Pengertian GTM dan Pentingnya Bagi Website Bisnis Anda

gtm

Dalam website bisnis istilah GTM adalah sebuah tools gratis yang disediakan Google yang memungkinkan Anda menampilkan berbagai jenis kode dalam situs yang Anda kelola. Mungkin bagi seorang pengusaha yang menggunakan website untuk bisnis mereka sudah tahu tentang Google Analytics.

Namun masih jarang yang mengetahui GTM, bahkan masih jarang website bisnis yang menggunakan Google Tag Manager ini. Padahal dengan adanya GTM ini dapat membantu dalam pelacakan di Google Analytics dengan menggunakan kode yang sudah Anda buat.

Pengertian GTM dan Pentingnya Bagi Website Bisnis Anda

Dalam GTM ini Anda bisa memasukan banyak kode dalam situs website bisnis yang Anda kelola, sehingga memudahkan dalam pencarian. GTM ini juga dapat membantu Anda memastikan bahwa tag tersebut berjalan dengan benar saat seseorang mengklik tombol atau kode tertentu.

Tentunya jika website bisnis dikelola dengan sebaik mungkin pasti akan meningkatkan penjualan dan memberikan keuntungan. Nah, biasanya para pengusaha menggunakan berbagai strategi seperti Google Analytics. Meskipun hal ini sebenarnya tidak cukup untuk meningkatkan penjualan.

Makanya hal ini bisa diimbangi dengan menggunakan GTM yang nantinya bisa membantu kinerja Google Analytics untuk meningkatkan penjualan. Nah, lebih jelasnya berikut ini pentingnya penggunaan Google Tag Manager untuk digunakan dalam website bisnis.

Manfaat GTM (Google Tag Manager)

Menerapkan Kode Lebih Cepat

GTM adalah tools yang wajib Anda coba terutama bagi Anda yang memiliki website bisnis, karena membantu pelacakan yang terhubung dengan situs Anda. Tidak seperti zaman dulu, sekarang Anda bisa menerapkan kode pelacakan sendiri dengan bantuan GTM ini.

Anda tidak lagi menggunakan developer website untuk membuat kode pelacakan ini, sekarang Anda bisa melakukannya melalui antarmuka dengan GTM. Dengan GTM ini nantinya akan mempermudah dan mempercepat proses pemasangan kode pelacakan yang Anda buat.

Mengelola Kode dalam Satu Dasbor

Ketika Anda memasang semua kode pelacakan maka setiap kode pelacakan yang terpasang tersebut terbagi menjadi beberapa file kecil. Nah dengan adanya GTM ini akan mempermudah proses mengelola kode yang sudah dibuat tersebut.

Karena kode atau tag yang sudah dibuat tersebut akan mudah terkontrol di suatu tempat, sehingga sangat mudah untuk mengelola tag tersebut. Karena GTM ini diumpamakan sebagai kota peralatan yang berisi Google Adwords, Google Analytics, dan beberapa peralatan lainnya.

Sebagai Alat Pengujian

Pentingnya GTM adalah bisa digunakan sebagai alat pengujian, yang nantinya akan membantu webmaster dalam memecahkan masalah dan mengoreksi kesalahan. Selain itu dengan bantuan GTM dapat membantu menunjukan tag mana yang diaktifkan dan mana yang tidak diaktifkan.

Melalui GTM ini Anda juga dapat memastikan bahwa kode yang digunakan dapat berfungsi dengan baik, sebelum Anda menggunakannya untuk website. Nah saat Anda menggunakan GTM ini Anda juga bisa sekaligus menggunakan Tag Asisten untuk membantu pekerjaan GTM.

Export Tag Dalam Satu File

Dengan adanya GTM ini juga dapat membantu Anda untuk mengekspor semua tag dalam satu file saja, yang kemudian dapat di import kembali. Sehingga memudahkan Anda dalam menggunakan GTM untuk memantau aktivitas yang dilakukan GTM.

Selain itu hal ini juga dapat membantu Anda melacak setiap aktivitas Google Analytics terutama bagi Anda yang menggunakan jasa pengiklanan. Hal ini akan membantu Anda melacak tombol klik, maupun tampilan halaman pada website Anda menggunakan GTM ini.

Menyederhanakan Pelacakan

Pentingnya GTM ini juga bisa membantu menyederhanakan proses pelacakan, karena memiliki fitur proses pelacakan secara otomatis. Biasanya aktivitas website untuk kode pelacakan ini berbentuk JavaScript yang harus Anda tambahkan ke situs website Anda.

GTM adalah kode yang bisa aktif ketika GTM diaktifkan, maka kode ini akan merekam segala kegiatan yang terjadi pada halaman website Anda. Namun masih ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, tapi tenang saja karena persiapan tersebut relatif mudah dilakukan.

Nah setiap interaksi dalam GTM ini bisa Anda gunakan untuk menghidupkan kode pelacakan, misalnya saja  kode pada Google Analytics. Namun sekarang GTM semakin berkembang sehingga fungsi pelacakan pun semakin bertambah. 

GTM adalah salah satu teknik yang harus dipelajari dan diterapkan karena sangat memudahkan kita dalam mengatur kode / script tambahan kedalam website. BigEvo sebagai agensi digital marketing di Indonesia senantiasa menerapkan strategi & teknik terbaik demi memudahkan klien dalam memperoleh data maupun informasi website. Dengan menerapkan Google Tag Manager kedalam website bisa menjadi solusinya.



Share:



5 Cara Jualan Online, Dulang Cuan Jadi Makin Mudah
Ini dia 5 cara jualan online yang ampuh agar bisnis Anda bisa mendulang cuan dengan mudah di era digital seperti sekarang. Baca selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
7 Strategi Promosi UKM untuk Berkembang dan Sukses di Pasaran
Temukan apa saja strategi promosi UKM yang dapat membantu untuk berkembang dan sukses pada era digital seperti sekarang ini. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
5 Jenis Iklan untuk UMKM Agar Sukses di Era Digital
Penggunaan iklan untuk UMKM memiliki peranan penting agar bisnis Anda bisa berkembang & sukses di era digital. Simak apa saja jenis-jenisnya di sini. ...
by Izza  |  15 Dec 2023
    Whatsapp BigEvo