Pentingnya Video Sebagai Media Digital Marketing untuk Bisnis Anda

video untuk pemasaran bisnis

Video menjadi salah satu komoditi yang paling banyak dibagikan di internet saat ini, terlebih semenjak booming-nya aplikasi TikTok. Namun, pernah terpikirkan memanfaatkan video untuk digital marketing bagi bisnis Anda?

Memanfaatkan video sebagai media pemasaran digital dikenal juga dengan teknik video marketing. Pembahasan ini akan mengulas lebih lanjut apa saja manfaatnya, ide-ide pembuatan, dan cara membuat video yang menarik.

Simak sampai selesai, ya!

Manfaat Video untuk Pemasaran Digital Bisnis

Video marketing memiliki peranan yang penting agar bisnis Anda bisa lebih berkembang di era digital seperti sekarang ini. Berikut beberapa manfaat video sebagai salah satu media digital marketing untuk bisnis.

Meningkatkan Perhatian Audiens

Video umumnya lebih menarik dibandingkan konten tulisan saja atau gambar saja. Bahkan menurut riset yang dilakukan oleh APJII, sekitar 69,64% masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk mengakses video secara online

Sementara di riset lainnya oleh HubSpot Research hasil menunjukkan bahwa 43% pelanggan lebih merasa terkesan dengan konten video dibandingkan dengan konten teks (18%) maupun konten gambar (36%). 

Riset ini juga menyatakan 54% pelanggan ingin melihat video dari brand yang mereka dukung. Angka ini lebih baik dibandingkan keinginan pelanggan untuk menerima email newsletter (46%) maupun konten gambar (41%).

Mempertahankan Perhatian Audiens

Bukan hanya menarik perhatian, video juga terbukti lebih efektif mempertahankan audience. Pengguna internet cenderung cepat bosan dan bisa langsung berpindah ke konten lainnya dalam satu kali usapan atau swipe. Dengan video, Anda bisa mempertahankan perhatian audiens lebih lama sehingga kecenderungan untuk mengubahnya menjadi konversi akan lebih baik.

Meningkatkan Jumlah Konversi

Dalam menerapkan strategi pemasaran, Anda perlu menyesuaikan konversi dengan tujuan utama bisnis. Apakah untuk meningkatkan penjualan produk, peningkatan subscriber, dan lain sebagainya. Ternyata, jumlah konversi ini bisa didukung dengan video marketing

Menurut riset yang dibagikan oleh Wyzowl, 72% pelaku bisnis mengungkapan keberadaan video marketing bisa meningkatkan konversi dalam bisnis mereka. Selain itu, brand Anda juga bisa mendapat peringkat yang lebih baik dalam pencarian di internet melalui video marketing.

Informasi Lebih Mudah Dicerna

Bila dibandingkan dengan tulisan saja, video memang lebih mudah dipahami. Hal ini karena Anda bisa mengkombinasikan gambar, teks, dan audio secara bersamaan. Apabila produk Anda lebih dipahami, maka lebih besar kemungkinan konsumen akan melakukan pembelian. 

Menjadi Tren Terkini 

Jika Anda menyadari, konten video kini sedang menjadi primadona. Instagram pun sudah mengumumkan bahwa platformnya bukan lagi photo-sharing app atau aplikasi berbagi foto, melainkan menuju ke video & entertainment app

Dari fenomena tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa ketertarikan masyarakat terhadap video sedang tinggi dan diprediksi akan terus meningkat di masa depan. Saat ini aktivitas berbagi video yang dianggap menarik adalah sebuah kebiasaan. Hal ini tentu bisa menjadi peluang bagi bisnis Anda untuk mendapatkan pemasaran dari mulut ke mulut.

Jenis dan Ide Video untuk Digital Marketing

Dari manfaat yang dijelaskan pada bagian sebelumnya, Anda dapat menerapkan video marketing sebagai cara kreatif untuk terhubung dengan audiens. Jangan ragu untuk mengeksplorasi kreativitas dan merangkul keunikan brand Anda.

Sebagai gambaran, berikut beberapa jenis beserta ide pembuatan video marketing yang menarik untuk bisnis.

Video Branding

Yang pertama ada video branding, jenis video yang seperti kartu nama perusahaan. Video branding membantu membangun citra merek dengan menyampaikan nilai-nilai inti, misi, dan keunikan perusahaan. Penyampaian hal-hal tersebut melalui elemen-elemen visual dan narasi yang kuat.

Untuk membuat video branding yang menarik, ciptakan video cerita tentang perjalanan merek atau bisnis Anda. Tampilkan momen-momen awal, tantangan, dan kisah sukses yang Anda jalani. Padukan juga elemen visual yang mencerminkan identitas merek dan akhiri dengan CTA yang kuat untuk membangun keterlibatan.

Video Demo

Selanjutnya ada video demo, yang akan membantu calon pelanggan memahami lebih baik kelebihan yang ditawarkan. Kalau kata gambar lebih dari seribu kata, bayangkan seberapa kuatnya video dalam menunjukkan cara menggunakan produk atau layanan. 

Dalam membuat video demo, jangan batasi diri pada gambaran langsung produk atau layanan. Lebih baik Anda menciptakan cerita singkat yang menunjukkan seorang karakter mengatasi masalah menggunakan produk. Hal ini akan membuat demo lebih menarik dan terhubung emosional dengan penonton.

Video Event

Sebagai bagian dari digital marketing, Anda bisa membuat video event yang mirip dengan dokumentasi acara namun dengan gaya lebih atraktif. Video event dapat mencakup sorotan, wawancara, dan momen-momen menarik dari suatu acara. Misalnya acara-acara seperti konferensi, pameran, atau event perusahaan lainnya.

Untuk membuat video event yang menarik, berikan teaser sebelum acara untuk membangun ekspektasi. Setelah itu, dokumentasikan momen penting selama acara dan lakukan wawancara untuk memberikan perspektif yang lebih dalam. 

Video Edukasi

Jenis video ini memiliki konten informatif dan cenderung lebih serius, yang fungsinya memberikan pengetahuan kepada audiens. Video edukasi bisa berupa tutorial, penjelasan produk, atau bahkan course mini yang memberikan nilai tambah kepada penonton.

Pilihlah topik yang relevan dengan audiens, seperti masalah yang mereka hadapi dan pemecahan yang Anda berikan. Di bagian akhir, Anda bisa memasukkan produk dengan bentuk soft selling agar tidak mengurangi esensi dari video tersebut.

Video Testimoni

Tak ada yang lebih memikat daripada mendengar pengalaman positif orang lain, alias testimoni. Video testimoni memberikan bukti sosial yang kuat dan membantu membangun kepercayaan pelanggan potensial. Anda bisa mengundang pelanggan untuk berbagi pengalaman baik mereka terhadap produk.

Dalam membuat video jenis ini, sertakan beragam testimoni dari pelanggan dengan latar belakang yang berbeda. Mereka bisa menceritakan perjalanan sebelum dan setelah menggunakan produk atau layanan Anda. Pastikan juga ada rasa otentik dan kejujuran dalam cerita mereka.

Video Interview Pakar

Memberikan informasi dari pakar akan memberikan kedalaman dan kredibilitas pada brand Anda. Karena itu, melibatkan pakar dalam video memberikan legitimasi dan dapat meningkatkan otoritas merek di mata penonton.

Dalam membuat video jenis ini, pastikan untuk mempersiapkan pertanyaan yang memancing jawaban mendalam. Fokuslah pada wawasan dan pengetahuan eksklusif yang dapat diberikan oleh pakar. Anda dapat bekerja sama dengan pakar atau ahli dalam bidang yang terkait dengan bisnis untuk menawarkan produk kepada pelanggan. 

Cara Membuat Video Marketing yang Menarik

Video marketing memang dapat memberi hasil yang signifikan sebagai strategi digital untuk perkembangan bisnis. Untuk itu, pastikan Anda membuat video yang kreatif dan dapat menarik audiens. Semakin bagus video yang Anda bagikan, maka semakin tinggi kemungkinan audiens akan mencari tahu lebih banyak tentang bisnis Anda.

Untuk itu, berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk membuat video marketing yang menarik.

Lakukan Riset yang Matang

Sebelum membuat video, pastikan Anda melakukan riset yang matang terlebih dahulu.  Jadi konteksnya bukanlah “Yang penting ada video”, melainkan “Video ini hadir dengan tujuan tertentu”. Identifikasi untuk apa video tersebut dibuat, misalnya apakah untuk meningkatkan penjualan, awareness, atau engagement.

Selain itu, lakukan juga penelitian yang mendalam terkait pasar atau industri yang digeluti oleh bisnis Anda. Perhatikan bagaimana tren industri dan pantau bagaimana kompetitor menjalankan strategi pemasarannya. Tentukan juga platform mana yang akan Anda gunakan untuk membagikan video marketing tersebut.

Identifikasi Target Audience dengan Tepat

Setelah itu, lakukan identifikasi terhadap target audience yang ingin Anda sasar. Pahami apa yang mereka sukai, bagaimana mereka mengonsumsi konten, dan tren apa yang sedang berlangsung. Hal ini akan membantu Anda membuat video yang benar-benar relevan.

Anda dapat menggunakan data demografis dan psikografis untuk memahami selera dan preferensi audiens. Buatlah persona pembeli yang mencakup profil lengkap audiens, seperti informasi usia, minat, serta masalah yang ingin mereka selesaikan. Pastikan juga pesan Anda sesuai dengan kebutuhan dan keinginan langsung audiens.

Pastikan Video Tidak Melanggar Ketentuan

Dalam membuat video untuk digital marketing, pastikan Anda tidak melanggar ketentuan yang ada. Misalnya unsur-unsur yang melanggar hak cipta, berpotensi melanggar peraturan atau hukum, atau menyinggung SARA.

Untuk itu, pastikan semua elemen dalam video tidak melanggar hak cipta, seperti musik, gambar, maupun klip yang digunakan. Cek juga kebijakan platform yang akan Anda gunakan untuk membagikan video, dan pastikan konten Anda sesuai dengan kebijakan tersebut.

Gunakan Musik dan Sound yang Sesuai

Perkuat isi video dengan musik atau voice over yang sesuai: Suara dan musik dapat memberikan dimensi tambahan pada video Anda. Pilih dengan bijak agar sesuai dengan suasana dan pesan yang ingin Anda sampaikan.

Pilih musik yang mendukung pesan: Musik dapat membangun suasana, jadi pilih dengan hati-hati agar sesuai dengan mood video Anda.

Voice over yang profesional: Jika menggunakan voice over, pastikan suara dan intonasi sesuai dengan merek dan konten video.

Libatkan Sisi Emosional Audiens

Agar audiens lebih terkoneksi dengan konten Anda, libatkan sisi emosional mereka dan angkat permasalahan yang mereka hadapi. Jika Anda dapat menyentuh perasaan audiens dan membuat konten yang relevan, video marketing tersebut akan lebih berkesan di benak mereka.

Anda dapat menggunakan narasi yang emosional, seperti menceritakan kisah yang dapat merangkul perasaan dan membuat mereka terhubung lebih dalam. Anda juga bisa memberikan solusi atas masalah mereka dan mendorong mereka untuk melakukan tindakan tertentu.

Buat Video yang Singkat dan Menarik

Dengan banyaknya konten yang bertebaran di internet sekarang, audiens kesulitan untuk berkonsentrasi dalam waktu yang lama. Karena itu, sebaiknya Anda membuat video untuk digital marketing yang singkat namun tetap menarik.

Dalam proses pembuatan video, Anda perlu berfokus pada pesan inti yang ingin disampaikan dan hindari informasi yang tidak perlu. Pastikan juga bahwa video Anda tidak monoton dan mempertahankan ritme yang tepat untuk audiens.

Optimalkan SEO untuk Visibilitas Video

Supaya video marketing mudah ditemukan audiens, Anda dapat mengoptimalkan SEO atau Search Engine Optimization. Pada video yang akan dibagikan, Anda dapat menggunakan judul dan kata kunci yang tepat dengan topik. Anda juga dapat menyesuaikan nama file dengan kata kunci yang dipilih sebelum mengunggahnya. 

Selain itu, pastikan Anda menambahkan tag yang relevan dan deskripsi pada video yang dibagikan. Cantumkan deskripsi yang jelas dan informatif dengan kata kunci untuk membantu mesin pencari menemukan serta memahami konten video Anda.

Optimalkan Strategi Digital Marketing Bersama BigEvo

Agar video marketing dan strategi digital lain yang Anda jalankan lebih optimal, percayakan penerapannya pada agensi terpercaya BigEvo. Sebagai Google Premier Partner, BigEvo telah berpengalaman dalam membantu brand berkembang dan mencapai target-target bisnisnya.

Terdapat berbagai layanan digital yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis di BigEvo. Seperti Digital Advertising, Social Media Management, KOL Marketing, Live Streaming, SEO Optimization, dan masih banyak lagi.

Jadi, siap membuat video menarik untuk memperkuat bisnis Anda? Hubungi kami di team@bigevo.com dan diskusikan kebutuhan video marketing serta strategi digital lainnya bersama tim profesional kami. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Transformasi Digital dalam Bisnis: Definisi, Fungsi, dan Pilarnya
Transformasi digital adalah proses di mana perusahaan atau organisasi mengadopsi teknologi digital & mengintegrasikannya ke dalam semua aspek bisnis. ...
by Izza  |  11 Jun 2024
Personalisasi Konten: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Tips yang Efektif
Personalisasi konten (content personalization) adalah strategi menyesuaikan konten agar lebih relevan dan bermakna bagi audiens yang disasar. ...
by Izza  |  07 Jun 2024
Digital Branding: Pengertian, Manfaat, Elemen, dan Perbedaan dengan Digital Marketing
Digital branding adalah proses membangun dan mengelola citra merek atau brand secara online melalui berbagai platform digital. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  07 Jun 2024
    Whatsapp BigEvo