

Jika sudah memilih jasa streaming yang sesuai, pastikan untuk membuat perjanjian tertulis secara mendetail. Beberapa hal yang penting untuk dicantumkan adalah biaya jasa, layanan yang diberikan, serta tanggal dan waktu pelaksanaan.

Kembangkan Bisnis dengan Jasa Live Streaming BigEvo

Bagi Anda yang ingin menggunakan live streaming sebagai salah satu upaya mengembangkan bisnis, BigEvo dapat menjadi pilihan yang tepat. BigEvo Digital Agency dengan layanan Live Streaming siap membantu Anda untuk lebih dekat dengan audiens melalui berbagai platform.

Bersama BigEvo, Anda dapat menyajikan siaran langsung berkualitas untuk audiens di TikTok live streaming maupun platform digital lainnya. Anda juga bisa memaksimalkan pemasaran melalui TikTok Shop, TikTok Ads, dan masih banyak lagi.

Dengan mempercayakan live streaming pada BigEvo, Anda hanya perlu duduk manis untuk menikmati hasilnya. Tim profesional yang berpengalaman kami akan mengatur semuanya untuk Anda. Mulai dari content plan yang menarik, peralatan siaran yang canggih, sampai pengaturan studio yang bervariasi.

Tak hanya itu, BigEvo juga menyediakan talent yang bisa Anda pilih sesuai dengan pesan pemasaran dan tujuan bisnis. Anda juga dapat memilih layanan sesuai dengan kebutuhan bisnis dengan harga yang bersaing.

Kunjungi Live Stream BigEvo untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan yang kami berikan. Diskusikan juga kebutuhan dan tujuan bisnis Anda lebih lanjut dengan tim profesional kami. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



5 Cara Jualan Online, Dulang Cuan Jadi Makin Mudah
Ini dia 5 cara jualan online yang ampuh agar bisnis Anda bisa mendulang cuan dengan mudah di era digital seperti sekarang. Baca selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
7 Strategi Promosi UKM untuk Berkembang dan Sukses di Pasaran
Temukan apa saja strategi promosi UKM yang dapat membantu untuk berkembang dan sukses pada era digital seperti sekarang ini. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
5 Jenis Iklan untuk UMKM Agar Sukses di Era Digital
Penggunaan iklan untuk UMKM memiliki peranan penting agar bisnis Anda bisa berkembang & sukses di era digital. Simak apa saja jenis-jenisnya di sini. ...
by Izza  |  15 Dec 2023
    Whatsapp BigEvo