Fitur Instagram Shopping untuk Menunjang Bisnis Anda

Instagram Shopping

Instagram saat ini telah berkembang pesat. Tak hanya sebagai media berbagi foto, namun juga media pemasaran dari berbagai bentuk bisnis. Dikutip dari Internal Data Facebook, sekitar 130 juta pengguna Instagram aktif telah mempelajari produk yang dipasarkan di Instagram tiap bulannya. Strategi digital marketing pun telah banyak berkembang mengikuti tren ini. 

Inovasi terbaru Instagram yaitu fitur Instagram Shopping semakin membuka peluang para pebisnis yang hendak melebarkan sayap marketing di dunia maya. Tentu fitur yang satu ini wajib Anda pahami, terutama untuk menopang digital performance bisnis Anda. 

Mengenal Instagram Shopping

Instagram Shopping adalah fitur tambahan dalam menu navigasi utama Instagram yang memudahkan penggunanya untuk menemukan produk yang ingin dibeli. Penempatan yang mudah dijangkau membuat pengguna semakin leluasa dalam memanfaatkan fitur ini. Penempatan fitur ini juga membuat Instagram semakin mirip dengan platform e-commerce sebagai garda terdepan online shopping saat ini.

Dengan fitur Instagram Shopping, pengguna diajak untuk menjelajahi pengalaman baru seperti Menelusuri Toko (Browse Shops), Lihat Pilihan Editor (See Editor’s Pick), Jelajahi Panduan (Explore Guides) dan Koleksi Toko (Shop Collections). Tak hanya itu, Instagram juga mengembangkan menu Wishlist sehingga pengguna bisa mencari kembali produk yang mereka anggap menarik dan mungkin akan kembali mereka inginkan di masa mendatang. Pengembangan ini diharapkan bisa membantu pengguna mendapatkan inspirasi dalam membeli, serta pengalaman belanja yang lebih efisien karena bisa memperlihatkan informasi penawaran yang menarik.

Instagram Shopping juga bisa menampilkan produk yang disarankan, berdasarkan algoritma preferensi pengguna. Dengan ditampilkannya produk yang disarankan ini, diharapkan pengguna mendapat dorongan untuk berbelanja sehingga tertarik untuk mengulik produk yang ditawarkan. Informasi yang melekat pada produk pun dapat dimaksimalkan, meliputi harga, jenis, cara membeli dan produk sejenis dari penjual yang sama. Tampilan ini membuat pengguna kian nyaman untuk berbelanja karena tampilannya lebih familiar dengan pengguna, yakni dengan menyerupai platform e-commerce. 

Apabila Anda bisa mengoptimalkan fitur Instagram Shopping ini, bukan tak mungkin Anda mendapatkan exposure produk yang lebih baik, bahkan mampu meningkatkan angka penjualan. Namun, apakah ada manfaat-manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dari Instagram Shopping?

Kelebihan Instagram Shopping

Bukan hanya media sosial, e-commerce pun telah mengalami perkembangan pesat beberapa tahun ke belakang. Kehadiran berbagai brand e-commerce memberikan pilihan tempat berbelanja virtual dengan harga bersaing untuk masyarakat. Hal ini juga yang kemudian menjadi target Instagram selanjutnya. Instagram telah secara konsisten mengembangkan kuantitas penggunanya semenjak didirikan tahun 2010 lalu yang dapat menjadi potential customer bagi bisnis Anda. 

Dilansir dari artikel riset situs BigCommerce, fitur Instagram Shopping mampu memberikan dampak yang signifikan dalam kenaikan traffic pengunjung, serta berpengaruh pada nilai penjualan produk. Hal ini juga yang mendorong pelaku digital marketing agency untuk menawarkan Instagram Shopping sebagai fitur yang menjanjikan. Lebih spesifik lagi, setidaknya ada lima manfaat lainnya yang membuat Anda harus mempertimbangkan fitur Instagram Shopping.

Produk Anda Mendapat Exposure yang Lebih Baik

Dengan kata lain, produk Anda menjadi lebih mudah ditemukan, baik bagi pelanggan lama maupun baru. Hal ini dimungkinkan karena pengguna bisa menelusuri tag yang akan menghubungkannya dengan detail produk beserta harga terkini dari produk tersebut. Informasi real-time ini akan mendorong pengguna membuat keputusan pembelian yang lebih baik.

Metode Pemasaran yang Lebih Menarik

Pemasaran melalui Instagram akan mendekatkan Anda dengan metode User Generated Content (UGC). Metode ini dianggap lebih autentik dan lebih alami dalam sudut pandang calon pembeli. Metode UGC ini akan menuntun calon pembeli dalam membuat keputusan pembelian, terlebih apabila Anda dapat mengintegrasikan postingan UGC yang sesuai dengan tag yang digunakan. Meski sederhana, review publik melalui unggahan UGC akan memberikan gambaran yang lebih realistis dan lebih menarik bagi calon pembeli.

Memaksimalkan Visual Marketing

Di era modern, visual yang menarik menjadi salah satu ujung tombak dalam pemasaran. Baik melalui foto maupun video, visual cenderung lebih berpengaruh dalam menarik perhatian pembeli untuk membeli barang atau menggunakan jasa. Selaras dengan tujuan utama Instagram yang digunakan sebagai platform berbagi foto dan video, fitur Instagram Shopping akan mengkonversikan visual marketing ini menjadi angka penjualan yang lebih baik.

Pengalaman Membeli yang Lebih Efisien

Online shopping terkadang membuat pembeli menempuh pengalaman yang lebih rumit saat membeli barang, mulai dari proses pembelian hingga proses pembayaran yang rumit. Fitur Instagram Shopping menawarkan pengalaman membeli produk yang lebih efisien, dari segi kemudahan cara maupun kecepatannya. Pengalaman membeli atau buyer journey yang lebih ringkas ini menjadi prospek dan peluang dalam mengatasi masalah cart abandonment

Meningkatkan Product Engagement

Bisa dibilang, ini merupakan inti dari Instagram Shopping: meningkatkan product engagement melalui postingan feed yang menampilkan nama produk beserta harganya. Dengan kata lain, mengubah sebuah postingan media sosial menjadi corong penjualan sekaligus lokasi interaksi jual-belinya. Media ini sangat mudah mendorong pengguna membuat keputusan yang cepat dalam melakukan pembelian, sehingga bisa meningkatkan konversi angka penjualan. Dalam sekali ketuk, pembeli akan mampu memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk membeli produk tersebut.

Besarnya potensi yang ditawarkan Instagram Shopping membuat banyak pebisnis mulai menekuninya. Apakah Anda salah satunya? Pastikan Anda untuk selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai Instagram Shopping dan produk digital marketing lainnya melalui website BigEvo – digital performance agency Jakarta. Hubungi kami di team@bigevo.com dan tim profesional kami siap membantu Anda.



Share:



Pentingnya Jasa Social Media untuk UMKM dan Cara Memilihnya
Simak bagaimana peranan penting jasa social media untuk perkembangan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang dan cara memilih jasa yang tepat. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
Pentingnya Jasa Copywriting dan Pengaruhnya untuk Bisnis
Jasa copywriting adalah layanan profesional di bidang pemasaran yang menekankan seni dan keterampilan menulis untuk menciptakan teks persuasif.   ...
by Izza  |  27 Nov 2023
Media Sosial untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penggunaannya
Media sosial untuk bisnis memiliki peranan penting di era digital seperti sekarang, yang mana dapat mendorong perkembangan secara efektif dan efisien. ...
by Izza  |  20 Oct 2023
    Whatsapp BigEvo