Iklan Online atau Konvensional, Ini Pilihan Terbaik untuk Bisnis Anda

iklan online adalah

Iklan online adalah cara untuk memasarkan sebuah produk maupun jasa bisnis Anda dengan menggunakan sarana website atau internet. Beriklan secara online bisa memanfaatkan beragam platform contohnya seperti di sosial media yang mencakup Instagram, Facebook, atau Linkedin. Bisa juga menggunakan mesin pencarian ataupun website dan forum.

Beriklan dengan menggunakan cara online ini dinilai sangat penting untuk setiap usaha yakni sebagai salah satu strategi marketing yang patut Anda perhitungkan. Dijamin barang maupun jasa yang ditawarkan bisa lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas.

Pengertian Iklan Online

Pernahkah Anda menemukan iklan yang muncul ketika menonton Youtube? Nah, sebenarnya itu merupakan ikan online. Disebut online sebab bentuk promosinya menggunakan media contohnya seper video, animasi, maupun gambar.

Penggunaan media ini tergantung pada platform. Biasanya di dalam iklan berisi tentang informasi dengan tujuan tertentu contoh penjualan, brand awareness, atau konversi.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa beriklan dengan cara online ini semakin menjamur sebab luasnya jangkauan internet. Maka dari itu hasilnya pengguna dari Sabang hingga Merauke dan bahkan sampai ke luar negeri juga tentunya bisa melihat ikan yang dipasang.

Pemasangan iklan secara online ini biasanya digambarkan sebagai suatu kegiatan maupun aktivitas memasang iklan untuk menawarkan sebuah jasa maupun produk lewat dunia maya atau sosial media. Tujuannya tentu saja untuk meraih keuntungan dari penjualan.

Iklan yang dipromosikan lewat jejaring internet sudah pasti akan lebih cepat tersebar luar dari pada dengan menggunakan cara ikan yang lain. Produk atau jasa yang Anda miliki akan lebih cepat laku terjual dan lebih gampang mendapatkan calon pelanggan.

Apalagi sekarang ini orang-orang tinggal memilih lalu klik apa yang diinginkan maka barang akan datang kita tinggal membayar. Ada beberapa jenis ikan online seperti Self Service Advertising, Twitter Advertising, Direct Advertising, Contextual Advertising, dan lain sebagainya.

Tujuan Iklan Secara Online

Ada beberapa tujuan dari iklan dengan jejaring internet ini. Ada apa saja?

  1. Membangun kesadaran merek. Hal ini akan membuat konsumen sadar akan suatu merek maupun produk yang tujuannya jangka panjang perusahaan. Setelah tahu produk atau mereknya maka langkah selanjutnya yakni mendapatkan kepercayaan konsumen.
  2. Menginformasikan konsumen tentang sebuah merek baru, memfasilitasi penciptaan citra merek yang positif, dan mendidik merak dengan berbagai fitur dan manfaat mereknya.
  3. Menjangkau para pelanggan baru serta menciptakan sesuai dengan permintaan konsumen. Terdapat beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan di dalam menciptakan permintaan konsumen yakni menginformasikan, membujuk, serta mengingatkan.
  4. Membangun loyalitas konsumen
  5. Memperluas maupun membuat para konsumen untuk mencoba sebuah produk maupun jasa yang sudah diiklankan.

Keuntungan Iklan Online

Semakin menjamurnya iklan secara online di berbagai negara sebab semakin meluasnya jejaring internet yang membuat banyak pemilik bisnis mulai beralih ke jenis periklanan yang satu ini. Iklan online adalah salah satu pilihan yang tepat untuk Anda tekuni sekarang. Karena ada banyak keuntungan yang akan diperoleh antara lain.

1. Luas Tanpa Batasan

Internet sudah menghubungan ribuan bahkan jutaan orang di berbagai negara pada saat yang bersamaan. Setiap orang dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi dari negara mana saja hanya dengan klik.

Nah, bersamaan dengan ini beriklan secara online meminta jangka yang sangat luas yaitu secara global. Tentunya akan sangat mudah untuk dilakukan daripada beriklan secara konvensional. Kata lainnya, dengan beriklan online akan membuat bisnis Anda dapat menjangkau lebih banyak lagi target pasar termasuk dari luar negeri.

2. Lebih Tetap Sasaran

Metode iklan konvensional lewat sebuah siaran televisi, selebaran, surat kabar dan lainnya merupakan cara iklan yang tidak tepat sasaran. Mengapa demikian? Sebab hal ini tidak dapat langsung mengarah pada target pasarnya.

Anggaran iklan juga akan lebih cepat habis hanya untuk iklan kepada banyak orang serta berharap beberapa diantara mereka adalah target pasar yang tertarik menggunakan produk. Cara seperti ini termasuk tidak efisien dan efektif.

Nah, mulai sekarang Anda bisa mencoba dengan beriklan secara online. Anda dapat memilih sendiri penayangan iklan dimana yang jadi tempat berkumpulnya target pasar, apakah di Youtube, Google, Facebook, maupun Instagram.

3. Promosi Lebih Cepat

Promosi cepat serta pemasangan lebih gampang merupakan keuntungan utama dari beriklan serta online yang saat ini semakin populer. Jika dibandingkan dengan beriklan lainnya dalam berbagai bentuk, maka beriklan online ini jauh lebih efisien dan tidak perlu lagi menunggu berminggu-minggu untuk melihat iklan sudah ditampilkan. Sebab pemasangan iklan ini hanya memerlukan beberapa klik saja setelah itu dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

4. Format Iklan Beragam

Keberadaan format iklan secara online ini membuat setiap pemilik usaha bisnis dapat dengan gampang memilih tampilan seperti yang diinginkan. Selain itu juga yang menurut para pemilik bisnis cocok untuk bisnisnya maka itu bisa diambil untuk ditambahkan dalam produk ataupun jasa yang dimiliki.

5. Menghemat Biaya

Sebenarnya tergantung pada iklan online seperti apa yang ingin Anda buat serta siapa yang membuatnya. Sebab jika bisnis Anda mempekerjakan maupun menyewa jasa iklan digital yang sudah ahli maka Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk jasa ini.

Tetapi secara keseluruhan, iklan online adalah pilihan tepat karena beriklan disini Anda tidak akan mengeluarkan banyak biaya jika dibandingkan dengan beriklan di TV, surat kabar dan lain jenisnya. Bukan dengan budget yang minim saja Anda sudah bisa membuat iklan secara online yang menjangkau target pasar tepat di berbagai area.

Contoh Iklan Display

Iklan display merupakan jenis iklan yang lebih menonjolkan kesan visual dengan adanya sebuah gambar maupun desain yang menarik dan unik. Biasanya iklan ini ditempatkan pada mesin cetak atau elektronik dengan porsi space yang lebih besar.

Iklan display akan banyak mendatangkan pelanggan sebab dinilai lebih baik, tidak membuat orang bosan, serta informasi. Selain itu ikan ini juga disebut-sebut lebih menarik ketimbang iklan jenis lainnya seperti iklan kolom atau baris yang hanya menampilkan tulisan saja.

Hanya saja kekurangan dari iklan display ini biaya pemasangan cenderung mahal sebab iklan menampilkan gambar penuh dengan warna yang cantik. Nah, berikut ini contoh iklan display antara lain.

1. Iklan Display Horizontal

Iklan display ini memanjang yang biasanya digunakan untuk media promosi seperti baliho, spanduk atau billboard. Mungkin Anda sudah pernah menemukan iklan semacam ini ketika di jalan maupun tempat lain.

2. Iklan Display Vertikal

Iklan dengan ukuran vertikal yaitu jenis iklan yang berupa sebuah gambar biasanya digunakan untuk banner, ataupun minimarket. Iklan ini biasanya bersumber dari iklan Google AdSense.

3. Iklan Display Persegi

Jenis iklan yang satu ini bentuknya persegi. Iklan display persegi yakni jenis iklan yang biasanya berbentuk kotak dan mempunyai rasio desain 1:1. Pada umumnya iklan ini digunakan sebagai media social, poster, selebaran, atau pamflet.

Contoh Iklan PPC atau Pay per Click

Iklan PPC dinilai efektif dan efisien untuk menawarkan produk. Hal ini juga bisa mendatangkan traffic lebih bagus serta bisa meningkatkan produk dengan cara beriklan. Nah, berikut ini contoh dari iklan pay per click antara lain.

Google Ads

Iklan PPC ini pelayanan disediakan oleh Google Ads. Menggunakan Google Ads tentu saja sangat membantu web sebuah perusahaan untuk dapat meningkatkan traffic sebab calon pelanggan akan lebih gampang serta cepat menentukan perusahaan.

Instagram Ads

Instagram Ads ini juga sangat memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan lebih baik dengan beriklan menggunakan jejaringan ini. Penggunaan akan lebih mudahgampang menentukan apa yang dicari.

Facebook Ads

Layanan iklan FB Ads ini efektif untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Bukan hanya itu saja, tetapi beriklan di media sosial juga dapat sesuai dengan kebutuhan bisnis atau goals Anda.

Iklan online adalah cara praktis bisa mendatangkan keuntungan lebih banyak bagi Anda. Ingin beriklan efektif dengan digital marketing? Hubungi kami di team@bigevo.com dan tim profesional kami siap membantu Anda.



Share:



Pentingnya Jasa Iklan Digital Marketing dan Cara Memilihnya
Jasa iklan digital marketing adalah layanan yang menyediakan solusi pemasaran melalui platform digital. Cek cara kerja dan tips memilihnya di sini. ...
by Izza  |  20 Nov 2023
TikTok Ads: Keuntungan, Jenis, Cara Memasang, dan Tips Mengoptimalkannya
Simak lebih mendalam mengenai TikTok Ads dalam artikel ini. Mulai dari keuntungan, jenis-jenis, cara memasang, sampai tips mengoptimalkannya.   ...
by Izza  |  13 Nov 2023
Facebook Advertising: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Cara Menggunakannya
Facebook Advertising adalah bentuk pemasaran yang memungkinkan pengguna Facebook untuk mempromosikan produk, layanan, atau konten kepada audiens.  ...
by Izza  |  02 Nov 2023
    Whatsapp BigEvo