Jasa Advertising Menggunakan KOL dan Manfaatnya

Jasa advertising

Jasa advertising menggunakan KOL merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan bisnis. Pemasaran KOL atau KOL marketing memang sudah cukup banyak digunakan oleh para pelaku bisnis, terutama dalam mengandalkan pemasaran media sosial.

KOL sebenarnya tidak hanya terbatas pada pemasaran di media sosial, namun sekarang ini prakteknya memang sebagian besar melalui platform tersebut. Media sosial dianggap menjadi peluang yang bagus untuk mengembangkan bisnis.

Pembahasan kali ini akan lebih terfokus pada penggunaan KOL marketing dalam bisnis dan apa saja manfaatnya. Simak selengkapnya dibawah ini, ya!

Mengenal Jasa Advertising KOL dan Perannya

KOL adalah singkatan Key Opinion Leader, yaitu seseorang yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi opini orang lain. Istilah ini diciptakan oleh John Wannamaker untuk menggambarkan orang-orang yang memiliki pengaruh signifikan terhadap pendapat orang lain. 

Seorang KOL bisa siapa saja mulai dari atlet hingga selebriti hingga ahli di bidangnya. Gagasan utama di balik mereka adalah bahwa mereka terkenal dan dihormati karena pengetahuan dan keahlian mereka. 

Mereka adalah orang-orang yang memiliki pengaruh signifikan terhadap komunitas mereka masing-masing. Mereka biasanya memiliki pengikut yang mapan dan dianggap sebagai otoritas di bidangnya masing-masing. Hal ini menjadikan mereka sumber informasi yang kredibel dan dapat dipercaya bagi pengikut mereka.

KOL dapat ditemukan di semua industri dan profesi. Mereka biasanya ahli di bidangnya, dan mereka sering memiliki banyak pengikut di situs media sosial seperti Twitter atau Instagram.

Sedangkan KOL marketing adalah proses membangun hubungan dengan influencer untuk mempromosikan bisnis atau produk Anda. KOL memiliki banyak pengikut, yang berarti mereka dapat menjangkau lebih banyak orang daripada Anda sendiri. 

Mereka juga memiliki kredibilitas, yang berarti bahwa orang akan mempercayai apa yang mereka katakan daripada apa yang Anda katakan, jika keduanya bertentangan. Penting untuk dicatat bahwa pemasaran KOL bukan hanya tentang dukungan selebriti.

Tujuan pemasaran KOL adalah untuk memanfaatkan kekuatan orang-orang berpengaruh di industri Anda dan membuat mereka mendukung merek Anda. Ini dapat dilakukan dengan memberi mereka insentif atau dengan meminta bantuan mereka secara proaktif.

Salah satu cara perusahaan menggunakan jasa advertising menggunakan KOL adalah dengan memberikan produk gratis dengan imbalan posting di media sosial atau platform online lainnya.

Manfaat Jasa Advertising KOL untuk Perkembangan Bisnis

Dalam dunia pemasaran digital, sulit untuk mengabaikan kekuatan influencer. KOL memiliki banyak pengikut dan mereka dapat memberikan banyak informasi berharga kepada pengikut mereka. Bukan hanya pengikut mereka yang mendapat manfaat dari hal ini, tetapi juga perusahaan yang ingin mempromosikan produk atau layanan mereka.

Karena semakin banyak orang beralih ke media sosial untuk mendapatkan informasi, perusahaan mulai menjangkau KOL untuk menghasilkan arahan dan meningkatkan kesadaran merek. Hal ini telah menjadi hubungan yang saling menguntungkan antara KOL ini dan brand.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat jasa advertising menggunakan KOL bagi perkembangan bisnis.

Meningkatkan Minat Konsumen Terhadap Produk Atau Brand

Manfaat KOL meningkatkan minat konsumen terhadap suatu produk atau merek karena dipandang sebagai seseorang yang ahli dan berpengalaman di bidangnya. Hal ini berarti bahwa konsumen lebih cenderung mempercayai merek dan memiliki keyakinan di dalamnya.

Tak hanya itu, konsumen juga lebih cenderung membeli sesuatu jika mengetahui bahwa orang lain juga membelinya. Hal ini tak lain karena mereka ingin merasa seperti bagian dari kelompok dan tidak ditinggalkan.

Penggunaan KOL dapat memicu munculnya word of mouth marketing atau pemasaran dari mulut ke mulut, yang merupakan salah satu alat pemasaran yang paling kuat. Bisa dari mulut ke mulut dari teman, atau bisa juga seseorang yang dipandang sebagai figur otoritas di bidang tertentu seperti KOL.

Membangun dan Meningkatkan Brand Awareness

KOL adalah orang yang memiliki banyak pengikut di media sosial, baik berupa individu atau perusahaan. Mereka dapat mempengaruhi pengikut mereka melalui konten mereka dan inilah mengapa mereka sangat dicari oleh merek untuk membantu mereka dengan strategi pemasaran mereka.

KOL memiliki kekuatan untuk membangun dan meningkatkan brand awareness dengan dilihat sebagai dapat dipercaya dan kredibel. KOL mampu memberikan perspektif unik tentang produk atau layanan yang mereka gunakan dan promosikan. Mereka juga mampu menciptakan hubungan emosional dengan pengikut mereka karena mereka berbagi pengalaman pribadi mereka dengan produk atau layanan.

Meningkatkan Kredibilitas Brand Melalui KOL

KOL adalah pemberi pengaruh di dunia digital, dan kata-kata mereka membawa banyak bobot. Mereka memiliki pengikut media sosial yang besar dan orang-orang mempercayai pendapat mereka.

Anda perlu menyadari bahwa pemberi pengaruh ini dapat membantu untuk meningkatkan kredibilitas brand dan membuat dampak yang lebih berkesan di benak konsumen dalam waktu singkat.

Manfaat KOL tidak hanya terbatas pada peningkatan eksposur di dunia online. Mereka juga membantu brand untuk meningkatkan kredibilitas dan membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan.

KOL dapat bermanfaat bagi perusahaan dan pelanggan, tetapi penting bahwa KOL tersebut kredibel dan memiliki suara yang otentik. Perusahaan harus selalu memperhatikan semua aspek pengalaman KOL, mulai dari bagaimana mereka ditemukan di media sosial hingga bagaimana mereka diberi kompensasi atas pekerjaan mereka.

Meningkatkan Konversi Online

KOL juga dapat membantu mengarahkan lalu lintas ke situs Anda serta meningkatkan konversi. Hal ini karena mereka memiliki banyak pengikut di media sosial yang dapat memberi mereka audiens untuk mempromosikan produk atau layanan Anda.

Sebuah studi oleh McKinsey & Company menemukan bahwa KOL dapat menciptakan "efek halo" pada produk yang mereka dukung. Ini berarti bahwa ketika pelanggan melihat KOL favorit mereka mendukung suatu produk, itu membuat mereka lebih mungkin untuk membelinya juga.

Studi ini juga menemukan bahwa perusahaan dapat meningkatkan tingkat konversi mereka sebanyak 18% jika Anda menggunakan KOL dalam kampanye pemasaran brand atau bisnis.

Pilih Advertising Agensi Terpercaya 

Setelah mengetahui apa saja manfaat KOL marketing, tentu Anda semakin memahami peranan pentingnya bagi perkembangan bisnis. Hal penting selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih agensi digital terpercaya untuk dapat mengimplementasikan strategi KOL yang tepat.

Soal penerapan strategi KOL marketing yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, Anda dapat mempercayakan pada BigEvo Digital Marketing Agency. Dengan pengalaman dan kerjasama dengan nama-nama besar, BigEvo siap membantu menjawab kebutuhan bisnis Anda melalui KOL marketing Agency di Jakarta, BigEvo.

Tak hanya dengan KOL marketing, BigEvo juga menyediakan berbagai layanan digital lain yang bisa memaksimalkan strategi pemasaran Anda. Seperti penerapan Social Media Marketing lainnya, pemasangan Paid Digital Advertising, Website Development, SEO Optimization, dan masih banyak lagi.

Anda dapat berkonsultasi untuk pemahaman lebih menyeluruh mengenai kebutuhan bisnis dan strategi apa saja yang tepat untuk diterapkan. Dengan tim profesional yang handal, BigEvo akan membuat perencanaan dan strategi jitu yang paling tepat untuk Anda.

Hubungi tim profesional kami di team@bigevo.com untuk diskusi lebih lanjut mengenai kebutuhan Anda. Baik itu penerapan jasa advertising menggunakan KOL dan strategi digital lainnya, BigEvo merupakan jawaban atas kebutuhan bisnis Anda. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Pentingnya Jasa Iklan Digital Marketing dan Cara Memilihnya
Jasa iklan digital marketing adalah layanan yang menyediakan solusi pemasaran melalui platform digital. Cek cara kerja dan tips memilihnya di sini. ...
by Izza  |  20 Nov 2023
TikTok Ads: Keuntungan, Jenis, Cara Memasang, dan Tips Mengoptimalkannya
Simak lebih mendalam mengenai TikTok Ads dalam artikel ini. Mulai dari keuntungan, jenis-jenis, cara memasang, sampai tips mengoptimalkannya.   ...
by Izza  |  13 Nov 2023
Facebook Advertising: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Cara Menggunakannya
Facebook Advertising adalah bentuk pemasaran yang memungkinkan pengguna Facebook untuk mempromosikan produk, layanan, atau konten kepada audiens.  ...
by Izza  |  02 Nov 2023
    Whatsapp BigEvo