Ilmu Marketing Online: Tips dan Strategi yang Tepat untuk Bisnis

ilmu marketing online

Ilmu marketing online semakin diminati oleh banyak orang untuk dikuasai belakangan ini. Fenomena tersebut tidak lain karena menggiatnya praktik pemasaran dan promosi melalui dunia maya alias internet. 

Pemasaran melalui internet atau online marketing memang terbilang cukup efektif. Tak hanya itu, menerapkan online marketing juga dianggap lebih dapat menghemat waktu dan biaya yang harus dikeluarkan.

Namun tentu saja, penerapan marketing online tidak bisa sembarangan dan asal saja. Perlu strategi yang efektif dan efisien agar tujuan-tujuan bisnis Anda tercapai. Baik itu angka penjualan yang meroket, meningkatnya brand awareness, dan lain sebagainya.

Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai ilmu online marketing dan strateginya agar dapat mengembangkan bisnis. Simak selengkapnya dibawah ini, ya!

Memahami Ilmu Marketing Online

Sesuai dengan namanya, ilmu marketing online merupakan ilmu yang membahas mengenai pemasaran dalam dunia digital. Ilmu ini terbilang baru jika dibandingkan dengan ilmu marketing murni atau konvensional, namun terus berkembang dengan pesat seiring berjalannya waktu.

Marketing online sendiri memiliki berbagai manfaat yang membuat banyak orang tertarik untuk mempelajarinya. Berikut beberapa manfaat yang dirasakan dari penerapan ilmu online marketing untuk bisnis:

  • Menerapkan proses promosi dengan cepat dan mudah.
  • Menambah nilai plus untuk brand dan produk.
  • Menjangkau target pasar yang luas.
  • Menekan biaya promosi jadi lebih rendah.
  • Mendapatkan feedback langsung dari kegiatan promosi.
  • Mendapat pengukuran dan analisis atas promosi yang dilakukan.
  • Meningkatkan angka penjualan produk.
  • Membangun dan meningkatkan brand awareness.

Dengan berbagai manfaat tersebut, tak heran jika marketing online banyak diminati oleh para pebisnis. Penerapan marketing online akan efektif dengan strategi tepat, yang akan dibahas pada bagian selanjutnya.

5 Tips Memulai Online Marketing

Menguasai ilmu online marketing mungkin tidak bisa instan, namun bukan berarti tidak bisa untuk dipelajari. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat hendak memulai belajar marketing online.

1. Kenali Brand dan Audiens dengan Baik

Penting untuk memahami dengan baik merek dan audiens Anda sebelum memulai pemasaran online. Kenali nilai-nilai merek yang Anda miliki serta pesan yang ingin disampaikan kepada audiens. Pastikan juga untuk mengenali apa saja keunikan yang membedakan merek Anda dari pesaing atau kompetitor.

Selain itu, lakukan riset tentang audiens yang Anda targetkan dari brand atau produk. Beberapa aspek yang penting untuk Anda riset adalah preferensi, kebutuhan, dan perilaku audiens. Dengan pemahaman yang mendalam tentang brand dan audiens, Anda dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif.

2. Selalu Up to Date dengan Tren

Pemasaran online terus berkembang dengan cepat, begitu juga tren dan preferensi konsumen yang berubah seiring waktu. Penting untuk tetap up to date dengan tren terbaru dalam industri Anda dan pemasaran online secara umum. Bagaimana caranya?

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah rajin mencari informasi melalui media sosial, blog, podcast, maupun sumber lainnya. Informasi tersebut bisa berkaitan dengan tren, strategi, hingga teknologi terbaru dalam dunia online marketing. Anda juga perlu terus memperbarui informasi tentang bagaimana tren konsumen dan perubahan perilaku mereka.

3. Pelajari Strategi SEO dengan Tepat

Tips selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk memulai online marketing adalah mempelajari strategi SEO (Search Engine Optimization). Strategi ini bertujuan agar situs web Anda agar muncul di hasil pencarian mesin pencari, yang meningkatkan kemungkinan audiens untuk berkunjung. Tak hanya itu, strategi SEO pun kini sering digunakan untuk memaksimalkan jangkauan konten di media sosial.

4. Rajin Mempraktikkan Apa yang Dipelajari

Belajar saja tidak cukup, penting untuk mengambil tindakan dan mempraktikkan apa yang telah dipelajari. Terapkan strategi pemasaran yang telah Anda pelajari melalui pembuatan konten berkualitas, optimasi situs web, dan penggunaan media sosial dengan konsisten. Melalui praktik yang konsisten, Anda akan memperoleh pengalaman dan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang berhasil serta apa yang perlu ditingkatkan.

5. Terus Belajar dan Beradaptasi

Pemasaran online terus berubah, oleh karena itu penting untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan tersebut. Ikutilah kursus online, webinar, dan seminar untuk meningkatkan pengetahuan Anda tentang strategi online marketing terkini. 

Selain itu, pantau kinerja kampanye Anda, analisis data, dan pelajari tren dan perubahan dalam perilaku konsumen. Dengan terus belajar dan beradaptasi, Anda dapat mengoptimalkan strategi pemasaran sekaligus tetap kompetitif di pasar yang terus berkembang.

7 Strategi Marketing Online untuk Peningkatan Bisnis

Setelah memahami ilmu online marketing dan tipsnya, selanjutnya kita akan membahas apa saja strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan bisnis. Berikut beberapa strategi online marketing yang dapat membantu perkembangan bisnis Anda.

1. Menerapkan Customer Centric

Strategi pertama dan yang paling dasar adalah menerapkan pola pikir customer centric, yaitu berfokus pada pelanggan atau konsumen. Hal ini sebenarnya merupakan basis dari segala bentuk pemasaran, baik pemasaran konvensional maupun pemasaran online.

Dengan menerapkan customer centric, sudut pandang Anda akan memfokuskan pada kebutuhan customer. Bukan hanya apa yang Anda jual, namun apa yang customer butuhkan dari produk atau bisnis Anda.

Pola pikir customer centric juga berarti Anda tidak melulu berbicara tentang produk, brand, atau bisnis Anda semata. Namun lebih kepada apa yang dibutuhkan oleh customer, atau apa yang menarik bagi target pasar Anda.

2. Mengirimkan Email pada Customer

Strategi selanjutnya adalah mengirimkan email marketing kepada customer maupun calon pelanggan Anda. Email marketing merupakan bentuk dari personal selling yang akan membantu Anda untuk membangun hubungan dengan customer.

Melalui email marketing, Anda tidak saja dapat memberikan materi-materi promosi terkait produk atau bisnis. Namun Anda juga bisa memberikan informasi dan konten yang menarik untuk customer.

3. Membuat Konten yang Menarik

Salah satu hal utama dalam marketing online adalah konten yang akan dibagikan melalui media-media digital. Seperti konten media sosial, konten video, konten website, konten email, dan lain sebagainya.

Membuat konten yang menarik menjadi tugas besar bagi Anda dalam menerapkan marketing online. Dengan konten yang menarik, kemungkinan target pasar untuk menyimak isi konten sampai selesai pun lebih besar.

Karena itu perlu diperhatikan juga bahwa konten Anda bukan semata menghibur saja, namun juga membuat informasi yang tepat. Pastikan informasi terkait produk dan brand tetap dapat tersampaikan melalui konten-konten tersebut.

4. Menggunakan PPC Marketing

Strategi ilmu marketing online yang selanjutnya adalah menerapkan PPC atau Pay Per-Click marketing. Dengan menggunakan strategi ini, Anda memasang iklan melalui mesin pencari dan terhubung langsung dengan landing page.

Biaya yang Anda keluarkan untuk strategi ini tergantung dengan jumlah klik pada iklan tersebut. Agar lebih efektif, pastikan untuk menggunakan keyword yang sesuai dengan produk atau brand Anda.

5. Melakukan Optimasi Website

Jika =ingin menerapkan strategi yang lebih hemat biaya, Anda dapat melakukan optimasi website melalui SEO. Dengan praktik SEO, peringkat website Anda bisa naik di mesin pencari sehingga orang lebih mudah menemukannya.

Menerapkan praktik SEO memang membutuhkan waktu yang tak singkat dan tidak instan. Meski begitu, praktik SEO yang tepat akan mendatangkan traffic organik yang justru lebih bagus untuk performa website Anda.

6. Menerapkan Pemasaran Afiliasi

Strategi selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis adalah melalui affiliate marketing atau pemasaran afiliasi. Strategi ini memungkinkan orang untuk ikut mempromosikan produk atau bisnis Anda. Orang tersebut akan mendapat komisi dari penjualan yang dilakukan sehingga sama-sama menguntungkan.

Ada berbagai bentuk pemasaran afiliasi yang bisa diterapkan untuk bisnis Anda. Seperti menggunakan link afiliasi yang dipasang pada website affiliate, atau membuat konten promosi di halaman situsnya.

Mirip dengan pemasaran afiliasi, Anda juga bisa menerapkan pemasaran melalui sistem reseller dan dropship. Inti dari kedua jenis pemasaran itu adalah adanya orang-orang yang turut mempromosikan dan menjual produk Anda. 

7. Memanfaatkan Media Sosial

Strategi online marketing terakhir yang tak kalah pentingnya adalah dengan memanfaatkan media sosial. Anda tentu sudah mengetahui bahwa media sosial telah menjadi bagian penting dalam keseharian masyarakat saat ini. Berdasarkan hal tersebut, Anda perlu memanfaatkannya untuk keperluan bisnis.

Ada beberapa langkah yang dapat Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis melalui media sosial. Yang pertama, Anda bisa memasang iklan promosi melalui berbagai platform media sosial yang ada. Pilihlah platform yang tepat dan sesuai dengan target pasar bisnis Anda.

Kedua, Anda dapat membuat konten yang menarik dan membagikannya melalui media sosial bisnis. Dari situ, orang-orang dapat melihat dan berinteraksi langsung dengan brand maupun bisnis Anda. Anda pun bisa mendapatkan feedback langsung dari customer dan target pasar.

Ketiga, Anda bisa melakukan kerjasama dengan influencer atau KOL untuk mempromosikan produk. Influencer dan KOL memiliki power yang cukup besar serta pengikut yang solid di media sosial. Hal ini bisa menjadi peluang bagi Anda untuk mengembangkan brand dan bisnis secara maksimal.

Terapkan Strategi Marketing Online dengan Tepat

Setelah memahami apa saja strategi marketing online, hal penting selanjutnya adalah menerapkan strategi-strategi tersebut dengan tepat. Mulai dari pemilihan strategi apa saja yang cocok untuk bisnis sampai bagaimana dan kapan menerapkannya.

Untuk menerapkan strategi-strategi tersebut, sebaiknya Anda mempercayakan prosesnya pada agensi digital yang kompeten dan terpercaya seperti BigEvo Digital Agency. BigEvo sudah berpengalaman dalam menerapkan strategi-strategi digital terbaik.

Dengan strategi digital tersebut, BigEvo telah membantu banyak brand untuk dapat berkembang serta mencapai tujuan bisnisnya. Dan tentu saja, BigEvo siap melakukan hal yang sama untuk brand, perusahaan, atau bisnis Anda.

Hubungi tim kami melalui team@bigevo.com untuk diskusi lebih lanjut mengenai kebutuhan bisnis Anda. Percayakan BigEvo untuk penerapan strategi online marketing yang tepat, efektif, dan efisien. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



5 Cara Jualan Online, Dulang Cuan Jadi Makin Mudah
Ini dia 5 cara jualan online yang ampuh agar bisnis Anda bisa mendulang cuan dengan mudah di era digital seperti sekarang. Baca selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
7 Strategi Promosi UKM untuk Berkembang dan Sukses di Pasaran
Temukan apa saja strategi promosi UKM yang dapat membantu untuk berkembang dan sukses pada era digital seperti sekarang ini. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
5 Jenis Iklan untuk UMKM Agar Sukses di Era Digital
Penggunaan iklan untuk UMKM memiliki peranan penting agar bisnis Anda bisa berkembang & sukses di era digital. Simak apa saja jenis-jenisnya di sini. ...
by Izza  |  15 Dec 2023
    Whatsapp BigEvo