Jasa Periklanan KOL dan Perbedaannya dengan Influencer

jasa periklanan

Jasa periklanan KOL merupakan salah satu ranah digital marketing yang cukup banyak diminati akhir-akhir ini. Mengapa bisa begitu?

Tak lain karena para pebisnis sudah banyak yang menyadari bagaimana peranan penting KOL untuk perkembangan brand maupun bisnis secara keseluruhan. Anda tidak hanya dapat mengandalkan pemasangan iklan saja saat menerapkan strategi digital marketing. Memanfaatkan jasa KOL juga dapat membantu memaksimalkan proses pemasaran digital untuk bisnis Anda.

Pembahasan kali ini akan mengulas lebih lanjut mengenai strategi pemasaran digital menggunakan KOL. Tak hanya itu, Anda juga akan memahami perbedaan KOL dengan influencer dalam penerapan digital marketing.

Simak selengkapnya dibawah ini, ya!

Strategi Pemasaran Digital dengan Jasa Periklanan KOL

Key opinion leader (KOL) adalah orang yang memiliki pengaruh kuat terhadap calon pelanggan. Mereka biasanya selebriti, atlet, atau publik figur lainnya. KOL sering digunakan dalam strategi pemasaran untuk mempromosikan produk dan layanan kepada audiens target.

Penggunaan KOL dalam strategi pemasaran sedang meningkat dan ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mempromosikan merek. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah melalui endorsement di platform media sosial seperti Facebook dan Instagram. Cara lain mereka dapat digunakan adalah melalui penempatan produk di video atau posting mereka.

Ada tren baru di dunia pemasaran yang semakin populer. Dikenal sebagai KOL menciptakan tren untuk brand, tren ini didasarkan pada gagasan bahwa "satu individu berpengaruh dapat membuat atau menghancurkan merek."

KOL dapat memiliki jutaan pengikut dan pendapat mereka dapat berdampak besar pada bagaimana orang memandang brand Anda. Namun perlu diperhatikan bahwa KOL tidak selalu senang mempromosikan produk Anda secara gratis, jadi besar kemungkinan Anda perlu membayar sebagai imbalan atas dukungan mereka.

Tren ini telah ada selama beberapa waktu sekarang, tetapi baru-baru ini pebisnis mulai memperhatikan dan mulai bekerja dengan KOL lebih sering. Jadi tak heran jika penggunaan jasa periklanan KOL pun semakin marak di dunia pemasaran digital.

Selanjutnya, perlu Anda ketahui bahwa manfaat KOL untuk bisnis sangat luas. Mereka dapat memberikan ROI yang baik, meningkatkan lalu lintas ke situs web dan menghasilkan pendapatan.

Penggunaan KOL bukan hanya tentang mendapatkan lebih banyak pelanggan untuk membeli produk dari toko Anda. Namun KOL adalah tentang membuat mereka membeli brand Anda. 

Ada banyak cara KOL dapat membantu Anda dalam hal ini. Beberapa diantaranya termasuk dengan memberikan informasi dan saran berharga tentang hal-hal terkait brand. Seperti bagaimana menggunakan produk atau layanan Anda dengan cara yang paling bermanfaat bagi kebutuhan pelanggan.

Mengenal Influencer dan Perbedaannya dengan KOL

Saat membahas tentang jasa periklanan KOL, Anda tak bisa melepaskan pembahasan dari influencer. Meskipun sekilas keduanya mirip, namun KOL dan influencer merupakan dua hal yang berbeda. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Influencer?

Istilah influencer digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi perilaku orang lain. Influencer biasanya orang-orang di mata publik atau dengan pengikut media sosial yang besar.

Beberapa jenis influencer yang paling umum termasuk selebriti, atlet, blogger, merek, dan jurnalis.

Kata “influence” atau "mempengaruhi" berarti "mengubah pendapat atau perilaku (seseorang) dengan persuasi." Idenya adalah jika Anda berpengaruh, Anda dapat membujuk orang lain untuk membeli sesuatu, percaya pada sesuatu, atau melakukan sesuatu.

Industri influencer sangat besar dan semakin besar. Pebisnis menyadari kekuatan pemasaran influencer dan mereka menghabiskan lebih banyak uang untuk itu setiap tahun.

Pemasaran influencer adalah proses menggunakan influencer media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan. Ini merupakan cara yang bagus untuk menjangkau audiens target Anda dan membuat mereka tertarik dengan produk Anda. Anda dapat menerapkan pemasaran influencer melalui berbagai cara, seperti:

  • Postingan bersponsor di Instagram, Vine, YouTube, Twitter, Facebook dan Snapchat
  • Penempatan produk dalam video
  • Ulasan produk
  • Kolaborasi dengan influencer di YouTube atau platform lain
  • Menghadiahkan produk kepada influencer untuk dicoba oleh pengikut mereka

Perbedaan Influencer dengan KOL

Hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui sebelum memilih jasa periklanan KOL adalah mengetahui perbedaan influencer dengan KOL. Berikut penjelasan mengenai perbedaan kedua pemberi pengaruh tersebut.

Influencer adalah seseorang yang memiliki banyak pengikut di media sosial dan dapat mempengaruhi pengikutnya untuk membeli produk atau layanan.  Influencer mampu mempengaruhi publik dengan opini dan idenya. Mereka sering disebut influencer media sosial karena memiliki banyak pengikut di media sosial.

Dalam dunia pemasaran influencer, seorang influencer adalah seseorang yang memiliki banyak pengikut di saluran media sosial seperti Instagram, YouTube, dan Facebook.

Seorang KOL atau Key Opinion Leader, di sisi lain, memiliki pendapat bahwa orang-orang di industri mereka menghormati dan mengikuti. Mereka sering ahli di bidangnya dan telah ada untuk sementara waktu. KOL adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam niche tertentu dan dapat memberikan wawasan berharga tentang produk atau layanan di ceruk tersebut.

Dalam dunia pemasaran KOL, seorang KOL adalah seseorang yang memiliki keahlian di bidang bisnis tertentu dan dapat memberikan wawasan yang berharga kepada pelanggan.

Mengapa Menggunakan KOL?

Banyak perusahaan mencoba membangun kehadiran online mereka dengan bermitra dengan influencer. Tapi ada masalah yang tak jarang dihadapi oleh perusahaan atau brand dalam kerjasama tersebut.

Industri pemasaran influencer saat ini merupakan pasar yang tidak diatur dan tidak profesional, di mana merek tidak dapat memastikan berapa banyak pengikut yang dimiliki influencer, atau apakah mereka nyata.

KOL dapat bertindak sebagai solusi untuk masalah ini. Mereka memiliki kekuatan untuk menjangkau audiens yang tepat dan membuat konten yang sesuai dengan mereka, yang pada gilirannya menghasilkan peningkatan penjualan untuk merek yang mereka wakili.

KOL adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam subjek tertentu dan dapat memberikan suara yang otentik. Tidak seperti influencer, mereka bukan hanya sekadar orang populer dengan banyak pengikut. Mereka adalah orang-orang berpengetahuan yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pengikut mereka melalui pengetahuan dan keahlian mereka.

Kelebihan KOL dibandingkan influencer adalah mereka memiliki pemahaman yang lebih baik tentang produk atau layanan. Selain itu, mereka dapat memberikan informasi yang lebih rinci dan bisa dibilang lebih kredibel daripada influencer untuk niche tertentu.

Pilih Jasa Periklanan KOL yang Kredibel

Karena kredibilitas merupakan salah satu hal utama dalam menyampaikan pesan brand, pastikan Anda memilih KOL yang kredibel juga. Tak hanya pemilihan KOL, pengelolaannya pun harus dilakukan dengan tepat agar sesuai dengan pesan bisnis Anda.

Untuk itu, Anda perlu memilih agensi yang berpengalaman dan terpercaya seperti BigEvo KOL Marketing Agency, BigEvo. BigEvo telah membantu banyak brand dalam mengembangkan bisnis melalui berbagai strategi digital marketing, termasuk penggunaan KOL.

Bukan saja melalui KOL marketing, Anda juga dapat memaksimalkan proses pemasaran melalui layanan digital lain yang ada di BigEvo. Seperti pembangunan dan optimasi website melalui SEO, pengelolaan media sosial, pemasangan iklan digital, serta masih banyak lagi.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai strategi yang tepat untuk bisnis Anda, hubungi team@bigevo.com segera. Melalui jasa periklanan KOL dan strategi lainnya, BigEvo siap membantu perencanaan serta penerapan strategi yang tepat untuk bisnis Anda. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Pentingnya Jasa Iklan Digital Marketing dan Cara Memilihnya
Jasa iklan digital marketing adalah layanan yang menyediakan solusi pemasaran melalui platform digital. Cek cara kerja dan tips memilihnya di sini. ...
by Izza  |  20 Nov 2023
TikTok Ads: Keuntungan, Jenis, Cara Memasang, dan Tips Mengoptimalkannya
Simak lebih mendalam mengenai TikTok Ads dalam artikel ini. Mulai dari keuntungan, jenis-jenis, cara memasang, sampai tips mengoptimalkannya.   ...
by Izza  |  13 Nov 2023
Facebook Advertising: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Cara Menggunakannya
Facebook Advertising adalah bentuk pemasaran yang memungkinkan pengguna Facebook untuk mempromosikan produk, layanan, atau konten kepada audiens.  ...
by Izza  |  02 Nov 2023
    Whatsapp BigEvo