5 Jenis Iklan untuk UMKM Agar Sukses di Era Digital

iklan untuk ukm

Penggunaan iklan untuk UMKM memiliki peranan penting agar bisnis Anda bisa berkembang dan sukses di era digital. Seperti yang Anda ketahui, menggunakan iklan dapat membantu bisnis untuk lebih dikenal audiens. Dengan begitu, Anda bisa mempromosikan produk dan menyasar target audience yang sesuai.

Pembahasan ini akan mengulas lebih jauh apa saja jenis iklan digital yang tepat digunakan untuk UMKM. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Pentingnya Iklan untuk UMKM di Era Digital

Sebelum membahas jenis-jenis iklan yang bisa Anda gunakan, kita akan mengulas pentingnya iklan digital untuk UMKM terlebih dahulu. Penerapan iklan digital memang memberikan pengaruh yang signifikan bagi perkembangan bisnis, termasuk UMKM.

Dengan memasang iklan digital, visibilitas UMKM dapat meningkat dan mudah ditemukan oleh konsumen potensial. Anda juga bisa menjangkau audiens dengan lebih relevan, sekaligus dalam cakupan yang lebih luas. Tidak hanya terbatas pada lokasi tertentu, namun Anda bisa menyasar audiens di ranah internasional sekalipun.

Dari sisi anggaran, penggunaan iklan digital cenderung memerlukan biaya yang lebih rendah dibanding iklan tradisional. Hal ini tentunya memberikan keuntungan sendiri bagi UMKM, yang biasanya memiliki anggaran terbatas. Anda dapat mengatur anggaran iklan dengan lebih fleksibel dan menyesuaikannya dengan skala bisnis yang dimiliki.

Penerapan iklan digital untuk UMKM juga dinilai lebih efektif karena Anda dapat melakukan pengukuran kinerja yang akurat. Anda bisa mengetahui apakah iklan yang dipasang sudah memberikan hasil sesuai dengan ekspektasi atau belum. Dengan begitu, Anda dapat melakukan evaluasi dan mengoptimalkannya agar kinerja iklan lebih baik.

5 Jenis Iklan Digital untuk UMKM

Dalam praktiknya, terdapat berbagai jenis iklan digital yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis. Berikut jenis-jenis iklan digital yang cocok diterapkan untuk UMKM.

1. Display Ads

Jenis iklan yang pertama adalah display ads, iklan grafis yang biasanya muncul di berbagai situs web dan aplikasi. Bentuknya bisa berupa gambar, banner, atau video yang mengunggulkan aspek visual kuat dan menarik. 

Display ads merupakan salah satu jenis iklan yang cocok untuk UMKM karena membantu meningkatkan brand awareness. Iklan jenis ini juga dapat menarik perhatian audiens, sehingga mereka tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang produk atau bisnis Anda. 

Selain itu, penyebaran display ads bisa Anda sesuaikan dengan segmentasi audiens yang dituju. Anda dapat menyasar target audience yang tepat berdasarkan data-data seperti demografi, preferensi, minat, serta perilaku online mereka. Hal ini akan membuat iklan digital yang Anda pasang lebih relevan dan tentunya memberi hasil yang efektif bagi UMKM.

2. Video Ads

Jenis selanjutnya adalah video ads, yaitu iklan dengan format video yang biasanya muncul di berbagai platform media sosial dan situs web. Iklan jenis ini cocok digunakan bagi UMKM yang ingin menarik perhatian audiens dengan konten visual yang dinamis. Anda dapat menggunakan iklan video untuk mempromosikan produk atau mengenalkan UMKM lebih dalam pada audiens.

Salah satu daya tarik dari video ads adalah aspek visualnya yang memungkinkan untuk menarik perhatian dan menyampaikan pesan dengan lebih dramatis. Jenis iklan yang satu ini juga lebih mungkin mendapat tingkat keterlibatan tinggi. Hal ini karena audiens cenderung akan menonton dan berinteraksi dengan iklan video dibanding bentuk statis.

3. Rewards Program

Jenis selanjutnya adalah rewards program, yaitu program promosi yang memberikan imbalan atau hadiah kepada pelanggan yang berpartisipasi atas tindakan tertentu. Bentuk rewards yang paling umum adalah pemberian diskon, poin loyalitas, kupon, serta hadiah langsung.

Iklan atau promosi rewards ini cocok digunakan untuk UMKM guna mendorong terjadinya tindakan pelanggan, seperti berinteraksi dan berbelanja. Hal ini akan membantu terciptanya keterlibatan pelanggan, yang kemudian mengarah pada terbentuknya loyalitas dan hubungan baik jangka panjang.

Dalam menerapkan rewards program, pastikan Anda memberikan rewards atau hadiah yang menarik bagi target audience. Berikanlah rewards yang relevan dengan audiens dan memberikan nilai tambah bagi mereka. Dengan begitu, audiens akan terdorong untuk melakukan tindakan yang Anda harapkan.

4. Collaborative Ads

Salah satu jenis iklan yang juga bisa Anda gunakan untuk UMKM adalah collaborative ads, yaitu iklan yang mengkolaborasikan berbagai platform. Dengan iklan ini, Anda dapat mengintegrasikan data pengguna marketplace atau situs tertentu dengan platform Meta. Platform-platform tersebut mencakup Facebook, Instagram, dan Messenger.

Jadi, Anda dapat memasang iklan di platform tersebut berdasarkan data pengguna yang melakukan aktivitas di situs tertentu. Misalnya pengguna pernah melihat sebuah produk dan memasukkannya ke keranjang, maka iklan produk tersebut dapat muncul ketika ia sedang berselancar di Facebook.

Hal ini tentunya akan meningkatkan efektivitas iklan yang Anda pasang dan mendorong terjadinya konversi dari pelanggan potensial. Anda pun bisa memasang iklan yang lebih bertarget dan relevan dengan pengguna yang disasar.

5. Local Search Ads

Untuk mengembangkan bisnis UMKM, salah satu jenis iklan yang cocok adalah local search ads. Iklan jenis ini akan muncul ketika pengguna melakukan pencarian yang berhubungan dengan produk pada wilayah geografis tertentu. Biasanya iklan pencarian lokal ini muncul di mesin pencari seperti Google.

Bagi Anda yang memiliki toko fisik atau bisnis lokal, penggunaan local search ads tepat untuk menjadi pilihan. Iklan ini memungkinkan untuk menjangkau pelanggan potensial yang berada dalam jangkauan geografis bisnis Anda. Hal ini tentunya berkaitan juga dengan kemudahan audiens mendatangi langsung toko dan mendorong terjadinya konversi langsung, yaitu pembelian.

Jika ingin menggunakan iklan jenis ini, pastikan untuk mencantumkan informasi UMKM yang akurat dan up-to-date. Jangan lupa untuk menggunakan kata kunci yang berkaitan dengan lokasi dan jenis bisnis agar lebih mudah ditemukan oleh target audience Anda.

Maksimalkan Iklan untuk UMKM dengan BigEvo Lite

Dari pembahasan di atas, dapat dipahami bahwa ada berbagai jenis iklan digital yang bisa Anda gunakan untuk UMKM. Penerapan iklan digital pun perlu dilakukan dengan tepat agar bisa mendapatkan hasil yang efektif dan sesuai dengan tujuan bisnis UMKM Anda.

Masih bingung bagaimana memasang iklan digital yang tepat? Jangan khawatir, sekarang Anda bisa menggunakan iklan digital secara mudah dan anti ribet. Dengan layanan BigEvo Lite, Anda dapat memilih jenis iklan untuk UMKM yang efektif dan efisien.

Anda dapat memilih paket iklan dan layanan digital yang sesuai dengan kebutuhan serta tujuan UMKM. Terdapat paket manajemen iklan, manajemen media sosial, dan manajemen KOL yang akan membantu mengembangkan bisnis UMKM Anda.

Mulai dari Rp10.000.000 saja, Anda sudah bisa mendapatkan paket layanan digital dari tim profesional yang ahli dan berpengalaman. Hubungi kami di team@bigevo.com atau klik tombol WhatsApp di halaman ini dan diskusikan iklan untuk UMKM yang tepat. BigEvo, your digital agency.



Share:



5 Cara Jualan Online, Dulang Cuan Jadi Makin Mudah
Ini dia 5 cara jualan online yang ampuh agar bisnis Anda bisa mendulang cuan dengan mudah di era digital seperti sekarang. Baca selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
7 Strategi Promosi UKM untuk Berkembang dan Sukses di Pasaran
Temukan apa saja strategi promosi UKM yang dapat membantu untuk berkembang dan sukses pada era digital seperti sekarang ini. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
5 Jenis Iklan untuk UMKM Agar Sukses di Era Digital
Penggunaan iklan untuk UMKM memiliki peranan penting agar bisnis Anda bisa berkembang & sukses di era digital. Simak apa saja jenis-jenisnya di sini. ...
by Izza  |  15 Dec 2023
    Whatsapp BigEvo